4 Peluang Bisnis Tanpa Modal di Media Sosial

Komponen utama dalam sebuah bisnis yaitu modal. Jika seorang pelaku bisnis memiliki modal yang cukup, maka proses pengembangan bisnis pun akan terasa lebih mudah.

Akan tetapi, penggunaan modal juga harus diperhatikan dengan baik dan benar. Mengingat, modal juga bisa menjadi salah satu hambatan untuk memulai bisnis dan menjadi salah satu alasan untuk tidak memulai bisnis.

Untungnya, ada beberapa pilihan jenis bisnis yang bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan modal banyak atau bahkan tidak sepeser pun.

Tertarik untuk mengetahui jenis bisnis apa yang mengesampingkan penggunaan modal sebagai hal utama?

Peran Media Sosial bagi Pebisnis

Media sosial tengah menjadi tren masyarakat di abad ke-21 ini. Media sosial yang awalnya berfungsi sebagai penghubung masyarakat, telah berevolusi menjadi sarana berbisnis bagi para pebisnis, khususnya para entrepreneur muda.

Media sosial dapat membantu Anda menjalankan bisnis Anda tanpa memerlukan modal yang besar.

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan media sosial.

Meneliti Pasar

Target Pasar merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam bisnis. Saat ini banyak alat yang dapat Anda gunakan untuk menganalisa target pasar melalui aktivitas mereka di media sosial, seperti facebook insight, twitter counter, sonar platform, dll.

Data-data yang tersedia akan membantu Anda untuk mengetahui aktivitas pasar dan menilai sejauh mana keberhasilan strategi perusahaan Anda.

Read More: Pentingnya Perencanaan Bagi Bisnis Anda

Meningkatkan Antusiasme dan Kerjasama Pelanggan (Customer Engagement)

Media sosial merupakan cara paling efektif untuk meningkatkan customer engagement terhadap produk atau jasa Anda.

Website perusahaan maupun akun di facebook, twitter, instragram, dan berbagai media sosial lainnya berguna membangun hubungan dengan pelanggan Anda.

Desain serta konten yang ditampilkan harus dapat merepresentasikan brand Anda, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Pelanggan yang jatuh cinta dengan konten Anda akan terus mengunjungi mengunjungi situs Anda dan mempromosikannya pada orang lain.

Media Promosi

Menggunakan media sosial lebih menekan biaya promosi Anda. Berbeda dengan media offline seperti televisi dan surat kabar yang memerlukan biaya puluhan juta hingga miliaran rupiah, media sosial menawarkan promosi dengan tarif rendah yang efektif dengan jaminan pertambahan jumlah follower.

Brand Awareness

Membuat media sosial menjadikan produk atau jasa Anda lebih mudah dikenal masyarakat.

Menurut Relevanza, salah satu agensi digital marketing di Amerika, 78% usaha kecil menarik pelanggan baru melalui sosial media.

Sedangkan menurut eMarketer, 33% konsumen menggunakan media sosial untuk mencari produk atau jasa baru.

Menariknya konten media sosial Anda dan seberapa sering Anda meng-update berita akan meningkatkan brand awareness terhadap produk atau jasa Anda.

Fleksibilitas Akses Informasi

Salah satu kelebihan media sosial dibandingkan dengan media lainnya terletak pada fleksibilitas akses informasi. Dengan media sosial, Anda dapat mengakses informasi apa pun, kapan pun dan dimana pun Anda membutuhkannya.

Anda dapat mempelajari aktivitas pasar Anda, mendapat tips-tips untuk usaha, bahkan mempelajari kompetitor Anda.

Fleksibilitas akses informasi yang Anda dapat melalui media sosial akan membantu Anda dalam menentukan strategi yang tepat untuk menjalankan bisnis.

Koneksi dengan Pelanggan

Media sosial memampukan Anda menjalin hubungan tak terbatas dengan customer Anda. Anda dapat memberikan informasi terbaru terkait program atau promo perusahaan kepada pelanggan Anda, sekalipun di tempat dan waktu yang berbeda. Selain itu, Anda juga dapat mendengarkan kritik dan saran yang bermanfaat dari pelanggan Anda.

Jaringan Bisnis yang Luas

Media sosial membuka jaringan bisnis yang luas dari dalam maupun luar negeri. Setiap akun website, blog, atau forum yang Anda buat akan membuka kesempatan yang luas bagi para investor untuk berinvestasi pada bisnis Anda.

Karena itu, pastikan Anda memiliki media sosial yang menarik dan potensial di mata investor.

Sekarang Anda telah mengetahui kegunaan media sosial dan manfaat yang Anda dapatkan dari penggunaannya. Apakah Anda sudah menggunakan media sosial untuk mengembangkan bisnis Anda?

Baca juga: Ketahui Aturan Dasar Dalam Strategi Penjualan Melalui Media Sosial

Bisnis yang Bisa Dilakukan Hanya dengan Modal Media Sosial

Berikut ini beberapa jenis bisnis yang bisa dicoba dengan modal sedikit atau tidak sepeserpun.

Dropshipper

Jenis bisnis yang satu ini adalah bisnis tanpa modal sepeserpun. Hanya dengan memanfaatkan handphone atau laptop, kamu bisa memulai bisnis online shop.

Konsep bisnis dropshipper ini adalah membantu menjual produk yang dimiliki orang lain atau supplier.

Sehingga, dengan menjadi dropshipper, kamu tidak perlu membeli ataupun memiliki stok barang. Kamu hanya perlu memasarkan produk tersebut melalui online, misalnya market place, instagram, line, dan media sosial lainnya.

Ketika ada pelanggan yang datang dan ingin membeli produk yang kamu pasarkan melalui online, kamu cukup memberitahu supplier tentang pesanan tersebut.

Dengan begitu, supplier akan mengemas dan mengirimkan barang tersebut ke pelanggan Anda serta tidak lupa mencantumkan nama bisnis atau usaha Anda. Setelah barang sampai ke pelanggan, transaksi bisnis telah selesai dilakukan tanpa modal sedikitpun.

Untuk menjadi dropshipper, Anda tidak boleh sembarangan atau asal memilih supplier, Anda harus memastikan bahwa supplier yang dipilih adalah supplier yang bisa menjaga kualitas produk atau barang.

Reseller

Cara reseller memasarkan produknya sama dengan cara dropshipper memasarkannya. Hanya bermodal handphone atau laptop, Anda bisa mulai berjualan dengan mudah.

Namun, dropshipper dan reseller sedikit berbeda pada cara bisnisnya. Di mana reseller harus membeli dan memiliki stok barang, serta harus mengemas dan mengirimkannya langsung ke pelanggan.

Jadi, reseller tidak sepenuhnya bisnis tanpa modal, namun menggunakan modal yang minimal.

Untuk mendapat keuntungan besar, Anda harus pintar-pintar mencari supplier yang bisa memberikan barang kualitas baik dengan harga yang bersahabat.

Dengan menjadi reseller, Anda juga bisa mengontrol penuh kualitas semua barang yang dijual dan diterima pelanggan.

Endorser

Bagi kalangan yang aktif di media sosial pasti sudah tidak asing lagi dengan kegiatan endorse. Kegiatan ini biasanya dilakukan pengusaha online shop untuk memasarkan produknya melalui media sosial.

Jika Anda merupakan salah satu pengguna aktif media sosial dan memiliki banyak followers, Anda bisa menjadi seorang endorser.

Dengan menjadi seorang endorser, Anda bisa mendapatkan fee dari setiap pengusaha yang menggunakan jasa endorse Anda.

Lalu apa yang harus dilakukan endorser? Anda hanya perlu mengunggah dan mempromosikan produk atau barang melalui akun media sosial.

Sebelum menjadi seorang endorser, Anda harus membangun brand image dan daya tarik agar sebuah perusahaan memilih Anda sebagai endorser.

Cobalah mulai dengan menambah followers Anda karena salah satu tolok ukur seorang endorser adalah followers yang cukup banyak.

Vlogger

Video blogger atau vlogger adalah salah satu peluang bisnis tanpa modal yang bisa kamu manfaatkan.

Hanya dengan memanfaatkan YouTube sebagai media dan kamera ponsel untuk membuat konten-konten menarik, Anda bisa mendapakan keuntungan yang cukup besar dari Google Ads.

Semakin banyak followers yang Anda miliki, semakin besar juga keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Namun, sebelum memulainya pastikan untuk membuat konten video yang menarik dan bermanfaat bagi penonton. Cobalah pilih tema video sesuai passion dan target yang ingin Anda tuju.

Misalnya, beauty vlogger yang membahas tentang kecantikan, music vlogger, parenting vlogger, business vlogger, food vlogger, dan lain sebagainya.

Itulah empat peluang bisnis tanpa modal yang bisa Anda manfaatkan di media sosial. Dengan memulai bisnis, berarti Anda juga harus siap untuk mengelola keuangan dengan baik.

Karena dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mengembangkan bisnis dan mengetahui kondisi keuangan Anda.

Dalam mengelola bisnis yang baru Anda mulai, pastinya proses pengelolaan yang sifatnya akuntansi harus dilakukan secara baik dan benar.

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan bantuan software bisnis dalam mengelola keuangan bisnis Anda. Salah satu software yang dapat digunakan yaitu Jurnal.

Jurnal by Mekari merupakan sebuah software bisnis yang dapat membantu Anda mengelola keuangan di mana pun dan kapan pun secara realtime.

Terintegrasi dengan sistem yang canggih dan terenskripsi akan membuat penyimpanan data-data menjadi aman.

Kategori : BisnisInspirasi

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo