Membuka bisnis laundry dapat menjadi usaha yang menguntungkan. Akan tetapi untuk meningkatkan peluang kesuksesan bisnis ini, Anda harus memiliki rencana bisnis yang kuat. Dan di dalam salah satu rencana bisnis tersebut, penting untuk memasukkan strategi pemasaran yang efektif.

Bisnis laundry di Indonesia mulai digandrungi sejak tahun 2000-an awal dan semakin berkembang sampai saat ini. Mengingat kebutuhan konsumen di kalangan para pekerja ataupun mahasiswa semakin meningkat, bisnis ini seakan tidak akan pernah mati. Dengan bertambahnya para kompetitor di bisnis ini, Anda harus kreatif terutama dalam merancang strategi pemasaran bisnis laundry Anda. Berikut tiga tips untuk merancang strategi pemasaran khusus untuk bisnis laundry yang bisa Anda coba ikuti.

Tentukan Jenis Bisnis Laundry Anda

Seiring dengan berkembangnya bisnis laundry, jenis dari bisnis ini sendiri pun juga ikut berkembang. Pada umumnya, jenis bisnis laundry yang banyak digunakan adalah bisnis laundry konvensional. Bisnis ini bergerak dengan menawarkan jasa cuci pakaian kepada konsumen, konsumen menyerahkan pakaian yang ingin dicuci dan karyawan Anda mengerjakannya sampai cucian itu bersih, kering, dan terlipat secara rapi. Namun dewasa ini terdapat jenis bisnis laundry modern yang memberikan opsi self-service kepada konsumen dan memberlakukan alat tukar pembayaran berupa koin atau kartu khusus. Jenis bisnis laundry ini biasa disebut Laundry Coin atau Laundry Self-Service.

Tentu pemilihan opsi jenis bisnis laundry juga berkaitan erat dengan penentuan strategi pemasaran. Anda bisa membuat paket-paket dengan harga berbeda berdasarkan jenis pakaian. Atau jika Anda memilih bisnis laundry modern, sebagai contoh: Laundry Self-Service, di mana Anda bisa membuat paket laundry berdasarkan ukuran atau jenis mesin cuci, penggunaan mesin pengering, dan penggunaan fitur air panas ketika konsumen menggunakan mesin cuci. Tidak lupa juga untuk memberikan diskon pada periode tertentu untuk menarik konsumen Anda. Promosikan dan kemas hal-hal tersebut secara menarik di media sosial atau situs web Anda.

Tentukan Target Pelanggan Secara Lebih Spesifik

Tidak seperti bisnis lain, cakupan target pelanggan bisnis laundry terbilang lebih sempit. Orang-orang yang tidak memiliki seperangkat mesin cuci dan waktu untuk mencuci pakaian sendiri adalah sasaran empuk target pemasaran bisnis laundry. Biasanya tipikal atau karakteristik tersebut jatuh kepada pada para karyawan atau mahasiswa yang cenderung tinggal di suatu hunian sementara, seperti kos-kosan atau kontrakan, di mana kebanyakan orang yang tinggal di sana tidak mempunyai banyak waktu luang karena berbagai kesibukannya. Hal ini penting untuk penentuan harga yang nantinya Anda promosikan kepada target pelanggan Anda. Sebagai contoh, Anda bisa memberikan diskon khusus kepada mahasiswa yang di mana tingkat pendapatan mereka cenderung tidak setinggi para karyawan dalam usaha pemasaran Anda.

Promosikan Pelayanan Tambahan di Tempat Laundry

Pastikan bisnis laundry Anda terlihat berbeda dengan para kompetitor. Khususnya jika menjalankan bisnis laundry modern, Anda bisa menambahkan fitur-fitur yang memanjakan pelanggan Anda sambil mereka menunggu pakaian selesai tercuci. Fitur-fitur seperti WiFi, alat pijat modern, atau TV dengan program acara premium bisa menjadi suatu keunikan tersendiri dan menarik untuk dimasukkan dalam materi pemasaran Anda. Sehingga diharapkan calon pelanggan akan merasa nyaman dan berbondong-bondong datang ke tempat laundry modern Anda. Namun fitur-fitur tersebut tentunya akan meningkatkan biaya tetap Anda seperti biaya listrik dan internet. Perlu diadakan penyesuaian anggaran dengan paket penjualan Anda agar Anda masih bisa mendapatkan profit.

Pada akhirnya, dengan menerapkan strategi pemasaran bisnis laundry tersebut diharapkan akan mendatangkan lebih banyak pelanggan. Selalu unggah dan update berbagai paket dan fitur tambahan yang akan Anda tawarkan kepada pelanggan melalui media sosial atau media lainnya yang Anda gunakan sebagai instrumen pemasaran untuk mempertahankan eksistensi bisnis laundry Anda.

Selanjutnya, jangan lupa untuk selalu memonitor pencatatan transaksi dan pelaporan keuangan bisnis laundry Anda, yang tentunya bisa Anda lakukan secara online dan realtime. Anda bisa mencoba paket Software Akuntansi Jurnal sebagai tonggak akuntansi bisnis Anda. Selain menawarkan fitur akuntansi yang lengkap, Jurnal juga menawarkan paket-paket menarik dengan harga terjangkau yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Info paket-paket Jurnal bisa Anda lihat di sini, sedangkan terkait informasi lengkap produk Jurnal bisa Anda lihat di sini.