Seiring dengan perkembangan era teknologi, internet kini seakan menjadi kebutuhan untuk setiap orang. Mencari informasi, bertukar informasi, berkomunikasi, berbelanja, berbisnis dan masih banyak lagi aktivitas lain yang dapat dilakukan melalui internet. Menurut internet live stats, ada lebih dari tiga miliar pengguna aktif social media. Tentu saja kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk membuka bisnis online. Sampai saat ini banyak sekali tersedia social media yang dapat dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis online, diantaranya seperti Facebook, Twitter, Instagram, Snapchat.

Setiap social media memiliki karakteristik masing-masing dalam penggunaannya. Agar mendapatkan pelanggan yang sesuai dengan target, maka Anda juga perlu menerapkan perlakuan yang berbeda di setiap social media.

Selain melakukan transaksi jual beli, membangun hubungan interaksi, media sosial juga dapat digunakan untuk melakukan branding. Banyaknya fitur yang disediakan menjadikan pengusaha atau perusahaan membuat konten yang menarik. Tentu saja semua itu agar branding perusahaan semakin kuat di mata konsumen. Namun, beberapa pebisnis juga sering mengabaikan branding. Padahal branding merupakan hal yang penting dalam sebuah bisnis. Jika saja Anda mau berusaha, branding dalam sosial media sebenarnya mudah. Untuk itu, agar branding yang dilakukan tepat maka artikel ini akan mengulas tentang cara atau tips branding di social media.

Memilih Social Media yang Akan Digunakan

Seperti yang kita tahu, ada banyak sosial media yang tersedia di dunia maya. Menggunakan semuanya untuk melakukan bisnis online tentu saja sangat mungkin. Namun, melakukan branding di social media bukanlah perkara banyak social media yang digunakan, tapi mendapatkan sosial media yang tepat dan sesuai. Coba pikirkan, pertanyaan berikut ini. Apakah LinkedIn cocok digunakan untuk menjual baju atau sepatu? Mengingat LinkedIn juga termasuk dalam social media. Tentu saja jenis social media tersebut tidak tepat jika digunakan untuk menjual baju atau sepatu.

Itulah yang dimaksud dengan memilih media sosial yang akan digunakan. Anda harus cermat dan jeli melihat karakteristik social media dengan karakteristik bisnis atau produk Anda. Untuk membantu Anda memutuskan social media mana yang akan dipakai, Anda dapat melihat informasi demografi penggunaan social media.

Menggunakan Konten Visual

Apakah Anda termasuk pengguna social media yang aktif? Jika Anda mengamatinya kini konten visual merupakan pilihan yang banyak dipakai oleh pengusaha untuk melakukan pemasaran produknya. Tidak dapat dipungkiri memang konten tulisan yang dulu banyak digunakan sekarang mulai dikurangi meskipun konten tulisan memiliki pengaruh yang besar.

Salah satu social media yang digunakan oleh para pemilik brand, baik pemilik brand besar maupun brand kecil ataupun bisnis yang belum memiliki brand sekalipun. Mereka berlomba menciptakan konten visual yang dapat menarik banyak pelanggan. Dalam membuat konten, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan seperti warna, logo, template, dan lainnya yang dapat menguatkan branding bisnis Anda. Buatlah konten yang menarik, unik,  jangan monoton, dan berbeda.

Menyampaikan Pesan & Informasi yang Benar

Pengguna internet atau yang lebih dikenal dengan sebutan netizen kini lebih pintar dan cerdas. Banyaknya pilihan di social media tentu saja membuat mereka lebih bijak untuk menentukan produk mana yang akan dipakai. Tentu saja mereka akan memilih brand yang memberikan solusi akan masalah atau kebutuhannya bukan hanya sekedar berjualan.

Faktanya dalam social media, beberapa pelaku usaha tidak memberikan informasi yang benar dari produk yang dijualnya. Terkadang ada beberapa penjual yang berbohong agar produknya laku banyak. Untuk melakukan hal tersebut memang sangat mudah karena konsumen tidak melihat langsung produknya.

Oleh karena itu, Anda jangan pernah memberikan pesan atau informasi yang salah atau tidak benar. Bukannya branding Anda akan menguat malah akan menjadi turun. Sehingga berikan informasi yang lengkap, jelas, dan benar. Sehingga netizen akan memilih brand Anda saat mencari kebutuhannya.

Menggunakan Influencer

Anda pasti menyadari bahwa sekarang banyak bisnis online yang menggunakan influencer untuk mempromosikan produk mereka. Biasanya diistilahkan dengan kata endorsement. Influencer merupakan orang yang sudah terkenal dan memiliki banyak followers, sehingga mereka akan sangat membantu Anda memasarkan produk Anda. konsumen mana yang tidak tertarik jika seorang public figure atau idolanya merekomendasikan suatu produk.

Konsisten

Dalam melakukan branding, Anda juga harus konsisten. Aturlah jadwal untuk membuat dan memposting konten di social media. Akan lebih baik lagi jika bukan sekedar menawarkan produk dan berjualan tetapi juga memberikan nilai edukasi. Dengan demikian Anda juga dapat membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Itulah beberapa tips melakukan branding di social media. Manfaatkan kesempatan untuk menjadi pebisnis online yang sukses meskipun persaingannya pun ketat. Agar lebih mendukung, Anda juga harus mengelola keuangan bisnis dengan baik. Untuk memudahkan Anda menghitung dan mengelola semua keuangan yang terjadi, Anda dapat menggunakan bantuan software akuntansi seperti Jurnal. Jurnal adalah dapat membantu Anda menjalankan sistem akuntansi perusahaan Anda dengan cepat. Anda hanya perlu menginput semua transaksi, Jurnal secara otomatis akan mengolahnya menjadi laporan keuangan. Dan masih banyak fitur-fitur lain yang akan memudahkan pekerjaan dan kesuksesan bisnis Anda. Temukan info dan fitur lain dari Jurnal dengan klik di sini.