5 Strategi Promosi Penjualan yang Efektif di Era Digital

Promosi penjualan adalah salah satu strategi dalam bisnis untuk meningkatkan minat pelanggan untuk membeli produk perusahaan. Hal ini dilakukan agar penjualan meningkat sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan yang tinggi. Ada juga yang menggunakan promosi penjualan untuk memperkenalkan produk mereka kepada pelanggan.

Menurut Ben M. Enis, penulis Marketing Principles dan Marketing Classics, pengertian dari promosi sendiri adalah promosi adalah sebuah komunikasi yang menginformasikan target pasar akan adanya produk. Selain itu, ‘membujuk’ calon pelanggan bahwa produk mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan. Promosi merupakan usaha yang dilakukan oleh seorang marketer.

Marketer melakukan promosi dengan cara berkomunikasi dengan audiens yang merupakan target pasarnya. Proses komunikasi ini dilakukan untuk memberikan informasi kepada target pasar tentang produk yang dipromosikan. Dalam proses promosi, marketer perlu menggunakan pendekatan yang tepat agar sesuai dengan pelanggan.

Menaklukkan Pemasaran Digital dengan Marketing 4.0

5 Strategi Promosi Penjualan Efektif di Era Digital

Di era digital, promosi tetap menjadi salah satu cara untuk meningkatkan penjualan perusahaan. Tetapi caranya berbeda dengan tahun sebelum era digital. Promosi di era digital membutuhkan strategi khusus agar bisa sampai kepada pelanggan. Berikut ini adalah 5 strategi promosi penjualan efektif era digital:

Personal Selling

Strategi personal selling ini dilakukan dengan cara menyampaikan informasi secara langsung kepada calon pelanggan agar merangsang niat langsung untuk membeli produk.cara ini adalah cara yang paling sederhana. Di era digital, cara ini dilakukan lewat platform komunikasi seperti whatsapp dan lainnya.

 

Advertising atau Periklanan

Strategi lain yang cukup sederhana adalah membuat iklan. Iklan adalah cara yang paling mudah untuk mempromosikan produk kepada pelanggan. Anda hanya perlu mengetahui bagaimana cara mengiklankan produk Anda dengan baik. Di era digital, cara ini bisa dilakukan dengan beriklan di sosial media, google, dll.

Baca Juga: Buat Proforma Invoice Tak Lagi Rumit dengan Software Akuntansi

Sales Promotion

Promosi penjualan adalah cara untuk meningkatkan penjualan dalam jangka waktu yang pendek. Jenisnya pun unik. Ada yang bentuk diskon, bonus hadiah, perlombaan dan lainnya. Strategi ini bisa dilakukan dalam jangka waktu pendek. Tetapi cukup untuk membujuk pelanggan untuk membeli produk.

 

Direct Marketing

Strategi marketing ini membutuhkan biaya yang paling rendah. Proses direct marketing pada dasarnya dilakukan dengan cara mempromosikan produk kepada pelanggan secara langsung. Di era digital, proses ini biasanya dilakukan lewat telepon oleh telemarketing. Atau bisa juga dengan email.

 

Brand Ambassador / Endorser

Dengan semakin besarnya efek sosial media saat ini, penggunaan brand ambassador atau endorser untuk strategi marketing menjadi semakin besar. Endorser yang memiliki fanbase yang kuat biasanya sukses menjadi salah satu platform marketing untuk produk.

Promosi dan penjualan berkaitan erat. Promosi pada dasarnya adalah proses pemberian informasi kepada pelanggan untuk mengenal produk. Sedangkan penjualan adalah aksi yang terjadi setelah dilakukan promosi. Meskipun tidak semua pelanggan melakukan pembelian setelah promosi.

Jadi promosi dan penjualan berkaitan sangat erat. Proses promosi yang tepat bisa membawa banyak pelanggan untuk membeli produk sehingga penjualan meningkat. Keuntungan perusahaan juga semakin tinggi dengan adanya promosi yang tepat di era digital.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Penjualan dalam Bisnis Ritel

Dengan tingginya transaksi penjualan selama promosi, pencatatan transaksi keuangan perlu dilakukan dengan baik. Untuk memudahkan proses pencatatan penjualan, Anda bisa digunakan software akuntansi seperti Jurnal by Mekari. Dengan menggunakan Jurnal, setiap transaksi akan tercatat dengan baik dan terekam untuk proses laporan keuangan nantinya.

Jurnal tidak hanya mencatat transaksi penjualan yang terjadi. Software akuntansi Jurnal juga mengelola data transaksi untuk diproses menjadi laporan keuangan, laporan laba rugi, dll. Sehingga perusahaan bisa menganalisa seberapa berhasil sebuah promosi yang telah dilakukan.

Software Jurnal by Mekari dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Dengan menggunakan aplikasi accounting online Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keua ngan bisnis diproses dengan baik.

Pada September ini, dapatkan promo diskon hingga 20% dan Cashback mencapai Rp1,5 juta bagi yang berlangganan Jurnal Paket Enterprise+ minimal 24 bulan. Tak hanya itu, Anda juga berhak mendapat diskon 20% dan cashback hingga Rp1 juta jika berlangganan Paket Pro minimal 24 bulan.

Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis selama 14 hari dengan mengetuk banner di bawah ini.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo