Jurnal Enterpreneur

3 Tips Membangun Strategi Pemasaran untuk Bisnis Laundry

Berikut ini adalah strategi marketing, strategi pemasaran usaha laundry yang kreatif, kuat dan efektif agar bisa mendapatkan laba dan bisa bersaing dengan yang lainnya akan diulas oleh blog Jurnal by Mekari. Baca ya!

Membuka bisnis laundry dapat menjadi usaha yang cukup menguntungkan.

Akan tetapi untuk meningkatkan peluang kesuksesan bisnis ini, Anda harus memiliki rencana bisnis yang kuat.

Dan di dalam salah satu rencana bisnis tersebut, penting untuk memasukkan strategi pemasaran yang efektif.

Bisnis laundry di Indonesia mulai digandrungi sejak tahun 2000-an awal dan semakin berkembang sampai saat ini.

Mengingat kebutuhan konsumen di kalangan para pekerja ataupun mahasiswa semakin meningkat, bisnis ini seakan tidak akan pernah mati.

Dengan bertambahnya para kompetitor di bisnis ini, Anda harus kreatif terutama dalam merancang strategi pemasaran bisnis laundry Anda.

Optimalkan Transaksi Bisnis dan Evaluasi Efektivitas Proses Bisnis Perusahaan Anda dengan Aplikasi Jurnal

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Tips Buat Strategi Marketing, Strategi Pemasaran Usaha Laundry Kreatif

Berikut tiga tips untuk merancang strategi pemasaran khusus untuk bisnis laundry yang bisa Anda coba ikuti.

Baca Juga : 6 Strategi Pemasaran Tepat Sasaran Yang Harus Dicoba

Tentukan Jenis Bisnis Laundry Anda

Berikut ini adalah strategi marketing, strategi pemasaran laundry yang kreatif, kuat dan efektif agar bisa mendapatkan laba dan bisa bersaing dengan yang lainnya. Baca ya!

Seiring dengan berkembangnya bisnis laundry, jenis dari bisnis ini sendiri pun juga ikut berkembang.

Karena itu Anda juga perlu strategi marketing, strategi pemasaran usaha laundry yang kreatif, kuat dan efektif.

Pada umumnya, jenis bisnis laundry yang banyak digunakan adalah bisnis laundry konvensional.

Bisnis ini bergerak dengan menawarkan jasa cuci pakaian kepada konsumen.

Konsumen menyerahkan pakaian yang ingin dicuci dan karyawan Anda mengerjakannya sampai cucian itu bersih, kering, dan terlipat secara rapi.

Namun dewasa ini terdapat jenis bisnis laundry modern yang memberikan opsi self-service kepada konsumen dan memberlakukan alat tukar pembayaran berupa koin atau kartu khusus.

Jenis bisnis laundry ini biasa disebut Laundry Coin atau Laundry Self-Service.

Tentu pemilihan opsi jenis bisnis laundry juga berkaitan erat dengan penentuan strategi pemasaran.

Anda bisa membuat paket-paket dengan harga berbeda berdasarkan jenis pakaian.

Atau jika Anda memilih bisnis laundry modern, sebagai contoh:

Laundry Self-Service, di mana Anda bisa membuat paket laundry berdasarkan ukuran atau jenis mesin cuci, penggunaan mesin pengering, dan penggunaan fitur air panas ketika konsumen menggunakan mesin cuci.

Tidak lupa juga untuk memberikan diskon pada periode tertentu untuk menarik konsumen Anda sebagai penerapan strategi marketing, strategi pemasaran Usaha laundry yang kreatif, kuat dan efektif.

Promosikan dan kemas hal-hal tersebut secara menarik di media sosial atau situs web Anda.

Baca Juga : 7 Contoh Usaha Kecil Menguntungkan & Patut Anda Coba

Tentukan Target Pelanggan Secara Lebih Spesifik Ketika Membuat Strategi Marketing, Strategi Pemasaran Usaha Laundry Yang Kreatif, Kuat Dan Efektif

Tidak seperti bisnis lain, cakupan target pelanggan bisnis laundry terbilang lebih sempit.

Orang-orang yang tidak memiliki seperangkat mesin cuci dan waktu untuk mencuci pakaian sendiri adalah sasaran empuk target pemasaran bisnis laundry.

Biasanya tipikal atau karakteristik tersebut jatuh kepada pada para karyawan atau mahasiswa yang cenderung tinggal di suatu hunian sementara.

Seperti kos-kosan atau kontrakan, di mana kebanyakan orang yang tinggal di sana tidak mempunyai banyak waktu luang karena berbagai kesibukannya.

Hal ini penting untuk penentuan harga yang nantinya Anda promosikan kepada target pelanggan Anda sebagai penerapan strategi marketing, strategi pemasaran laundry yang kreatif, kuat dan efektif.

Sebagai contoh, Anda bisa memberikan diskon khusus kepada mahasiswa yang di mana tingkat pendapatan mereka cenderung tidak setinggi para karyawan dalam usaha pemasaran Anda.

Baca Juga : 10 Jenis Strategi Pemasaran Efektif di Era Digital

Promosikan Pelayanan Tambahan di Tempat Laundry

Tentukan Target Pelanggan Secara Lebih Spesifik Ketika Membuat Strategi Marketing, Strategi Pemasaran Laundry Yang Kreatif, Kuat Dan Efektif

Pastikan bisnis laundry Anda terlihat berbeda dengan para kompetitor.

Khususnya jika menjalankan bisnis laundry modern, Anda bisa menambahkan fitur-fitur yang memanjakan pelanggan Anda sambil mereka menunggu pakaian selesai tercuci.

Fitur-fitur seperti WiFi, alat pijat modern, atau TV dengan program acara premium bisa menjadi suatu keunikan tersendiri dan menarik untuk dimasukkan dalam materi pemasaran Anda.

Ini adalah strategi marketing, strategi pemasaran usaha laundry yang kreatif, kuat dan efektif untuk bisa diterapkan.

Sehingga diharapkan calon pelanggan akan merasa nyaman dan berbondong-bondong datang ke tempat laundry modern Anda.

Baca Juga : Jenis Jenis Laporan Keuangan Bisnis Yang Wajib Anda Tahu

Namun fitur-fitur tersebut tentunya akan meningkatkan biaya tetap Anda seperti biaya listrik dan internet.

Perlu diadakan penyesuaian anggaran dengan paket penjualan Anda agar Anda masih bisa mendapatkan profit.

Pada akhirnya, dengan menerapkan strategi marketing, strategi pemasaran usaha laundry yang kreatif, kuat dan efektif tersebut diharapkan akan mendatangkan lebih banyak pelanggan.

Selalu unggah dan update berbagai paket dan fitur tambahan yang akan Anda tawarkan kepada pelanggan melalui media sosial atau media lainnya yang Anda gunakan sebagai instrumen pemasaran untuk mempertahankan eksistensi bisnis laundry Anda.

Selanjutnya, jangan lupa untuk selalu memonitor pencatatan transaksi dan pelaporan keuangan bisnis laundry Anda, yang tentunya bisa Anda lakukan secara online dan realtime.

Anda bisa mencoba paket Software Akuntansi Jurnal By Mekari sebagai tonggak akuntansi bisnis Anda.

Selain menawarkan fitur akuntansi yang lengkap, Jurnal juga menawarkan paket-paket menarik dengan harga terjangkau yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Cari tahu info paket-paket harga Aplikasi Jurnal sekarang! dan informasi lengkap tentang fitur serta produk Jurnal, klik tautan ini sekarang!

Nah, diatas adalah strategi marketing, strategi pemasaran usaha laundry yang kreatif, kuat dan efektif agar bisa mendapatkan laba dan bisa bersaing dengan yang lainnya.

Semoga informasi aplikasi gudang berbasis web tersebut bisa bermanfaat untuk Anda yang memerlukannya, dan jangan lupa untuk dibagikan di sosial media, supaya teman-teman Anda mendapat informasi mengenai software akuntansi terbaik ini.

Kategori : Marketing

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo