12 Ide Bisnis yang Laku Setiap Hari dan Tawarkan Keuntungan Berlipat

Menjalankan bisnis tidak bisa lepas dari produk ataupun jasa yang ditawarkan. Salah satu pertimbangan untuk menentukan bisnis yakni peluang yang ada. Lebih baik jika memilih bisnis yang laku setiap hari karena arus kas anda akan lancar. Sehingga usaha yang anda jalankan juga akan lebih cepat berkembang. Berikut beberapa ide untuk bisnis yang laku terus, jangan lupa lihat dulu rencana bisnis secara teliti supaya tidak rugi.

bisnis yang laku setiap hari

Ide Bisnis yang Laku Terus dan Memiliki Keuntungan Menggiurkan

1. Warung Nasi

Makanan menjadi kebutuhan yang wajib dipenuhi, sehingga jika membahas usaha yang laku setiap hari maka warung nasi harus masuk dalam daftar. Apalagi banyak orang yang tidak sempat untuk mengolah makanannya sendiri, sehingga tempat makan masih memiliki peluang yang besar. Warung nasi menjadi solusi untuk mereka yang sibuk ataupun yang tidak bisa memasak.

Tidak sama dengan restoran, warung nasi terkesan lebih sederhana dengan menu makanan rumah dan dibanderol dengan harga terjangkau. Jika anda ingin membangun bisnis satu ini, maka anda harus memiliki keterampilan untuk memasak. Kualitas makanan yang terjaga akan menjadi cara untuk mendapatkan pelanggan tetap maupun menjaring pelanggan baru.

Anda juga harus mulai untuk mencoba variasi sehingga bisa menghadirkan menu yang lebih beragam. Bisnis ini juga tidak harus menyewa tempat yang strategis, anda bahkan bisa membukanya di rumah, bisnis seperti jualan beras. Anda harus menyiapkan semuanya dari pagi dan tenaga kerja yang memadai. Bisnis yang laku setiap hari ini memang membutuhkan waktu berkembang tetapi menguntungkan.

2. Sembako

Selain makanan, sembako juga menjadi bisnis yang akan laku setiap harinya. Semua orang membutuhkan bahan sembako untuk sehari hari. Tidak diragukan lagi kalo bisnis satu ini memang menggiurkan dan juga bisa mendatangkan pelanggan. Apalagi jika anda membangun bisnis di area pemukiman padat dan sudah memiliki pelanggan tetap.

Usaha yang anda pilih juga tidak harus selalu toko besar, warung kecil, minimarket sampai toko kelontong tetap bisa memiliki peluang banyak cuan. Agar anda bisa mendapatkan banyak pelanggan, ada baiknya untuk menyediakan bahan pokok yang lengkap. Bisnis yang laku setiap hari ini memiliki kunci pada pengelolaan stok barang dagangan agar tidak mengalami kerugian.

Tidak hanya bisa dijual secara offline, anda juga bisa menjual sembako secara online. Atau bisa juga melayani pesan antar apabila ada pelanggan berhalangan untuk hadir. Nantinya anda bisa mematok biaya ongkos kirim atau jika gratis ongkir ada biaya minimal pembelian. Langkah-langkah ini bisa menjadi cara agar bisnis ini tetap berjalan dengan baik.

3. Jual Bahan Masakan

Prospek  usaha yang berhubungan dengan makanan memang terdengar menggiurkan. Mengingat setiap orang membutuhkan makanan sehat setiap hari dan harus dipenuhi. Dan setiap harinya memang ada banyak orang yang butuh bahan makanan, mulai dari sayuran, daging sampai bumbu dapur. Bisnis yang laku setiap hari ini memiliki peluang didatangi banyak konsumen.

Anda bisa menjalankan bisnis ini dari membuka warung kecil, gerobak sayur sampai dengan menjadi tukang sayur keliling. Jika anda berniat untuk terjun dalam bisnis ini, maka anda harus siap bangun pagi. Dengan begitu anda bisa berburu bahan bahan yang masih segar setiap hari. Biasanya juga belanja di pasar malam, sehingga saat pagi sudah bisa dijual ke konsumen.

Bangun siang sedikit nanti anda sudah tidak akan mendapatkan bahan yang segar. Bisnis yang laku setiap hari ini sebenarnya juga memiliki resiko. Maka dari itu ada baiknya untuk melakukannya secara bertahap. Anda bisa menjual sedikit tetapi lengkap, baru jika banyak pelanggan bisa ditambah. Sementara untuk bahan yang mahal, anda bisa menerima pesanan lebih dulu.

4. Perlengkapan Hewan Peliharaan

Saat ini pemilik hewan peliharaan semakin hari semakin meningkat. Sehingga menghadirkan peluang usaha yang bisa anda manfaatkan untuk meraih keuntungan. Nantinya anda bisa menjual pakan sampai dengan kebutuhan hewan peliharaan lainnya. Namun untuk memulai bisnis ini, anda bisa memfokuskan pada hewan peliharaannya terlebih dahulu.

Beberapa perlengkapan yang sangat laku seperti perlengkapan kucing, hamster, anjing, burung sampai dengan ikan. Tidak hanya makanan, anda juga bisa menyediakan beberapa kebutuhan pets lainnya seperti keranjang, tempat tidur sampai dengan mainannya. Semakin lengkap tentu semakin baik meskipun modal yang dibutuhkan tidaklah sedikit.

5. Jualan Pulsa atau Paket Data

Bisnis yang laku setiap hari bisa juga jualan pulsa atau paket data. Semua orang menggunakan ponsel dan membutuhkan pulsa atau paket data. Meskipun saat ini sudah banyak yang membelinya secara online, tetapi tetap memiliki peluang yang besar. terutama jika anda berada di kota yang cukup kecil atau di kawasan pedesaan.

Untuk membuka bisnis ini modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. tidak harus membuka gerai, anda bisa memulai bisnis jualan pulsa ini di rumah. Saat ini juga bisa menjalankannya secara online, tidak hanya offline. Para pelanggan bisa menghubungi anda melalui WA atau pesan, anda bisa langsung mengirimkan kepada customer.

Selain bisa menjual pulsa atau paket data, anda juga bisa membuka bisnis yang melayani pembayaran berbagai tagihan. Jangan lupakan token listrik yang saat ini juga menjadi kebutuhan masyarakat. Bisnis ini memiliki peluang yang  besar, selama dalam menjalankan bisnis tidak ada yang ngutang agar tetap bisa berjalan.

6. Menu Sarapan

Tidak harus membuka warung nasi yang buka selama seharian penuh. Anda juga bisa membuka bisnis yang memanfaatkan waktu sarapan. Ketika pagi hari, umumnya banyak orang yang sibuk sehingga tidak sempat menyiapkan sarapan. Tetapi karena akan memulai aktivitas, sehingga sarapan menjadi hal yang banyak diusahakan agar tidak terlewat.

Hal inilah yang juga membuat orang lebih memilih untuk membeli menu sarapan. Banyak menu yang bisa anda jual mulai dari nasi uduk, lontong sayur, nasi kuning, bubur ayam ataupun kue basah. Tentu anda bisa menjual salah satunya saja, tidak harus menjual semua menu. Bisnis yang laku setiap hari ini memiliki banyak target konsumen yang luas.

Terutama jika anda berada di tempat yang banyak pemukiman penduduk ataupun dekat dengan keramaian. Untuk menjalankan usaha ini juga tidak membutuhkan modal yang banyak. Potensi pasarnya yang besar dan semua kalangan juga memudahkan untuk berkembang. Hanya saja anda harus rela bangun sangat pagi untuk menyiapkannya.

7. Bisnis Apotek

Jika ingin mencari bisnis yang tidak ada matinya, maka bisnis apotek termasuk di dalamnya. Obat obatan masuk keperluan yang dibutuhkan setiap harinya. Pembelinya tidak hanya yang berada di daerah tersebut, tidak jarang juga berasal dari kawasan lain. Terutama jika apotek anda memang sudah dikenal sebagai apotek yang lengkap.

Hanya saja untuk menjalankan bisnis yang laku setiap hari ini tidak bisa sembarangan. Izin usaha haruslah jelas dan tidak bisa asal menjual obat. Nantinya juga membutuhkan apoteker yang ahli dan menjadi penanggung jawabnya. Tetapi saat ini sudah ada banyak tenaga apoteker yang bisa dijadikan peluang untuk membuka bisnis apotek lengkap.

Dalam membangun bisnis di bidang kesehatan ini, anda juga tidak hanya bisa menyediakan obat obatan saja. beberapa produk kesehatan seperti hand sanitizer sampai dengan masker bisa disediakan. Alat alat kesehatan seperti termometer, pengukur tekanan darah ataupun obat P3K juga bisa masuk dalam barang yang dijual. Mengingat masyarakat umumnya senang dengan yang lengkap.

8. Perlengkapan Rumah Tangga

Ada banyak ide bisnis yang memiliki peluang besar, salah satunya menjual perlengkapan rumah tangga. Memang untuk membuka bisnis satu ini, anda membutuhkan tempat yang cukup luas. Mengingat barang yang dijual sangat beragam. Mulai dari kebutuhan di kamar tidur seperti selimut, seprai sampai dengan kasur juga bisa dijual.

Kemudian perlengkapan untuk dapur yang biasanya berbahan dasar plastik. Selain bisa anda jual secara online, bisnis yang laku setiap hari ini juga bisa dijual secara online.Kelengkapan barang menjadi daya tarik dan alasan para pelanggan untuk kembali lagi. Dengan menyediakan barang yang lengkap anda juga bisa mengetahui barang apa yang paling banyak dicari.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis ini terbilang besar. Tentu saja anda bisa memulainya dengan bisnis kecil kecilan. Bisa juga melayani pesanan terlebih dahulu jika belum berani dengan resikonya. Barulah nanti bisa dikembangkan untuk menjadi toko perkakas yang lebih besar. bisa melayani jual beli grosir yang tentunya untungnya menggiurkan.

9. Menjual Gadget

Teknologi yang semakin berkembang juga menjadi alasan mengapa pasar gadget begitu luas. Menjual gadget juga menjadi bisnis yang laku setiap harinya. Terutama ketika saat ini banyak pekerjaan atau sistem pendidikan secara daring. Sehingga setiap orang mau tidak mau harus memiliki perangkat untuk membantu aktivitas penting ini.

Mungkin jika dipasarkan secara offline saja tidak begitu banyak profit penjualannya. Maka dari itu anda bisa  menaikkan penjualan dengan menjual secara online. Model smartphone yang hadir setiap bulan membuat banyak konsumen ingin ikut update dan mengganti perangkatnya. Meskipun memiliki pangsa pasar luas, resiko berjualan gadget juga cukup besar.

10. Pom Bensin

Selain makanan, bahan bakar untuk kendaraan juga menjadi kebutuhan yang tidak bisa diabaikan. Apalagi pemilik jumlah kendaraan juga semakin hari semakin bertambah. Dalam satu rumah, umumnya akan memiliki kendaraan bermotor lebih dari satu. Maka dari itu permintaan BBM juga akan bertambah, dan bisnis pom bensin masuk dalam bisnis yang laku setiap hari.

Konsumen akan selalu berdatangan untuk mengisi bahan bakar. Apabila anda tinggal di daerah pemukiman yang jauh dari pom bensin besar, anda bisa membuka pom bensin mini. Atau bisa juga menjual bensin eceran di depan rumah, tidak jarang jika darurat tetap menjadi jujugan. Pertamini sendiri menyediakan bisnis franchise yang bisa anda jual di daerah anda.

11. Laundry Kiloan

Memang saat ini masyarakat yang memiliki mesin cuci tidak sedikit. Tetapi keberadaan laundry kiloan masih begitu dibutuhkan oleh masyarakat. Terutama untuk mereka yang sibuk dengan pekerjaan atau aktivitas di luar, Laundry adalah pilihan yang pas. Usaha laundry sendiri bukanlah usaha musiman karena memang sangat dibutuhkan.

Tidak hanya berlaku di area perkotaan saja, anda juga bisa membuka di pinggiran kota yang padat penduduk. Anda juga bisa bekerja sama dengan apartement atau kos kosan untuk menawarkan jasa laundry. Tarif yang diterapkan umumnya per kilogram baju yang akan dicuci. Agar memudahkan pelanggan, bisnis yang laku setiap hari ini juga bisa sediakan jasa antar jemput laundry.

12. Jasa Ekspedisi

Di tengah maraknya aktivitas jual beli online, jasa ekspedisi juga menjadi bisnis yang menjanjikan. Banyak orang yang lebih memilih untuk jual beli online dibandingkan secara offline belakangan. Anda bisa meraup banyak keuntungan jika pandai memanfaatkan peluang tersebut. bukan hanya transaksi toko online, kirim barang ke kerabat juga masih menggunakan jasa ekspedisi.

Agar semakin mudah dikenal, anda bisa membeli lisensi franchise dari jasa jasa ekspedisi yang sudah ada dan sudah besar. Tidak membutuhkan ruangan yang besar, untuk membuka bisnis ekspedisi. Apabila mampu memberikan pelayanan yang baik, bisnis ini tentu bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan usaha sejenis.

bisnis yang laku setiap hari

Tips Memilih Bisnis yang Tepat Untuk Anda

1. Membuat Daftar Usaha

Setelah melihat beberapa ide bisnis yang dipaparkan sebelumnya, tentu akan membuat anda bingung untuk terjun dalam bisnis yang mana. Maka dari itu ada baiknya jika anda membuat list daftar usaha yang anda tertarik untuk memulainya. Dari sini, anda juga bisa melihat peluang di daerah anda, manakah kiranya yang memiliki prospek besar.

2. Melakukan yang Disukai

Agar bisa menjalankan dengan baik, anda bisa memilih bisnis yang memang anda suka saat mengerjakannya. Bisnis yang laku setiap hari pun membutuhkan tekad yang kuat dan tidak terpaksa untuk menjalankannya. Jika anda menikmati proses berbisnis ini, maka anda tidak akan mudah stres serta bisa fokus membangun bisnis.

3. Mempelajari Bisnis yang Dipilih

Setelah anda sudah mengetahui akan membangun bisnis apa, maka kini saatnya untuk mempelajari bisnis yang dipilih lebih dalam lagi. Pastikan jika anda memang benar benar memahami setiap detailnya, sehingga anda mudah untuk menggembangkan bisnis tersebut. anda juga harus meluangkan waktu untuk melakukan riset kecil kecilan.

4. Bulatkan Niat

Semua rencana tidak akan bisa berjalan tanpa ada niatan yang jelas. Sekalipun termasuk bisnis yang laku setiap hari, anda tetap membutuhkan niat yang kokoh. Jangan sampai anda tiba tiba menyerang di tengah jalan, karena berbisnis memang tidaklah mudah. Niat yang kuat ini juga harus diimbangi dengan kerja keras agar bisa meraih tujuan.

Faktor Penyebab Bisnis Gagal

Sekalipun anda sudah memilih bisnis yang tepat dan juga mudah, tetap saja resiko kegagalan akan ada. Salah satunya yang paling nyata dan kerap terjadi yakni kekurangan atau kehabisan modal bisnis. Modal memang sangat penting dalam  membangun bisnis apapun. Dengan jumlah modal yang cukup, bisnis akan mudah untuk ekspansi.

Terutama jika diimbangi dengan kemampuan mengelola bisnis yang baik. Untuk bisa mengatasi masalah ini, anda tentu harus membuat perencanaan keuangan yang matang. Saat ini juga sudah banyak software akuntansi yang akan membantu perencanaan ataupun laporan keuangan bisnis anda. Bahkan satu software sudah bisa membantu banyak hal.

Faktor lainnya yang  juga menjadi penyebab gagalnya bisnis yakni kurangnya pengawasan. Sekalipun bisnis anda adalah bisnis yang laku setiap hari, tetap saja bisa mengalami kebangkrutan jika tidak diawasi dengan baik. Apalagi jika anda sudah mempekerjakan orang, ketika dalam produksi tidak sesuai SOP bisa menjadi celah mengecewakan pelanggan.

Begitu juga dengan bisnis yang masih kecil, menjaga kualitas dan pelayanan sangat dibutuhkan. Kesalahan manajerial juga menjadi penyebab bisnis mengalami kegagalan. Memimpin dan juga menjalankan bisnis tidak sama dengan saat memimpin organisasi. Dibutuhkan kerjasama semua lini agar bisa mencapai tujuan bersama.

Persaingan yang semakin ketat membuat anda harus terus berinovasi dan juga disiplin menjalankan bisnis. Karena kalah dari kompetitor juga menjadi faktor gagalnya bisnis. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu agar tetap berinovasi di tengah sengitnya persaingan bisnis yang ada.

Anda bisa meminta konsumen untuk menilai, sehingga anda ada langkah untuk meningkatkan pelayanan atau paling tidak mempertahankan yang sudah ada. Inovasi juga penting dilakukan agar tidak ketinggalan jauh dari kompetitor. Semua ini juga harus didukung dengan pemasaran yang efektif, sehingga bisa menjaga pelanggan dan meraih konsumen baru.

Memang dalam dunia bisnis tidak mudah untuk membangun bisnis mulai dari awal. Butuh waktu yang tidak sedikit juga untuk anda mengembangkannya. Bahkan untuk bisnis yang laku setiap hari pun akan membutuhkan waktu untuk berkembang. Anda bisa menggunakan investasi jangka panjang dengan menggunakan aplikasi akuntansi ukm.

Dengan software tersebut akan mudah bagi anda untuk mengatur keuangan bisnis sehingga bisnis bisa berkembang dengan baik, mengingat aplikasi laporan keuangan menjadi kunci dari majunya bisnis. Anda bisa menjadikan laporan tersebut sebagai bahan untuk memperbaiki yang tidak baik dan mempertahankan yang memang sudah banyak.

Ada banyak bisnis yang laku setiap hari dan bisa anda jadikan sebagai pilihan. Namun penting bagi anda untuk mempertimbangkan banyak aspek saat menentukannya. Dibutuhkan juga fokus dan disiplin tinggi agar bisa bertahan di tengah persaingan bisnis yang ketat. Selama ada niat, tentu bukan tidak mungkin untuk meraih kesuksesan.

Jangan ragu untuk gabung program referral Mekari Jurnal dan jadilah jutawan dengan keuntungannya!

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo