Mekari Jurnal
Daftar Isi
5 min read

7 Contoh Usaha Kecil Menguntungkan & Patut Anda Coba

Tayang 09 Feb 2018
Diperbarui 10 Oktober 2023

Apa saja contoh usaha kecil atau bisnis mikro menguntungkan yang bisa Anda coba? Yuk, coba cek Blog Jurnal by Mekari!

Kebutuhan hidup semakin tahun semakin meningkat, apalagi jika memiliki anak usia sekolah, kebutuhan pasti akan semakin bertambah.

Zaman sekarang ini semua keperluan serba mahal, karena itulah Anda harus bekerja lebih giat lagi untuk mendapatkan penghasilan lebih untuk mencukupi kebutuhan.

Namun demikian, perlu diketahui bagi Anda yang bekerja dengan orang lain misal sebagai pegawai negeri maupun swasta, karyawan pabrik, buruh dan lain-lainnya, Anda akan mendapatkan gaji bulanan yang tetap, jadi jika kebutuhan hidup terus naik Anda akan selalu kekurangan setiap bulannya.

Oleh sebab itu, sekarang ini banyak orang yang melakukan usaha-usaha kecil yang bisa menguntungkan, tujuannya tidak lain untuk mencukupi kebutuhan hidup.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

10 Contoh Usaha Kecil atau Bisnis Mikro Menguntungkan

Ada banyak orang yang menjalankan usaha kecil yang terbukti sudah mendapatkan hasilnya, menguntungkan, bahkan bisa melebihi gaji bulanannya. Berikut 10 contoh usaha kecil menguntungkan:

1. Laundry

Jika Anda memiliki rumah di area padat penduduk dan mayoritas penghuninya adalah para pekerja atau mahasiswa, maka usaha sampingan yang paling pas adalah laundry.

Biasanya mereka yang sibuk bekerja atau kuliah tidak sempat untuk mencuci pakaian sendiri sehingga lebih memilih untuk menggunakan jasa laundry.

Modal yang harus di keluarkan untuk usaha laundry ini adalah membeli mesin cuci, setrika baju, parfum, dan peralatan pendukung lainnya.

Baca juga: 3 Tips Membangun Strategi Pemasaran untuk Bisnis Laundry

2. Cuci Motor & Mobil, Contoh Usaha Kecil yang Sangat Diminati

Usaha cuci motor dan mobil juga tidak kalah menggiurkan dengan laundry, terutama jika berlokasi di pinggir jalan raya.

Apalagi sekarang ini sedang musim penghujan, orang akan lebih sering mencucikan motor atau mobilnya karena cepat kotor, terutama bagi mereka yang sibuk bekerja atau kuliah.

Untuk harga cuci motor biasanya 10.000 dan mobil biasanya 30.000, dengan harga seperti itu bisa dipastikan akan lebih cepat untuk balik modalnya.

Untuk modal yang dikeluarkan adalah pembelian kompresor, shampo motor, kain lap, semir ban, dan lain-lain.

3. Pembayaran Tagihan Online

Sekarang ini semua pembayaran dilakukan serba online, mulai dari tagihan listrik, PDAM, Internet, telepon, angsuran kendaraan, dan lainnya dilakukan secara online.

Jika ingin memanfaatkan peluang ini, Anda bisa mendapatkan pendapatan tambahan yang cukup besar.

Anda hanya perlu memasang banner “Menerima Jasa Pembayaran Online” di depan rumah, maka pelanggan akan datang. Untuk modalnya Anda bisa memanfaatkan laptop atau komputer yang dimiliki ditambah dengan modem dan printer.

4. Reseller Produk

Bisnis reseller ini menjadi pilihan terbaik untuk ditekuni karena dari segi modal terhitung relatif kecil dan bisa dijadikan usaha sampingan.

Anda cukup memanfaatkan smartphone untuk bisa menjalankan bisnis ini, apalagi sekarang ini ditunjang dengan murah dan mudahnya akses Internet.

Agar bisa menjalankan bisnis reseller produk ini, Anda di haruskan mendaftar dahulu kepada agen produk, kemudian promosikan produk tersebut kepada kerabat, teman, dan rekan kerja hingga terjadi penjualan. Produk yang sedang laku saat ini kebanyakan adalah dari fashion dan produk-produk herbal.

5. Warung Kopi

Jika lokasi rumah Anda berada di pinggir jalan atau berada di dekat fasilitas umum, Anda bisa mencoba untuk mendirikan contoh usaha kecil seperti warung kopi.

Untuk modal yang dikeluarkan tergolong kecil, Anda hanya perlu membeli beberapa kopi dan beberapa minuman kemasan yang banyak disukai pelanggan.

Jika dilihat memang sepele, tapi jika dilihat lebih dalam, keuntungan dari segelas kopi bisa setengahnya. Untuk menambah kelengkapan di warung kopi, Anda bisa menambahkan beberapa makanan ringan dan gorengan.

Kelola bisnis makanan dan minuman secara efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

6. Usaha Berjualan Jus Buah, Contoh Usaha Kecil Tanpa Modal Besar

Iklim tropis yang ada di Indonesia ini menjadikan peluang yang bisa mendatangkan keuntungan.

Untuk memulai berjualan jus buah, Anda hanya perlu bermodalkan mesin blender, buah-buahan, dan beberapa peralatan pendukung lainnya. Agar lebih banyak variasinya, Anda juga bisa menambahkan beberapa minuman sachet dan snack ringan untuk anak-anak.

7. Pangkas Rambut, Contoh Usaha Kecil dengan Keahliah Khusus

Usaha potong rambut memberikan keuntungan yang menjanjikan, selama rambut manusia masih tumbuh di kepala, usaha potong rambut tidak akan pernah kehilangan pelanggan.

Terutama bagi Anda yang memiliki keahlian dalam bidang potong rambut, Anda memiliki kesempatan untuk sukses lebih besar.

Untuk modal yang dikeluarkan untuk memulai bisnis potong rambut ini tergolong kecil, hanya bermodalkan cermin, sisir, gunting, dan alat pencukur rambut, Anda sudah bisa menghasilkan pendapatan.

Untuk lokasi, usahakan berada di pinggir jalan yang ramai dan dekat dengan perumahan penduduk agar lebih banyak pelanggan yang datang.

Baca juga: Konsumen Beralih Belanja Online? Ini 10 Strategi Bisnis Online!

Itulah beberapa pembahasan mengenai peluang usaha kecil yang menguntungkan yang harus Anda coba. Meskipun usaha Anda masih tergolong kecil, pencatatan keuangan  yang baik dan rapi tetap dibutuhkan.

Untuk mencatat keuangan dengan baik dan akurat, Anda bisa menggunakan software akuntansi online Jurnal.


Dengan menggunakan aplikasi pembukuan android dari Jurnal, Anda bisa mencatat semua pendapatan dan pengeluaran dari bisnis kecil yang sedang Anda jalankan.

Tidak perlu khawatir jika Anda kurang memahami dalam bidang akuntansi, karena Jurnal sudah didesain mudah dipahami untuk orang awam sekalipun.

Anda juga bisa coba download aplikasi pajak untuk membantu Anda dalam mengelola pajak.

Info lebih lanjut tentang Jurnal dan macam-macam fiturnya Anda bisa lihat di sini. Daftarkan sekarang juga untuk mendapatkan free trial selama 14 hari.

Kategori : Other
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal