Dengan lebih dari 800 juta akun aktif di Instagram, Instagram menjadi platform atau media pemasaran yang tepat bagi bisnis. Namun, memiliki akun bisnis Instagram tidak selalu berarti Anda menggunakannya secara maksimal. Sekitar 75% pengguna Instagram melakukan aktivitas seperti berbelanja, mencari, atau memberi tahu kerabat ketika mereka melihat suatu posting-an yang menarik.

Namun, tingkat keterlibatan pengguna Instagram tersebut tidak selalu meningkatkan konversi yang lebih tinggi dan berujung peningkatan penjualan bisnis Anda. Padahal, di situ terdapat potensi yang besar untuk peningkatan penjualan bisnis Anda. Sebenarnya, yang Anda butuhkan hanyalah cara atau pendekatan yang tepat untuk mewujudkan potensi itu. Berikut tujuh cara atau pendekatan bagi bisnis Anda untuk meningkatkan penjualan e-commerce dengan menyempurnakan upaya pemasaran Instagram Anda.

Ciptakan Postingan Gambar yang Menarik

7 Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Instagram Sekarang, Anda tidak perlu menggunakan kamera berkualitas tinggi dengan harga yang mahal untuk mengambil foto yang bagus. Sebagian besar smartphone keluaran terbaru memiliki kamera dengan kualitas lebih dari cukup. Tentunya, manfaatkan teknologi kamera dari smartphone Anda. Berikut tips untuk membuat posting-an di akun Instagram bisnis Anda menjadi menarik:

  • Pilih tema yang cocok dengan background dan konsep bisnis untuk feed akun Instagram bisnis.
  • Posting secara konsisten.
  • Jangan mem-posting tabungan gambar yang Anda miliki, pilih dan pilah gambar yang ingin Anda posting setiap harinya. Fokus kepada kualitas gambar daripada kuantitas.
  • Buat pengeditan gambar secara sederhana.
  • Ambil gambar dari sudut yang berbeda dan manfaatkan pencahayaan yang baik.

Kampanyekan Suatu Kontes

7 Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Instagram

Kontes mungkin merupakan cara terbaik untuk meningkatkan penjualan di Instagram. Paling tidak, mereka yang ikut kampanye kontes dapat membantu meningkatkan followers dan keterlibatan langsung dengan produk bisnis Anda. Sedikitnya, ada dua jenis kontes yang sering dikampanyekan oleh para pemain Instagram bisnis:

  • Tekan tombol Like terhadap salah satu posting-an Anda untuk memenangkan kontes.
  • Upload atau Kirim foto dengan tagar khusus untuk memenangkan kontes.

Biasanya, para pemakai Instagram cenderung lebih menyukai kontes yang kedua. Yang orang-orang cenderung menikmatinya karena mereka terpicu untuk mencari ide terhadap feed akun Instagram mereka. Dan secara tidak langsung Anda memberi mereka alasan lain untuk meng-upload gambar.

Buat Video Bercerita Pendek

7 Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Instagram

Dengan update terbaru dari Instagram Stories, Anda sekarang dapat mengambil video bergaya Snapchat untuk dikirimkan kepada followers Anda. Tentu saja, Anda juga dapat mengunggah video ke feed akun instagram bisnis Anda. Akan tetapi, apakah Anda sudah benar-benar memanfaatkannya? Untuk memanfaatkan fitur video Instagram Anda sebaik mungkin, cobalah tips berikut ini:

  • Sama seperti dengan gambar, rekam video dalam pencahayaan yang bagus.
  • Gunakan tripod untuk menjaga kamera atau smartphone Anda tetap stabil (steady)saat Anda merekam.
  • Coba buat video cuplikan “Behind-the-Scene” untuk membuat followers Anda merasa istimewa.
  • Tunjukkan apa yang Anda lihat secara langsung melalui mata Anda, cobalah untuk menangkap “kehidupan” produk Anda. Dengan kata lain, buat produk Anda seakan “hidup” atau “nyata” dan berguna bagi pelanggan dan followers.

Berikan Followers Anda Info Khusus atau Eksklusif

7 Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Instagram

Bagian dari daya tarik untuk mengikuti produk bisnis Anda di Instagram adalah gagasan bahwa followers Anda merasa menjadi “orang dalam (insider)” dalam bisnis Anda. Secara psikologis, orang-orang yang menjadi bagian dari suatu kelompok akan termotivasi untuk mengambil tindakan yaitu membeli produk bisnis Anda. Lalu, mengapa tidak memanfaatkan hal ini? Info khusus atau eksklusif tidak harus berupa diskon atau kupon eksklusif. Anda juga dapat menawarkan hal-hal seperti:

  • Memberikan produk “Free trial“.
  • Kontes khusus Instagram.
  • gambar dan video “Behind-the-Scene“.

Sebagai contoh, perusahaan besar Intel dalam akun Instagramnya sering berbagi gambar dan video petualangan atau kegiatan karyawan mereka di berbagai acara teknologi dan bagaimana mereka mewujudkan impian dan ambisi pelanggan mereka.

Selalu Tanggapi Komentar Followers

7 Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Instagram

Jika followers Anda berkomentar di suatu posting-an Instagram, Anda harus mengambil keuntungan penuh dari hal tersebut! Komentar menunjukkan bahwa orang menyukai posting-an Anda dan ingin terlibat dengan produk bisnis Anda.

Penting untuk merespon komentar mereka dengan cepat, setidaknya dalam waktu tidak lebih dari 24 jam. Jika Anda terlalu lama untuk menjawab, orang akan merasa bahwa mereka bukan prioritas bisnis Anda atau bahwa Anda tidak membaca komentar mereka.

Tips khusus: Jika Anda mendapatkan begitu banyak komentar yang tidak dapat Anda tangani, Anda dapat mempertimbangkan untuk mempekerjakan “asisten virtual” untuk menangani komentar posting-an Instagram Anda. Beberapa dapat Anda sewa di internet dengan harga yang wajar.

Kirim Direct Messages (DM) ke Followers

7 Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Instagram

Terkadang, Anda harus melakukan hal-hal yang tidak terhubung secara langsung untuk mengembangkan bisnis Anda. Walaupun mengirim DM kepada lusinan atau bahkan ratusan orang bisa menghabiskan banyak waktu dan melelahkan, tetapi hal tersebut dapat menghasilkan beberapa hasil yang memuaskan bagi perkembangan bisnis Anda.

Lalu muncul pertanyaan apa yang harus Anda katakan?

Keterbukaan dan kejujuran adalah kunci penting untuk mendapatkan hasil terbaik. Misalnya, jika Anda menghubungi followers untuk meminta mereka membagikan foto produk Anda, Anda bisa mengatakan sesuatu seperti ini:

Hei, Ani!

Saya ingin mengatakan bahwa saya sangat menghargai Anda mengikuti bisnis kami di Instagram. Kami senang melihat gambar Anda di feed kami. Dan saya hanya ingin meminta pertolongan, karena Anda memiliki begitu banyak followers dan sahabat yang baik di akun Anda, maukah Anda membagikan posting-an kami untuk membantu bisnis kami mendapatkan lebih banyak perhatian? Terima kasih banyak! 🙂

Salam Hangat,

Andi

Gunakan Lebih Banyak Tagar (Hashtag)

7 Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Instagram

Tidak seperti Twitter dan Facebook , di mana menggunakan lebih dari dua tagar akan mengurangi engagement, pengguna Instagram tidak akan merasa cukup hanya dengan menyematkan dua tagar. Bahkan, semakin banyak tagar yang Anda gunakan, semakin banyak engagement atau ketertarikan yang Anda dapatkan dari followers Anda!

Setidaknya, gunakan 30 tagar yang tersedia untuk posting-an Anda!

Jika Anda tidak yakin tagar apa yang digunakan, Anda dapat mencari tagar yang biasa dipakai kompetitor bisnis Anda di Instagram atau memeriksa 100 tagar terpopuler di internet. Anda juga dapat memeriksa tagar apa yang biasa disukai followers Anda untuk melihat apa yang populer di area pasar Anda.

Percaya atau tidak, instagram merupakan platform atau media sosial yang sampai saat ini masih efektif digunakan oleh para pebisnis komersial untuk meningkatkan penjualan produk mereka. Manfaatkan berbagai fitur ter-update di Instagram untuk mengembangkan bisnis Anda. Terkait pengembangan bisnis, Anda juga tidak boleh melupakan permasalahan terkait pencatatan dan pelaporan keuangan Anda.

Permasalahan tersebut bisa diatasi dengan penggunaan Software Akuntansi, salah satunya adalah Jurnal. Jurnal merupakan Software Akuntansi yang mampu menangani pencatatan transaksi bisnis dan pelaporan keuangan. Salah satunya, Anda bisa melakukan invoice reminder untuk menagih piutang penjualan Anda dan mengirimkan faktur berulang kepada pelanggan secara otomatis. Silahkan lihat guidebook cara mengatur invoice reminder di Jurnal. Anda juga bisa melihat informasi lebih lengkap mengenai produk Jurnal di sini.