Ide Usaha Franchise Terlaris yang Dapat Anda Coba Lakukan

Memilih jenis usaha franchise terlaris adalah salah satu cara atau skema yang dapat dilakukan untuk memulai bisnis franchise tahun ini. Mendirikan franchise ini populer dikenal dengan istilah lain berupa bisnis waralaba.

Sebenarnya, waralaba atau usaha franchise ini mengharapkan adanya kerja sama dalam bidang usaha dengan sistem bagi keuntungan hasil usaha sesuai kesepakatan setiap pihak yang terlibat di dalamnya. Jadi intinya bisnis ini berjalan sesuai adanya kesepakatan yang dibuat di dalamnya.

Bagaimana penjelasan selengkapnya mengenai usaha franchise ini? Serta apa saja usaha franchise terlaris? Berikut kami paparkan selengkapnya secara detail akan dapat menambah wawasan Anda.

usaha franchise terlaris

Definisi dan Konsep Usaha Franchise

Menurut hukum atau Peraturan Menteri Perdagangan no. 71/2019, bisnis franchise adalah hak khusus yang dimiliki oleh perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dengan tujuan memasarkan barang dan/atau jasa yang berhasil diproduksi dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan suatu perjanjian khusus yang telah disepakati, disebut Perjanjian Waralaba.

Sementara menurut KBBI, waralaba atau franchise diartikan sebagai suatu bentuk kerja sama dalam bidang usaha dengan adanya sistem bagi hasil sesuai kesepakatan yang mencakup hak kelola dan hak pemasaran.

Jadi, secara prinsip, dapat dipahami bahwa usaha franchise ini terkait dengan usaha yang dilandasi kesepakatan tertentu, di mana Anda sepakat untuk mengelola serta menjalankan segala aspek yang disepakati dalam bisnis waralaba, termasuk halnya operasional dan promosinya.

Secara detail, bisnis franchise ini adalah suatu bentuk kerja sama di bidang usaha antara pemilik produk/merk dagang/sistem operasionalnya, yang kemudian didelegasikan kepada pihak kedua yang berhak mendapatkan izin untuk memakai produk, merek, atau sistem operasional si pemilik dalam menjalankan sebuah usaha.

Terdapat dua elemen tetap dalam bisnis franchise, di antaranya franchisor sebagai pemilik bisnis atau pemberi izin bisnis dan franchisee sebagai pembeli izin bisnis franchise ini. Franchisor sebagai pemilik usaha berhak memberikan izin dan hak penjualan kepada bisnis yang dimilikinya, meliputi merk dagang, produk, dan/atau sistem operasional yang telah dibentuk olehnya.

Sementara itu, franchisee adalah seseorang ataupun suatu badan yang menerima hak penjualan dari si pemilik bisnis setelah mendapatkan persetujuan demi mendapatkan peningkatan keuntungan dari usaha/bisnis tersebut.

Saat ini, ada dua jenis usaha franchise yang sudah diketahui banyak orang.

Pertama, bisnis franchise luar negeri, yang mengacu pada merk dagang atau produk franchise yang berasal dari luar negeri, dengan keuntungannya yaitu sistem operasional yang sudah lebih stabil dan jarang berubah-ubah. Sehingga diharapkan banyak orang yang berminat akan bisnis franchise ini.

Kedua, bisnis franchise dalam negeri, biasanya dijadikan sebagai salah satu bentuk investasi penunjang karir seseorang sebagai pengusaha dalam waktu yang relatif singkat.

Bisnis franchise dalam negeri ini menawarkan pengetahuan serta pengalaman baik bagi Anda sebagai pemula dalam menentukan strategi bisnis yang optimal sebagai pengembangan diri Anda sebagai pengusaha di masa yang akan datang.

Pertimbangan dalam Mendirikan Usaha Franchise

Dalam memulai usaha franchise ataupun membeli lisensinya, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh Anda, karena apapun jenis bisnisnya, Anda tidak akan terbebas dari risiko sepenuhnya, dan jika tidak berhati-hati, Anda akan terancam mengalami kerugian yang besar ke depannya.

  1. Pertimbangkan pemilihan model bisnis perusahaan

karena pada dasarnya, membeli lisensi franchise/waralaba diartikan mengadopsi bisnis perusahaan pemilik lisensi. Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua model bisnis yang ditawarkan perusahaan dapat relevan dengan kebutuhan di era sekarang ini.

Di mana beberapa perusahaan di antaranya justru memiliki model bisnis yang sudah tidak layak untuk diterapkan alias tidak fleksibel dan kuno. Oleh karena itu, periksa jenis model bisnis yang digunakan oleh perusahaan franchisor, jika tidak pas, maka dialihkan ke jenis atau badan usaha lain.

  1. Ketahui sejarah finansial dari bisnis franchise yang ingin diadopsi

Caranya, lakukan riset terlebih dahulu pada sejarahnya, dan jangan tergoda hanya karena sebuah perusahaan menawarkan keuntungan yang lebih dari peluang bisnis usaha franchise ini, karena tidak semuanya layak untuk diambil.

Sebagai pebisnis, Anda perlu mengetahui apakah perusahaan tersebut benar-benar bisa membuktikan diri sebagai badan usaha yang sukses. Jika ternyata rekam jejaknya jelek atau tidak baik, maka pilihlah badan usaha lain yang lebih berkualitas.

  1. Melihat tingkat persaingannya dari badan usaha populer yang Anda pilih

Dikarenakan badan usaha yang besar umumnya sudah memiliki banyak penerima franchise/usaha. Jika ternyata Anda sudah mantap untuk memilih badan usaha tersebut, pertimbangkan apakah perusahaan tersebut memiliki produk bisnis yang relevan sesuai kebutuhan Anda.

Karena jika produknya relevan, maka Anda akan mendapatkan kesempatan untuk meraih kesuksesan dalam bisnis usaha franchise Anda, sekalipun terdapat banyak pesaing

usaha franchise terlaris

Keuntungan yang Didapatkan dari Usaha Franchise

Seperti bisnis-bisnis jenis lainnya, usaha franchise tentu juga menawarkan keuntungan bagi setiap pihak yang terlibat di dalamnya, baik sebagai pemilik bisnis ataupun pembeli hak/izin bisnis itu sendiri.

  1. Anda akan mendapatkan perkembangan bisnis yang relatif lebih cepat.

Sebenarnya, bisnis franchise ini adalah salah satu bentuk investasi yang baik untuk dilaksanakan jika Anda ingin berkarir sebagai seorang pengusaha. Dengan memilih bisnis franchise sebagai usaha awal, Anda tidak perlu pusing-pusing memikirkan strategi bisnis ke depannya.

Karena dari segi perencanaan, sistem operasi dan strategi bisnisnya sudah ditentukan oleh si pemilik bisnis franchise itu sendiri. Sehingga, Anda hanya perlu menjalankan bisnis sesuai SOP yang sudah disediakan dan Anda menyetujui SOP tersebut.

Keuntungannya, bisnis franchise akan berkembang dalam waktu yang lebih cepat, dan Anda tidak perlu repot-repot untuk menyiapkan produk yang dapat membantu meningkatkan nilai/valuasi bisnis yang dimiliki oleh si pemilik bisnis.

Dari pihak pemilik bisnis itu sendiri biasanya akan memenuhi kebutuhan demi keberjalanan usaha yang lebih baik, dan Anda hanya diminta untuk menyediakan tempat atau fasilitas demi keberjalanan bisnis yang telah disepakati.

  1. Anda dapat melakukan promosi atau branding secara minimal, dan keuntungan ini biasanya didapatkan oleh Anda sebagai pelaku yang mendapatkan izin untuk menjalankan usaha dari si pemilik bisnis franchise.

Biasanya, bisnis waralaba telah memiliki branding yang kuat sebelumnya di masyarakat, sehingga sering dijadikan favorit dan mudah dikenal para konsumen. Dengan minimnya kebutuhan yang diperlukan untuk promosi berkat brand awareness yang kuat, Anda akan mendapatkan keuntungan untuk menjalankan bisnis dengan lebih mudah dan lebih cepat.

  1. Anda akan memiliki rekan-rekan bisnis profesional, karena secara otomatis pemilik bisnis tersebut akan menjadi rekan bisnis Anda.

Memiliki rekan bisnis yang telah profesional dan berpengalaman sebelumnya adalah salah satu keuntungan yang akan didapatkan sebagai franchisee. Bersama si franchisor, biasanya kebutuhan fasilitas ataupun sistem operasi untuk pengembangan bisnis akan disediakan terlebih dahulu.

Sehingga Anda cukup fokus dalam menjalankannya demi meraih keuntungan serta pengembangan bisnis yang lebih kuat dan stabil. Selama menjalankan bisnis, Anda bisa mulai memerhatikan aspek-aspek pengetahuan terhadap keberjalanan bisnis untuk mengembangkan diri Anda jika ingin berkarir sebagai seorang pengusaha di kemudian hari.

  1. Anda dapat menjadikan bisnis franchise ini sebagai tempat pembelajaran bisnis untuk menambah pengetahuan serta keahlian yang tentu Anda butuhkan jika ingin berkarir sebagai seorang pengusaha di kemudian hari.

Dengan berupaya awal menjadi seorang franchisee, Anda sudah mempelajari banyak hal tentang bisnis seperti promosi, marketing, pembentukan SOP, pengelolaan uang, laporan keuangan, dan sebagainya, yang mana nantinya bisa diadopsi dan dimodifikasi sesuai kebutuhan demi pengembangan bisnis lanjutan anda di kemudian hari.

usaha franchise terlaris

Contoh Ide Usaha Franchise Terlaris

Setelah ini, kami akan memaparkan beberapa ide bisnis usaha franchise terlaris yang dapat Anda adopsikan dengan baik di lingkungan bisnis Anda.

  1. Ayam Geprek

Sejak tahun 2017 hingga sekarang, bisnis ayam geprek ini lebih banyak dicari di mesin pencarian populer seperti Google, dan masih menjadi primadona dalam dunia kuliner. Alasannya, rasanya enak dan harga yang tergolong murah dimulai dari 10 ribu rupiah saja. Untuk itu, Anda bisa mempersiapkan modal sekitar harga tersebut hingga 20 ribu rupiah untuk merek dagang berskala sedang.

  1. Tahu Crispy

Sederhana tapi menggiurkan, dengan beberapa jenis penyajian tahu di antaranya adalah tahu walik, tahu aci, dan tahu kriuk. Cukup dengan tambahan beberapa perasa makanan, maka kombinasi antara perasa dan tahu tersebut mampu menjadi pelengkap makanan utama yang dapat memanjakan lidah Anda. Harganya pun hanya berkisar 3 hingga 9 ribu rupiah.

  1. Seblak

Jajanan asal Sunda ini layak menjadi makanan favorit sebagian besar masyarakat Indonesia, dikarenakan kekuatan bumbu dan rasa yang dapat menghangatkan lidah Anda di setiap suapannya. Harganya pun juga terbilang ramah kantong, cukup dengan biaya 3 hingga 8 ribu rupiah saja.

  1. Pisang Goreng Kekinian

Pisang yang awalnya hanya disajikan dengan cara digoreng dengan tepung biasa, kini sudah banyak sekali variasi dalam hal resep dan penyajiannya, dimulai dari pisang nugget keju, pisang penyet bertabur coklat, pisang jumbo, dan sebagainya.

Semua resep tersebut pun juga dikemas dengan kemasan yang menarik, sehingga lebih terlihat eye-catching alias sedap dipandang mata. Harganya pun berkisar antara 5 hingga 20 ribu rupiah tergantung merek dan resepnya.

Demikian informasi mengenai usaha franchise terlaris yang harus Anda ketahui lebih lanjut. Semoga artikel tentang bisnis franchise ini dapat menambah pengetahuan serta motivasi Anda untuk berkarir di dunia pengusaha.

Lalu, apapun jenis bisnis Anda, jangan lupa untuk mengandalkan aplikasi inventory android serta aplikasi untuk akuntansi usaha yang hadir spesial dari Mekari Jurnal sebagai sistem bisnis untuk mempermudah akuntansi usaha bisnis terutama untuk UKM atau UMKM.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo