Mekari Jurnal
Daftar Isi
14 min read

20 Sektor Usaha yang Jarang Rugi dan Sepi di tahun 2024

Tayang 13 Oct 2023
Diperbarui 18 Oktober 2023

Ingin menjalankan bisnis, namun bingung untuk memilih bidang apa? Kira-kira, usaha apa yang tidak pernah sepi dan permintaannya selalu ada? Adakah usaha yang jarang rugi dan kemungkinannya selalu untung? Barang kali, pertanyaan-pertanyaan ini sedang memenuhi pikiran Anda.

Hal ini sangat wajar karena setiap pengusaha pasti ingin selalu memperoleh keuntungan yang dengan ritme berkelanjutan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memilih jenis usaha yang strategis dan dapat menghasilkan laba yang besar.

Usaha yang Jarang Rugi dan Jarang Sepi

Ada banyak industri yang bisa dipilih untuk dijalani. Sayangnya, kebanyakan orang belum tahu bisnis apa yang profitable dan mudah dijalankan.

Apalagi bagi pengusaha pemula, tentu membutuhkan bimbingan dalam menentukan pilihan bisnis yang tepat.

Sampai sekarang, kebutuhan pokok manusia kurang lebih akan sama dengan kebutuhan di masa mendatang.

Jika Anda mencari peluang bisnis yang awet, maka pikirkan tentang usaha yang berkaitan dengan kebutuhan primer masyarakat. Apa saja jenis usaha yang jarang rugi tersebut?

Melihat pangsa sektor UKM yang terbilang besar dan berperan penting di Indonesia, berikut hasil temuan data mengenai bisnis usaha apa saja yang jarang atau tidak pernah rugi dan sepi peminat di Indonesia:

1. Sektor Makanan dan Minuman

Bisnis makanan dan minuman adalah jenis usaha yang tidak ada matinya karena semua orang pasti membutuhkan makanan.

Namun, terkadang masih saja ada usaha kuliner yang sepi pembeli dan akhirnya gulung tikar.

Dalam hal ini, penting sekali untuk memilih jenis usaha kuliner yang sesuai dengan karakteristik di lingkungan yang Anda pilih untuk membuka kedai atau restoran.

Meskipun demikian, perlu diketahui bahwa yang dimaksud bisnis makanan dan minuman di sini tidak hanya mencakup tentang berjualan makanan siap saji saja. A

nda berkesempatan untuk menyentuh aspek bisnis kuliner yang lebih luas lagi.

Beberapa usaha yang jarang rugi dan bisa Anda pertimbangkan yaitu sektor agrikultur, preservasi, sistem proses, packaging, dan lain-lain.

Industri makanan dan minuman memang sangat beragam dan tidak terbatas pada bentuk produk, melainkan juga usaha. Selain itu, bisnis di sektor ini juga mencakup berbagai skala, mulai dari rumahan, menengah, hingga korporasi.

Beberapa usaha yang jarang rugi di sektor makanan yang menonjol yaitu pengolahan produk gula, kembang gula,  produk susu, penggilingan biji-bijian, makanan hewani, pengawetan sayuran atau buah, pengemasan makanan, dan lain-;lain.

Jika ingin bergelut di bidang pangan, maka ada beragam ide usaha yang bisa dijalankan. Beberapa usaha yang sedang naik daun di tahun ini di antaranya sebagai berikut.

Restoran ala korea. Restoran ala jepang. Agen frozen food, agen es batu. Toko sembako, warung makan murah, fast food, salad buah, usaha jajanan pasar, catering, bisnis air minum isi ulang, restoran vegetarian, dan lain-lain.

sektor kesehatan merupakan usaha yang jarang rugi dan tidak pernah sepi

2. Sektor Kesehatan

Usaha yang jarang rugi berikutnya adalah sektor kesehatan. Di zaman sekarang, industri kesehatan dan perawatan telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal ini tidak dipungkiri karena inovasi terus dilakukan dan didukung inisiatif dari pemerintah.

Oleh karena itu, tidak heran jika perawatan kesehatan semakin berkualitas tinggi, apalagi di Negara-negara maju. Pertumbuhan industri ini dipicu oleh meningkatnya populasi manusia, penduduk lanjut usia, dan penyakit kronis di hampir seluruh Negara di dunia.

Selain itu, sektor kesehatan semakin dibutuhkan karena adanya peningkatan pendapatan di negara berkembang dan peningkatan akses ke fasilitas kesehatan. Dengan adanya kemajuan di sektor kesehatan, hal ini semakin meningkatkan angka harapan hidup dan juga kualitas hidup manusia.

Bisa dikatakan bahwa sektor kesehatan merupakan gabungan antara produk atau layanan, seperti puskesmas, rumah sakit, layanan ambulans, panti jompo, laboratorium, dokter, dan profesional perawat kesehatan, perangkat medis, dan masih banyak lagi.

Dengan semakin canggihnya teknologi, hal ini menyebabkan setiap organisasi, pimpinan instansi kesehatan, dan pemerintah terus berupaya untuk menghadirkan layanan yang berkualitas tinggi dan bisa dijangkau oleh hampir seluruh lapisan masyarakat.

3. Sektor Kebugaran dan Olahraga

Usaha yang jarang rugi berikutnya yang patut dipertimbangkan adalah sektor kebugaran dan olahraga. Memang, tidak semua orang memiliki minat untuk menjalani olahraga di pusat kebugaran. Namun, jika Anda berorientasi pada profit di masa depan, maka bisnis ini sangat layak untuk dikembangkan.

Masyarakat modern di masa kini cenderung memiliki tekanan hidup yang cukup tinggi. Bukan hanya itu, level stres yang dialami oleh masyarakat jauh lebih tinggi jika dibanding dengan zaman-zaman yang  sebelumnya.

Hidup yang kompetitif, produktivitas yang terlalu tinggi, dan beban hidup sandwich generation menjadi beberapa alasan mengapa banyak orang lebih rentan mengalami penyakit mental. Oleh karena itu, olahraga di pusat kebugaran dapat menjadi alternatif dalam meminimalisir permasalahan tersebut.

Meskipun demikian, sektor kebugaran tidak hanya mencakup tentang tempat fitnes saja. Ada banyak pilihan bisnis yang bisa dijalankan bila Anda ingin bergerak di usaha yang jarang rugi ini. Beberapa bisnis yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan yaitu sebagai berikut:

Spa, yoga, refleksologi, gym, personal trainer, terapis, pelatih pribadi (coach), olahraga petualangan , boxing training, perkemahan di alam bebas, penyewaan lapangan olahraga, rock climbing,  wall climbing, arum jeram, dan lain-lain.

Aktivitas yang disebutkan di atas adalah alternatif terbaik untuk melepas rasa lelah beban hidup. Untuk bisa memulai bisnis di sektor ini, pastinya membutuhkan modal yang memadai dan tenaga kerja yang profesional.

4. Sektor Pendidikan

Disadari atau tidak, industri pendidikan merupakan lahan bisnis yang memiliki peluang yang sangat besar untuk memperoleh keuntungan dan tidak pernah sepi.

Di masa modern seperti sekarang ini, sudah banyak orang yang menyadari tentang pentingnya menempuh pendidikan tinggi.

Oleh karena itu, tidak heran jika sektor pendidikan menjadi sektor bisnis yang paling cepat berkembang secara global. Selain itu, usaha yang jarang rugi ini juga berhasil membuka lapangan kerja yang luas dan menghasilkan pendapatan yang berskala besar.

E-learning, kemitraan swasta, pendidikan bahasa asing, dan persiapan ujian telah merombak pendidikan tradisional yang mengarah pada pendidikan modern.

Secara umum, industri ini mencakup produk dan layanan, misalnya seperti perguruan tinggi swasta, pelatihan kejuruan, pendidikan virtual, studi internasional, serta materi pendidikan.

Jika Anda ingin meraih peluang  usaha yang jarang rugi ini, beberapa opsi yang bisa dipilih yaitu sebagai berikut:

Toko buku, kursus privat, kursus pelajaran sekolah, bimbingan belajar (bimbel), kursus bahasa asing, kursus minat dan bakat, dosen atau guru, kursus olahraga, kursus online, shadow teacher, dan lain sebagainya.

sektor kesehatan merupakan usaha yang jarang rugi dan tidak pernah sepi

5. Sektor Hiburan dan Media

Sektor hiburan dan media adalah salah satu usaha yang jarang rugi dan tidak pernah sepi karena memiliki hubungan yang erat dengan perkembangan zaman. Industri ini merupakan gabungan dari produksi dan distribusi, contohnya seperti penerbitan, program televisi, iklan, permainan, rekaman musik, audio, film, dan masih banyak lagi.

Bisnis di industri hiburan dan media diprediksi akan terus dibutuhkan. Apalagi, di tengah kemajuan zaman seperti sekarang ini, hampir seluruh orang menggunakan media dalam melakukan aktivitas tertentu, seperti menonton film, menonton video, mendengarkan musik, mendengarkan podcast, dan lain-lain.

Oleh karena itu, tidak heran jika industri ini ke depannya akan selalu laku. Media dan hiburan menjadi suatu kebutuhan setelah melakukan berbagai rutinitas..

Jika Anda menemukan bisnis yang berbasis media dan hiburan dengan peluang profit yang besar, maka jangan ragu untuk mengambil kesempatan tersebut. Asalkan memiliki kreativitas yang tinggi, maka bisnis ini dapat dikembangkan dan menghasilkan keuntungan.

Beberapa sektor media dan hiburan yang bisa dipilih yaitu Youtuber, travel blogger, jurnalis, artis, penulis webtoon, penulis komik, komposer, penyanyi, cosplayer, produser game, dan masih banyak lagi.

6. Sektor Layanan Profesional

Usaha berikutnya yaitu sektor layanan profesional yang dapat dijumpai dengan mudah di berbagai tempat. Industri ini mempekerjakan seorang ahli dan profesional untuk mengisi tiap-tiap jabatan.

Sebut saja akuntan, insinyur, programmer, social media manager, arsitek, pengacara, konsultan bisnis, dan lain sebagainya.

Permintaan tenaga kerja di sektor ini salah satunya disebabkan karena kondisi ekonomi yang sehat dan profit perusahaan yang memadai.

Dalam kondisi ekonomi yang sulit, mungkin industri ini akan mengalami hambatan. Namun, pada akhirnya penghasilan akan pulih kembali seiring berjalannya waktu.

7. Sektor Teknologi dan Komunikasi

Bisnis teknologi menghadirkan produk atau layanan yang mempunyai aplikasi di segala industri. Pekerjaan ini berhubungan dengan pengembangan, penelitian, dan distribusi produk berbasis teknologi.

Bisnis yang termasuk ke dalam sektor teknologi dan komunikasi biasanya memproduksi perangkat elektronik, membuat perangkat lunak, menyediakan layanan, dan banyak lagi.

Awal menekuni bisnis ini memang membutuhkan biaya yang cukup besar. Selain itu, Anda juga perlu memiliki serangkaian keterampilan yang relevan dengan bidang ini untuk mempermudah proses pengerjaannya.

Jika belum memilikinya, tidak ada salahnya jika Anda mengikuti kursus atau pelatihan pemrograman. Beberapa bidang yang teknologi dan komunikasi yang populer di masa kini yaitu seperti Web design, robotics, extended reality, CXM, content automation, podcasting, artificial intelligence, streaming service, e-commerce, publishing ebooks, mobile application development, social media consultant, dan lain sebagainya.

8. Toko Alat Tulis

Toko alat tulis merupakan contoh usaha yang jarang rugi karena target pasar yang dibidik sangat besar. Usaha ini ditujukan untuk anak sekolah, mahasiswa, tenaga pendidik, dan kantor sehingga usaha ini tidak pernah sepi.

Usaha ini cocok dibuka di wilayah yang dekat dengan sekolah, kampus, atau tempat bimbel. Barang-barang yang dijual yaitu seperti buku, alat tulis, tas, alat journaling, aneka jenis kertas, dan pernak-pernik lainnya.

9. Toko Fotokopi

Toko fotokopi merupakan usaha yang nyaris tidak pernah mati karena dunia pendidikan dan perusahaan akan selalu membutuhkannya. Usaha ini lebih ramai jika dibangun di pusat perkantoran, kampus, dan sekolahan. Hal ini karena banyak siswa, mahasiswa, dan pekerja kantoran yang perlu melakukan fotokopi untuk menunjang tugas dan pekerjaannya.

10. Bengkel motor

Rata-rata masyarakat Indonesia memiliki motor sebagai kendaraan utamanya. Oleh karena itu, tidak heran jika bisnis bengkel motor menjadi sektor yang banyak diminati oleh para pengusaha.

Membuka usaha jenis tidak akan pernah sepi dan akan lebih mudah menghasilkan profit yang besar.

Hal ini karena rata-rata konsumen bisa menghabiskan dana mulai dari ratusan hingga jutaan untuk memperbaiki motor. Oleh karena itu, bisnis ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin memperoleh profit yang besar dari berbisnis.

11. Salon

Usaha yang jarang rugi berikutnya yaitu membuka bisnis salon. Bisnis ini biasanya memberikan layanan berupa pangkas rambut, smoothing, creambath, coloring, dan lain sebagainya.

Setiap orang tentu ingin tampil modis dan menawan dengan tatanan rambut yang modern. Oleh karena itu, bisnis ini dapat menjadi peluang menarik untuk digeluti bagi para pengusaha.

12. Produk Kecantikan

Di zaman sekarang, sudah banyak orang yang menyadari tentang betapa pentingnya perawatan kulit. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak produk perawatan kecantikan yang bermunculan di industri ini.

Apalagi, perawatan tubuh dan wajah saat ini juga dilakukan oleh kaum pria, sehingga target market dari sektor ini semakin luas. Jika Anda memiliki minat dan passion di bidang kecantikan dan perawatan, maka tidak ada salahnya untuk menjalankan bisnis ini.

bisnis retail makan merupakan usaha yang tidak pernah sepi

13. Bisnis Retail Pakaian

Setiap orang pasti setuju bahwa pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer manusia. Oleh karena itu, usaha ini akan terus berkembang, tidak akan pernah sepi, dan dibutuhkan dari waktu ke waktu.

Jika ingin menekuni bisnis ini, maka Anda perlu menargetkan pasar terlebih dahulu. Apakah nantinya ingin menyediakan pakaian khusus untuk anak, wanita, pria, kostum, pakaian adat, kain atau yang lainnya? Hal ini tergantung dengan keputusan Anda untuk mengatur sendiri jalannya bisnis ini.

14. Usaha ekspedisi

Saat ini, bisnis ekspedisi mengalami kemajuan yang sangat pesat, sehingga usaha ini tidak pernah sepi peminat. Hal ini tidak dipungkiri karena pengiriman barang jarak jauh dapat memangkas waktu dan tenaga, sehingga bisa lebih efisien. Selain itu, pertumbuhan usaha ekspedisi juga disebabkan karena masifnya penggunaan aplikasi oleh marketplace masyarakat.

Oleh karena itu, tidak heran jika angka transaksi online semakin tinggi dan membuat usaha ekspedisi menjadi kebutuhan yang sangat penting di masa kini. Beberapa contoh perusahaan ekspedisi yaitu TIKI, Shopee Standard Express, Lion Parcel, ESL Express, REX, IDL, Wahana, J&T Express, JNE, SAP Express, dan masih banyak lagi.

Perusahaan-perusahaan tersebut membuka peluang kemitraan, sehingga siapa pun bisa mendaftar untuk menjadi mitranya. Namun, sebelum itu pelajarilah terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang berlaku agar mendapat persetujuan untuk menjadi mitra agen ekspedisi tersebut.

15. SPBU Mini

Usaha yang jarang rugi berikutnya yaitu SPBU, yang mana sektor ini sangat penting bagi masyarakat Indonesia. Seperti yang diketahui, bahan bakar minyak termasuk kebutuhan yang memiliki peran vital untuk menunjang transportasi.

Oleh karena itu, SPBU mini akan selalu dicari di berbagai tempat atau daerah. Jangan takut jika bisnis ini akan sepi. Apalagi, bahan bakar juga tidak bisa basi layaknya makanan. Jadi, bisa dibilang bahwa bisnis SPBU mini menjadi peluang yang cerah untuk dijalankan.

16. Laundry

Seperti yang diketahui, banyak orang yang sibuk menjalani rutinitas di luar rumah. Hal ini menyebabkan orang tidak sempat untuk mencuci pakaian atau berbagai jenis kain lainnya. Oleh karena itu, bisnis laundry akan selalu dibutuhkan karena manusia tidak bisa lepas dari pakaian.

Usaha ini dapat mendatangkan keuntungan yang besar meskipun modal yang dikeluarkan minim. Anda hanya perlu menyediakan mesin cuci, peralatan mencuci, setrika, detergen, rak baju, jemuran, hanger, dan lain-lain. Bisnis ini sangat menjanjikan, apalagi jika dibuka di kawasan perkotaan yang strategis.

content creator merupakan usaha yang jarang rugi

17. Konten Kreator

Menjadi konten kreator tidak harus selalu membutuhkan modal. Asalkan memiliki ide, kreativitas, orisinalitas, dan kepercayaan diri, maka siapa pun bisa terjun ke bidang ini.

Perkembangan teknologi menjadi penyebab mengapa orang yang berkarir sebagai konten kreator semakin banyak. Selain dapat meningkatkan eksistensi, bekerja di sektor ini juga dapat mendatangkan pundi-pundi penghasilan yang melimpah.

Berkarir sebagai konten kreator tidak harus selalu menjadi YouTuber karena ada banyak wadah atau media yang bisa ditekuni. Sebut saja Tiktok, Instagram, dan berbagai platform lainnya.

Jika sudah terkenal, penghasilan yang Anda dapat bukan hanya berasal dari karya-karya yang telah Anda ciptakan, tetapi juga dari sumber lain, misalnya seperti mengisi seminar, menjadi bintang tamu, menerima endorse, dan lain sebagainya.

18. Penjahit

Jika ada penjual pakaian, maka sudah pasti ada orang yang menjahitnya. Peluang usaha menjahit seakan tidak akan lekang oleh waktu dan tidak pernah sepi karena selalu dibutuhkan oleh berbagai kalangan.

Pekerjaan yang umumnya dilakukan di bidang ini yaitu mengukur, membuat pola, mendesain, menjahit, membordir, dan lain-lain. Perlu digaris bawahi bahwa bekerja sebagai penjahit tidak harus selalu bergelut dengan pakaian.

Jika ingin menekuni unsur menjahit lainnya, Anda bisa memilih untuk menjahit gorden, set sprei, tempat piring, mukena, tas sekolah, dan masih banyak lagi. Dari sini, dapat diketahui bahwa prospek kerja sebagai penjahit sangat luas dan menjanjikan.

19. Fotographer

Bidang jasa merupakan salah satu profesi yang tak lekang oleh zaman, salah satunya bidang fotografi atau videografi di mana saat ini semakin dibutuhkan karena era perkembangan zaman.

Strategi pemasaran digital banyak membutuhkan aset visualiasi agar konten menjadi lebih menarik dan audience mendapat pesannya. Orang-orang juga masih membutuhkan jasa fotografi untuk merekan peristiwa-peristiwa penting bagi hidupnya seperti wisuda kelulusan dan pernikahan.

20. Toko Material

Bisnis ini terkesan membutuhkan modal yang cukup besar dalam perintisannya. Namun, potensinya cukup besar karena merupakan kebutuhan dasar dalam membangun dan merenovasi infrastruktur.

Oleh karena itu, menjalankan bisnis toko material tidak akan pernah rugi dan sepi jika dikelola dengan pengelolaan yang efekif.

Tips untuk Mengelola Bisnis

Pada dasarnya, selain jenis sektornya yang dapat mempengaruhi penjualan bisnis, peran Anda dalam mengelola juga salah satu kunci yang memainkan peran untuk menjaga kestabilan performa bisnis. Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

  1. Kesabaran dan konsistensi dalam upaya Anda adalah kunci kesuksesan jangka panjang.
  2. Lakukan riset pasar untuk mengetahui tren dan pesaing agar Anda dapat memahami target pasar dengan baik.
  3. Buat rencana strategi pemasaran yang efektif dari berbagai channel marketing yang Anda gunakan.
  4. Investasikan waktu dan upaya dalam menciptakan brand yang mudah diidentifikasi dan memikat pelanggan.
  5. Tingkatkan kualitas layanan pelanggan dan aftersales untuk meningkatkan kualitas pelanggan.
  6. Harga merupakan salah satu faktor prioritas pelanggan dalam melihat suatu bisnis, oleh karena itu tentukan harga yang rasional dengan kualitas produk atau layanan.
  7. Gunakan metrik dan analisis kinerja untuk memahami apa yang berhasil dan apa yang perlu diperbaiki, setelah itu evaluasi secara berkala dan sesuaikan strategi Anda.
  8. Belajar dari kegagalan, ambil pelajaran dari pengalaman Anda, baik yang positif maupun negatif, dan gunakan wawasan ini untuk berkembang.
  9. Selalu pertimbangkan inovasi dan perbarui produk atau jasa Anda sesuai dengan perubahan kebutuhan pelanggan atau tren pasar.
  10. Optimalkan pengelolaan keuangan bisnis, mulai dari membuat anggaran pengeluaran yang terencana, memantau arus kas, hingga penyusunan laporan keuangan.

Mekari Jurnal telah terintegrasi dengan berbagai aplikasi, mulai dari POS, software payroll, hingga aplikasi perpajakan.

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Konsultasi dengan Tim Ahli Mekari Jurnal Sekarang!

Optimalkan Keuangan Bisnis dengan Mekari Jurnal

Itulah beberapa rekomendasi usaha yang jarang rugi dan tidak pernah sepi, hal tersebut dikarenakan kebutuhannya yang masih masih hingga saat ini, atau barang yang dijual merupakan komoditas kebutuhan pokok yang dibutuhkan setiap harinya.

Oleh karena itu, agar proses pencatatan transaksi dapat tertata dengan rapih dan tersimpan dengan baik, ada baiknya untuk menunjang bisnis dengan software akuntansi dari Mekari Jurnal.

Mekari Jurnal menyediakan berbagai fitur yang dapat membantu pengelolaan akuntansi dan keuangan bisnis Anda, di antaranya:

  • Biaya & Anggaran: Membantu Anda dalam merencanakan anggaran dalam satu periode agar tidak overbudget dan dapat menjadwalkan pembayaran berulang secara otomatis.
  • Pembukuan: Mencatat berbagai transaksi bisnis menjadi buku besar yang secara otomatis terintegrasi dengan berbagai laporan keuangan.
  • Aplikasi Invoice: Memudahkan kebutuhan dalam mengelola invoice dan faktur agar datanya terpusat (centralized) dan mengirimnya secara otomatis ke pelanggan.
  • Laporan Keuangan: Memudahkan pemantauan kesehatan keuangan secara realtime dan up to date serta menyediakan 30+ template laporan keuangan dari berbagai jenis dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan bisnis.

Segera daftarkan perusahaan Anda sekarang atau bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim kami untuk mendapatkan insight-insight menarik seputar Mekari Jurnal.

Dapatkan free trial bagi pendaftar pertama dan rasakan berbagai manfaatnya bagi kelangsungan bisnis Anda!

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal