Mekari Jurnal
Daftar Isi
10 min read

Usaha Sembako? Ini Dia 6 Tips Agar Langsung Untung

Tayang 08 Mar 2022
Diperbarui 19 Oktober 2023

Usaha sembako tetap masih menjadi peluang bisnis yang menjanjikan meskipun supermarket dan minimarket kini sudah menjamur baik di kota maupun di desa.

Bagaimana tidak, modal yang dikeluarkan untuk membuka usaha sederhana ini tidak terlalu besar, tapi pembelinya akan selalu ada. Untuk menjalankan usaha ini pun tergolong mudah dengan keuntungan yang dijanjikan cukup besar.

Bagi yang belum tahu, sembako merupakan singkatan dari sembilan bahan pokok. Kata ini pertama kali diperkenalkan oleh Kementerian Perindustrian dan Perdagangan tahun 1998 silam.

Sembilan bahan tersebut di antaranya, beras, gula pasir, minyak goreng dan mentega, daging sapi dan ayam, telur ayam, susu, jagung, minyak tanah, dan garam beryodium.

Bahan-bahan tersebut merupakan komoditas yang paling dibutuhkan dan dicari oleh banyak orang untuk bisa memenuhi kebutuhan dasar pangan. Oleh sebabnya, membuka usaha sembako termasuk salah satu bisnis yang potensial untuk dijalani.

Udah gitu, untuk membuka usaha ini kamu bisa memanfaatkan garasi atau ruang yang gak terpakai di rumah saja. Bagi yang sudah berumah tangga, kamu juga bisa lho mengurus anak seraya melakukan aktivitas berjualan di warung sembako.

Yuk kita cari tahu tips-tips tentang bagaimana merintis usaha sembako yang menguntungkan.

usaha sembako beras

6 tips membuka usaha sembako 

Sebagai pemula yang akan membuka warung sembako ada 6 tips membuka usaha sembako yang wajib kamu ketahui dan terapkan jika ingin usahamu berhasil. Apa saja?

  1. Buat rencana usaha

Tanpa perencanaan yang matang, bukan tidak mungkin usaha sembako yang kamu akan jalani jadi sia-sia dalam waktu singkat. Kamu tentu nggak ingin hal ini terjadi kan? Oleh sebab itu, hal pertama dan yang paling penting sebelum membuka usaha sembako adalah membuat rencana usaha yang baik.

Tentukan berapa modal awal yang akan kamu gunakan dan darimana sumber modal tersebut. Usaha sembako bisa dijalankan dengan skala besar maupun kecil, jadi tinggal kamu tentukan saja mana yang cocok dengan keadaanmu.

Rencanakan sembako dan barang lain apa yang mau kamu jual, siapa pemasok barang untuk usaha sembako yang akan kamu jalankan, di mana lokasi usahanya, berapa margin yang kamu ambil, dan bagaimana perkembangan usaha sembako yang kamu inginkan ke depannya.

Jangan lupa juga akan selalu ada risiko usaha dalam bisnis apapun, termasuk usaha sembilan bahan pokok. Jadi, jangan menutup mata soal hal ini ya. Membuat perencanaan usaha yang baik artinya kamu juga menyiapkan diri untuk menghadapi risiko yang mungkin timbul di tengah jalan.

  1. Lakukan riset pasar

Setelah rencana usaha selesai dirumuskan, saatnya kamu melakukan riset pasar. Tujuannya untuk mengetahui seberapa besar peluang usaha sembako yang kamu jalankan akan sukses.

Pertama, lakukan riset mengenai lokasi usaha tempat kamu akan membuka warung sembako, pastikan lokasinya mudah diakses.

Kedua, perhatikan siapa saja kompetitor di sekitarmu untuk melihat bagaimana tingkat persaingan usaha sembako di sana. Semakin sedikit kompetitor tentu saja akan semakin besar kemungkinan usaha sembako kamu akan laku.

Terakhir, perilaku konsumen atau lebih tepatnya kebiasaan dari orang-orang yang nantinya akan jadi calon konsumenmu. Apakah mereka lebih menyukai berbelanja di supermarket, pasar, atau warung sembako?

Lakukan riset pasar yang tepat agar usaha sembilan bahan pokok kamu berhasil dijalankan.

  1. Perhitungkan modal

Seperti yang disebutkan sebelumnya, usaha sembako tetap bisa dijalankan dengan modal besar maupun kecil. Tapi jangan sampai perhitungan modal usaha sembako kamu meleset.

Ingat, modal yang kamu miliki tidak hanya untuk membeli stok barang dagangan saja. Perhitungkan juga alokasi modal untuk biaya operasional, membayar karyawan jika ada, atau membayar biaya sewa tempat dan perlengkapan pendukung lainnya.

Yang tak kalah penting, di awal membangun usaha sembako jangan langsung berharap segera balik modal. Oleh sebab itu perhitungkan modalmu baik-baik agar usaha sembakomu bisa bertahan dengan aplikasi stok barang.

  1. Tetapkan strategi penjualan

Strategi penjualan bisa jadi trik bagi kamu untuk menarik perhatian pelanggan dan membuat usaha sembako kamu semakin laris.

Misalnya, di awal pembukaan warung sembako terapkan harga yang terjangkau untuk mendapatkan pelanggan tetap. Kemudian kamu bisa menerapkan harga langganan bagi mereka yang selalu datang kembali untuk belanja di warung sembakomu.

Tidak masalah jika kamu mendapatkan untung kecil di awal dengan mengutamakan kepuasan pelanggan terlebih dahulu. Seiring waktu pembeli akan datang terus menerus sehingga keuntungan besar akan tetap kamu dapatkan. Bahkan keuntungan itu bisa lebih stabil daripada kamu memasang harga tinggi demi mengejar keuntungan besar namun pembeli hanya datang sesekali.

  1. Lakukan pembukuan dengan baik

Dalam menjalankan usaha sembako kamu akan menghadapi arus keuangan yang masuk dan keluar dengan cepat. Makanya kamu membutuhkan pembukuan yang baik agar keuangan usaha sembakomu selalu terkontrol.

Catat selalu pengeluaran dan pemasukan yang kamu lakukan untuk warung sembako baik untuk membeli produk jualan maupun biaya operasional.

  1. Manfaatkan peluang jualan online

Salah satu upaya untuk memperbesar peluang meski baru membuka usaha sembako adalah dengan juga memanfaatkan cara berjualan online. Apalagi selama pandemi ini banyak orang memilih untuk berbelanja secara online.

Memanfaatkan peluang jualan online pun tak butuh modal besar. Kamu bisa mendaftarkan warung sembakomu ke marketplace atau aplikasi ojek online. Sembari menerima pelanggan yang datang langsung membeli sembako di warung secara online, kamu juga bisa menyuplai berbagai pesanan yang datang secara online. Alhasil peluang cuan untuk terus mengalir pun jadi lebih besar!

Kelebihan membuka usaha sembako 

Jangan menganggap remeh usaha sembilan bahan pokok, meski disebut sebagai bisnis berskala kecil, tapi ada banyak keuntungan yang bakal didapat buat pemiliknya. Apa saja?

  1. Modal kecil 

Membuka usaha sembako gak terlalu membutuhkan modal yang besar. Pertama, kamu gak perlu menyewa ruko yang besar, cukup di depan rumah juga sudah bisa jalan.

Kedua, kulakan barang dagangannya juga gak mahal-mahal kok, tapi kamu harus jeli melihat distributor sembako mana yang menawarkan harga terbaik.

  1. Selalu ada pembeli 

Berdasarkan pengertian sembako dari Kementerian Perindustrian dan Perdagangan, bahan-bahan tersebut adalah komoditas yang selalu dibutuhkan masyarakat sehari-harinya.

Beras, gula, garam, minyak goreng, pasti bakal dibutuhkan setiap rumah tangga, jadi jangan takut kehilangan pembeli.

Belum lagi, harga di toko kelontong yang murah bikin banyak warga lebih senang untuk belanja kebutuhan pokok di sini ketimbang di supermarket.

  1. Terjangkau oleh semua orang 

Karena harganya yang murah itu, warung sembako bisa dijangkau oleh semua kalangan. Bahkan, buat orang yang berpenghasilan di bawah rata-rata saja juga tetap bisa berbelanja di sini.

Mereka bisa membeli dengan kuantitas yang disesuaikan dengan kantong, misalnya beli beras hanya satu kilogram atau beli telur cuma satu butir.

Sementara itu kalau di supermarket, sudah ada pakem kuantitas barang yang harus mereka beli untuk produk-produk sembako.

Misalnya aja kalau mau beli beras harus 5 kilogram karena yang disediakan paling sedikit paket beras kantongan isi 5 kilogram, gula harus 1 kilogram, telur ayam kampung isi 6 butir, dan lain sebagainya.

  1. Bisa menentukan harga sendiri 

Kelebihan lainnya bagi pemilik usaha sembako adalah bisa menentukan perbedaan harga atau margin keuntungan sendiri.

Tentu penentuan harga ini harus disesuaikan dengan harga-harga sembako di pasaran. Jangan mematok harga yang terlalu mahal, namun juga jangan terlalu murah.

Dalam hal ini, Kementerian Perdagangan RI sudah menentukan patokan harga pangan nasional dan begitu juga dengan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) khusus wilayah Jakarta.

Kendala membuka usaha atau bisnis sembako

Membuka warung sembako ternyata gak semudah yang dibayangkan, karena ini bukan cuma soal menyediakan kios lalu berjualan saja. Tapi, kamu bakal menemukan beberapa kekurangan bahkan hambatan dalam menjalankan bisnis ini.

  1. Keuntungan tidak terlalu besar 

Kalau ingin mendapatkan untung yang besar, mengelola usaha sembako bukanlah jawabannya karena barang yang kamu jual adalah barang-barang mentah dan harganya sudah ditentukan lewat sistem mekanisme pasar.

Jadi khusus soal yang ini kamu gak bakal bisa menentukan harga sesuka hati.

Kemudian, toko kelontong juga ditujukan untuk semua kalangan. Artinya, ada orang yang berpenghasilan di bawah rata-rata.

Kalau kamu menetapkan harga yang terlalu tinggi untuk mengejar profit, kamu berpotensi kehilangan pelanggan dari kalangan tersebut, apalagi kalau toko sebelah ternyata jual lebih murah.

  1. Harga barangnya naik turun 

Nah seperti yang sudah dijelaskan di atas, harga sembako ditentukan berdasarkan harga pasaran. Komoditas seperti beras, telur, dan minyak goreng tidak memiliki harga tentu dan pasti setiap musimnya, kadang bisa tinggi, kadang juga bisa turun banget.

Ini satu risiko yang kentara bagi pemilik usaha sembako pada umumnya.

  1. Dekat dengan pesaing 

Pemilik sembilan bahan pokok biasanya membuka usaha di pemukiman padat penduduk dan biasanya gak cuma satu saja, tetapi juga ada beberapa warung di satu daerah. Jadi secara gak sadar, persaingan akan semakin ketat.

Meski kendala membuka usaha sembako cuma tiga itu saja, kalau kamu gak kuat menghadapinya, bisa-bisa bisnis langsung bangkrut hanya dalam hitungan beberapa tahun saja.

Kalau itu menjadi usaha rumahan yang sifatnya selingan sih gak terlalu masalah, tapi bagaimana kalau ini menjadi sumber nafkah utama? Sayang banget kalau langsung bangkrut begitu saja.

Rincian modal gudang sembako 

Bisnis usaha sembako sebenarnya gak perlu modal yang besar. Siapa bilang membuka usaha sembako harus siap modal 20 juta? Kamu bisa kok memulai dan menjalankan usaha sembako dengan modal yang minim.

Kalau kamu cuma sebatas menjual bahan-bahan pokok, ditambah dengan beberapa produk jajanan ringan, paling modalnya gak sampai Rp10 jutaan.

Berikut ini rincian kasar atau estimasi uang yang harus kamu gelontorkan untuk bisa membuka usaha sembako.

Kebutuhan Warung Sembako Modal
Membeli etalase kaca dengan panjang 1 meter Rp900.000
Etalase kaca kecil 60 cm Rp300.000
Kulkas kaca satu pintu Rp3.000.000
Meja dan kursi Rp500.000
Timbangan warung Rp500.000
Belanja bahan-bahan sembako Rp4.000.000 (sesuaikan dengan budget)
Biaya perlengkapan lainnya Rp300.000
Total Rp9.500.000

Kalau semuanya di total, modal yang harus kamu persiapkan untuk membeli alat-alat perlengkapan dan barang dagangan untuk membuka usaha sembako cuma Rp9,5 jutaan.

Tips sukses mengelola usaha sembako

Saat ini, yang menjual sembako tidak hanya toko kelontong saja, melainkan juga di supermarket-supermarket. Keberadaan toko modern tersebut secara perlahan bisa menggerus eksistensi gudang sembako kecil-kecilan.

Tapi tenang saja, meskipun cuma sebatas usaha sembako modal Rp5 juta atau Rp 10 juta sekalipun, tips-tips berikut ini bisa membuat warungmu tetap eksis dan mendapatkan banyak untung.

  1. Perbanyak produk yang dijual 

Usaha berjualan sembako bisa semakin sukses dengan menambah keragaman produk yang dijual. Sembako tetap menjadi komoditas bisnis utama, tapi juga harus dilengkapi dengan produk tambahan lainnya yang laku keras.

Misalnya saja kamu bisa tambah dengan berjualan minuman dingin, rokok, jajanan-jajanan ringan, atau kalau perlu makanan-makanan olahan gorengan, roti, dan jajanan pasar.

  1. Hiasi warung semenarik mungkin 

Selain harga, yang bisa menjadi daya saing usaha sembako kamu dengan yang lainnya adalah penampilan warung itu sendiri. Untuk menarik pembeli kamu bisa mendekor penampilan warung semenarik mungkin.

Bisa dengan memainkan warna tembok, atau kalau perlu ada muralnya. Kemudian atur juga desainnya, hingga pernak-pernik yang bisa mengundang rasa penasaran calon pembeli.

Tapi perhatikan dulu warung-warung di sekitar. Lihatlah apa yang kira-kira bisa menjadi pembeda dengan warung lain.

  1. Jadikan tempat sosialisasi 

Biar usaha gudang sembako kamu makin laris dan terlihat ramai, gak ada salahnya untuk menjadikannya tempat bersosialisasi juga alias tempat nongkrong.

Sediakan saja meja kecil dan beberapa kursi, kemudian jual minuman seduh kopi atau es teh manis yang dilengakpi dengan makanan ringan seperti mie goreng.

  1. Jaga kepercayaan pembeli 

Salah satu keunggulan dari warung sembako kecil-kecilan bila dibandingkan dengan supermarket adalah suasana keakraban antara penjual dan pembeli bisa tercipta.

Karena, rata-rata pembeli berasal dari area sekitaran warung, jadi kemungkinan sudah saling kenal.

Nah cara biar mereka mau belanja terus-terusan adalah dengan menjaga kepercayaan mereka. Untuk mendapatkan kepercayaan gampang kok, bersikap jujur dan ramah saja setiap ada pembeli.

  1. Berinovasi

Sekarang zaman sudah serba canggih, untuk menjangkau banyak pembeli, kamu bisa membuka bisnis gudang sembako online.

Caranya mudah banget, tinggal mengunggah foto-foto komoditas sembako yang kamu jual di warungmu ke toko-toko online, lalu tunggu orderan datang deh.

Berikan penawaran spesial kepada konsumen yang membeli secara online, seperti misalnya potongan harga.

  1. Tetapkan harga yang masuk akal 

Alasan kenapa masyarakat lebih memilih warung sembako kecil-kecilan daripada supermarket adalah bisa beli eceran dan harganya lebih murah.

Jadi kalau gak mau kehilangan pelanggan, jangan mematok harga yang mahal-mahal. Ambil keuntungan secukupnya atau tidak jauh dari harga pasaran agar pembeli tetap loyal.

Kategori : Other
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal