Selama masa kuliah, jurusan ini akan dibuat pusing dengan tugas membuat laporan keuangan dengan menghitung uang perusahaan yang kamu aja nggak tau gimana bentuknya. Tapi, tau nggak? Jurusan akuntansi merupakan salah satu jurusan yang memiliki prospek besar dalam urusan pencarian kerja. Lulusan akuntansi biasanya akan ditempatkan sebagai tenaga akuntansi pada divisi keuangan atau finance. Nggak cuma itu, mahasiswa akuntansi juga bisa berkarir dibagian lain di berbagai industri. Terus apa aja prospek kerja lulusan akuntansi?

 

Akuntan Publik

Sebelum memberikan jasa akuntan publik, kamu harus memiliki izin dari Menteri Keuangan untuk menjadi anggota dari Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) dan telah memiliki sertifikat CPA (Certified Public Accountants). Sebagai akuntan publik, kamu bertugas melakukan audit atau aktivitas akuntansi lainnya seperti memeriksa laporan keuangan, membantu perpajakan, sistem informasi akuntasi, maupun konsultasi manajemen. Menjadi akuntan publik, kamu tidak terikat oleh sebuah perusahaan dan akan mendapatkan fee dari klien atau perusahaan yang menggunakan jasa akuntansimu.

 

Auditor Internal

Beda dengan akuntan pubilik, auditor internal bekerja langsung dalam perusahaan yang bertugas memeriksa atau mengaudit apakah manajemen telah melakukan tugas dan fungsinya secara efisien. Kalau kamu tertarik menjadi auditor internal, kamu harus memiliki sifat jujur dan integritas yang tinggi untuk memastikan tidak adanya penyimpangan pada laporan keuangan perusahaan. Auditor internal biasanya akan lebih banyak memberikan saran untuk memperbaiki manajemen sebuah perusahaan yang berhubungan dengan tingkat kepatuhan operasional terhadap sistem pengendalian internalnya, terhadap berbagai regulasi, hingga konsep Good Corporate Governance.

 

Konsultan Pajak

Jika kamu tertarik di dunia perpajakan, kamu bisa coba untuk menjadi konsultan pajak. Dengan menjadi konsultan pajak, kamu bisa membantu perusahaan untuk memenuhi kewajibannya sebagai perusahaan yang taat pajak sesuai dengan peraturan Undang-Undang Perpajakan. Tapi, untuk menjadi konsultan pajak, kamu harus mendapatkan izin praktik sebagai konsultan pajak yang telah lulus USKP (Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak) yang diselenggarakan oleh IKPI (Ikatan Konsultan Pajak Indonesia) dan mendapatkan gelar BAP. Jasa konsultan pajak yang bisa kamu berikan ke perusahaan adalah perencanaan pajak (tax planning), pelayanan dalam pembuatan laporan SPT pajak (tax reporting services), review pajak (tax compliance service), jasa pendampingan pemeriksaan pajak (tax audit assistance), jasa pelatihan pajak (tax training services), dan juga jasa restitusi pajak (tax refund services).

 

Financial Analyst

Posisi ini bisa dibutuhkan oleh perorangan maupun perusahaan. Jika kamu dapat menerjemahkan informasi keuangan untuk dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan bisnis hingga pembuatan strategi bisnis, kamu cocok untuk menjadi financial analyst. Untuk menjadi seorang financial analyst, kamu harus mengantongi gelar CFA atau Certified Financial Analyst yang dikeluarkan oleh CFA Institute setelah berhasil lulus ujian sebanyak 3 tingkat . Sertifikat ini hanya bisa kamu ambil ketika kamu telah memiliki pengalaman kerja minimal 4 tahun dibidang analisis keuangan dan investasi.

 

Akuntan Pemerintah

Siapa yang bisa nolak buat kerja di institusi pemerintah? Untuk menjadi akuntan pemerintah kamu harus memiliki standar tersendiri dalam hal pencatatan akuntansi. Seorang Ahli Akuntan Pemerintahan (AAP) adalah salah satu standar akuntansi pemerintah di Indonesia. AAP sendiri diselenggarakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dan biasanya diikuti oleh PNS yang menangani masalah keuangan di suatu institusi pemerintah. Tugas utama seorang akuntan pemerintah adalah menyusun laporan keuangan pemerintah atau bisa juga melakukan audit di setiap instansi di berbagai tingkat pemerintahan. Sudut pandang akuntan pemerintah juga berbeda dengan akuntan publik yang hanya melihat dari sisi keuntungan maupun kerugian. Sudut pandang akuntan pemerintah adalah aturan yang telah ditetapkan pemerintah itu sendiri.

 

Dosen Akuntansi

Buat kamu yang memiliki jiwa mengajar, menjadi dosen akuntasi bisa jadi pilihan yang tepat. Dengan menjadi dosen, kamu bisa berbagi ilmu dan pengetahuan mengenai akuntansi. Bukan cuma itu, sebagai dosen akuntansi yang memiliki banyak materi, kamu bisa juga menjadi konsultan atau pembawa materi yang bekerja dalam lembaga riset atau penelitian. Dalam hal ini, kamu akan mempelajari masalah atau isu tentang akuntansi yang beredar di masyarakat.

 

Perencana Keuangan

Mahasiswa akuntansi sudah dikenal sebagai orang yang pintar mengatur uang. Prospek kerja yang bisa kamu ambil sebagai lulusan akuntansi adalah menjadi seorang perencana keuangan. Untuk menjadi perencana keuangan, kamu harus memiliki CFP atau Certified Financial Planner. Dengan mengantongi sertifikat itu, calon pengguna akan lebih tertarik dan percaya dengan jasa yang ingin kamu berikan. Seperti namanya, perencana keuangan bertugas untuk memberikan saran dalam pengelolaan keuangan kepada masyarakat yang kesulitan dalam mengatur keuangan pribadi maupun bisnisnya.

 

Pengusaha Sukses

Buat kamu yang punya prinsip nggak mau kerja sama orang, mungkin kamu cocok sebagai pengusaha. Lulusan akuntansi memiliki potensi besar untuk membuka lapangan kerja untuk banyak orang. Saat masih kuliah, anak jurusan akuntansi selalu diberikan banyak mata kuliah tentang pengembangan bisnis seperti pengantar bisnis, manajemen dan komunikasi bisnis, strategi menjalankan bisnis, dan lain sebagainya. Mata kuliah tersebutlah yang bisa menjadi bekal buat kamu yang ingin mulai membuka bisnis baru. Tapi, jangan pernah untuk melupakan ilmu tentang pembukuan, karena suatu bisnis tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya pembukuan.

 

Dengan pembukuan yang jelas, kamu bisa mengembangkan bisnis dengan baik, karena strategi bisnis yang tepat adalah strategi yang berlandasan laporan keuangan perusahaan. Sekarang, kamu nggak perlu lagi repot dalam hal membuat laporan keuangan. Dengan menggunakan Jurnal sebagai software akuntansi online, kamu akan lebih mudah dalam membuat laporan keuangan. Nah, kalau kamu masih berstatus mahasiswa akuntansi, kamu juga bisa mencoba menjadi konsultan pembukuan di Jurnal. Dengan menjadi konsultan di Jurnal, kamu bisa mendapat penghasilan tambahan hingga mendapat tempat magang di salah satu perusahaan yang bekerja sama dengan Jurnal. Info lebih lanjut tentang Jurnal baca di sini dan untuk daftar menjadi konsultan Jurnal silakan klik di sini.

Author