5 Alasan Penting Kenapa Anda Harus Memiliki Aplikasi Penjualan Apa alasan kenapa harus memiliki aplikasi penjualan? Selengkapnya bisa Anda pelajari di blog Mekari Jurnal. Ketika Anda mengelola sebuah toko dengan berbagai varian barang yang tidak terlalu banyak dan omzet penjualan yang masih kecil, Anda tidak akan dipusingkan dengan pencatatan dan laporan keuangan sederhana, karena akan dibantu dengan aplikasi penjualan. Hal ini akan berbeda saat bisnis Anda mulai berkembang dan Anda mulai menjual barang yang beragam. Saat ini terjadi, Anda pasti akan membutuhkan beberapa bantuan, salah satunya aplikasi penjualan di mana aplikasi akuntansi Mekari Jurnal memiliki fitur tersebut. Bagi Anda yang masih merasa asing dengan aplikasi penjualan, pasti penasaran tentang perlunya memiliki aplikasi tersebut. Di bawah ini kami akan membahas beberapa alasan mengapa aplikasi pencatat transaksi penjualan ini penting untuk mengelola toko dan bisnis Anda. Memudahkan Pendataan Barang Ketika Anda sudah memiliki program penjualan, maka data barang yang ada di toko akan diolah dan di simpan dalam aplikasi, sehingga tidak perlu mendata secara manual. Anda hanya perlu menuliskan jumlah stok barang yang akan terakumulasi secara otomatis ke mesin kasir jika ada barang yang datang maupun berkurang karena proses penjualan. Ini adalah salah satu alasan penting kenapa harus memiliki aplikasi penjualan. Efisiensi Pencatatan Harga Jual Di era digitalisasi, semua barang yang beredar sudah menggunakan barcode. Penggunaan barcode ini bertujuan untuk memudahkan pengenalan nama barang tanpa harus mencatat nomor seri yang panjang. Anda juga tidak perlu menempelkan harga pada setiap barang, karena harga barang akan teridentifikasi dalam penggunaan barcode tersebut. Jika kita memiliki aplikasi penjualan, kita akan mendapatkan program identifikasi barcode ini sebagai salah satu kemudahan. Pembuatan Neraca Keuangan Secara Cepat Neraca keuangan adalah laporan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi tertentu yang menunjukkan posisi keuangan pada akhir periode. Tujuan pembuatan neraca ini adalah sebagai penyedia informasi mengenai laporan posisi keuangan toko yang menampilkan detail debit dan kredit. Laporan neraca terdiri dari tiga bagian yaitu aset, liabilitas, dan juga ekuitas. Karena aplikasi penjualan sudah mampu mengolah laporan keuangan dari bukti transaksi yang sudah kita masukkan selama periode penjualan. Dengan demikian pembuatan neraca keuangan akan menjadi sangat cepat tanpa harus mencocokkan satu persatu laporan yang sudah Anda buat. Ini juga merupakan salah satu alasan penting kenapa harus memiliki aplikasi penjualan. Baca juga : Ini Alasan Bisnis Membutuhkan Aplikasi Laporan Keuangan! Menampilkan Kondisi Persediaan Secara Akurat Dalam dunia penjualan, penting untuk mengetahui stok barang yang tersisa. Hal ini dapat memudahkan pengusaha melakukan pre-order dan memperoleh kecocokan dari nilai transaksi yang dihasilkan dengan angka penjualan maupun stok yang tersisa. Aplikasi penjualan memiliki sistem pengendalian internal yang dapat membandingkan persediaan stok dari bulan ke bulan, untuk mendapatkan HPP (Harga Pokok Penjualan) pada laporan keuangan, serta mengetahui kebenaran dalam laporan keuangan. Aplikasi penjualan ini juga dapat mencegah adanya kecurangan selama bisnis berjalan. Baca Juga : 5 Keunggulan Menggunakan Software Toko untuk Bisnis Memudahkan Pengambilan Keputusan Bisnis Bayangkan jika Anda harus melakukan semua transaksi bisnis secara manual. Waktu Anda mungkin akan habis hanya untuk proses pencatatan. Dengan aplikasi penjualan, Anda bisa melihat grafik penjualan suatu produk dalam satu waktu, melihat berapa lama stok barang berkurang, dan berapa barang yang masih tersisa tanpa harus repot mengecek gudang berulang kali. Kemudahan ini secara tidak langsung dapat memengaruhi kecepatan dan ketepatan bisnis Anda ke depan. Jika Anda bisa mengetahui secara cepat dan akurat tentang penjualan barang, maka Anda bisa segera memutuskan, apakah harus segera memesan barang untuk dijual. Memesannya dalam jumlah besar atau kecil maupun menahan pemesanan karena sedikitnya penjualan barang tersebut. Setelah membaca 5 alasan penting untuk memiliki aplikasi penjualan di atas, Anda pasti mulai memikirkan pentingnya berinvestasi untuk memiliki aplikasi tersebut. Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Mekari Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini. Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang! atau Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang! Nah, sekarang terjawab sudah mengenai apa alasan kenapa harus memiliki aplikasi penjualan. Jika Anda masih belum memiliki referensi tentang jasa penyedia software penjualan maupun akutansi, Anda bisa mencari informasi pada fitur yang ada pada Mekari Jurnal. Mekari Jurnal adalah aplikasi penjualan pembelian yang menawarkan laporan keuangan instan secara realtime kapan pun dan di mana pun, pelacakan persediaan untuk memonitor stok barang, pembuatan faktur lebih mudah, serta manajemen aset yang akan menguntungkan bisnis Anda.