13 Peluang Usaha Online Tanpa Modal Besar

Jika Anda sedang mencari peluang usaha dengan modal yang relatif kecil dan penghasilannya sampai puluhan juta rupiah, maka usaha online adalah jawabannya. Apalagi, saat ini internet sudah merata ke seluruh wilayah. Hal ini menjadikan bisnis online semakin menggiurkan dibanding dengan bisnis offline.

Bagi pemula, bisnis online pasti sangat membingungkan. Namun, jika Anda peka terhadap lingkungan dan ingin menggali informasi dari internet, pasti akan menemukan titik terang. Berikut ini akan dibahas mengenai 13 usaha online tanpa modal besar dengan keuntungan puluhan juta, mari lihat di bawah ini:

1. Jasa Kursus Online

Sekarang ini banyak  dijumpai jasa kursus mata pelajaran untuk anak sekolah yang masih bersifat offline. Kekurangan dari kursus model offline ini adalah masalah waktu yang sudah ditentukan. Jika Anda tidak dapat hadir pada saat jam pertemuan, maka siswa akan tertinggal materi pembelajarannya. Solusi dari masalah ini adalah mengadakan kursus online yang tidak mengikat siswa untuk hadir dan tatap muka. Siswa hanya perlu melihat video yang sudah diberikan oleh pengajarnya. Apalagi saat ini akses internet lebih mudah, murah dan cepat. Hal ini tentu dapat mendukung jasa kursus online.

2. Berjualan di Social Media

Social media adalah cara paling mudah untuk menjual produk secara online. Apalagi zaman sekarang ini dengan maraknya social media seperti dari Whatsapp, BBM, Line, Facebook, Instagram dan lain-lain, menjadikan kesempatan emas bagi yang dapat memanfaatkannya dengan baik. Jika Anda memiliki produk sendiri untuk dijual, Anda dapat mulai memasarkannya melalui social media. Namun, jika Anda tidak bisa memiliki produk sendiri, Anda dapat memasarkan produk orang lain sebagai reseller atau dropshipper.

3. Dropshipper

Dropshipper  artinya berjualan tanpa memiliki stok barang. Dengan menjadi dropshipper, tugas Anda hanya melakukan promosi kepada calon konsumen tentang produk yang ingin dijual. Jika terjadi penjualan, Anda hanya perlu menginformasikan kepada supplier bahwa Anda telah melakukan penjualan dan ingin mengirimkan barang kepada pelanggan Anda. Dengan begitu, supplier akan langsung mengirimkan barang kepada konsumen dengan nama toko Anda sebagai pengirim. Untuk menjadi dropshipper, Anda dapat coba menghubungi ke supplier atau toko-toko besar, biasanya mereka menawarkan kerja sama dengan dropshipper.

4. Berjualan di Marketplace

Marketplace adalah evolusi dari pasar tradisional yang ada saat ini, perbedaan yang paling jelas adalah marketplace bersifat online dan pasar bersifat offline. Jadi, jika ingin berjualan di marketplace, yang paling utama adalah memiliki produk yang akan dijual, selanjutnya Anda hanya perlu mendaftar di beberapa penyedia marketplace yang ada di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lain-lain. Kelebihan dari menggunakan marketplace ini adalah biaya sewa yang lebih murah dan jangkauan pembelinya lebih luas sehingga berpotensi meningkatkan keuntungan yang lebih besar.

5. Menjual Produk Affiliate

Dengan menjual produk affiliate, berarti Anda hanya perlu melakukan promosi atau merekomendasikan produk kepada calon pelanggan dan jika terjadi transaksi penjualan, Anda akan mendapatkan komisi dari harga jual produk tersebut. Bisnis ini hampir sama dengan dengan dropship, tetapi tugas Anda hanya sampai mempromosikan kepada calon konsumen.

Baca juga : Memulai Bisnis Tanpa Modal : Rahasia Kisah Sukses Ciputra

6. Produk Informasi

Di zaman serba digital ini menjadi  kesempatan bagi Anda untuk menjual produk yang berisi informasi seperti e-book, audio dan video. Produk informasi dalam bentuk digital ini relatif lebih mudah dibuat daripada dalam bentuk buku. Selain lebih murah dalam segi produksi, pendistribusian produk informasi juga lebih cepat dan tidak memiliki batasan dalam hal jangkauan.

7. Jasa Desain Grafis

Jika Anda memiliki ahli dibidang desain grafis, Anda dapat mencoba menjadi desain grafis freelance. Cukup bermodalkan laptop atau komputer dan skill desain, Anda sudah dapat mendapatkan uang tambahan hingga jutaan dari sekali desain saja. Cobalah mulai dengan menawarkan jasa Anda melalui beberapa website penyedia jasa.

8.  Foto Royalty Free

Hobi fotografi tidak akan menghasilkan uang jika tidak Anda manfaatkan dengan baik. Selain bisa menjadi freelance fotografer, Anda juga dapat menjual berbagai foto yang Anda ambil di beberapa website stok foto. Tentu saja, ini salah satu usaha online tanpa modal yang dapat Anda lakukan di mana pun dan kapan pun.

9. Penulis Artikel

Jika Anda pintar dalam hal tulis menulis, tidak ada salahnya untuk menjadi penulis artikel freelance. Banyak sekali website atau blog yang membutuhkan konten artikel setiap hari untuk di-posting. Anda dapat menawarkan jasa Anda di OLX, Facebook, Kaskus, Ads.id dan lain sebagainya.

10. Youtober

Apakah Anda pernah menonton video di beberapa website video seperti YouTube, bukan? Nah, dengan menjadi pembuat video, Anda dapat memperoleh penghasilan yang tidak sedikit! Anda perlu memiliki hanyalah komputer dan koneksi internet yang mumpuni.

Anda pastikan video yang Anda buat merupkan hal yang Anda minati. Gunakan kreativitas dan gunakan kualitas video yang baik. Semakin banyak orang yang menonton video Anda dan mengklik iklan pada video tersebut, semakin tinggi pendapatan yang dihasilkan.

11. Penerjemah

Masih ada kaitannya dengan tulis menulis, yaitu menjadi translator bahasa asing. Translator saat ini masih banyak dibutuhkan karena memang ada beberapa orang yang kurang memahami bahasa asing. Jika Anda menguasai banyak bahasa, Anda dapat mendapatkan peluang yang lebih banyak. Cobalah tawarkan jasa translator melalui website.

12. Jasa Konsultasi

Merasa jago di sebuah bidang tertentu? Ini saatnya Anda menjual keahlian Anda, tidak perlu malu karena cara ini dapat menjadi bisnis yang tepat untuk Anda. Contohnya Anda ahli dan mengerti mengenai SEO atau Search Engine Optimization, keahlian Anda tersebut berharga mahal. Anda dapat menawarkan jasa konsultasi online ini melalui berbagai website dan channel.

13. Surveyor

Cara mudah lain mendapatkan uang melalui online adalah dengan melakukan survei berbayar alias kamu akan dibayar setelah mengisi survei. Hal ini tidak memerlukan modal,  Anda hanya perlu mencari berbagai survei berbayar yang tersebar di dunia maya. Akan tetapi, Anda perlu hati-hati terhadap penipuan yang beredar.

Baca juga : 4 Jenis Peluang Bisnis Online Tanpa Modal yang Sangat Menguntungkan

Itulah beberapa peluang usaha online tanpa modal yang dapat Anda mulai dan coba. Dan perlu diingat, dalam menjalankan bisnis apapun, pencatatan keuangan sangat dibutuhkan. Dengan pencatatan keuangan, Anda dapat lebih mudah mengetahui berapa pendapatan yang Anda miliki.  Dengan Jurnal, Anda tidak perlu mengerti akuntansi untuk melakukan pencatatan keuangan, Jurnal adalah software akuntasi online yang akan membantu dalam mengelola keuangan secara mudah dan realtime.


PUBLISHED08 Jan 2020
Eril Obeit Choiri
Eril Obeit Choiri

SHARE THIS ARTICLE: