7 Langkah Memulai Bisnis Pet Shop yang Menguntungkan

Apakah Anda termasuk orang yang senang dengan hewan dan memeliharanya di rumah? Jika iya, ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis bagi Anda. Dengan membuka bisnis pet shop, Anda tidak hanya dapat meraih keuntungan, tapi juga bisa menjalankan hobi Anda sekaligus. Berbekal ilmu merawat hewan peliharaan, Anda akan lebih mudah menjalankan bisnis pet shop. Tertarik untuk memulai bisnis ini? Ikuti beberapa tips yang harus Anda lakukan untuk memulai bisnis pet shop di bawah ini.

Lokasi Pet Shop

Sebelum memulai bisnis pet shop, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih lokasi bisnis. Cobalah pilih lokasi yang mudah diakses dan strategis oleh pelanggan. Salah satu tips dalam memilih lokasi pelanggan antara lain:

  1. Lokasi yang kondusif, lokasi harus bebas dari kebisingan, buatlah toko petshop Anda dapat menangkal suara dari luar agar hewat tidak mudah stress, buat penyaring udara, dan juga pendingin udara.
  2. Kebersihan toko juga perlu diperhatikan untuk memberikan kenyamanan pada pelanggan dan juga kesehatan hewan yang dijual.
  3. Dekat dengan pemukiman. Dekat dengan pemukiman agar toko Anda mudah dijangkau oleh konsumen. Selain itu Anda perlu menghindari lokasi-lokasi seperti tempat makan, pasar atau perkantoran.

Tentukan Jenis Layanan

Ada berbagai jenis layanan dalam bisnis pet shop, mulai dari jual-beli kebutuhan hewan, jual-beli hewan, menjual aksesoris, mainan, dan sebagainya. Untuk memberikan image positif bagi pet shop, Anda juga bisa memberikan layanan dengan sistem one-stop-service atau semua jenis layanan. Anda juga bisa menambahkan layanan jasa titip atau salon bagi hewan peliharaan. Dengan begitu, target pasar Anda akan semakin besar karena layanan yang Anda berikan begitu lengkap.

Minta Izin Lingkungan

Setelah Anda memilih lokasi bisnis dan lokasi tersebut berada di kawasan yang cukup ramai, Anda harus meminta izin kepada warga sekitar. Selain untuk menghindari konflik di kemudian hari, dengan meminta izin, Anda sudah menghargai orang sekitar, karena tidak semua orang nyaman ada di dekat hewan tertentu. Sebelum meminta izin kepada warga di sekitar lingkungan tempat bisnis, ada baiknya Anda mengajukan permohonan rekomendasi surat izin gangguan (HO) ke dinas perizinan kota.

Rekrut Veterinarian dan Care-taker

Di negara-negara maju, seorang pebisnis hewan peliharaan bukan hanya mempekerjakan karyawan. Namun tenaga ahli seperti dokter hewan (veterinarian) dan juga perawat hewan (care-taker). Karena hewan-hewan yang dijual juga tidak hanya untuk dipajang, namun juga dirawat.

Hewan yang dijual harus dijaga kesehatannya. Terlebih jika Anda memiliki layanan penitipan hewan Anda memerlukan seorang care-taker dan juga dokter hewan. Adanya dokter hewan juga dapat meningkatkan fasilitas pet shop Anda.

Bangun Hubungan dengan Komunitas

Bisnis pet shop  merupakan bisnis yang mengandalkan komunitas. Salah satu caranya yaitu membangun hubungan dengan komunitas. Membangun hubungan dengan komunitas dapat berupa melakukan promosi dan layanan khusus untuk komunitas tertentu dan terlibat dalam event-event yang diselenggarakan komunitas.

Berikan Edukasi

“Saya ingin memiliki peliharaan, tapi Saya tidak tahu cara merawatnya”, Pertanyaan itu sering diungkapkan oleh calon konsumen hewan peliharaan. Anda dapat memberikan konten edukasi melalui media sosial Anda dan juga membuat konten di kanal YouTube. Konten berfungsi untuk menarik orang-orang yang baru dan ingin membeli hewan peliharaan. Edukasi juga dapat dilakukan dengan mengadakan event seperti lomba grooming, olahraga atau seminar.

Rencanakan Manajemen Bisnis

Manajemen bisnis merupakan hal penting yang harus Anda rencanakan sejak awal memulai bisnis. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk memprediksi ke mana arah bisnis Anda berjalan. Manajamen bisnis yang harus Anda tentukan mulai dari jam operasional, tarif, paket pelayanan, jenis layanan, solusi pembuangan kotoran hewan, kerja sama dengan dokter hewan, dan sebagainya.

Coba gratis aplikasi Jurnal <- disini.

Selain manajemen bisnis, Anda juga harus merencanakan manajeman keuangan. Karena, tanpa adanya manajemen keuangan yang baik, bisnis Anda tidak akan mudah untuk berkembang. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan manajemen keuangan sejak awal perjalanan bisnis Anda. Jurnal merupakan software akuntansi online, yang dapat membantu Anda melakukan manajemen keuangan bisnis dengan baik. Dengan Jurnal, Anda dapat membuat laporan keuangan secara instan dengan data yang dapat diakses secara realtime kapan dan di mana saja. Temukan berbagai informasi lain mengenai Jurnal di sini.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo