Jurnal Enterpreneur

Sudah Tahu Mengapa Usaha Jasa Lebih Menjanjikan?

Ingin memulai usaha tapi tidak ada produk yang bisa dijual? Kenapa Anda tidak mencoba menawarkan jasa Anda saja. Temukan ide jenis jenis bisnis atau usaha jasa yang mudah dijalankan dan tentunya bisa membawa keuntungan.

Bagi orang yang ingin mendapatkan penghasilan lebih, tentu selalu terbesit dalam pikirannya untuk memiliki sebuah usaha diluar dari pekerjaan utamanya.

Namun, kadang yang menjadi ‘ganjalan’ adalah kerumitan saat memulai serta menjalani usahanya itu.

Terutama dalam menentukan jenis usahanya, karenanya banyak orang yang mengambil jalan yang lebih mudah dengan memilih jenis usaha jasa.

Pastikan Anda Telah Menggunakan Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Mengapa Usaha di Bidang Jasa Lebih Menguntungkan dan Lebih Mudah Untuk Dijalani

Untuk membangun sebuah usaha baik itu di bidang apapun tentu perlu dipikirkan dengan matang terkait usaha apa yang akan dijalaninya.

Tahun baru ini adalah waktu yang tepat untuk kamu memulai usaha, tetapi sebelum memulai usaha pastikan kamu memiliki segala persiapan yang dibutuhkan.

Persiapan tersebut dapat berupa apa saja, baik itu jenis peluang usaha yang ingin dimulainya, modal untuk membangun usahanya dan lainnya.

Yang terpenting saat ingin memulai usaha pastikan dulu untuk menentukan jenis usaha yang cocok dan sesuai dengan passion kamu.

Jadi jika sudah tidak sabar untuk mulai membangun usahamu, kami akan memberikan pilihan peluang usaha di bidang jasa yang mudah sekaligus menguntungkan.

Sebelum itu kita akan membahas terlebih dahulu mengenai mengapa bisnis atau usaha di bidang jasa memiliki keuntungan lebih.

Banyak pemula dalam dunia usaha maupun bisnis yang tidak menyadari bahwa usaha di bidang jasa lebih untung serta mudah untuk dijalani dibandingkan dengan usaha menjual sebuah produk maupun barang.

Selain itu mereka yang memilih usaha di bidang jasa juga dapat merasakan keuntungan lainnya seperti:

1. Bisnis Jasa Tidak Membutuhkan Modal yang Besar

Peluang usaha di bidang jasa ini memang relatif tidak membutuhkan modal yang besar selama kamu tidak melakukan bisnis jasa seperti transportasi ataupun pelayanan rumah sakit.

Yang terpenting dalam usaha bidang jasa ini semangat yang kuat serta pelayanan yang baik ditambah keterampilan dalam berkomunikasi.

Agar dapat memberikan kepuasan pada pelanggan dan tentunya dapat mengelola pemasaran dari jasa yang kamu miliki.

2. Tidak Perlu Pusing Memikirkan Distribusi

Saat memiliki usaha di bidang jasa kamu tidak lagi perlu memikirkan distribusi dari usaha yang kamu jalani.

Karena yang kamu tawarkan adalah sehingga, kamu tidak akan dipusingkan dengan pengelolaan distribusi barang, menghitung jumlah barang hingga mengawasi perputaran barang agar tidak terjadi penumpukan stock yang dapat merugikan usaha milikmu.

3. Tidak Memikirkan Stok Barang

Usaha di bidang jasa ini lebih bergantung dengan keterampilan serta pelayanan yang dapat kita berikan. Jadi kamu tidak akan dipusingkan dengan stok barang dalam usahamu.

Kamu hanya tinggal menyediakan modal pada awal usaha serta mempersiapkan strategi pelayanan yang baik.

Lain halnya dengan mereka yang ingin memulai usaha di bidang produk. Dari modal awalnya, tentu membutuhkan modal yang relatif lebih besar bahkan harus dipersiapkan 2 kali lipat, untuk mengantisipasi barang refund atau lainnya.

Permudah Pengelolaan Inventori dan Stok Barang dengan Jurnal. Baca Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

4. Tidak Ada Pengendapan Modal

Kamu tentu pernah mendengar seputar pengendapan modal. Ya, pengendapan modal ini adalah suatu biaya yang cukup besar yang harus dimiliki oleh para pengusaha maupun pebisnis di bidang produk fisik.

Modal yang harus diendapkan ini dibutuhkan karena produk yang belum terjual harus selalu tersedia demi kestabilan dari usaha tersebut.

Berbeda dengan mereka yang memiliki usaha di bidang jasa, karena tidak perlu menyediakan biaya karena barang yang belum laku terjual, rusak dan sebagainya yang dapat membuat kerugian pada usahamu.

Sekarang sudah mulai paham kan mengapa melakukan usaha di bidang jasa, jauh lebih mudah? Jika sudah paham berikut beberapa pilihan peluang usaha di bidang jasa yang mudah dan menguntungkan.

Baca juga: Jenis-Jenis Transaksi Perusahaan Jasa yang Harus Anda Ketahui

Peluang Usaha di Bidang Jasa yang Mudah dan Menguntungkan

Berikut adalah jenis-jenis usaha di bidang jasa yang bisa menjadi peluang bisnis:

1. Laundry Kiloan, Coba Bisnis Atau Usaha Jasa Ini! 

Bagi sebagian orang mencuci baju sehari-hari merupakan hal yang sangat menyita waktunya. Alasannya mungkin karena sibuk bekerja hingga memang tidak sempat.

Karena itu tidak sedikit dari mereka yang mulai mencari kemudahan dengan menggunakan orang untuk cuci bajunya maupun laundry kiloan.

Oleh karena itu juga banyak dari mereka yang mulai melirik peluang bisnis ini untuk dimanfaatkan.

Di kota-kota besar sekarang laundry kiloan adalah salah satu jasa yang sering digunakan orang-orang, selain praktis harga yang ditawarkan relatif murah.

Untuk kamu yang ingin mencoba bisnis ini, peluang dari usaha laundry kiloan cukup menjanjikan.

Modal yang dibutuhkan pun hanya mesin cuci, pewangi, setrika dan beberapa orang pekerja untuk mencuci dan menyetrika baju-baju tersebut.

Kelola Usaha Mikro Kecil secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

2. Les Privat

Usaha di bidang jasa satu ini bisa menjadi salah satu pilihanmu. Karena kebutuhan akan jasa ini cukup banyak diminati, terutama saat akan menjelang ujian akhir sekolah.

Tentu, para orang tua mulai mencari tambahan pelajaran untuk anaknya agar dapat mencapai hasil yang maksimal.

Jasa ini juga terbilang cukup luas cakupannya karena tidak hanya pelajaran eksak dan non eksak tapi pelajaran seperti musik, gambar, menari dan lainnya dapat kamu tawarkan.

Dari segi modalnya pun dapat dikatakan sedikit, yang terpenting adalah keterampilan pada bidang jasa yang ditawarkan.

Jika kamu sudah sukses dikenal sebagai pengajar privat yang baik, maka peluang mengembangkan usaha ini juga akan lebih baik dan para calon pengguna jasa kamu akan datang dengan sendirinya.

Baca juga: Cara Simple Pembukuan dan Akuntansi untuk Bisnis Jasa

3. Penulisan Artikel, Tawarkan Sebagai Usaha Jasa Jika Anda Senang Menulis

Perkembangan dunia digital seperti sekarang ini membuat kebutuhan akan informasi menjadi lebih tinggi dibandingkan dulu. Hal tersebut lah yang membuat nilai dari sebuah informasi menjadi lebih berharga.

Karena itu saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan sebuah artikel untuk memasarkan bisnisnya untuk diterbitkan dalam blog atau website miliknya.

Pendapatan yang dapat dihasilkan dari bisnis ini juga cukup menjanjikan. Dari segi harga per artikel mulai dari Rp50 rb hingga ratusan ribu tergantung dari kualitas artikel yang disajikan serta kesulitan dari pembahasannya.

Yang dibutuhkan pada usaha ini adalah laptop, jaringan internet dan tentunya kemampuan untuk menyajikan informasi dengan baik.

4. Dropshipper atau Reseller, Usaha Jasa Tanpa Harus Punya Produk dan Modal Besar

Banyaknya orang yang memasarkan produk atau barangnya melalui online membuat kemudahan bagi mereka yang mencari produk atau barang dengan lebih mudah tanpa harus bertatap muka.

Banyaknya produk online inilah yang dapat dijadikan peluang usaha untuk mereka yang ingin mendapatkan penghasilan lebih.

Caranya dengan menjadi seorang dropshipper atau reseller tanpa modal, kamu dapat menghasilkan pendapatan yang lumayan. Sistemnya kamu hanya menjual kembali produk yang dipasarkan oleh salah satu pemilik produk tersebut.

Kelola Pembukuan Bisnis Online Shop Secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

5. Jasa Titip Barang

Saat ini usaha jasa titip barang ini tengah naik daun. Biasanya mereka yang suka berpergian ke luar kota maupun luar negeri dan menawarkan barang atau produk khas daerah tersebut dengan harga yang lebih murah dibandingkan jika membeli melalui online maupun toko ditambah dengan kualitas yang cukup baik.

Tidak hanya barang, karena beberapa kuliner juga dapat digunakan pada usaha yang satu ini.

Biasanya mereka akan memasarkannya melalui media sosialnya dengan harga serta spesifikasi produk yang ditawarkan, nantinya teman terdekat bisa melihat dan menawarkan kembali pada temannya.

6. Jasa Grafik Desain, Usaha Bagi Anda yang Jago Desain

Perusahaan maupun usaha kecil semuanya membutuhkan materi promosi yang menarik, tetapi tidak semua orang mengerti tentang desain yang bagus.

Jika Anda memiliki gaya artistik dan tahu cara mengatur konten ke dalam format yang menyenangkan secara visual, Anda dapat memulai bisnis desain grafis untuk menyediakan pamflet, iklan digital, poster, dan materi visual menarik lainnya.

Desain grafis juga memiliki keuntungan karena membutuhkan modal kecil yaitu laptop dan meja saja.

Baca juga: Ini 5 Sektor Bisnis Tahan Krisis saat Pandemi COVID-19

7. Personal Trainer

Banyak dari kita yang ingin menjadi lebih sehat dalam beberapa,  baik melalui kesehatan mental, kelincahan, atau kesehatan jasmani. Ttetapi tanpa beberapa bentuk bantuan, bimbingan, atau pertanggungjawaban, banyak orang yang sulit untuk mencapai tujuan tersebut.

Salah satu ide bisnis usaha jasa bagi Anda yang suka olahraga dan kebugaran adalah menjadi personal trainer atau pelatih di bidang olahraga seperti basket, yoga, angkat beban, dan lainnya.

8. Salon Kencantikan atau Make Up Artist, Usaha Jasa Bagi Anda yang Suka dengan Kecantikan

Jika Anda menyukai semua hal kecantikan dan gaya pribadi, pilihan karir Anda tidak lagi terbatas pada sekolah tata rias tradisional dan pekerjaan per jam di salon.

Pertimbangkan apakah opsi bisnis layanan gaya hidup yang sedang berkembang ini—hampir semuanya dapat Anda sediakan di rumah, atau bahkan secara virtual—bisa menjadi pertunjukan yang bagus untuk minat Anda.

9. Bisnis Travel, Pariwisata, Hospitality

Meskipun maskapai besar dan jaringan hotel mendominasi sebagian besar pangsa pasar perjalanan, peluang berlimpah untuk penciptaan pengalaman budaya dan petualangan yang unik oleh penyedia layanan bisnis kecil.

Anda bisa mencoba membuat guesthouse, menyediakan jasa usaha rental mobil, menjadi tour guide, dan lainnya.

Kelola Bisnis Makanan dan Minuman Secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

10. Digital Marketing, Tawarkan Jasa  Anda Secara Online

Di zaman yang serba canggih ini, banyak perusahaan yang membutuhkan jasa digital marketing untuk mengembangkan bisnis mereka.

Jika Anda memiliki keahlian dalam mengelola media sosial, website, e-mail marketing, dan lainnya, Anda bisa menawarkan bisnis jasa digital marketing secara online kepada klien Anda.

Semakin yakin kan untuk memulai jenis usaha-usaha di bidang jasa seperti di atas?

Sesuaikan usaha yang akan kamu jalani, tidak perlu khawatir untuk modal awal yang dikeluarkan tentunya lebih minim dibandingkan jika kamu melakukan usaha di bidang produk.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal pada banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

 

Nah, itulah beberapa jenis bisnis atau usaha jasa yang bisa menjadi ide buat Anda jalani.

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo