9 Strategi Promosi Penjualan yang Efektif di Era Digital Promosi penjualan adalah salah satu strategi dalam bisnis untuk meningkatkan minat pelanggan untuk membeli produk perusahaan. Hal ini dilakukan agar penjualan meningkat sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan yang tinggi. Ada juga yang menggunakan promosi penjualan untuk memperkenalkan produk mereka kepada pelanggan. Menurut Ben M. Enis, penulis Marketing Principles dan Marketing Classics, pengertian dari promosi sendiri adalah promosi adalah sebuah komunikasi yang menginformasikan target pasar akan adanya produk. Selain itu, ‘membujuk’ calon pelanggan bahwa produk mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan. Promosi merupakan strategi dan usaha yang dilakukan oleh seorang marketer. Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal pada banner di bawah ini. Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang! atau Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang! Tantangan dalam Menjalankan Strategi Promosi Marketer melakukan strategi promosi dengan cara berkomunikasi dengan audiens yang merupakan target pasarnya. Proses komunikasi ini dilakukan untuk memberikan informasi kepada target pasar tentang produk yang dipromosikan. Dalam proses promosi, marketer perlu menggunakan pendekatan yang tepat agar sesuai dengan pelanggan. Dilema yang sering dihadapi oleh para staf marketing di perusahaan adalah keterbatasan budget untuk melakukan kampanye dan promosi produk. Budget yang terbatas membuat para marketer merasa memiliki batas dalam berkreasi sekaligus membuat mereka memutar otak demi mendapatkan ide brilian untuk strategi pemasaran yang tidak hanya efektif, tetapi juga ekonomis dan pas dengan budget yang mereka miliki. Tantangan budget ini bukanlah hal yang perlu ditakuti oleh para marketer karena ada beberapa strategi promosi jitu yang menawarkan formula untuk melakukan kampanye pemasaran dengan cemerlang tanpa harus khawatir kekurangan budget. Strategi Promosi Penjualan Efektif di Era Digital Di era digital, promosi tetap menjadi salah satu cara untuk meningkatkan penjualan perusahaan. Tetapi caranya berbeda dengan tahun sebelum era digital. Promosi di era digital membutuhkan strategi khusus agar bisa sampai kepada pelanggan. Berikut ini adalah 9 strategi promosi penjualan efektif era digital: Membuat Website atau Toko Online Membuat website adalah sebuah keharusan di era digital seperti sekarang. Memiliki website ibarat memiliki sebuah toko atau tempat bisnis tanpa harus mengeluarkan banyak biaya untuk menyewa dan memikirkan lokasi yang strategis. Blog gratis atau domain web murah merupakan langkah alternatif dari strategi promosi yang sangat cocok dilakukan oleh bisnis yang memiliki budget ketat. Anda bisa memanfaatkan blog gratis dan menggunakan fasilitas cuma-cuma yang disediakan pada situs Internet sebagai cara promosi produk jasa, atau membeli domain dengan harga yang relatif murah untuk memiliki akses yang lebih besar dari pihak yang menyediakan jasa tersebut dan mulai mengelolanya. Menggunakan Social Media, Penjualan dengan Strategi Promosi Ini Sangat Efektif! Dengan berkembangnya teknologi komunikasi secara global, social media merupakan salah satu alat komunikasi dan strategi promosi produk yang perlu dimiliki para pengusaha. Hal ini diperlukan untuk menjembatani antara pelaku bisnis dan pembeli agar terjalin komunikasi dengan mudah, cepat, dan efisien. Survei dari sebuah lembaga bernama Manta menyebutkan bahwa, banyak bisnis berskala kecil dan menengah mendapatkan pengembalian dari investasi yang ditanamkan (ROI) pada social media sebesar 39% pada tahun 2013. Tren yang terlihat adalah ROI semakin meningkat, dan penggunaan media sosial sebagai strategi promosi pemasaran oleh pelaku bisnis juga semakin meningkat. Baca juga: Tips Memaksimalkan Strategi Pemasaran pada Bisnis Anda Membuat Vlog Visual speaks louder atau gambar berbicara lebih keras adalah sebuah moto kekinian yang tumbuh seiring dengan maraknya kebiasaan orang-orang saat ini mengunggah kegiatan mereka baik melalui gambar maupun video di beberapa social media. Hal ini menginspirasi strategi promosi sebuah produk menggunakan teknik gambar maupun video berupa vlog. Membuat iklan produk dalam tampilan visual menjadi model baru dalam strategi promosi bisnis. Video dapat menampilkan produk yang sedang ditawarkan kepada konsumen ataupun berupa tutorial yang secara tidak langsung tetap terkait dengan penawaran produk. Dengan video, produk dapat ditampilkan secara lebih detail dari berbagai sisi. Selain itu, fitur suara dapat menambah informasi yang lebih lengkap mengenai spesifikasi dari produk tersebut. Membuat Iklan Gratis, Strategi Promosi Penjualan Mini Biaya Di saat beberapa bisnis merasa bahwa kegiatan marketing atau melakukan promosi banyak menghabiskan biaya, Internet bisa memberi solusinya. Internet adalah ruang luas tanpa batas, di mana Anda bisa menemukan banyak hal di dalamnya termasuk beriklan secara gratis. Dalam situs iklan gratis, biasanya para anggota bisa memilih komunitas maupun produk yang akan ditawarkan, mendaftar, dan menulis penawaran barang atau jasa tanpa harus mengeluarkan uang sedikitpun. Manfaatkan Iklan Mobil Saat ini semua media dapat dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan promosi atau marketing. Salah satu media yang saat ini banyak digunakan adalah Iklan Mobil atau Car Advertising. Dengan memanfaatkan media ini, Anda dapat memasarkan produk yang Anda jual secara lebih luas. Iklan mobil ini sangat cocok digunakan sebagai strategi promosi penjualan ketika target audience Anda adalah masyarakat Jakarta. Anda bisa menggunakan iklan mobil ini untuk berkeliling Jakarta memasarkan produk yang Anda jual. Dan yang perlu Anda ketahui, jalanan ibu kota yang cukup padat dan ramai bisa menjadi salah satu alasan Anda menggunakan media ini. Salah satu iklan mobil yang dapat Anda pilih adalah Ubiklan. Startup car advertising yang meluncurkan layanannya sejak Tahun 2016. Ubiklan sendiri memiliki berbagai pilihan pemasangan iklan mobil, mulai dari bodi mobil bagian belakang (partial), pintu kanan-kiri (side), kap mobil depan (front), dan kaca mobil belakang (back). Baca juga: 6 Strategi Pemasaran Yang Paling Jitu Untuk Usaha Hijab Personal Selling Strategi personal selling ini dilakukan dengan cara menyampaikan informasi secara langsung kepada calon pelanggan agar merangsang niat langsung untuk membeli produk.cara ini adalah cara yang paling sederhana. Di era digital, cara ini dilakukan lewat platform komunikasi seperti whatsapp dan lainnya. Advertising atau Periklanan Strategi lain yang cukup sederhana adalah membuat iklan. Iklan adalah cara yang paling mudah untuk mempromosikan produk kepada pelanggan. Anda hanya perlu mengetahui bagaimana cara mengiklankan produk Anda dengan baik. Di era digital, cara ini bisa dilakukan dengan beriklan di sosial media, google, dll. Strategi iklan bisa dilakukan oleh perusahaan Anda sendiri atau mengandalkan agensi periklanan seperti ToffeeDev. Dengan memercayakan campaign iklan pada agensi digital, Anda bisa menjangkau target konsumen yang tepat, iklan yang lebih memikat, analisis kinerja secara mendalam, serta penyesuaian platform lebih optimal. Baca Juga: Faktur Proforma (Proforma Invoice): Cara Membuat dan Contoh Sales Promotion Strategi Promosi penjualan adalah cara untuk meningkatkan penjualan dalam jangka waktu yang pendek. Jenisnya pun unik. Ada yang bentuk diskon, bonus hadiah, perlombaan dan lainnya. Strategi ini bisa dilakukan dalam jangka waktu pendek. Tetapi cukup untuk membujuk pelanggan untuk membeli produk. Direct Marketing Strategi marketing ini membutuhkan biaya yang paling rendah. Proses direct marketing pada dasarnya dilakukan dengan cara mempromosikan produk kepada pelanggan secara langsung. Di era digital, proses ini biasanya dilakukan lewat telepon oleh telemarketing. Atau bisa juga dengan email. Cek bagaimana aplikasi accounting membantu merpermudah urusan akunting disini. Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang! atau Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang! Brand Ambassador / Endorser Dengan semakin besarnya efek sosial media saat ini, penggunaan brand ambassador atau endorser untuk strategi marketing menjadi semakin besar. Endorser yang memiliki fanbase yang kuat biasanya sukses menjadi salah satu platform marketing untuk produk. Strategi Promosi dan penjualan berkaitan erat. Promosi pada dasarnya adalah proses pemberian informasi kepada pelanggan untuk mengenal produk. Sedangkan program penjualan adalah aksi yang terjadi setelah dilakukan promosi. Meskipun tidak semua pelanggan melakukan pembelian setelah promosi. Jadi promosi dan penjualan berkaitan sangat erat. Proses promosi yang tepat bisa membawa banyak pelanggan untuk membeli produk sehingga penjualan meningkat. Keuntungan perusahaan juga semakin tinggi dengan adanya promosi yang tepat di era digital. Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Penjualan dalam Bisnis Ritel Kelola Keuangan Anda dengan Jurnal Agar Strategi Promosi Penjualan Berdasarkan Data Keuangan yang Tepat Itulah strategi promosi secara digital yang dapat Anda gunakan. Seperti yang Anda ketahui, marketing membawa dampak yang sangat besar untuk sebuah produk agar bisa dikenal secara luas oleh masyarakat. Dengan menggunakan yang tepat, produk Anda akan terlihat secara luas sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan angka penjualan. Setelah proses marketing bisnis Anda berjalan dengan baik dengan strategi promosi yang tepat, Anda juga harus mulai mengelola keuangan dengan baik. Karena dengan pengelolaan keuangan yang baik dan tepat maka bisnis pun akan terus berkembang. Dengan tingginya transaksi penjualan selama promosi, pencatatan transaksi keuangan perlu dilakukan dengan baik. Untuk memudahkan proses pencatatan penjualan, Anda bisa digunakan aplikasi akuntansi seperti Mekari Jurnal. Dengan menggunakan Jurnal, setiap transaksi akan tercatat dengan baik dan terekam untuk proses laporan keuangan nantinya. Jurnal tidak hanya mencatat transaksi penjualan yang terjadi. Software akuntansi Jurnal juga mengelola data transaksi untuk diproses menjadi laporan keuangan, laporan laba rugi, dll. Sehingga perusahaan bisa menganalisa seberapa berhasil sebuah promosi yang telah dilakukan. Program akuntansi Mekari Juranal dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran. Dengan menggunakan aplikasi accounting online Mekari Jurnal, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik. Pada September ini, dapatkan promo diskon hingga 20% dan Cashback mencapai Rp1,5 juta bagi yang berlangganan Jurnal Paket Enterprise+ minimal 24 bulan. Tak hanya itu, Anda juga berhak mendapat diskon 20% dan cashback hingga Rp1 juta jika berlangganan Paket Pro minimal 24 bulan. Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis aplikasi penjualan selama 14 hari dengan mengetuk banner di bawah ini. Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang! atau Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang! Kurang lebih itulah beberapa strategi promosi untuk meningkatkan penjualan yang adalah bisa Anda lakukan. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Mekari Jurnal untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.