Paket Usaha Minuman Kekinian yang Paling Menjanjikan di tahun 2022

Paket usaha minuman kekinian merupakan salah satu bagian dari bisnis kuliner yang masih menjadi pilihan favorit dari orang-orang ketika memulai usahanya masing-masing.

Hal ini akan terlihat dari beragamnya paket usaha minuman kekinian yang muncul di industri sekarang ini, yang sifatnya akan terus berkembang dan berinovasi.

Saat ini, banyak brand makanan kekinian yang hadir di tengah-tengah Anda, misalnya makanan olahan keju, makanan-makanan pedas, jajanan gorengan, dan sebagainya.

Bahkan, paket usaha minuman kekinian juga tidak kalah variatifnya, mulai dari es kopi, thai tea, mango thai, boba, atau bahkan cendol dan cincau yang masih bergaya tradisional tetapi tetap dikemas ala bisnis paket usaha minuman kekinian.

Harga yang ditawarkan pun tidak kaleng-kaleng variatifnya, mulai dari 5 ribu hingga 50 ribu rupiah.

Seperti apakah minuman kekinian itu? Apa saja contoh ide usahanya dan bagaimana cara mengembangkan bisnis minuman kekinian bagi Anda yang baru terjun ke dunia bisnis?

paket usaha minuman kekinian

Apa itu Usaha?

Usaha adalah segala hal yang dilakukan manusia untuk mencapai tujuan tertentu serta memenuhi kebutuhan sehari-hari.

alam hal berbisnis mandiri atau wirausaha, seseorang mengerahkan segala tenaga, pikiran, dan sebagainya untuk mencari dan membuat sesuatu “yang baru” dari yang sudah ada berdasarkan masalah yang sudah dicari sebelumnya, seperti saja misalnya minuman kekinian, lahir dari para milenial yang membutuhkan pelepas dahaga.

Mengapa Usaha Minumen Populer?

Mengapa paket usaha minuman kekinian masih menjadi pilihan dari para pelaku bisnis? Jawabannya, usaha kuliner ini adalah kebutuhan pokok bagi manusia, karena mencakup makanan dan minuman, di mana orang-orang memang membutuhkan kedua hal itu setiap harinya.

Apalagi masih banyak orang yang pada umumnya suka mengonsumsi jajanan seperti misalnya jajanan gorengan. Hal ini tentu akan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan, bukan?

Tetapi memang tidak selamanya positif, melainkan ada sisi minusnya, yaitu jumlah pesaing yang tidak sedikit. Sehingga setiap pelaku usaha yang mau merintis usaha minuman kekinian harus berani dalam berinovasi alias membuat sesuatu yang berbeda dari sajian kuliner lain yang sudah ada, dan bisa disesuaikan dengan tren saat ini.

Bagaimana cara memulai merintis paket usaha minuman kekinian? Mari simak informasi terkait tips dan trik di subbab selanjutnya.

Tips Memulai Usaha Minuman Kekinian

Pertama, gunakan bahan-bahan yang berkualitas, di samping Anda juga harus memikirkan bahwa inovasi adalah hal terpenting dalam membuat bisnis. Bahan baku yang baik dan berkualitas akan berdampak pula pada kualitas produk minuman yang Anda hasilkan nantinya. Untuk itu, Anda dapat melakukan riset terlebih dahulu.

Misalnya, Anda ingin memulai bisnis minuman kopi, maka perhatikan jenis kopi yang Anda pilih, dan pilihlah mana yang berkualitas.

Lalu, cocokkan dengan kombinasinya seperti misalnya susu, cek jenis susu yang paling sesuai dengan bahan kopi yang Anda miliki, ataupun dengan teh, jenis teh mana yang dapat memberikan kualitas terbaik untuk kopi Anda. Anda juga dapat memilih bahan dasar yang berkualitas sebagai tambahan topping Anda.

Kedua, jika Anda ingin menjalankan bisnis minuman kekinian, Anda harus berani berinovasi dengan menyajikan berbagai variasi pilihan pada menu minuman Anda.

Tentukan keunggulan pada produk minuman kekinian yang ingin Anda tampilkan ke orang-orang banyak, karena pada kenyataannya jumlah pelaku usaha bisnis ini tidak sedikit, sehingga jika Anda tidak berinovasi maka Anda akan “sulit” untuk bertahan.

Misalnya, meski Anda ingin terjun di jenis produk bubble tea di tengah-tengah orang yang juga menjual bubble tea, maka Anda dapat menambahkan kombinasi hasil resep Anda sendiri, misalkan saja tambahan topping unik, atau dari kombinasi buah, dan sebagainya. Intinya, jadilah unik jika produk Anda ingin dikenal banyak orang.

Ketiga, buatlah kemasan yang menarik, karena banyak produk bisnis minuman kekinian yang hadir di tengah-tengah Anda, namun tidak semuanya bisa bertahan digemari oleh mereka. Ternyata, yang memengaruhi bertahannya usaha itu tidak hanya terkait kualitas rasa, tetapi juga kemasannya.

Minuman yang dikemas secara baik dan rapi tentu akan lebih dipilih masyarakat dibandingkan dengan minuman yang hanya dikemas secara seadanya. Bahkan, kemasan dapat dijadikan nilai branding untuk produk Anda di masyarakat.

Karena itu, siapkan kemasan produk minuman kekinian Anda dengan baik. Misalnya, jika Anda ingin menjalankan bisnis bubble tea, Anda dapat memilih kemasan yang pantas seperti gelas plastik ataupun cup yang berbahan kuat dan tidak mudah pecah.

Selain itu, produk minuman Anda dapat dibungkus dengan kotak karton yang dikemas dengan sangat cantik, jika digunakan untuk pembelian take away atau dibawa pulang. Hal ini akan meningkatkan nilai bisnis minuman kekinian Anda ke depannya di mata para pembeli.

Keempat, tentukan lokasi strategis di mana lokasi akan menjadi faktor laku atau tidaknya bisnis tersebut. Idealnya, lokasi yang strategis akan menjadi nilai tambah akan banyaknya pembeli bisnis minuman kekinian Anda. Namun, yang perlu Anda perhatikan dalam pemilihan lokasi adalah sesuaikan dengan target pasar Anda.

Jika Anda ingin membuka bisnis boba dengan harga yang murah dan terjangkau, Anda bisa membuka usaha di dekat sekolah-sekolah ataupun di kampus.

Tetapi saat ini, memang pemilihan lokasi seringkali dikesampingkan karena memakan budget yang tidak sedikit, apalagi saat ini terdapat metode penjualan secara online lewat aplikasi ojek antar jemput sehingga banyak pelaku bisnis kuliner yang tidak memiliki lokasi berjualan.

Jadi, jika Anda memiliki budget yang cukup, tidak ada salahnya untuk membuka gerai atau apapun itu untuk produk kuliner yang Anda jual agar para calon konsumen bisa langsung datang membeli dan memilih produk bisnis minuman kekinian Anda.

Kelima, manfaatkan promosi di zaman serba online seperti saat ini, karena jika tidak promosi maka Anda merugi. Anda dapat memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan Facebook yang paling mudah. Buatlah akun bisnis FB dan IG secara gratis dan melakukan promosi secara gencar untuk menarik minat para calon membeli.

Tidak hanya penjualan saja yang tertata, tetapi promosi produk Anda pun juga harus tertata dan terkonsep dengan rapi. Entah itu jenis postingan, foto produk, atau bahkan caption yang ditulis, semuanya bisa Anda lakukan secara mandiri dan gratis.

Namun, jika Anda memiliki budget lebih, tidak ada salahnya untuk memberikan endorsement kepada para influencer di media sosial seperti selebgram ataupun food blogger sehingga mereka dapat mempromosikan bisnis minuman kekinian Anda.

Terakhir, sesuaikan dengan modal. Faktanya, banyak orang yang mengeluhkan keterbatasan modal jika ingin memulai usahanya. Padahal untuk menekan modal, banyak usaha yang dapat Anda lakukan.

Seperti misalnya, sesuaikan target pasar yang Anda tuju dengan modal yang Anda miliki saat ini, mencari supplier yang menawarkan bahan baku dengan harga terjangkau untuk menekan biaya produksi, atau bisa berjualan online terlebih dahulu dan memanfaatkan pemesanannya melalui aplikasi pesan antar.

paket usaha minuman kekinian

Contoh Usaha Minuman Kekinian untuk Bisnis

Nah, berbicara mengenai minuman kekinian, maka sudah jelas target pasarnya cukup luas, di antaranya adalah gen Z dan milenial.

Kemudian dari sisi modal, uang yang perlu dikeluarkan untuk memulai usaha tidak sebesar modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha makanan kekinian. Dari segi perlengkapan dan peralatan pun Anda cukup menyediakan mesin cup sealer dan cup minuman.

Terkait ide usaha minuman kekinian, Anda dapat mencoba satu atau sekian dari beberapa ide usaha berikut ini.

1. Pertama, jus buah segar, segar dan menyehatkan. Untuk dapat mengolah jus buah segar nan nikmat, carilah referensi campuran buah-buahan yang dibutuhkan serta ketahui manfaatnya. Agar produk Anda unik dan eye catchy, gunakan cup minuman yang menarik perhatian pembeli.

2. Kedua, Thai Tea dan Green Thai tea asal Thailand. Bahan baku yang dibutuhkan adalah teh Ceylon asal Thailand, krimer, air putih, susu kental manis, serta es.

Aroma dan cita rasa yang diberikan oleh Thai Tea dan sejenisnya terbilang unik dan nikmat sehingga wajar jika banyak yang tertarik akan produk ini, baik dalam kondisi dingin maupun kondisi hangat.

3. Ketiga, iced chocolate. Karena hampir semua orang dari berbagai kalangan menyukai coklat entah itu dalam makanan penutup ataupun minuman. Minuman coklat dapat disajikan dalam keadaan dingin maupun panas.

Anda juga dapat menambahkan topping di atasnya untuk menambah kenikmatan pada produk coklat yang ingin dijual, misalnya saja biscuit, choco chips, oreo, dan lain-lain.

4. Keempat, es kopi susu. minuman yang melejit namanya selama pandemi Covid-19. Banyak orang yang mulai mempelajari cara membuat kopi dimulai dari pemilihan biji kopinya.

Minuman ini dapat mendatangkan profit besar bagi bisnis Anda apabila memiliki keunikan tersendiri dan mampu menghasilkan cita rasa kopi yang luar biasa dan tidak asal rasa saja. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menjual dalam ukuran liter dengan menggunakan botol-botol besar.

5. Kelima, minuman ber-topping boba seperti cheese tea, milk tea, taro tea, dan sebagainya. Minuman boba juga memiliki pangsa pasar yang besar karena pilihan rasa dan topping yang beragam serta nikmat untuk menghapus dahaga Anda.

Semakin banyak pilihan variasi menu dan topping yang disajikan, maka semakin banyak orang yang tertarik dengan usaha minuman kekinian Anda.

Setelah membahas mengenai paket usaha minuman kekinian yang paling menjanjikan dan dapat dirintis oleh Anda, tentu Anda tidak boleh melupakan suatu hal bahwa segala transaksi dan semacamnya harus dibukukan dengan baik, sehingga Anda memerlukan sebuah sistem untuk mengelola seluruh kegiatan usaha makanan dan minuman tersebut, salah satunya dengan menggunakan aplikasi untuk pembukuan usaha dan aplikasi kas dari Mekari Jurnal.

Nantinya, semua catatan transaksi akan terintegrasi ke laporan keuangan secara otomatis, lengkap dengan data laba rugi, data neraca, dan arus kas keuangan setelah merintis paket usaha minuman kekinian versi Anda sendiri.

Semoga bermanfaat.

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo