Menggunakan akuntansi dengan metode manual untuk melacak pendapatan dan pengeluaran mungkin tampak seperti tugas yang mudah, tetapi ada cara yang lebih sederhana dan lebih efisien untuk melacak keuangan bisnis kecil Anda. Metode akuntansi manual ini memang hebat, tetapi ada banyak alat berbiaya rendah lainnya yang dapat digunakan untuk tidak hanya melacak keuangan Anda dengan mudah tetapi juga mengolah laporan keuangan dan menyediakan grafik analisis secara langsung sehingga memudahkan mendapatkan wawasan yang Anda butuhkan.

 

Masalah Arus Kas Usaha Kecil

Uang masuk, dan uang keluar. Pada intinya, kemampuan usaha kecil untuk menciptakan nilai bagi pemegang kepentingan dan calon investor ditentukan oleh kemampuan Anda untuk menghasilkan arus kas positif, atau lebih spesifik, memaksimalkan arus kas bebas jangka panjang.

Arus kas sangat penting untuk mengukur kesehatan bisnis Anda. Tapi bagaimana Anda memonitornya?



Anda mungkin berpikir untuk melacak penjualan di satu tangan dan biaya di sisi lain, lalu membandingkan keduanya. Namun, sebanyak 65% dari bisnis gagal melaporkan bahwa mereka mengalami kebangkrutan karena salah mengurus masalah keuangan dengan cara tradisional tersebut. Apa salah satu masalah utamanya? kurangnya visibilitas arus kas. Bisnis ini tidak tahu (tidak bisa melihat) jika mereka menghasilkan kurang dari yang mereka belanjakan.

 

Mengapa Begitu Mudah Kehilangan Arus Kas?

Terkadang Sulit untuk memahami mengapa sebuah bisnis dapat mengalami kebangkrutan, terutama ketika Anda merasa rajin melakukan pencatatan transaksi. Namun, sampai Anda memiliki pengalaman berbisnis sendiri, Anda tidak akan menyadari bahwa melacak arus kas bisnis kecil benar-benar tidak semudah kelihatannya.

Misalnya, Anda harus:

a. Melacak semua kuitansi pengeluaran yang terkadang menjadi sangat sulit jika ada lebih dari satu orang yang melakukan pembelian.

b. Catat semua pendapatan penjualan Anda, termasuk memperhitungkan diskon apa pun yang mungkin Anda berikan.

c. Memasukkan semua pencatatan keuangan arus kas ke dalam kolom pencatatan secara manual, termasuk melakukan pemeriksaan ganda untuk mengonfirmasi semua data Anda dimasukkan dengan benar.

 

Sering kali, Anda mungkin harus beralih ke karyawan atau mitra bisnis untuk menyediakan informasi ini, yang berarti lebih banyak waktu, kesabaran dan energi yang dihabiskan untuk menindaklanjuti panggilan telepon demi memperoleh laporan keuangan yang Anda butuhkan.

 

Entri Data Memperlambat Anda?

Seiring pertumbuhan bisnis kecil Anda,  jumlah kolom dan baris pada pencatatan akuntansi Anda juga bertambah dan lebih kompleks, padahal di sisi lain Anda harus mencatat data keuangan tersebut sesegera dan seakurat mungkin. Ditambah semakin sibuk Anda mengembangkan bisnis sehingga memiliki waktu yang terbatas untuk mengelola keuangan usaha.

Lantas Bagaimana Solusinya?

Untungnya, saat ini banyak software akuntansi online seperti Jurnal yang dapat Anda gunakan dengan mudah. Apa yang bisa didapat dari Jurnal?

a. Anda bisa melacak dan menyimpan semua bukti transaksi secara digital melalui Jurnal Snap.

b. Pada saat bepergian, melalui aplikasi Jurnal Mobile, Anda dapat melacak dan memonitor kondisi keuangan usaha terkini kapan dan di mana saja.

c. Anda dapat membuat faktur dan mengirimkannya ke pelanggan secara profesional, serta melacak semua faktur yang Anda kirim dengan mudah dan cepat.

d. Melakukan rekonsiliasi secara otomatis dengan pihak bank untuk memperoleh kecocokan data keuangan yang ada pada bank maupun transaksi bisnis.

e. Membuat laporan keuangan hanya dalam hitungan menit dan terhindar dari kesalahan pencatatan transaksi keuangan.

f. Anda juga bisa mendapatkan pembayaran lebih cepat dengan Jurnal Pay, sehingga arus kas Anda tetap terjaga.

g. Jurnal juga dilengkapi dengan fitur Invoice Reminder yang membantu Anda mengirimkan pengingat faktur ke pelanggan Anda sebelum atau sesudah jatuh tempo. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari piutang tak tertagih.

h. dan masih banyak lagi fitur yang dimiliki oleh Jurnal. Untuk informasi lengkap mengenai Jurnal dan fitur lainnya silakan klik di sini.