Jurnal Enterpreneur

4 Peluang Bisnis Tanpa Modal di Media Sosial

Komponen utama dalam sebuah bisnis yaitu modal. Jika seorang pelaku bisnis memiliki modal yang cukup, maka proses pengembangan bisnis pun akan terasa lebih mudah. Akan tetapi, penggunaan modal juga harus diperhatikan dengan baik dan benar. Mengingat, modal juga bisa menjadi salah satu hambatan untuk memulai bisnis dan menjadi salah satu alasan untuk tidak memulai bisnis.

Untungnya, ada beberapa pilihan jenis bisnis yang bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan modal banyak atau bahkan tidak sepeser pun. Tertarik untuk mengetahui jenis bisnis apa yang mengesampingkan penggunaan modal sebagai hal utama?

Berikut ini beberapa jenis bisnis yang bisa dicoba dengan modal sedikit atau tidak sepeserpun.

Dropshipper

Jenis bisnis yang satu ini adalah bisnis tanpa modal sepeserpun. Hanya dengan memanfaatkan handphone atau laptop, kamu bisa memulai bisnis online shop. Konsep bisnis dropshipper ini adalah membantu menjual produk yang dimiliki orang lain atau supplier. Sehingga, dengan menjadi dropshipper, kamu tidak perlu membeli ataupun memiliki stok barang. Kamu hanya perlu memasarkan produk tersebut melalui online, misalnya market place, instagram, line, dan media sosial lainnya.

Ketika ada pelanggan yang datang dan ingin membeli produk yang kamu pasarkan melalui online, kamu cukup memberitahu supplier tentang pesanan tersebut. Dengan begitu, supplier akan mengemas dan mengirimkan barang tersebut ke pelanggan Anda serta tidak lupa mencantumkan nama bisnis atau usaha Anda. Setelah barang sampai ke pelanggan, transaksi bisnis telah selesai dilakukan tanpa modal sedikitpun.

Untuk menjadi dropshipper, Anda tidak boleh sembarangan atau asal memilih supplier, Anda harus memastikan bahwa supplier yang dipilih adalah supplier yang bisa menjaga kualitas produk atau barang.

Reseller

Cara reseller memasarkan produknya sama dengan cara dropshipper memasarkannya. Hanya bermodal handphone atau laptop, Anda bisa mulai berjualan dengan mudah. Namun, dropshipper dan reseller sedikit berbeda pada cara bisnisnya. Di mana reseller harus membeli dan memiliki stok barang, serta harus mengemas dan mengirimkannya langsung ke pelanggan.

Jadi, reseller tidak sepenuhnya bisnis tanpa modal, namun menggunakan modal yang minimal.
Untuk mendapat keuntungan besar, Anda harus pintar-pintar mencari supplier yang bisa memberikan barang kualitas baik dengan harga yang bersahabat. Dengan menjadi reseller, Anda juga bisa mengontrol penuh kualitas semua barang yang dijual dan diterima pelanggan.

Endorser

Bagi kalangan yang aktif di media sosial pasti sudah tidak asing lagi dengan kegiatan endorse. Kegiatan ini biasanya dilakukan pengusaha online shop untuk memasarkan produknya melalui media sosial. Jika Anda merupakan salah satu pengguna aktif media sosial dan memiliki banyak followers, Anda bisa menjadi seorang endorser. Dengan menjadi seorang endorser, Anda bisa mendapatkan fee dari setiap pengusaha yang menggunakan jasa endorse Anda.

Lalu apa yang harus dilakukan endorser? Anda hanya perlu mengunggah dan mempromosikan produk atau barang melalui akun media sosial. Sebelum menjadi seorang endorser, Anda harus membangun brand image dan daya tarik agar sebuah perusahaan memilih Anda sebagai endorser. Cobalah mulai dengan menambah followers Anda karena salah satu tolok ukur seorang endorser adalah followers yang cukup banyak.

Vlogger

Video blogger atau vlogger adalah salah satu peluang bisnis tanpa modal yang bisa kamu manfaatkan. Hanya dengan memanfaatkan YouTube sebagai media dan kamera ponsel untuk membuat konten-konten menarik, Anda bisa mendapakan keuntungan yang cukup besar dari Google Ads. Semakin banyak followers yang Anda miliki, semakin besar juga keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Namun, sebelum memulainya pastikan untuk membuat konten video yang menarik dan bermanfaat bagi penonton. Cobalah pilih tema video sesuai passion dan target yang ingin Anda tuju. Misalnya, beauty vlogger yang membahas tentang kecantikan, music vlogger, parenting vlogger, business vlogger, food vlogger, dan lain sebagainya.

 

Itulah empat peluang bisnis tanpa modal yang bisa Anda manfaatkan di media sosial. Dengan memulai bisnis, berarti Anda juga harus siap untuk mengelola keuangan dengan baik. Karena dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mengembangkan bisnis dan mengetahui kondisi keuangan Anda.

Dalam mengelola bisnis yang baru Anda mulai, pastinya proses pengelolaan yang sifatnya akuntansi harus dilakukan secara baik dan benar. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan bantuan software bisnis dalam mengelola keuangan bisnis Anda. Salah satu software yang dapat digunakan yaitu Jurnal.

Jurnal by Mekari merupakan sebuah software bisnis yang dapat membantu Anda mengelola keuangan di mana pun dan kapan pun secara realtime. Terintegrasi dengan sistem yang canggih dan terenskripsi akan membuat penyimpanan data-data menjadi aman.

Kategori : BisnisInspirasi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo