Mengenal Perbedaan Lembaga Keuangan Bank dan Nonbank

Ada dua jenis lembaga keuangan di Indonesia, yakni lembaga keuangan bank dan nonbank (LKBB). Lalu, apa perbedaan lembaga keuangan bank dan nonbank ini?

Berdasarkan UU Nomor 14 Tahun 1967, lembaga keuangan adalah badan yang memiliki aktivitas atau kegiatan di bidang keuangan yang berperan untuk menarik uang serta menyalurkannya ke masyarakat.

Meskipun sama-sama memiliki kegiatan untuk mengelola keuangan, lembaga keuangan bank dan nonbank memiliki peran dan fungsi yang berbeda.

Secara umum lembaga keuangan bank memiliki peran untuk menerima dana dan memberi pinjaman untuk masyarakat.

Sementara lembaga keuangan nonbank memiliki peran dalam mengumpulkan dan menyalurkan uang dengan mengeluarkan surat-surat berharga untuk pembiayaan investasi perusahaan yang butuh pinjaman.

Tahap sederhana rekonsiliasi bank

Perbedaan lembaga keuangan bank dan nonbank

Berikut ini tabel yang menjabarkan perbedaan lembaga keuangan bank dan nonbank.

Aspek Lembaga keuangan bank Lembaga keuangan nonbank
Fungsi utama Menerima dan mengumpulkan dana dari masyarakat dalam bentuk tabungan, giro, dan deposito. Tidak menghimpun dana langsung dari masyarakat dalam bentuk tabungan, tetapi dalam bentuk surat berharga.
Aktivitas yang dilakukan Pembukaan rekening tabungan, giro, deposito, pembayaran kartu kredit, layanan setoran langsung, dan lain-lain. Penjualan saham, pemberian kredit, penyertaan modal, dan beberapa kegiatan keuangan yang disetujui menteri keuangan.
Pemberian pinjaman Memberikan pinjaman dalam bentuk uang untuk pembiayaan usaha, pendidikan, dan lain-lain. Pinjaman dalam bentuk modal yang bisa dikelola lagi oleh para pemilik bisnis yang akan mengembangkan usahanya.
Jenis
  • Bank sentral
  • Bank umum
  • Bank perkreditan rakyat
  • Perusahaan asuransi
  • Perusahaan dana pensiun
  • Koperasi simpan pinjam
  • Lembaga gadai
  • Leasing
Peran Sebagai perantara nasabah dalam melakukan transaksi, seperti pembelian, pengiriman uang, hingga penjualan valas. Sebagai perantara perusahaan yang berada di dalam negeri atau luar negeri yang membutuhkan modal untuk pengembangan usahanya.

Persamaan lembaga keuangan bank dan nonbank

Meski memiliki fungsi dan peran yang berbeda, lembaga keuangan bank dan nonbank memiliki kontribusi yang sama untuk membangun perekonomian negara yang lebih baik.

Lembaga keuangan bank dan nonbank juga sama-sama mengelola dana yang dihimpun dari masyarakat untuk melakukan kegiatan-kegiatan produktif yang menguntungkan negara dan menyejahterakan masyarakat.

Contoh lembaga keuangan bank

Di Indonesia, ada tiga jenis lembaga keuangan bank yang, yakni Bank Sentral, Bank Umum, dan Bank Perkreditan Rakyat. Berikut ini peran tiap-tiap bank.

  1. Bank sentral

Di Indonesia Bank Indonesia (BI) bertindak sebagai bank sentral yang memiliki peran utama untuk bertanggung jawab menjaga nilai mata uang tetap stabil, baik terhadap barang dan jasa maupun nilai tukar dengan mata uang asing.

Selain itu, bank sentral juga berperan dalam mencetak uang, menetapkan suku bunga, memberikan pinjaman, serta menjaga stabilitas keuangan.

Berikut ini tugas pokok yang dijalankan bank sentral.

  • Menetapkan serta menjalankan kebijakan moneter dengan mengontrol dan mengendalikan jumlah uang yang beredar di masyarakat serta mengatur besaran suku bunga acuan.
  • Menjaga kelancaran pembayaran dan produksi dengan cara mengeluarkan atau menarik uang yang beredar dengan meningkatkan suku bunga.
  1. Bank Umum

Bank umum berperan dalam melaksanakan kegiatan keuangan secara konvensional ataupun syariah dengan menghimpun dan menyalurkan dana dari masyarakat.

Bank umum juga berperan sebagai perantara antara pihak pemodal dan pihak yang membutuhkan modal sehingga dana bisa dikelola dengan baik untuk kepentingan bersama.

Contoh bank umum adalah bank BUMN atau swasta yang sudah terdaftar, seperti Bank Mandiri, BCA, BNI, BRI, Bank Danamon, dan lain-lain.

  1. Bank Perkreditan Rakyat

Peran Bank Perkreditan Rakyat (BPR) pada umumnya sama dengan bank umum. Perbedaannya adalah BPR tidak menyediakan layanan valas dan simpanan giro.

Contoh Bank Perkreditan Rakyat yang ada di masyarakat:

  • bank desa,
  • bank pasar,
  • bank pegawai,
  • lumbung desa,
  • Badan Kredit Desa (BKD),
  • Badan Kredit Kecamatan (BKK),
  • Kredit Usaha Rakyat Kecil (KURK),
  • Bank Karya Produksi Desa,
  • Lembaga Perkreditan Kecamatan (LPK), dan
  • lembaga sejenis lainnya.

Tugas pokok dari Badan Perkreditan Rakyat:

  • Mengumpulkan dana dari masyarakat dalam bentuk tabungan hingga deposito berjangka.
  • Layanan pembiayaan sesuai prinsip syariah.
  • Memberikan kredit untuk usaha.

Contoh lembaga keuangan non bank

Ada banyak jenis lembaga keuangan nonbank yang ada di Indonesia, seperti koperasi simpan pinjam, perusahaan asuransi, Pegadaian, hingga perusahan dana pensiun. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

  1. Koperasi simpan pinjam

Koperasi simpan pinjam memiliki peran dalam menyimpan dan memberi pinjaman ke anggotanya dengan prinsip kekeluargaan dan skalanya lebih kecil dibandingkan dengan lembaga keuangan lainnya.

Berikut ini beberapa contoh koperasi simpan pinjam yang ada di Indonesia, yaitu Koperasi Unit Desa (KUD), Koperasi Serba Usaha (KSU), dan koperasi pasar.

  1. Perusahaan asuransi

Perusahaan asuransi adalah lembaga keuangan nonbank yang menyediakan layanan proteksi keuangan berupa ganti rugi atas risiko yang dialami nasabah.

Perusahaan asuransi juga menghimpun dana dari nasabahnya dalam bentuk premi yang disetorkan setiap bulan atau tahun sesuai dengan jenis asuransi yang dipilih.

Contoh produk yang disediakan perusahaan asuransi adalah asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan, hingga asuransi properti.

  1. Lembaga gadai

Lembaga gadai adalah lembaga keuangan nonbank yang memberi layanan pembiayaan dengan jaminan barang berharga dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

Selain layanan gadai, ada beberapa lembaga gadai yang menyediakan layanan investasi, seperti tabungan emas hingga pembelian logam mulia.

  1. Perusahaan pasar modal

Perusahaan pasar modal adalah perusahaan yang melakukan kegiatan di pasar modal dengan menghimpun dana masyarakat dalam bentuk jual beli surat berharga, saham, dan obligasi.

Pasar modal juga menjadi perantara antara pencari modal dan pemodal untuk bertransaksi.

  1. Perusahaan dana pensiun

Perusahaan dana pensiun adalah salah satu lembaga keuangan nonbank yang memberi layanan keuangan jaminan masa tua dengan memotong gaji pegawai setiap bulannya untuk persiapan pensiun. Dana yang dihimpun ini akan diberikan kembali pada individu di masa pensiun nanti.

  1. Leasing

Leasing adalah perusahaan sewa guna usaha dengan layanan berupa pembiayaan barang berharga berupa kendaraan dengan metode pembayaran angsuran atau cash.

Sistem yang biasa digunakan untuk leasing, yaitu pembelian dengan angsuran dan digabung dengan sewa kontrak sewa.

Berikut ini beberapa contoh perusahaan leasing yang ada di Indonesia, yaitu PT Summit Oto Finance, PT Federal International Finance (FIF), PT Indomobil Finance Indonesia, PT BFI Finance, dan PT Adira Dinamika Multi Finance.

Tanya jawab seputar perbedaan lembaga keuangan bank dan nonbank

  • Apa perbedaan lembaga keuangan bank dan nonbank?

Perbedaan lembaga keuangan bank dan nonbank secara jelas bisa diketahui dari contoh-contoh lembaganya. Contoh lembaga keuangan bank adalah bank sentral, bank umum, dan bank perkreditan rakyat (BPR).

Sementara lembaga keuangan nonbank adalah koperasi simpan pinjam, perusahaan gadai, lembaga gadai, hingga leasing. Lebih detailnya bisa dilihat dalam artikel ini.

  • Apa yang dimaksud dengan lembaga keuangan perbankan?

Lembaga keuangan perbankan adalah lembaga yang memiliki fungsi utama untuk menyimpan dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali untuk kepentingan pembiayaan. Selain itu, lembaga keuangan bank juga bertindak sebagai perantara dalam transaksi pembayaran.

  • Apa yang dimaksud dengan lembaga keuangan nonbank?

Lembaga keuangan nonbank adalah lembaga yang berperan menghimpun dan menyalurkan dana dengan mengeluarkan surat-surat berharga untuk pembiayaan investasi perusahaan yang butuh pinjaman.

  • Apa persamaan dari LKB dan LKBB?

Meski memiliki fungsi dan peran yang berbeda, baik lembaga keuangan bank maupun nonbank, memiliki kontribusi yang sama untuk membangun perekonomian negara yang lebih baik.

Lembaga keuangan bank dan nonbank juga sama-sama mengelola dana yang dihimpun dari masyarakat untuk melakukan kegiatan-kegiatan produktif yang menguntungkan negara dan menyejahterakan masyarakat.

Cocokkan Transaksi Bisnis Lebih Mudah & Cepat dengan Fitur Rekonsiliasi Bank

Kelola Laporan Keuangan Lebih Mudah Dengan Aplikasi Akuntansi Jurnal By Mekari

Sekarang Anda telah mengetahui pentingnya laporan keuangan bagi bisnis Anda. Latihlah diri Anda untuk menjadi pebisnis sekaligus akuntan yang baik. Ingat.

Pebisnis andal adalah pebisnis yang mengenal, mengerti, dan peduli pada kondisi perusahaan. Jadi, penting bagi Anda sebagai pebisnis untuk mulai mengelola laporan keuangan dengan baik.

Tahukah Anda kalau aplikasi manajemen aset Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat.

Jurnal.id merupakan software Akuntansi Online  dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Jurnal.id adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Jurnal.id hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Dengan menggunakan program akuntansi Jurnal.id, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya.

Jurnal.id bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet. Menggunakan software akuntansi ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan.

Jadi, Jurnal.id menjadikan pembuatan laporan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time. Menariknya, Jurnal.id telah memiliki keamanan berstandar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin.

Lalu bagaimana jika Anda tidak memahaminya? Gunakan aplikasi akuntansi!

Anda bisa memanfaatkan aplikasi laporan keuangan perusahaan untuk jaga performa bisnis dan juga software akuntansi online seperti Jurnal yang bisa membantu Anda membuat laporan keuangan secara otomatis kapan dan di mana saja. Pelajari lebih lanjut bagaimana software akunting dapat membantu pekerjaan Anda.

Nah, sekarang pertanyaan seperti :

  • Seberapa penting perusahaan memiliki laporan keuangan?
  • Apa pentingnya laporan keuangan bagi perusahaan, dan mengapa perusahaan membutuhkan laporan keuangan?

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda yang memerlukannya. Jangan lupa untuk dibagikan ke sosial media jika Anda merasa tulisan ini berguna.

Kategori : Keuangan

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo