15 Fungsi Strategi Pemasaran untuk Tingkatkan Bisnis Anda Highlights Fungsi strategi pemasaran yaitu dapat memahami perilaku dan kebutuhan konsumen secara mendalam. Strategi pemasaran juga dapat mengarahkan aktivitas promosi agar lebih efisien dan tepat sasaran. Perencanaan yang matang dalam strategi pemasaran dapat memastikan alokasi anggaran dan tim berjalan efisien. Dengan fokus pada kebutuhan pasar, strategi yang tepat dan efektif dapat menarik pelanggan sampai meningkatkan volume penjualan. Perkembangan bisnis kecil dan menengah di Indonesia setiap tahunnya terus mengalami perbaikan. Hal ini tentu tidak lepas dari pengaruh fungsi strategi pemasaran dan tujuan efektif yang dilakukan. Pada kenyataannya memang strategi pemasaran memegang peran penting bagi perkembangan bisnis. Bagaimana bisnis atau produk bisa dikenal oleh masyarakat jika pemasarannya tidak tepat sasaran? Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Mekari Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya! Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang! atau Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang! Apa Itu Strategi Pemasaran? Sebelum memahami tentang fungsi strategi pemasaran, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu arti dari strategi pemasaran itu sendiri. Secara umum, strategi pemasaran adalah usaha untuk memasarkan produk atau jasa dengan pola perencanaan dan metode yang terstruktur. Tujuannya adalah agar perusahaan bisa menjual produk atau jasa dalam jumlah lebih banyak lagi. Fungsi Strategi Pemasaran Fungsi strategi pemasaran bagi sebuah bisnis sifatnya sangat penting karena mampu meningkatkan nilai ekonomi perusahaan. Harga barang dan jasa menjadi bertambah nilainya akibat pemasaran yang tepat sasaran. Ada tiga faktor yang memengaruhi harga barang dan jasa, yaitu produksi, pemasaran, dan konsumsi. Strategi pemasaran adalah jembatan antara kegiatan produksi dan konsumsi. Secara garis besar, fungsi strategi pemasaran terdiri dari beberapa fungsi, di antaranya adalah: 1. Meningkatkan Motivasi Pengembangan Bisnis Melihat peluang dengan cara berbeda adalah salah satu fungsi strategi pemasaran yang memengaruhi kelangsungan bisnis di masa mendatang. Peluang tidak selalu ada pada permintaan pasar, tapi juga bisa diciptakan sendiri oleh pelaku usaha. Melalui strategi pemasaran yang efektif, perusahaan nantinya akan bisa menggebrak pasar dengan inovasi-inovasi terbarunya. Sehingga kondisi ini bisa membuat konsumen yang awalnya merasa tidak butuh membeli sesuatu, menjadi tergerak untuk membeli. Inovasi sejatinya tidak bisa datang begitu saja, dibutuhkan tim khusus di dalam perusahaan yang fungsinya adalah melakukan survey pasar. Apa yang konsumen butuhkan saat ini dan di saat mendatang bisa menjadi acuan Anda untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar. Contoh kecilnya adalah konsumen sebenarnya tidak perlu mengganti handphone-nya setiap tahun. Namun dengan strategi pemasaran yang tepat akan meyakinkan konsumen bahwa handphone terbaru adalah solusi dari permasalahan yang dihadapi. Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk Keputusan Bisnis Lebih Cepat dan Akurat Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang! atau Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang! 2. Membuat Koordinasi Tim Lebih Efektif Strategi adalah alat untuk mencapai tujuan. Setiap perusahaan tentu memiliki tujuan bisnis yang berbeda-beda begitu pula dengan strategi pemasaran yang dibuat. Dengan adanya strategi pemasaran, koordinasi tim menjadi lebih baik dan terarah untuk mencapai tujuan yang sama. Fungsi strategi pemasaran di sini adalah sebagai alat untuk mengatur arah setiap divisi agar mampu bekerja sama mencapai tujuan perusahaan. Misalnya jika ada permintaan konsumen yang tinggi, strategi pemasaran mampu membuat koordinasi antara divisi produksi dan divisi pemasaran. Tujuannya adalah agar konsumen dapat dilayani dengan baik. Baca juga: Contoh Penerapan Strategi Pemasaran 4P dalam Bisnis 3. Merumuskan Tujuan Perusahaan Tanpa tujuan yang jelas, perusahaan tidak akan berkembang. Maka di sinilah fungsi strategi pemasaran digital yang krusial, yaitu menentukan tujuan perusahaan secara jelas. Strategi pemasaran tidak hanya dipakai untuk alat mencapai tujuan, namun juga merumuskan tujuan itu sendiri. Baik tujuan jangka pendek maupun jangka panjang. Tujuan perusahaan adalah sesuatu yang bersifat kuantitatif, sehingga indikator keberhasilannya harus dapat diukur. Misalnya saja target penjualan, target konsumen, dan juga target pemasukan. Jika tujuan tersebut dapat tercapai, nilai ekonomi perusahaan juga dapat ikut meningkat. 4. Mengawasi Kegiatan Pemasaran Untuk meningkatkan kualitas kegiatan pemasaran perusahaan, dibutuhkan pengawasan yang efektif. Pengawasan di sini artinya adalah perhatian yang jelas sehingga potensi dari setiap anggota bisa terdeteksi dan digunakan untuk mendukung perusahaan mencapai tujuan. Fungsi strategi pemasaran salah satunya adalah harus mampu melihat potensi dari setiap anggotanya. Yaitu untuk menambah semangat, perusahaan dapat menerapkan konsep reward untuk mereka yang mampu mencapai target penjualan. Saat fungsi strategi pemasaran sudah berjalan dengan baik, dibutuhkan pengelolaan keuangan yang baik pula. Sehingga perusahaan tidak hanya mampu mendapatkan keuntungan, namun juga bisnis dapat berjalan lebih panjang. 5. Menentukan Target Pasar Dengan adanya strategi pemasaran, bisnis Anda pun berikutnya akan bisa menentukan berbagai macam target sesuai pada lingkup pasar yang diinginkan. Seperti misalnya dalam hal mengidentifikasi segmen konsumen yang paling potensial untuk produk atau jasa yang ditawarkan. Baca Juga: Strategi Cakupan Pasar: Pengertian, Jenis, dan Cara Penerapannya 6. Meningkatkan Brand Awareness Anda bisa membangun kesadaran dan pengenalan merek di benak konsumen melalui berbagai media promosi. Namun untuk dapat menentukan peningkatan brand awareness yang efektif, Anda membutuhkan suatu strategi pemasaran yang jelas, dan berdasarkan pada data yang relevan. Baca Juga: Catat! Cara Tingkatkan Brand Awareness yang Efektif 7. Mengomunikasikan Nilai Produk Fungsi strategi pemasaran yang lainnya adalah agar bisa menjelaskan keunggulan dan manfaat produk kepada calon pelanggan secara efektif. Bayangkan jika Anda tidak memiliki strategi yang jelas, mungkin brand Anda akan kebingungan untuk menempatkan gaya komunikasinya seperti apa kepada konsumen. 8. Membangun Relasi dengan Pelanggan Strategi seperti loyalty program atau benefit setelah melakukan pembelian, tentu bisa menciptakan hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Karena semakin baik relasi yang brand Anda miliki dengan pelanggan, kemungkinan besar akan semakin baik pula timbang balik yang bisa Anda dapatkan. Seperti pembelian berulang atau berlangganan secara rutin. Baca Juga: Konsep dan Faktor Kepuasan Pelanggan 9. Mendorong Penjualan Melalui promosi, diskon, bundling, atau campaign musiman, Anda juga bisa meningkatkan penjualan sesuai yang diharpakan. Fungsi strategi pemasaran di sini adalah untuk melakukan pemetaan terhadap jenis promosi seperti apa yang paling tepat untuk dilakukan. Apakah pada bulan-bulan tertentu, momen spesial, atau setiap jumlah maksimal pembelian nantinya setiap pelanggan akan mendapatkan reward atau tidak. Baca Juga: 5 Alasan Penting Kenapa Anda Harus Memiliki Aplikasi Penjualan 10. Mengoptimalkan Saluran Distribusi Kemudian fungsi lainnya adalah untuk memastikan produk tersedia di tempat dan waktu yang tepat sesuai dengan perilaku konsumen. Dalam menentukan strategi pemasaran, Anda biasanya juga turut serta untuk memilih lokasi mana yang akan ditargetkan, agar jalur distribusi dapat berjalan sesuai dari pertimbangan strategis. Misalnya, distribusi akan lebih mengutamakan daerah dan spesifikasi produk yang paling laku di pasaran. Seperti di daerah perkotaan lebih laku produk A, sementara di daerah pesisir/pegunungan lebih laku produk B. 11. Mendukung Inovasi Produk Informasi dari pasar berdasarkan hasil dari penjualan di lapangan akan memberikan data yang sangat valid, sekaligus dibutuhkan untuk merumuskan inovasi maupun strategi pemasaran produk terbaru. Data tersebut akan digunakan untuk pengembangan dan perbaikan produk berdasarkan kebutuhan konsumen. 12. Menentukan Harga yang Kompetitif Strategi penetapan harga juga akan disusun berdasarkan riset pasar dan daya beli pelanggan. Biasanya hal ini juga akan mempertimbangkan hal-hal seperti daya beli pelanggan berdasarkan upah minimum di suatu daerah. Jika produk terlalu mahal, kemungkinan besar produk tidak akan laku di semua daerah. Maka perhatikan harga produk Anda dengan baik. Dengan begitu strategi pemasaran berfungsi untuk menganalisa potensi pasar yang ada, sehingga nantinya bisa menetapkan berapa besaran harga dari suatu produk. 13. Menganalisa Perilaku Konsumen Strategi pemasaran berfungsi untuk mengidentifikasi preferensi, kebutuhan, tren, serta pola pembelian konsumen. Dengan begitu, perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih tepat dalam menyusun produk, harga, hingga promosi. Hal ini penting karena bisa sangat mempengaruhi jumlah penjualan yang berhasil laku. Karena produk yang semakin relevan dengan perilaku konsumen, biasanya akan lebih mudah dijual. 14. Meningkatkan Efisiensi Promosi Hal yang tidak kalah penting dalam sebuah kegiatan promosi adalah mengalokasikan anggaran secara tepat untuk media yang paling efektif menjangkau target pasar. Selama menetapkan strategi pemasaran, Anda harus membagi budget pemasaran menjadi lebih efektif. Sedangkan pembagian budget yang efektif tersebut tidak bisa didapatkan tanpa adanya strategi pemasaran. Agar lebih akurat dalam memproses budget pemasaran, Anda sebaiknya menggunakan software akuntansi online seperti Mekari Jurnal. Di sana berbagai laporan keuangan sampai pembukuan arus kas bisnis Anda dapat tercatat secara lebih otomatis, cepat, dan real time. Jadi penting untuk Anda untuk memperhatikan hal tersebut ya! 15. Mengelola Reputasi Merek Menangani citra publik, baik secara offline maupun melalui media sosial dan ulasan online juga salah satu hal yang wajib Anda perhatikan dalam sebuah bisnis. Citra yang baik biasanya dapat didapatkan dari beberapa hal faktor seperti kualitas produk, pelayanan, dan strategi pemasaran dengan hasil promosi yang menarik. Pakai Mekari Jurnal dalam Pengelolaan Budget Pemasaran Anda Untuk memelihara sebuah bisnis dalam jangka panjang, dibutuhkan pengelolaan keuangan dengan baik, agar transaksi bisnis Anda lebih jelas. Mekari Jurnal adalah salah satu software akuntansi online yang dapat membantu Anda mengelola keuangan bisnis menjadi lebih mudah. Dengan aplikasi akunting Mekari Jurnal, Anda dapat memantau transaksi bisnis kapan saja dan di mana saja melalui smartphone. Catatan keuangan bisnis Anda juga akan tersimpan rapi di dalam aplikasi dan diolah menjadi laporan keuangan yang lengkap. Baca kembali produk-produk dan coba free trial Mekari Jurnal selama 14 hari sekarang juga. Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang! atau Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang! Itulah penjelasan singkat tentang fungsi dan tujuan dari strategi pemasaran. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Mekari Jurnal untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.