4 Fungsi Strategi Pemasaran untuk Kemajuan Bisnis

Perkembangan bisnis kecil dan menengah di Indonesia setiap tahunnya terus mengalami perbaikan. Hal ini tentu tidak lepas dari pengaruh fungsi strategi pemasaran efektif yang dilakukan. Pada kenyataannya memang strategi pemasaran memegang peran penting bagi perkembangan bisnis. Bagaimana bisnis atau produk bisa dikenal oleh masyarakat jika pemasarannya tidak tepat sasaran?

Apa Itu Strategi Pemasaran?

Sebelum memahami tentang fungsi strategi pemasaran, sebaiknya Anda mengetahui arti dari strategi pemasaran itu sendiri. Secara umum, strategi pemasaran adalah usaha untuk memasarkan produk atau jasa dengan pola perencanaan dan metode yang terstruktur. Tujuannya adalah agar perusahaan bisa menjual produk atau jasa dalam jumlah lebih banyak lagi. 

Baca juga: 7 Strategi Pemasaran Produk Bisnis di Tengah Pandemi Corona

Fungsi Strategi Pemasaran

Fungsi strategi pemasaran bagi sebuah bisnis sifatnya sangat penting karena mampu meningkatkan nilai ekonomi perusahaan. Harga barang dan jasa menjadi bertambah nilainya akibat pemasaran yang tepat sasaran. Ada tiga faktor yang memengaruhi harga barang dan jasa, yaitu produksi, pemasaran, dan konsumsi. Strategi pemasaran adalah jembatan antara kegiatan produksi dan konsumsi. 

Secara garis besar, fungsi strategi pemasaran terdiri dari 4 fungsi, di antaranya adalah:

1. Meningkatkan Motivasi Pengembangan Bisnis

4 Strategi Pemasaran untuk Setiap Tahapan Siklus Hidup Produk

Melihat peluang dengan cara berbeda adalah salah satu fungsi strategi pemasaran yang memengaruhi kelangsungan bisnis di masa mendatang. Peluang tidak selalu ada pada permintaan pasar, tapi juga diciptakan sendiri oleh pelaku usaha. Bagaimana caranya? Dengan strategi pemasaran yang efektif perusahaan bisa menggebrak pasar dengan inovasi terbaru. Sehingga kondisi ini membuat konsumen yang awalnya merasa tidak butuh membeli sesuatu menjadi tergerak untuk membeli. 

Inovasi tidak bisa datang begitu saja, dibutuhkan tim khusus di dalam perusahaan yang fungsinya adalah melakukan survey pasar. Apa yang konsumen butuhkan saat ini dan di saat mendatang bisa menjadi acuan Anda untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar. Contoh kecilnya adalah konsumen sebenarnya tidak perlu mengganti handphone-nya setiap tahun. Namun dengan strategi pemasaran yang tepat akan meyakinkan konsumen bahwa handphone terbaru adalah solusi dari permasalahan yang dihadapi. 

2. Membuat Koordinasi Tim Lebih Efektif

Strategi Praktis Melakukan Pemasaran Jasa

Strategi adalah alat untuk mencapai tujuan. Setiap perusahaan tentu memiliki tujuan bisnis yang berbeda-beda begitu pula dengan strategi pemasaran yang dibuat. Dengan adanya strategi pemasaran, koordinasi tim menjadi lebih baik dan terarah untuk mencapai tujuan yang sama. Fungsi strategi pemasaran di sini adalah sebagai alat untuk mengatur arah setiap divisi agar mampu bekerja sama mencapai tujuan perusahaan.

Misalnya jika ada permintaan konsumen yang tinggi, strategi pemasaran mampu membuat koordinasi antara divisi produksi dan divisi pemasaran. Tujuannya adalah agar konsumen dapat dilayani dengan baik. 

3. Merumuskan Tujuan Perusahaan

6 Strategi Pemasaran Tepat Sasaran Yang Harus Dicoba

Tanpa tujuan yang jelas, perusahaan tidak akan berkembang. Di sinilah fungsi strategi pemasaran yang krusial, yaitu menentukan tujuan perusahaan secara jelas. Strategi pemasaran tidak hanya dipakai untuk alat mencapai tujuan, namun juga merumuskan tujuan itu sendiri. Baik tujuan jangka pendek maupun jangka panjang. 

Tujuan perusahaan adalah sesuatu yang bersifat kuantitatif, sehingga indikator keberhasilannya harus dapat diukur. Misalnya saja target penjualan, target konsumen, dan juga target pemasukan. Jika tujuan tersebut dapat tercapai, nilai ekonomi perusahaan juga dapat ikut meningkat.

4. Mengawasi Kegiatan Pemasaran

Strategi Pemasaran Jasa

Untuk meningkatkan kualitas kegiatan pemasaran perusahaan, dibutuhkan pengawasan yang efektif. Pengawasan di sini artinya adalah perhatian yang jelas sehingga potensi dari setiap anggota bisa terdeteksi dan digunakan untuk mendukung perusahaan mencapai tujuan. Fungsi strategi pemasaran harus mampu melihat potensi dari setiap anggotanya. Untuk menambah semangat, perusahaan dapat menerapkan konsep reward untuk mereka yang mampu mencapai target penjualan. 

Baca juga: Strategi Pemasaran Jasa: Pengertian dan Penerapannya

Saat fungsi strategi pemasaran sudah berjalan dengan baik, dibutuhkan pengelolaan keuangan yang baik pula. Sehingga perusahaan tidak hanya mampu mendapatkan keuntungan, namun juga bisnis dapat berjalan lebih panjang. Untuk memelihara sebuah bisnis dalam jangka panjang, dibutuhkan pengelolaan keuangan dengan baik, agar transaksi bisnis Anda lebih jelas. Jurnal adalah salah satu software akuntansi online yang dapat membantu Anda mengelola keuangan bisnis menjadi lebih mudah. 

Dengan Jurnal, Anda dapat memantau transaksi bisnis kapan saja dan di mana saja melalui smartphone. Catatan keuangan bisnis Anda tersimpan rapi di dalam aplikasi dan diolah menjadi laporan keuangan yang lengkap. Baca kembali produk-produk Jurnal dan coba free trial Jurnal gratis selama 14 hari sekarang juga.


PUBLISHED04 Jun 2020
Risna
Risna

SHARE THIS ARTICLE: