Mekari Jurnal Menjadi One Stop System Untuk KLAR Dalam Mengelola Stok Perapi Gigi (Aligner)
Teknologi

Mekari Jurnal Menjadi One Stop System Untuk KLAR Dalam Mengelola Stok Perapi Gigi (Aligner)

Senyum adalah bagian dari ibadah dan hal yang penting dalam menjalin hubungan baik profesional, maupun non professional. Mungkin hal itulah yang mendasari KLAR untuk membuat produk perapi gigi (aligner) agar dapat memberikan senyum yang indah bagi penggunanya.

KLAR, sebuah perusahaan berbasis teknologi di bidang perawatan gigi kosmetik yang memproduksi clear aligner (perapi gigi) berteknologi tinggi dari kualitas terbaik dan dikerjakan oleh orthodontist yang berpengalaman. KLAR memiliki kerjasama dengan lebih dari 300 klinik partner, sehingga produk KLAR dapat ditemukan di berbagai klinik gigi di 32 kota di Indonesia.

 

KLAR, Perusahaan Teknologi Untuk Perawatan Gigi Kosmetik

KLAR memiliki kantor di Jakarta dan tempat produksi di Yogyakarta. KLAR memiliki misi untuk membangun bisnis yang berkelanjutan dengan klinik gigi dan dokter gigi di seluruh Indonesia. Misi ini tentunya harus didukung oleh tim manajemen yang baik, sistem yang handal dalam operasional bisnis, hingga pengembangan produk yang memberikan pengalaman terbaik.

Sebagai perusahaan perawatan gigi kosmetik yang berbasis teknologi, KLAR juga memiliki aplikasi mobile yang bisa digunakan untuk memonitor waktu penggunaan perapi gigi (aligner) sehingga perawatan menjadi lebih terukur dan optimal. Pasien juga dapat melakukan progress sharing dengan dentist yang menangani secara online, hal ini dapat meminimalisir kebutuhan untuk kontrol ke klinik.

Pengguna juga dimudahkan dengan fitur chat untuk konsultasi, hingga membagikan progress secara online dengan mengupload foto menggunakan fitur virtual care. KLAR hadir untuk memberikan pengalaman baru dalam bidang perawatan gigi. Produknya pun beragam mulai dari perapi gigi (aligner) dan whitening kit. Dengan tagline #YourSmileMatters, KLAR memberikan produk terbaik, terjangkau dan terpercaya untuk menghasilkan senyum yang indah.

 

Manajemen Inventori Yang Kurang Akurat Menjadi Tantangan Bagi KLAR

KLAR memiliki sistem bisnis yang agak berbeda untuk penjualan barang pada umumnya. KLAR menerapkan dua sistem penjualan, yang pertama adalah secara langsung lewat e-commerce atau membuka booth event secara offline. Yang kedua adalah lewat klinik partner. Dalam mengelola stok bahan baku perapi gigi (aligner) KLAR, pencatatan masih dilakukan secara manual menggunakan Excel ataupun Google Spreadsheet sehingga terkadang terjadi kesalahan perhitungan akibat human error. Pencatatan stok bahan baku yang berada di gudang Yogyakarta tidak bisa dilakukan spesifik dan hanya dapat dilakukan sebulan sekali.

Akurasi dalam laporan stok ini memiliki peran yang cukup besar karena data yang dihasilkan menjadi salah satu dasar pengambilan keputusan bagi tim KLAR. Jika stok produk sudah mulai menipis atau habis, tim purchasing harus segera membeli bahan baku ke vendor secara tepat waktu, sehingga rencana produksi tidak terganggu. Jika rencana produksi terlambat, hal ini dapat mengakibatkan akan mengakibatkan keterlambatan pengiriman produk aligner kepada customer sehingga customer journey menjadi terganggu.

Jane Radianti, Reporting & Business Senior Analyst KLAR, menceritakan: “Pernah terjadi komplain dari customer karena SLA (Service Level Agreement) terlalu lama akibat manajemen inventori. Setelah adanya Mekari Jurnal kita sangat terbantu karena timeline purchasing dan produksi bisa lebih cepat dan tepat. Sehingga hal ini dapat mengurangi komplain dari customer.”

Kecepatan dan keakuratan data stok dibutuhkan oleh KLAR karena hal ini menjadi bahan pertimbangan dalam pembelian bahan baku untuk memastikan jumlah inventori aman sehingga tidak menghambat penjualan. Kecepatan proses purchasing juga dibutuhkan dan merupakan salah satu hal yang signifikan dalam kelancaran produksi.

 

Sistem Akuntansi Yang Lengkap Dari Pembelian Hingga Inventori Dibutuhkan Untuk Mendukung Operasional Bisnis KLAR

“Kami memilih Mekari Jurnal karena sistemnya yang bersifat cloud-based, sehingga cocok untuk bisnis kami. Selain itu harganya juga bisa dibilang affordable, dan sangat membantu otomasi laporan keuangan” kata Jane Radianti, Reporting & Business Senior Analyst KLAR. 

Untuk mempermudah pelacakan invoice, sekarang KLAR dapat dengan mudah menarik laporan piutang maupun hutang. Selain itu terkait invoice purchasing juga dapat dikelola dengan mudah melalui satu dasbor. Setiap transaksi dapat dilihat detilnya melalui attachment yang ada sehingga memudahkan proses pengecekan dan validasi atas pembelian yang dilakukan.  

Dengan adanya fitur produk & inventory dari Mekari Jurnal, KLAR dapat membuat rekapan stok opname secara lebih akurat. Rekapan stok opname yang sebelumnya hanya bisa dilakukan 1x sebulan secara manual, kini dapat dilakukan otomatis secara lebih praktis dalam waktu 1 minggu atau 2 minggu sekali, sehingga akurasi stok pun lebih terjamin. Laporan stok membantu dalam hal tracing barang keluar masuk warehouse per harinya. Jika stok telah habis, tim produksi juga terbantu diingatkan oleh Mekari Jurnal untuk melakukan request purchasing. 

Fitur produk dan tagging juga digunakan untuk memantau SKU (Stock Keeping Unit) di KLAR. Tagging produk digunakan oleh tim KLAR untuk melihat expenses berdasarkan jenis produk yaitu perapi gigi (aligner) dan whitening kit. Selain itu fitur produk juga memudahkan tim KLAR untuk melihat profitabilitas setiap produk yang dijual.

Hal ini tentunya dapat membantu KLAR dalam memonitor ketersediaan bahan baku setiap perapi gigi (aligner). Selain itu, data-data pembelian per vendor dapat dilacak dengan mudah dari satu dasbor. Reporting yang bisa ditarik kapan saja juga membantu manajemen dalam pengambilan keputusan.

 

Mekari Jurnal Memberikan Kemudahan Dari Sisi Pemantauan Setiap Saat Untuk Bisnis KLAR

Bagi Jane Radianti manfaat terbesar Mekari Jurnal yang dirasakan oleh KLAR adalah dari sisi controlling & reporting. “Paket enterprise dari Mekari Jurnal memudahkan untuk melihat coverage dari setiap divisi, dari setiap produksi barang, perpindahan stok, mutasi rekening, rekonsiliasi bank, tagihan, uang keluar masuk.”

Laporan produk dan stok juga digunakan untuk strategi bisnis KLAR selanjutnya. Mengingat produk KLAR akan tetap berkembang dan banyak produk baru yang sedang dikembangkan. “Laporan produk dan stok di Mekari Jurnal akan sangat membantu jika KLAR di kemudian hari memiliki warehouse lebih dari 1, stok opname, maupun rata-rata harga tiap produk.” tambah Jane Radianti.

Selain itu, menurut Jane Radianti, pembayaran ke supplier ataupun penagihan ke vendor menjadi lebih tepat waktu dan terkontrol. Kebutuhan untuk pembayaran seperti list payment, mutasi rekening, hingga keluar masuk stok bahan baku kini bisa dilakukan secara mingguan. Hal ini karena sistem Mekari Jurnal memudahkan tim dalam memiliki sistem manajemen inventori yang akurat dan cepat. Sistem Mekari Jurnal menghasilkan laporan stok yang tepat, sehingga proses purchasing dapat dilakukan dengan lebih strategis dan membantu manajemen dalam melakukan perencanaan untuk persediaan bahan baku.

“Mekari Jurnal menjadi one stop system untuk keuangan. Mekari Jurnal membantu banyak hal dari semua divisi di KLAR. Saya bisa menggunakan Mekari Jurnal untuk semua keperluan FAT (Finance, Accounting, Tax) dan operasional pada satu sistem yang sama. Use case yang saya alami adalah dengan adanya sistem Mekari Jurnal, saya bisa menempatkan PIC di berbeda lokasi, berbeda divisi, dengan berbeda keperluan untuk input dalam 1 sistem yang sama (produksi berada di Yogyakarta, accounting berada di Jakarta, finance yang juga berbeda PIC, serta report reader untuk melakukan kontrol di satu tempat) dan dengan Mekari Jurnal, pengerjaan bisa dilakukan dengan mudah karena bisa dimana saja (cloud base)” tutup Jane Radianti, Reporting & Business Senior Analyst KLAR.

 

Itulah manfaat yang dirasakan oleh bisnis berbasis teknologi seperti KLAR. Bisnis teknologi yang mencatat pembukuan manual dapat mengalami masalah serupa akibat kompleksnya manajemen stok. Proses pencatatan secara manual juga memiliki resiko kesalahan perhitungan. Selain itu, laporan yang tidak real-time dan tidak terintegrasi membuat manajemen sulit memantau tren penjualan. Hal tersebut dapat mempengaruhi pembuatan strategi bisnis yang kurang akurat atau tepat waktu.

 

Seperti KLAR, Anda dapat mulai melakukan pembukuan otomatis yang lebih praktis dengan bantuan Mekari Jurnal. Dengan fitur untuk manajemen stok yang dapat membantu Anda mengelola stok di berbagai gudang. Anda juga dapat mencari data secara instan dalam hitungan menit dengan pengelompokan transaksi. 

Temukan insight bisnis menarik secara instan dan buat inovasi bisnis teknologi dengan Mekari Jurnal. Pemantauan bisnis jadi lebih mudah karena didukung oleh laporan yang real-time dan akurat.

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan demo
WhatsApp Hubungi Kami