4 Divisi Usaha Ini Bisa Manfaatkan Teknologi untuk Permudah Kerja

Saat ini, teknologi menjadi hal utama yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah berbagai bentuk pekerjaan. Tak hanya itu, teknologi bahkan mampu memangkas waktu kerja dan mendorong efisiensi di setiap lini usaha.

Efisiensi tentu dibutuhkan saat kondisi krisis yang mewajibkan setiap bisnis berjalan sesuai fungsinya masing-masing.

Note : Baca artikel Ini 5 Sektor Bisnis Tahan Krisis saat Pandemi COVID-19

Bentuknya saat ini tidak hanya mengacu pada penggunaan komputer, internet, media sosial, dan e-commerce. Istilah teknologi itu sendiri sebenarnya dapat diartikan secara luas sebagai segala entitas, benda, atau sistem terpadu yang bisa digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia dalam menciptakan suatu nilai. 

Berikut 4 divisi usaha yang bisa memanfaatkan perkembangan teknologi untuk memudahkan pekerjaan seperti dikutip Jurnal by Mekari.

Divisi Sales and Marketing

Di tengah perkembangan teknologi dan perubahan perilaku konsumen saat ini, metode pemasaran dan penjualan online menjadi solusi utama untuk meningkatkan omzet usaha. Persaingan tentu akan semakin tinggi karena setiap pengusaha, baik usaha berskala besar maupun usaha ritel, dapat menggunakan metode sales and marketing secara online dengan mudah dan terjangkau.

Namun, jumlah customer diperkirakan juga akan meningkat dengan mudah.

Khusus untuk divisi sales, pengusaha dapat memanfaatkan teknologi digital berbasis aplikasi penjualan online di beberapa channel, yakni via website, e-commerce, dan media sosial. Berdasarkan tingkat kesulitannya, pembuatan website lebih rumit dibandingkan bergabung dalam e-commerce maupun membuat akun media sosial. Namun, ketiganya memiliki peluang yang berbeda-beda pula.

Note : Baca artikel Pahami Strategi Penjualan yang Efektif saat Fase New Normal

Sementara untuk divisi marketing, pengusaha dapat menjalankan digital marketing dengan memanfaatkan teknologi marketing online melalui media sosial, website, email, advertisement, dan lainnya. Tak hanya itu, divisi marketing juga bisa memanfaatkan aplikasi pendukung untuk memantau dan mengelola proses pemasaran.   

Operasional Produksi

Tidak semua sektor usaha dalam divisi operasional bisa beralih menggunakan teknologi, namun ada sebagian bidang yang dapat mengimplementasikan teknologi secara mudah. Pada sektor manufaktur misalnya, pengusaha bisa menggunakan mesin yang terhubung dengan teknologi komputerisasi untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi atau biasa dikenal dengan istilah intelligence manufacturing.

Di industri food and beverage, pengusaha bisa memanfaatkan aplikasi layanan antar makanan instan. Di sektor ritel, pengusaha dapat memanfaatkan teknologi pengelolaan inventory untuk mengatur operasional pengadaan barang.

Anda juga bisa memanfaatkan outlet sebagai gudang dan proses penjualan digeser menggunakan teknologi e-commerce atau channel online lain. Sedangkan di sektor jasa, teknologi yang bisa dimanfaatkan di divisi operasional yakni penagihan piutang menggunakan teknologi laporan penagihan atau invoicing.

Teknologi pengelolaan inventory dan invoicing bisa terhubung dengan aplikasi accounting pada beberapa teknologi software, salah satunya seperti software akuntansi online Jurnal by Mekari

Jurnal software akuntansi UKM

Divisi Accounting dan Pajak 

Pembuatan laporan keuangan dan penghitungan pajak dapat dialihkan menggunakan software akuntansi online. Teknologi ini akan memudahkan Anda untuk mengelola laporan keuangan secara lebih akurat dalam waktu singkat.

Terlebih, informasi data keuangan perusahan bisa dipantau secara real time. Hal itu tentu akan mendorong pertumbuhan bisnis lebih pesat. 

Beberapa keunggulan menggunakan software accounting antara lain, terjadi integrasi seluruh data keuangan, dari mulai administrasi hingga menghasilkan laporan keuangan akhir. Selain itu, Anda dapat mengurangi perhitungan-perhitungan manual yang menghabiskan banyak waktu dan energi. Data-data keuangan yang tersaji pun memiliki akurasi yang tinggi karena diproses menggunakan teknologi.

Tak hanya itu, Anda juga tidak harus bertemu dengan rekan kerja di satu tempat tertentu untuk mengerjakan laporan keuangan. Dalam kondisi krisis dan lumpuh aktivitas akibat Pandemi COVID-19 seperti saat ini, Anda sangat dapat dimungkinkan untuk melakukan work from home karena data dapat dikelola dari mana saja. Anda juga dapat melihat data secara real time.

Note : Baca artikel 5 Langkah Atur Ulang Keuangan Bisnis Jelang New Normal

Divisi Administrasi Umum

Pada divisi administrasi umum, proses kerja administrasi seperti penawaran penjualan, surat jalan, dan pengajuan faktur bisa diintegrasikan dengan software accounting online. Dengan demikian, staf admin tidak perlu membuat masing-masing data secara terpisah, melainkan melalui satu kesatuan yang saling berkesinambungan.

Penggunaan teknologi pada divisi administrasi umum dapat mengurangi risiko human error karena banyak hal yang bisa dilakukan secara otomatis. Selain itu, teknologi juga membutuhkan waktu lebih sedikit dalam pembuatan masing-masing data, sehingga menjadi kunci efisiensi dan efektivitas kerja. Dengan bantuan software accounting seperti Jurnal, karyawan dapat melakukan tugas lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat.

Sebagai software akuntansi online, Jurnal ikut mendukung dan berkomitmen membantu menjawab tantangan untuk menjaga produktivitas dan pertumbuhan ekonomi di tengah tuntutan untuk mengurangi mobilitas ke tempat kerja dan keramaian umum lewat program #UKMtahankrisis.

Cari tahu selengkapnya mengenai produk Jurnal di website Jurnal atau isi formulir berikut ini untuk mencoba demo gratis Jurnal secara langsung. Cukup ketuk banner di bawah ini untuk mendapatkan promo kesempatan bonus berlangganan Jurnal selama 60 hari dan diskon 35% (Minimal subscribe 12 bulan).

Note : Jangan dulu keluar, baca artikel terbaik kami Lima Sektor Bisnis Booming saat New Normal Datang
CTA Jurnal


PUBLISHED19 May 2020
Lavinda
Lavinda

SHARE THIS ARTICLE: