Bisnis waralaba saat ini menjadi pilihan para pengusaha karena memiliki peluang lebih dikenal, sistem sudah teruji dan hasilnya lebih menguntungkan. Salah satu bisnis franchise yang banyak digemari adalah makanan dan minuman. Banyak bisnis franchise makanan dan minuman yang berkembang di pasaran dan memiliki banyak peminat. Karena banyaknya pilihan franchise dalam bisnis tersebut terkadang banyak yang bingung akan memilih bisnis yang mana. Jika Anda sudah menentukan pilihan untuk menjalankan franchise makanan dan minuman, segeralah mencari franchisor yang terbaik. Agar tidak salah langkah dalam memilih bisnis franchise makanan dan minuman yang baik, Anda perlu memahami beberapa tips penting di bawah ini.

 

Pilih Franchise yang Terkenal

Ada baiknya saat memilih sebuah produk waralaba atau franchise, Anda memperhatikan nama atau brand yang sudah terkenal atau banyak dikenal oleh masyarakat. Dengan memilih brand terkenal, akan ada banyak masyarakat yang tertarik untuk membeli produk makanan atau minuman tersebut karena merasa sudah sangat familiar. Dengan banyaknya masyarakat yang tertarik, Anda bisa dengan mudah mendapatkan potensi keuntungan yang besar. Sehingga kesuksesan pun ada di depan mata.

 

Bisnis yang Memiliki Izin

Bisnis produk untuk konsumsi tubuh seperti makanan dan minuman haruslah memiliki standar keamanan yang jelas dan tepercaya agar terhindar dari potensi yang mengganggu kesehatan dan merugikan konsumen. Jika produk franchise makanan atau minuman yang ingin Anda miliki tidak memiliki izin keamanan resmi dari BPOM, Depkes, atau MUI maka bisa saja dikemudian hari Anda menerima tuntutan secara hukum atas produk yang kurang layak untuk dikonsumsi. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan bahwa bisnis franchise yang ingin Anda jalankan telah memiliki izin dari dinas yang berwenang. Dengan adanya izin resmi, konsumen juga akan lebih percaya terhadap keamanan produk makanan maupun minuman yang Anda tawarkan.

 

Memiliki Banyak Cabang

Pilihlah bisnis franchise makanan dan minuman yang telah memiliki banyak cabang. Semakin banyak cabang bisnis waralaba yang hadir, semakin besar pula segmen pasarnya. Hal tersebut juga membuktikan bahwa bisnis franchise tersebut memang digemari oleh masyarakat. Selain melihat cabang yang banyak, Anda juga perlu mencermati peta persaingan dari bisnis tersebut. Apakah cabang yang banyak tersebut menjadi peta persaingan yang baik atau justru membuat semakin ketatnya persaingan.

 

Memiliki Kredibilitas yang Jelas

Faktor terpenting dalam memilih bisnis franchise adalah mengenai kredibilitas produk dan perusahaan. Pastikan Anda memilih bekerja sama dengan produk yang sudah jelas terbukti kualitasnya dan memiliki kredibilitas yang baik. Kredibilitas yang baik bisa dilihat dari laporan keuangan perusahaan tersebut. Perusahaan yang akan bekerja sama dengan baik biasanya transparan dalam hal keuangan karena bisnis tersebut benar-benar berjalan dengan baik. Selain melihat dari laporan keuangan perusahaan yang baik, Anda juga bisa mencari berbagai informasi dari berbagai sumber, internet contohnya. Jangan tergiur kerja sama dengan harga yang murah, karena belum tentu memiliki kualitas yang baik. Perusahaan yang baik akan terbuka jika Anda menanyakan beberapa pertanyaan penting terkait dengan bisnis tersebut.

4 tips dalam memilih bisnis waralaba makanan dan minuman di atas adalah hal penting yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk bergabung dengan sebuah franchise. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat dengan mudah memperoleh kerja sama yang baik dan kesuksesan dalam bisnis. Jika bisnis franchise makanan dan minuman yang Anda miliki sudah menampakkan kesuksesan, jangan lupa untuk mengelola keuangan dengan baik. Gunakan software akuntansi online Jurnal untuk mengolah keuangan perusahaan. Jurnal dapat membantu Anda menyederhanakan masalah pencatatan dan pelaporan keuangan dari mana saja dan kapan saja. Dapatkan informasi penting Jurnal di sini.

Author