Jika Anda ingin bisnis Anda bekerja lebih cerdas dan lebih cepat, teknologi akuntansi cloud adalah pilihan yang bijaksana. Bekerja dengan sistem cloud akan memberikan gambaran yang lebih baik bagi keuangan perusahaan dan meningkatkan kerjasama tim. Software akuntansi bisnis kecil yang tidak menggunakan teknologi cloud tidak sepenuhnya efektif karena dapat menyedot terlalu banyak waktu dan tenaga dalam menggunakannya.

Masalah dengan software akuntansi tradisional:

  • Data dalam sistem dan software tidak up to date.
  • Hanya bekerja pada satu komputer dan data dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Sebagai contoh, pada USB drive. Hal ini tidak aman dan dapat berbahaya pada keamanan data.
  • Hanya satu orang memiliki akses pengguna.
  • Mahal dan rumit untuk menjaga backup
  • Sulit dan memakan waktu untuk meng-upgrade software.
  • Di sisi lain, akuntansi cloud dapat menghemat waktu dan uang perusahaan.

Apakah cloud? Pikirkan ketika Anda menggunakan internet banking. Setiap kali Anda mengakses data ini, Anda menggunakan teknologi cloud. Cloud adalah sebuah platform untuk membuat data dapat diakses secara online kapan saja dan di mana saja, dengan perangkat apapun.

Anda dapat menggunakan perangkat lunak berbasis cloud dari perangkat apapun dengan koneksi internet. Akuntansi online berarti pemilik usaha kecil tetap terhubung dengan data dan akuntan mereka. Software ini dapat diintegrasikan dengan seluruh ekosistem dengan biaya yang lebih hemat dan mudah digunakan. Pada sistem cloud, pengguna tidak perlu menginstal dan menjalankan aplikasi di komputer desktop. Sebaliknya, Anda membayar untuk biaya langganan per bulan.

Sebagai pemilik usaha kecil, Anda mungkin khawatir tentang penyedia layanan cloud menyimpan data Anda. Tapi teknologi cloud adalah salah satu cara yang paling aman untuk menyimpan informasi.

Misalnya, dengan menggunakan software cloud, jika laptop Anda dicuri, tidak ada yang dapat mengakses data Anda kecuali mereka memiliki login ke akun Anda. Dalam hal terjadi bencana alam atau kebakaran, data yang adaa di cloud tetap aman dan produktivitas bisnis tidak perlu terpengaruh karena tidak ada downtime. Selama Anda memiliki akses ke komputer atau perangkat mobile yang terhubung ke internet, Anda kembali dapat tetap mengakses data Anda,

Selain itu, jika Anda ingin menunjukkan data pada klien/ partner, Anda dapat mengontrol tingkat akses. Ini jauh lebih aman dibandingkan dengan cara mengirim email atau menggunakan USB dengan data Anda di dalamnya.

Contoh keunggulan akuntansi cloud bagi bisnis:

Dapat memberikan gambaran yang jelas tentang posisi keuangan Anda saat ini, secara real time.
Akses multi-user memudahkan untuk berkolaborasi secara online dengan tim Anda dan penasehat.
Bebas biaya dan waktu pemeliharaan
Semuanya dijalankan secara online, jadi tidak ada untuk menginstal dan semuanya didukung secara otomatis. Update bebas dan langsung tersedia.

Menghemat biaya modal bisnis – upgrade versi, pemeliharaan, biaya administrasi sistem dan kegagalan server isu tidak lagi menjadi masalah karena sudah menjadi tanggung jawab penyedia layanan cloud.
Kelebihan dari software ini adalah fleksibilitas yang memberikan Anda kesempatan untuk menjalankan bisnis Anda dari tempat kerja, rumah, atau di mana saja. Anda dapat sepenuhnya yakin bahwa Anda memiliki gambaran yang up-to-date tentang bagaimana bisnis yang Anda lakukan, tidak peduli di mana Anda berada.Dengan akuntansi cloud, Anda memiliki pilihan untuk menjalankan bisnis Anda dari jarak jauh, dari mana saja di dunia.

Salah satu penyedia layanan akuntansi cloud di Indonesia adalah Jurnal.id. Untuk membantu para pengusaha, Jurnal telah menciptakan platform akuntansi online berbasiskan cloud computing yang dapat diakses di Jurnal.id . Platform akuntansi Jurnal.id dapat membantu para pengusaha untuk mengelola pembukuan dengan lebih praktis.

Keuntungan yang didapat dengan menggunakan Jurnal.id antara lain:

  1. Menjalani bisnis kapanpun dan dimanapun
  2. Membuat faktur penjualan,pesanan pembelian, dan surat Jalan secara otomatis
  3. Menyiapkan laporan keuangan instan hanya dengan 1-klik.

Read More: 3 Alasan Menggunakan Software Berbasis Cloud