Menjadi seorang karyawan merupakan keinginan kebanyakan orang, apalagi bisa menjadi karyawan disalah satu perusahaan BUMN atau perusahaan multinasional. Tentunya ini menjadi kebanggaan tersendiri, apalagi bagi fresh graduate. Tetapi, menjadi karyawan tidak semanis seperti dibayangkan oleh kebanyakan orang. Bayang-bayang dipecat oleh atasan, perusahaan gulung tikar, apalagi jika sistem kerja sebagai karyawan berstatus outsourcing atau kerja kontrak yang memiliki masa depan belum pasti menjadi suatu problematika bagi seorang karyawan. Apalagi dengan gaji yang tidak sesuai dengan beban kerja dan mahalnya biaya hidup mendorong karyawan untuk mencari usaha sampingan yang menjanjikan. Berikut ini pembahasan mengenai 10 usaha sampingan karyawan yang cocok untuk Anda coba.

 

Penulis

Lowongan kerja penulis memang menjanjikan dan tergolong fleksibel karena bisa dikerjakan kapan saja dan di mana saja. Apalagi jika Anda mempunyai hobi menulis, maka ini menjadi nilai plus yang bisa Anda jual. Banyak sekali blog, website, dan berbagai social media yang membutuhkan konten berupa tulisan. Biasanya untuk bayaran setiap tulisan berbeda-beda tergantung tingkat kesulitan, umumnya paling murah Rp10 ribu untuk satu tulisan.

 

Desain Grafis

Jika Anda seorang karyawan yang memiliki keahlian dalam bidang desain grafis, Anda bisa menggunakannya untuk usaha sampingan. Memang untuk keahlian desain ini tidak semua orang memilikinya, hanya orang yang memiliki jiwa seni tinggi yang bisa melakukannya. Banyak sekali orang di luar sana yang membutuhkan jasa desain grafis untuk pembuatan poster, logo, undangan, kartu nama, brosur, dan masih banyak lagi. Anda bisa mempromosikan usaha desain yang Anda miliki lewat social media atau lewat online dengan mem-posting portofolio desain yang sudah Anda buat.

 

Membuka Toko Online

Sekarang ini kita tidak asing dengan toko online. Semenjak smartphone berkembang pesat dan mudahnya koneksi Internet membuat online shop menjadi bisnis yang tren di Indonesia. Banyak pelaku online shop mulai dari anak sekolahan, mahasiswa,  pekerja sampai ibu rumah tangga memiliki bisnis online shop. Jika Anda sebagai karyawan lebih baik memilih menjadi reseller atau dropship online shop saja, karena selain modal yang dikeluarkan tidak banyak, anda juga tidak begitu repot mengelolanya. Tugas utama anda adalah mempromosikan produk yang dijual kepada keluarga, saudara atau kepada teman kerja Anda sehingga terjadi penjualan.

 

Membuat Blog

Membuat blog bisa menjadi pekerjaan sampingan yang menarik untuk karyawan. Berbekal pengetahuan tentang dunia Internet marketing dan bisa menulis artikel sudah bisa menghasilkan uang dari Internet. Cukup dengan menggunakan platform blogspot atau wordpress, Anda sudah bisa memiliki blog yang menarik. Untuk konten pada blog, Anda bisa mengisi sesuai passion yang Anda minati. Jika nantinya banyak pengunjung yang datang ke blog yang Anda kelola, silakan Anda mendaftarkannya pada program PPC Google Adsense. Anda nantinya akan dibayar saat ada pengunjung yang melakukan klik pada iklan yang terpasang pada blog yang anda miliki.

 

Jual Pulsa & Paket Data

Pulsa dan paket data sekarang ini menjadi salah satu kebutuhan wajib bagi kebanyakan orang untuk bisa saling berkomunikasi dengan orang lain. Untuk bisa menjadi penjual pulsa dan paket data, Anda tidak perlu lagi memiliki counter dipinggir jalan, Anda cukup bermodalkan smartphone yang Anda miliki sudah bisa berjualan. Untuk target pembelinya, Anda bisa menyasar rekan kerja atau tetangga dekat rumah terlebih dulu. Memang untuk keuntungan setiap transaksi tidaklah begitu besar, tetapi jika dalam sehari bisa terjadi banyak transaksi maka hasilnya bisa menambah gaji bulanan Anda sebagai karyawan.

 

Admin Social Media

Pertumbuhan teknologi Internet dan social media, saat ini begitu cepat memunculkan fenomena dan tren terbaru. Salah satunya adalah profesi baru yang berkaitan dengan dunia social media, yaitu admin social media. Tugas utama admin social media ini adalah bertanggung jawab atas semua konten yang ada pada social media yang di-handle dan menjaga performa social media agar grafiknya selalu baik dan berkembang. Pekerjaan ini bisa menjadi salah satu usaha sampingan yang menarik untuk karyawan yang banyak bekerja dengan komputer.

 

Jual Beli Barang Bekas Online

Barang bekas tidak selamanya menjadi barang tidak berguna yang  disimpan di dalam gudang. Karena barang bekas sekarang ini masih laku untuk dijual. Apalagi sekarang ini zamannya serba online, menjual barang bekas sekarang menjadi lebih mudah secara online. Walaupun berjualan hanya barang bekas, Anda tidak boleh memandang remeh usaha sampingan ini.

 

Keuntungan dari beberapa usaha sampingan karyawan di atas tidak boleh disepelekan, apalagi dalam hal masalah perhitungan keuangan. Mulai sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, karena sekarang ini sudah tersedia software akuntansi online yang bisa membantu Anda dalam mengelola usaha. Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat membantu Anda untuk memantau keuangan dari usaha yang sedang Anda jalankan secara realtime. Selain itu ada banyak fitur menarik yang bisa membantu memajukan usaha Anda. Untuk info lebih lanjut mengenai fitur Jurnal, silahkan lihat di sini.

Author