Mekari Jurnal
Daftar Isi
9 min read

8 Langkah Memulai Bisnis Pet Shop Modal Kecil Menguntungkan!

Tayang 10 May 2023
Diperbarui 13 Oktober 2023

Bisnis pet shop dapat menjadi peluang bagi Anda yang sedang mencoba membangun usaha kecil-kecilan yang memberikan keuntungan yang cukup besar.

Apakah Anda termasuk orang yang senang dengan hewan dan memeliharanya di rumah? Jika iya, ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis bagi Anda.

Dengan membuka bisnis pet shop, Anda tidak hanya dapat meraih keuntungan, tapi juga bisa menjalankan hobi Anda sekaligus.

Berbekal ilmu merawat hewan peliharaan, Anda akan lebih mudah menjalankan bisnis pet shop.

Tertarik untuk memulai bisnis ini? Ikuti beberapa tips yang harus Anda lakukan untuk memulai bisnis pet shop di bawah ini.

Bagaimana Peluang Bisnis Pet Shop?

Peluang bisnis pet shop atau toko hewan peliharaan sangat menjanjikan karena semakin banyak orang yang ingin memelihara hewan peliharaan.

Bisnis pet shop tidak hanya menjual makanan dan aksesoris hewan peliharaan, tetapi juga menyediakan layanan grooming, boarding, dan perawatan hewan peliharaan.

langkah tepat untuk mengembangkan bisnis pet shop

Berikut adalah beberapa keuntungan dalam memulai bisnis pet shop:

Pasar yang besar

Semakin banyak orang yang memelihara hewan peliharaan, semakin besar pasar untuk produk dan layanan pet shop.

Beragam produk

Pet shop dapat menawarkan berbagai jenis makanan, perlengkapan, dan aksesoris untuk berbagai jenis hewan peliharaan seperti anjing, kucing, hamster, kelinci, burung, dan ikan.

Layanan tambahan

Selain menjual produk, pet shop dapat menyediakan layanan grooming, boarding, dan perawatan hewan peliharaan. Ini akan meningkatkan pendapatan dan memberikan nilai tambah pada bisnis.

Peningkatan kesadaran kesehatan hewan peliharaan

Semakin banyak orang yang menyadari pentingnya kesehatan hewan peliharaan, sehingga meningkatkan permintaan untuk produk dan layanan yang berkaitan dengan kesehatan dan perawatan hewan peliharaan.

Kreativitas dalam pemasaran

Pet shop dapat melakukan pemasaran kreatif seperti membuat konten video dan foto hewan peliharaan yang lucu dan menarik di media sosial, mengadakan event seperti grooming day atau diskon besar-besaran, atau memberikan kupon diskon untuk pelanggan setia.

Dalam memulai bisnis pet shop, pastikan untuk melakukan riset pasar yang cermat dan menyediakan produk dan layanan yang berkualitas untuk memenangkan kepercayaan pelanggan.

Berikut Ini Adalah Beberapa Langkah Memulai Bisnis Pet Shop yang Menguntungkan

Simak dengan baik ya!

Lakukan Perencanaan, Riset dan Target Pasar

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum merintis usaha pet shop adalah melakukan perencanaan, riset, dan menentukan target pasar.

Perencanaan perlu menjadi perhatian utama agar seluruh proses dapat berjalan sesuai dengan target dan tidak menyimpang dari tujuan awal.

Riset bertujuan untuk mendapatkan berbagai informasi seputar kondisi lingkungan pasar serta kebutuhan pasar.

Dari riset tersebut, Anda juga dapat menentukan siapa target yang ingin menjadi pelanggan utama bisnis pet shop Anda.

Terdapat berbagai kategori target yang dapat Anda pilih. Namun, Anda juga dapat mencapur baik kategori khusus dengan kategori umum.

Misalnya, kondisi pasar di lingkungan usaha pet shop membutuhkan perawatan untuk binatang eksotis. Maka, Anda perlu memenuhi toko pet shop Anda dengan fasilitas dan dokter khusus perawatan binatang eksotis.

Kemudian untuk kategori umum, Anda bisa memulainya dengan memenuhi persediaan stok barang toko dengan berbagai kebutuhan dan fasilitas perawatan hewan peliharaan.

Tentukan Lokasi Bisnis Pet Shop

Langkah selanjutnya setelah melakukan perencanaan dan menentukan target pasar adalah memilih lokasi bisnis.

Cobalah pilih lokasi yang mudah diakses dan strategis oleh pelanggan. Salah satu tips dalam memilih lokasi pelanggan antara lain:

  1. Lokasi yang kondusif, lokasi harus bebas dari kebisingan, buatlah toko petshop Anda dapat menangkal suara dari luar agar hewat tidak mudah stress, buat penyaring udara, dan juga pendingin udara.
  2. Kebersihan toko, kebersihan juga perlu menjadi perhatian untuk memberikan kenyamanan pada pelanggan dan juga kesehatan hewan yang akan pelanggan adopsi.
  3. Dekat dengan pemukiman. Dekat dengan pemukiman agar toko Anda mudah calon pelanggan jangkau. Selain itu Anda perlu menghindari lokasi-lokasi seperti tempat makan, pasar atau perkantoran.

Tentukan Jenis Layanan Bisnis Pet Shop

Ada berbagai jenis layanan dalam bisnis pet shop, mulai dari jual-beli kebutuhan hewan, jual-beli hewan, dan berbagai layanan lainnya.

Mengutip dari Shopify, Anda dapat menerapkan beberapa ide layanan unik yang dapat menarik pelanggan ke toko Anda. Mulai dari pakaian hewan, pelatihan hewan, homemade pet treatspet hotel, hingga jasa dog walking.

Untuk memberikan image positif bagi pet shop, Anda juga bisa memberikan layanan dengan sistem one-stop-service atau semua jenis layanan. Anda juga bisa menambahkan layanan jasa titip atau salon bagi hewan peliharaan.

Mengutip dari Indeed, Anda juga perlu menyiapkan sistem pembayaran yang akan Anda terima dan jenis tanda terimanya.

Untuk mempermudah proses pembayaran usaha ini, Anda dapat menggunakan aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal yang sudah terintegrasi dengan berbagai aplikasi kasir terbaik di Indonesia.

Dengan begitu, target pasar Anda akan semakin besar karena layanan yang Anda berikan begitu lengkap.

Minta Izin Lingkungan

Setelah Anda memilih lokasi bisnis dan lokasi tersebut berada di kawasan yang cukup ramai, Anda harus meminta izin kepada warga sekitar.

Selain untuk menghindari konflik di kemudian hari, dengan meminta izin, Anda sudah menghargai orang sekitar, karena tidak semua orang nyaman ada di dekat hewan tertentu.

Sebelum meminta izin kepada warga di sekitar lingkungan tempat bisnis, ada baiknya Anda mengajukan permohonan rekomendasi surat izin gangguan (HO) ke dinas perizinan kota.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Rekrut Veterinarian dan Care-taker

Di negara-negara maju, seorang pebisnis hewan peliharaan bukan hanya mempekerjakan karyawan.

Tenaga ahli seperti dokter hewan (veterinarian) dan juga perawat hewan (care-taker) menjadi salah satu kebutuhan fasilitas yang penting dalam usaha pet shop.

Karena hewan-hewan yang diadopsi juga tidak hanya untuk dipajang, namun juga dirawat.

Hewan yang diadopsi harus dijaga kesehatannya. Terlebih jika Anda memiliki layanan penitipan hewan Anda memerlukan seorang care-taker dan juga dokter hewan. Adanya dokter hewan juga dapat meningkatkan fasilitas pet shop Anda.

Bangun Hubungan dengan Komunitas

Bisnis pet shop  merupakan bisnis yang mengandalkan komunitas. Salah satu caranya yaitu membangun hubungan dengan komunitas.

Membangun hubungan dengan komunitas dapat berupa melakukan promosi dan layanan khusus untuk komunitas tertentu dan terlibat dalam event-event yang komunitas selenggarakan.

Berikan Edukasi Kepada Calon Pelanggan

“Saya ingin memiliki peliharaan, tapi Saya tidak tahu cara merawatnya”, Pertanyaan itu sering calon pelanggan ungkapkan ketika berada di dalam pet shop.

Anda dapat memberikan konten edukasi melalui media sosial Anda dan juga membuat konten di kanal YouTube.

Konten berfungsi untuk menarik orang-orang yang baru dan ingin membeli hewan peliharaan. Edukasi juga dapat dilakukan dengan mengadakan event seperti lomba grooming, olahraga atau seminar.

Rencanakan Manajemen Bisnis Pet Shop

Manajemen bisnis merupakan hal penting yang harus Anda rencanakan sejak awal memulai bisnis.

Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk memprediksi ke mana arah bisnis Anda berjalan.

Manajamen bisnis yang harus Anda tentukan mulai dari jam operasional, tarif, paket pelayanan, jenis layanan, solusi pembuangan kotoran hewan, kerja sama dengan dokter hewan, dan sebagainya.

modal awal dan tips mengatur bisnis pet shop

Modal Awal untuk Membangun Bisnis Pet Shop

Perhitungan modal awal untuk membangun bisnis pet shop dapat menyesuaikan dengan dana yang Anda miliki.

Oleh karena itu, modal awal tersebut tidaklah baku.

Untuk Anda yang ingin membangun pet shop dalam skala mikro, Anda dapat memulai mengembangkan pet shop dengan dana di bawah Rp 15 juta saja.

Dalam pembangunan pet shop skala kecil, Anda bisa melakukannya dengan modal sekitar Rp 15 juta hingga Rp 25 juta.

Untuk skala menengah, Anda bisa memulainya dengan modal mulai dari Rp 25 juta.

Harap Anda perhatikan bahwa baik kebutuhan dan harga dapat berbeda-beda sesuai dengan wilayah dan ketersediaan barang.

Yang pasti, modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha pet shop bervariasi tergantung pada lokasi, ukuran, dan jenis usaha yang ingin dijalankan.

Beberapa modal yang mungkin perlu dikeluarkan antara lain:

  1. Biaya sewa tempat usaha
  2. Biaya peralatan dan perlengkapan seperti kandang, tempat makan dan minum, produk grooming, dan aksesoris hewan peliharaan
  3. Biaya stok produk makanan dan perawatan hewan peliharaan
  4. Biaya pengeluaran operasional seperti listrik, air, dan telepon
  5. Biaya pemasaran dan promosi

Sebagai gambaran, untuk membuka usaha pet shop kecil-kecilan dengan luas tempat sekitar 30 m2, modal yang dibutuhkan bisa berkisar antara 20 juta hingga 50 juta rupiah.

Namun, ini dapat bervariasi tergantung pada lokasi dan jenis usaha yang dijalankan.

Contoh Sederhana Perhitungan Modal Usaha Petshop

Berikut contoh perhitungan modal usaha pet shop:

  1. Biaya sewa tempat; Rp 5.000.000/bulan
  2. Biaya renovasi dan dekorasi toko: Rp 10.000.000
  3. Biaya pembelian perlengkapan kandang, makanan, mainan, dan produk lainnya: Rp 30.000.000
  4. Biaya pengadaan hewan: Rp 20.000.000
  5. Biaya penggajian pegawai: Rp 8.000.000/bulan
  6. Biaya listrik, air, internet, dan telepon: Rp 3.000.000/bulan
  7. Biaya promosi (misalnya iklan online, brosur, spanduk, dan giveaway): Rp 5.000.000/bulan

Jumlah total biaya untuk membuka usaha pet shop: Rp 5.000.000 + Rp 10.000.000 + Rp 30.000.000 + Rp 20.000.000 + Rp 8.000.000 + Rp 3.000.000 + Rp 5.000.000 = Rp 81.000.000

Dengan demikian, modal awal yang dibutuhkan untuk membuka usaha pet shop sebesar Rp 81.000.000.

Namun, jumlah modal bisa berbeda-beda tergantung pada lokasi toko, besarnya toko, jenis hewan yang dijual, serta biaya-biaya tambahan lainnya.

Oleh karena itu, perhitungan modal harus disesuaikan dengan kondisi yang sesuai.

Tips Meningkatkan Penjualan bagi Pemilik Bisnis Pet Shop

Berikut selengkapnya.

  • Lakukan Sebuah Riset

Anda dapat meneliti atau melakukan riset kecil-kecilan seputar hewan yang paling banyak digemari didaerah yang ingin Anda bangun pet shop.

Dengan riset tersebut Anda dapat memutuskan akan fokus menjual hewan apa saja.

Umumnya di Indonesia, hewan yang paling menguntungkan untuk dijual adalah kucing dan anjing karena pangsa pasarnya besar.

  • Lakukan Promosi ke Media

Anda dapat melakukan promosi melalui brosur, maupun melalui media sosial seperti Facebook, Blackberry, Twitter dll.

Grup dan fan page Facebook, biasanya sangat cepat dan mudah mengembangkannya bisnis Anda.

Dengan kemudahan akses internet saat ini, Anda dapat dengan mudah mengenalkan produk apa saja yang diual di bisnis pet shop Anda.

  • Strategi Penataan

Menata display produk yang akan Anda pajang juga memerlukan perencaan dan strategi yang tepat.

Tempatkan produk yang paling banyak terjual atau pelanggan cari pada urutan terdepan etalase sehingga memudahkan orang untuk mencari produk tersebut.

Apabila terdapat barang yang sedang promo, Anda juga dapat menempatkan produk tersebut di bagian etalase depan toko pet shop Anda.

  • Berikan Konsultasi

Berikan konsultasi kepada pelanggan setia pet shop Anda mengenai masalah kesehatan dan makanan untuk hewan peliharaan.

Dengan adanya konsultasi tersebut, tentunya akan membuat pelanggan menjadi tahu mengenai apa saja yang diperlukan bagi hewan peliharaannya.

Sehingga memberikan nilai lebih pada bisnis pet shop Anda.

  • Bangun Profesionalitas

Anda harus mengindari kesalahan-kesalahan dalam menjalankan usaha ini.

Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi seperti mempekerjakan karyawan yang tidak telaten, tidak dapat memahami kondisi hewan peliharaan, pemberian perawatan dan obat yang kurang tepat, serta minim pengetahuan tentang binatang.

Hindari kesalahan sekecil mungkin dalam bisnis pet shop Anda.

Selain manajemen bisnis, Anda juga harus merencanakan manajeman keuangan.

Karena, tanpa adanya manajemen keuangan yang baik, bisnis Anda tidak akan mudah untuk berkembang.

Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan manajemen keuangan sejak awal perjalanan bisnis Anda.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

software akuntansi Mekari Jurnal

Jurnal merupakan software akuntansi online, yang dapat membantu Anda melakukan manajemen keuangan bisnis dengan baik.

Selain itu, Jurnal by Mekari juga dilengkapi aplikasi pajak online yang tentu akan mempermudah pengelolaan pajak bisnis yang anda jalankan.

Dengan software accounting Indonesia milik Jurnal, Anda dapat membuat laporan keuangan secara instan dengan data yang dapat diakses secara realtime kapan dan di mana saja.

Temukan berbagai informasi lain mengenai Jurnal di sini.

Kategori : Business Management
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
promo mekari jurnal desember #moveon 2023
Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
promo mekari jurnal desember #moveon 2023
Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal