Untuk mendapatkan banyak pelanggan, tentunya Anda harus memasarkan bisnis. Tetapi jika Anda baru mulai membangun bisnis dengan anggaran yang sedikit, Anda mungkin tidak dapat memanfaatkan usaha pemasaran dengan memasang papan reklame, menaruh iklan lewat radio, dan berbagai kiat pemasaran yang membutuhkan anggaran lumayan besar. Anda perlu mencari metode pemasaran yang efektif dan murah.

Melaksanakan strategi pemasaran dengan anggaran kecil sangat dimungkinkan Anda hanya perlu bersikap bijak dan strategis terhadap pengeluaran yang Anda belanjakan untuk usaha pemasaran Anda. Berikut ide-ide untuk membuat strategi pemasaran murah dan terjangkau.

Lakukan Survei

Sangat penting untuk membuat rencana pemasaran (Marketing Plan) sebelum Anda melaksanakan teknis usaha pemasaran Anda. Dan langkah pertama dalam mengembangkan rencana atau strategi pemasaran adalah memahami siapa saja target pelanggan Anda dan apa yang mereka inginkan dari pelayanan perusahaan atau bisnis Anda.

Cara yang baik untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pelanggan Anda adalah dengan melakukan survei tentang produk atau pelayanan Anda. Jika Anda tidak mampu menyewa seorang profesional untuk melakukan riset, lakukan sendiri dengan membuat kuesioner singkat dan mengajak pelanggan tetap Anda untuk ikut berpartisipasi dalam survei yang Anda inisiasi.

Manjakan Pelanggan Tetap

Biasanya, biaya yang dikeluarkan akan sekitar lima kali lebih mahal untuk memasarkan produk dan meyakinkan pelanggan baru daripada pelanggan tetap Anda. Jadi, pastikan Anda tidak mengabaikan para pelanggan tetap yang sudah mengenal dan memercayai Anda. Pertimbangkan, misalnya, mengundang pelanggan terbaik Anda keluar untuk sekedar makan malam atau bermain golf dan menggunakan kesempatan ini untuk mengajak berdiskusi mengenai cara meningkatkan pelayanan bisnis. Anda juga dapat secara pribadi menulis surat atau mengirimkan email kepada sepuluh pelanggan terbaik Anda untuk berterima kasih kepada mereka dan memberitahu mereka bahwa mereka adalah bagian dari program loyalitas baru Anda atau mengundang mereka untuk melihat produk terbaru Anda yang memang belum Anda putuskan untuk dipasarkan. Dengan melakukan usaha ini, harapannya pelanggan tetap Anda akan menyebarkan kabar positif mengenai pelayanan Anda kepada calon pelanggan baru Anda. Tentunya strategi ini lebih efektif dan terkesan minim biaya.

Manfaatkan Strategi Pemasaran Online

Internet memberi Anda akses untuk memvirtualkan bisnis Anda selama 24 jam dengan biaya yang murah dan affordable. Anda dapat membangun komunikasi kepada calon pelanggan baru dengan menawarkan konten berkualitas tinggi melalui blog, artikel panduan, video, dan buletin. Dan jika Anda sudah memiliki anggaran lebih, Anda bisa menyewa jasa agensi SEO (Search Engine Optimization) untuk menunjang artikel Anda agar muncul di halaman pertama di tiap platform search engine.

Anda juga dapat memperluas jangkauan pemasaran Anda dengan menggunakan akun-akun media sosial. Beberapa akun media sosial memungkinkan para netizen yang bisa berupa pelanggan Anda untuk meninggalkan ulasan di posting-an Anda. Dorong pelanggan Anda untuk meninggalkan ulasan di tiap posting-an produk Anda. Kemudian, ketika calon pelanggan lain menemukan profil media sosial Anda, mereka akan melihat berbagai ulasan positif mengenai pelayanan bisnis Anda sehingga akan menarik para calon pelanggan tersebut.

Bangun Hubungan dengan Media Cetak ataupun Online

Cerita atau ulasan media  baik media cetak maupun media online tentang bisnis Anda secara umum jauh lebih berharga dan efektif daripada mengandalkan iklan karena terdapat nilai berupa (salah satunya) kredibilitas yang diberikannya pada bisnis Anda. Namun yang sedikit menjadi permasalahan adalah sulit untuk menarik perhatian para jurnalis media tersebut. Perlu diingat bahwa para jurnalis atau reviewer mencari cerita yang menarik untuk diceritakan dan dirilis oleh media jurnalis tersebut. Jadi, dekati dan bantu meyakinkan mereka dengan cerita mengenai produk inovatif Anda, komunikasi Anda dengan pelanggan yang unik, dan sepak terjang bisnis Anda yang menurut Anda layak untuk diceritakan dan dilihat oleh para pembaca.

Mensponsori Berbagai Acara di Luar Kegiatan Bisnis

Dengan mensponsori tim futsal, acara-acara kampus, atau berpartisipasi dalam kampanye amal, usaha ini tidak akan membuat pengeluaran Anda sia-sia. Selain mendapatkan respect, Anda juga mendapatkan feedback yang tidak hanya berupa bilangan nominal Anda seakan memenangkan “hati” mereka. Bentuk sponsor yang Anda berikan tidak melulu berupa uang, Anda mungkin bisa memberikan mereka yang Anda sponsori dengan voucher diskon.

Kreativitas Anda tentunya berperan penting dalam membangun strategi pemasaran murah. Jangan selalu beranggapan bahwa harga mahal dari berbagai jasa pemasaran akan selalu efektif dan mendatangkan keuntungan bagi bisnis Anda. Karena kalau Anda tidak benar-benar bijak dan teliti, bisa saja hal tersebut malah akan menjadi tidak efektif dan jatuhnya Anda hanya melakukan pemborosan biaya.

Sama halnya ketika Anda memilih Software Akuntansi atau perangkat lain yang tujuannya untuk memenuhi kebutuhan pencatatan dan pelaporan keuangan Anda. Anda harus benar-benar mengerti kebutuhan bisnis Anda dan tentunya kesesuaian anggaran untuk bisa mendapatkan fitur pencatatan dan pelaporan keuangan Anda. Anda mungkin bisa mencoba Jurnal, Software Akuntansi online yang menyediakan paket-paket dengan fitur-fitur berbeda yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Pembuatan faktur, pencatatan berbagai pengeluaran, pengaturan persediaan, dan fitur lainnya tersedia secara lengkap di Jurnal. Klik di sini untuk melihat informasi lebih lanjut mengenai produk Jurnal.