Mekari Jurnal
Daftar Isi
13 min read

Rekomendasi 20 Bisnis Franchise Minuman Terlaris di Indonesia

Tayang 25 Mar 2024
Diperbarui 27 Maret 2024

Beberapa tahun belakangan ini, bisnis franchise minuman terlaris sedang populer di Indonesia. Jumlah pelanggannya terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis waralaba minuman terlaris seperti ini, Anda perlu mengenal contohnya terlebih dahulu.

Sebab, semakin ke sini semakin ada banyak pilihan waralaba minuman kekinian yang bisa Anda manfaatkan dengan baik.

Nantinya, Anda bisa memilih salah satu dari beberapa pilihan yang ada di artikel ini, untuk dijadikan sebagai usaha yang menjanjikan dan menguntungkan.

20 Contoh Bisnis Franchise Minuman Terlaris yang Kekinian

Sebelum kita menyebutkan bisnis franchise minuman terlaris apa saja, kenali pengertian dari franchise terlebih dahulu.

Pada dasarnya, franchise atau waralaba adalah metode bisnis yang diterapkan dengan cara memperluas sistem distribusi barang dengan lisensi dagang yang sesuai.

Sistem franchise tidak hanya berlaku untuk bisnis minuman cup kekinian saja, tapi juga bisa digunakan untuk jenis usaha lainnya.

Sementara itu, keberadaan bisnis franchise minuman di Indonesia sendiri sudah sangat menjamur, dan beberapa di antaranya adalah 20 contoh bisnis franchise minuman terlaris yang kekinian ini:

1. Xie Xie Boba

Bisnis franchise minuman kekinian yang satu ini mengusung konsep minuman modern dengan berbahan dasar boba dan sudah dikenal secara umum oleh masyarakat Indonesia.

Sampai saat ini sudah lebih dari 300 lebih outlet mitra yang tersebar di seluruh Indonesia, menandakan kesuksesan Xie Xie Boba dalam perjalanan bisnisnya.

Pada dasarnya, bisnis franchise minuman kekinian boba ini menawarkan beberapa jenis minuman dengan cita rasa yang berbeda-beda, mulai dari gabungan boba dengan tea, coffee, yogurt, dan versi authentic-nya.

2. King Coklat

King Coklat juga bisa menjadi rekomendasi bisnis franchise minuman terlaris di Indonesia yang patut Anda coba. Keuntungan yang bisa Anda raih dengan memulai bisnis ini tergolong cukup menjanjikan.

Sebab, penggemar King Coklat di Indonesia sendiri sudah cukup banyak di mana karena unique selling proposition dari berfokus pada menu kesukaan hampir seluruh orang yaitu coklat.

Bahan coklat ini juga tidak asal pilih, sebab menggunakan 100% coklat pilihan dan juga diracik oleh ahli dalam bidangnya sehingga dapat menjaga kualitas premiumnya.

Untuk memulai bisnis ini, Anda tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, karena modal yang Anda butuhkan hanya di bawah 6 juta.

Menaksir harga semua menu di bawah 10 ribu Rupiah, King Coklat menawarkan produk yang beraneka ragam mulai dari Coklat Stroberi, Coklat Jeli, hingga Coklat Crunch.

Baca Juga: Apa itu Bisnis F&B? Sudah Tidak Asing, Bukan?

3. Tomoro Coffee

Bisnis franchise berlatar belakang kopi kian ngetren di Indonesia, ini bukan tanpa sebab karena hampir seluruh masyarakat Indonesia khususnya mahasiswa dan pekerja sangat gemar menemani kesibukannya dengan kopi.

Ini terbukti dari sebuah riset dari Snapcart mengenai pola kebiasaan meminum kopi pada kalangan masyarakat Indonesia, di mana menghasilkan data bahwa 79% masyarakat Indonesia merupakan penggemar kopi karena minimal menyeduh kopi sekali dalam sehari.

Salah satu bisnis kopi yang kian melejit di tahun ini adalah Tomoro Coffee, yang bisa Anda temukan di mana-mana. Sudah lebih dari 200 gerai dan saat ini sedang berencana untuk melakukan ekspansi ke negara Asia lain.

Bagi Anda yang tertarik untuk membuka bisnis dengan Tomoro Coffee mungkin perlu Anda pertimbangkan modal awalnya, sampai saat ini paket termurah untuk membuka waralabanya adalah sebesar 150 juta Rupiah.

Namun, ini akan cepat balik modal sebab melihat tren bisnis kopi yang melejit di tahun ini.

4. My Story Signature Drink

Hanya dengan melihat dari kemasannya saja, banyak orang tertarik untuk membeli dan mencoba cita rasa dari minuman ini. Tentu ini bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi para pelaku usaha franchise My Story Signature Drink.

Jika So What Bubble Cheese umumnya menggunakan bahan topping dari bubble dan pink cheese, untuk My Story Signature Drink sendiri akan lebih identik dengan topping crunchy-nya. Jadi, bagian topping dari minuman ini dapat memberikan kesan yang berbeda.

Kerenyahan topping yang digunakan My Story Signature Drink sering membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya. Bahkan, minuman ini juga tersedia dengan harga yang cukup terjangkau.

Selain itu, My Story Signature Drink juga sering disebut sebagai bisnis franchise minuman bagi pemula. Sebab, untuk memulai jenis usaha minuman kekinian yang satu ini, Anda hanya membutuhkan modal sebesar 6 jutaan saja.

Baca Juga: Mengenal Peluang & Tips Memulai Bisnis Minuman Kekinian

5. Sel Sel Cheese Tea

Popularitas minuman cheese tea di Indonesia memang tidak pernah meredup, sehingga hal ini tidak akan mengurangi potensi kesuksesan ketika Anda memulai bisnis franchise Sel Sel Cheese Tea yang sangat menjanjikan ini.

Konsep yang diusung oleh Sel Sel Cheese Tea tergolong cukup unik, sehingga tak jarang dari beberapa orang yang tertarik untuk memulai jenis usaha minuman kekinian yang satu ini.

Apalagi, biaya franchise dari bisnis ini juga masih tergolong relatif murah, yaitu di bawah angka 10 juta rupiah.

Selain itu, pihak Sel Sel Cheese Tea juga tidak jarang memberikan penawaran menarik kepada para pelaku usaha yang hendak memulai bisnis ini, sehingga nantinya Anda bisa mendapatkan biaya yang jauh lebih murah dibanding rencana awal.

6. Bobacha

Sesuai dengan namanya, Bobacha adalah minuman kekinian yang identik dengan boba yang ada di dalamnya. Di Indonesia sendiri sudah ada puluhan mitra Bobacha yang berhasil mencapai jumlah pelanggan yang sangat banyak.

Salah satu keunggulan utama dari Bobacha adalah harganya yang murah meski minumannya itu sendiri sangatlah lezat. Dengan harganya yang tergolong murah seperti ini, membuat banyak anak-anak muda tertarik untuk membelinya setiap hari.

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis franchise minuman di Indonesia satu ini, Anda perlu menyiapkan modal awal sebesar 10 juta rupiah. Namun, jika pada saat Anda mendaftar sedang ada penawaran menarik yang diberikan pihak Bobacha Indonesia, maka modal tersebut bisa lebih sedikit. Untuk mengelola keuangan bisnis Anda gunakan aplikasi pengelola keuangan agar proses keuangan semakin efisien dan praktis.

7. Kini Cheese Tea

Kini Cheese Tea menyediakan minuman kekinian dengan cita rasa yang cukup unik. Sebab, Kini Cheese Tea menjadikan bahan krim kejunya sebagai bahan dasar yang akan dikombinasikannya dengan minuman teh itu sendiri.

Hal ini membuatnya berbeda dengan bisnis minuman cheese tea lainnya yang umumnya menggunakan bahan krim keju tersebut hanya sebagai bahan topping-nya saja. Selain itu, untuk membuat minuman dari Kini Cheese Tea ini juga tidak membutuhkan tenaga dan waktu yang banyak.

Jadi, Kini Cheese Tea bisa menjadi inspirasi yang paling tepat untuk Anda yang sedang mencari ide bisnis franchise minuman terlaris yang praktis.

Baca Juga: Cara Menghitung Break Even Point (BEP) Coffee Shop

8. King BoBa

Kembali lagi kita dihadapkan dengan minuman berkonsep boba. Ya, minuman boba memang meninggalkan kesan yang lebih besar dibanding minuman-minuman kekinian lainnya. Maka dari itu, King BoBa ini bisa menjadi bisnis franchise minuman yang sangat menjanjikan.

Sudah ada banyak anak-anak muda di Indonesia yang menyukai cita rasa dari campuran bola-bola tapioka ini dengan racikan milk tea yang sangat melezatkan. Bahkan, minuman dari King BoBa juga ada yang memberikan kesegaran tersendiri pada para penikmatnya.

Untuk memulai bisnis minuman kekinian yang satu ini, Anda hanya perlu menyiapkan modal sebesar 9 juta rupiah saja. Dengan harga yang relatif terjangkau seperti itu, Anda sudah bisa mendapatkan segala jenis perlengkapan yang dibutuhkan dalam bisnis ini.

9. Tentang Kita Cokelat

Contoh kesembilan dari bisnis franchise minuman adalah Tentang Kita Cokelat. Dengan semakin meningkatnya penggemar cokelat di Indonesia, membuat minuman dari brand ini semakin sering dicari oleh banyak orang.

Tentang Kita Cokelat menyediakan berbagai macam jenis minuman yang lezat, dan beberapa di antaranya ada yang dikombinasikan dengan cita rasa red velvet, green tea, dan juga taro. Tak hanya itu, Tentang Kita Cokelat juga menyediakan minuman yang memiliki rasa sesegar buah-buahan.

Bisnis franchise minuman terlaris yang satu ini memiliki peluang kesuksesan yang cukup besar, bahkan untuk memulainya pun Anda hanya perlu menyiapkan modal sebesar 9 juta saja.

Baca juga: Ketahui 8 Tips Dalam Memulai Bisnis Minuman Kekinian

10. Haiyo Yogurt

Ingin membangun bisnis minuman kekinian yang menyehatkan? Maka, Haiyo Yogurt bisa menjadi pilihan yang paling tepat untuk Anda. Ya, Haiyo Yogurt itu sendiri adalah suatu bisnis franchise yang menjual minuman berbahan dasar yoghurt.

Seperti yang sudah Anda ketahui, yoghurt merupakan susu yang sudah melalui proses fermentasi dan akan mengandung banyak manfaat di dalamnya. Nantinya, minuman sehat dari Haiyo Yogurt ini akan dikemas secara modern dan menarik.

Jika Anda tertarik untuk berjualan minuman sehat ini, Anda hanya perlu menyiapkan modal sebesar 2 juta rupiah saja.

11. Royal Tea Roci

Masih belum merasa cocok dengan contoh bisnis franchise minuman yang ada di atas? Maka Anda bisa mempertimbangkan Royal Tea Roci. Pada dasarnya, Royal Tea Roci adalah bisnis waralaba yang menjual minuman teh boba.

Minuman dari Royal Tea Roci memberikan sensasi yang cukup berbeda, karena kekenyalan bubble yang digunakannya akan lebih terasa lezat. Namun, untuk memulai bisnis ini Anda membutuhkan modal yang cukup besar, yaitu 15 juta rupiah.

Kendati demikian Anda tidak perlu khawatir, karena modal yang cukup besar ini nantinya dapat kembali dalam waktu 5 bulan, atau bisa juga lebih cepat, jika bisnis Anda ini mampu meraih kesuksesan yang cukup besar di jangka waktu tersebut.

12. Cetroo Coffee

Mengingat popularitas minuman kopi di Indonesia terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan, membuat Cetroo Coffee bisa menjadi inspirasi yang tepat untuk Anda. Selain itu, kelezatan minuman dari Cetroo Coffee juga sudah tidak perlu diragukan lagi.

Jika Anda tertarik untuk membangun bisnis franchise Cetroo Coffee ini sendiri, Anda hanya perlu menyiapkan modal sebesar 9,5 juta rupiah saja. Nantinya, dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan banyak perlengkapan yang menarik.

13. Rujak Es Krimku

Mendengar tentang kombinasi antara rujak dan es krim memang sering membuat beberapa orang merasa aneh. Namun, setelah mereka mencoba minuman khas dari franchise Rujak Es Krimku ini, sebagian besar langsung merasa ketagihan untuk mengkonsumsinya.

Hal ini bisa dilihat dari semakin meningkatnya kesuksesan yang berhasil diraih Rujak Es Krimku di setiap wilayah Indonesia. Sudah ada banyak gerai yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia, dan apakah Anda tertarik untuk menjadi salah satu di antaranya?

14. Mang Kacau

Meskipun namanya mengandung kata kacau, tapi tidak membuat cita rasa dari minuman ini terasa kacau. Justru, minuman-minuman yang ditawarkan oleh Mang Kacau terkenal dengan cita rasanya yang sangat lezat.

Pada dasarnya, Mang Kacau adalah bisnis franchise minuman terlaris di Indonesia yang menawarkan produk ice blend. Beberapa jenis rasa minuman yang ditawarkan adalah thai tea, green tea, cappuccino, white coffee, chocolate, matcha, taro, dan lain sebagainya.

15. Monster Ice Blend

Sama-sama menawarkan minuman ice blend, tidak membuat Monster Ice Blend memiliki cita rasa yang sama dengan Mang Kacau. Nantinya, jika Anda tertarik untuk memulai bisnis franchise ini, Anda perlu menyiapkan modal sebesar 8 juta rupiah.

Anda tidak perlu khawatir tentang peluang kesuksesan dari bisnis ini, karena peluang kesuksesan dari Monster Ice Blend sendiri masih terbuka dengan sangat lebar.

16. Cappucino Cincau Tempo Doeloe

Inspirasi bisnis franchise minuman terlaris yang selanjutnya adalah Cappucino Cincau Tempo Doeloe. Di beberapa wilayah yang ada di Indonesia, sudah ada banyak gerai Cappucino Cincau Tempo Doeloe yang bisa Anda temukan.

Hal ini terjadi bukan tanpa alasan jika melihat modal awal dari Cappucino Cincau Tempo Doeloe adalah Rp1.500.000,00 – Rp2.500.000,00 saja. Sementara itu, untuk harga jualnya sendiri akan mencapai 3-4 kali lipat dari modal yang telah disebutkan tersebut.

17. Nyoklat Kress

Hampir semua orang pasti menyukai minuman yang berbahan dasar cokelat. Maka dari itu, Nyoklat Kress ini bisa menjadi inspirasi bisnis franchise minuman terlaris yang tepat untuk Anda.

Modal awal yang harus disiapkan oleh Anda ketika tertarik untuk memulai bisnis ini adalah 3 juta rupiah. Hanya dengan bermodalkan dana yang cukup terjangkau seperti ini, Anda sudah bisa memulai bisnis yang mampu menghasilkan keuntungan berkali-kali lipat.

18. Teh Poci

Dengan harganya yang tergolong sangat terjangkau, membuat banyak orang gemar membeli minuman menyegarkan satu ini. Maka dari itu, Anda tidak boleh mengabaikan kesempatan emas ini begitu saja. Anda harus bisa memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik mungkin.

Pada dasarnya, franchise yang ditawarkan oleh teh poci itu sendiri adalah paket gerai yang menjual minuman es teh menyegarkan. Untuk memulainya, Anda hanya perlu menyiapkan modal sebesar 6 juta rupiah saja.

19. Kopi Kenangan

Popularitas Kopi Kenangan sudah tidak perlu diragukan lagi, karena hampir sebagian besar anak-anak muda Indonesia pasti sudah mengenal brand ini dengan sangat baik. Pada dasarnya, Kopi Kenangan adalah bisnis minuman unicorn pertama yang memiliki outlet di hampir seluruh daerah Indonesia.

Sejak pertama kemunculannya, Kopi Kenangan sudah menjadi brand minuman kekinian yang sering dipilih oleh banyak orang. Jadi, apakah Anda tidak tertarik untuk menjadi salah satu dari bagian pelaku usaha Kopi Kenangan ini?

20. Es Teh Indonesia

Jika Anda merasa memiliki modal yang besar untuk memulai bisnis franchise minuman terlaris di Indonesia, maka Es Teh Indonesia bisa menjadi pilihan yang paling tepat untuk Anda. Penggemar minuman ini sudah menyebar di seluruh wilayah Indonesia.

Sehingga, di mana pun Anda membuka bisnis ini, hal tersebut tidak akan mempengaruhi tingginya peluang kesuksesan yang bisa Anda raih.

Bisnis Franchaise Minuman

Baca juga: Tips Jitu Memilih Bisnis Franchise Makanan dan Minuman

Tips Memulai Bisnis Franchise Minuman di Indonesia

Agar Anda bisa mengembangkan bisnis franchise minuman termasuk milik Anda, ikuti beberapa tips yang ada di bawah ini, yaitu:

1. Perhatikan Peluang yang Ada

Hampir di setiap waktu akan muncul brand minuman kekinian terbaru yang menawarkan sistem franchise kepada banyak pelaku usaha.

Dalam hal ini, Anda harus bisa mengenali peluang yang dimiliki bisnis franchise tersebut.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena peluang bisnis franchise minuman kekinian di Indonesia akan selalu terbuka lebar di sepanjang waktu.

2. Sesuaikan dengan Kemampuan Anda

Sebelum Anda memilih salah satu dari contoh franchise yang ada di atas, kenali terlebih dahulu kemampuan yang ada dalam diri Anda.

Pastikan jenis bisnis minuman kekinian yang Anda pilih sudah sesuai dengan kemampuan dan keterampilan Anda.

Jika Anda tidak memiliki kemampuan dalam membuat kopi yang lezat, maka lebih baik Anda memilih minuman thai tea, boba, atau cheese tea.

Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah dalam meraih kesuksesan yang sesuai dengan harapan.

3. Pilih franchise yang Tepat

Untuk memilih bisnis franchise minuman terlaris yang tepat, Anda perlu memperhitungkan besaran modal yang akan dibutuhkan.

Selain itu, Anda juga perlu memperhitungkan waktu yang dibutuhkan untuk perputaran modal dan potensi keuntungan yang akan diperoleh nantinya.

Anda juga memerlukan pencatatan tagihan yang terintegrasi dengan teknologi agar memudahkan menyiapkan modal selanjutnya dengan aplikasi faktur.

4. Pilih Lokasi yang Strategis

Dengan membangun bisnis franchise minuman terlaris di lokasi yang strategis, hal ini dapat meningkatkan peluang kesuksesan bisnis Anda.

Sebab, ketika bisnis ini dibangun di lokasi strategis, maka akan ada banyak orang yang lebih mudah mengenal bisnis Anda tersebut.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa harga sewa tempat strategis seperti ini tergolong cukup mahal, sehingga Anda harus menyiapkan dananya terlebih dahulu.

5. Tunjang Pengelolaan Keuangan dengan Aplikasi Akuntansi Otomatis

Agar Anda dapat lebih fokus dalam mengelola bisnis franchise minuman lebih sukses, tentunya memprioritaskan pertumbuhan bisnis menjadi pilihan utama.

Namun, aspek-aspek terkait pengelolaan keuangan juga perlu menjadi perhatian sebab menjadi fondasi dasar dalam berbisnis.

Oleh karena itu, Mekari Jurnal sebagai aplikasi keuangan untuk UMKM menawarkan fitur-fitur unggulannya yang dapat Anda gunakan dengan mudah.

Melalui Mekari Jurnal, Anda dapat mencatat transaksi secara otomatis hingga dapat membuat invoice secara online dan sesuai kebutuhan.

Penyusunan laporan juga semakin mudah karena seluruh data keuangan terhubung secara otomatis memudahkan Anda dalam memasukkan berbagai perhitungan akuntansi.

Sudah lebih dari puluhan ribu pemilik bisnis menggunakan Mekari Jurnal. Sudah waktunya untuk Anda sekarang!

Konsultasi Gratis ke Tim Mekari Jurnal!

Daftar sekarang dan dapatkan free trial dari kami selama 7 hari. Eksplorasi berbagai fitur unggulan lainnya seperti pengurusan perpajakan dan supply chain management!

Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

 

Referensi:

Snapcart, “Indonesia’s Coffee Consumption Trends in 2023”.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal