Memulai suatu bisnis baru memang tidak mudah untuk dilakukan. Apalagi jika Anda memulai bisnis tersebut sendiri tanpa mengetahui apa saja yang harus dilakukan. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena di zaman yang semakin modern saat ini, informasi didapatkan lebih mudah sehingga Anda dapat menggali informasi sebanyak mungkin mengenai bagaimana cara memulai bisnis yang baik dan menguntungkan melalui internet. Berikut ini merupakan informasi penting mengenai arus kas yang perlu Anda ketahui sebagai salah satu bekal dalam menjalankan bisnis. Arus kas atau yang biasa dikenal dengan istilah cash flow merupakan penerimaan dan pengeluaran kas dalam waktu tertentu. Setiap pebisnis wajib mengetahui tentang arus kas pada bisnis yang sedang dijalankan, karena setiap pebisnis harus membuat laporan arus kas dengan baik, sehingga akan dapat dilihat keuntungan bisnisnya.

Macam Bisnis Berdasarkan Cash Flow

Tips Meningkatkan Cash Flow Bisnis Secara Maksimal Ada beberapa macam bisnis yang dibagi berdasarkan arus kas yang dapat menjadi bahan acuan Anda, bagi yang ingin memulai sebuah bisnis. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Cash flow harian, digunakan untuk segala usaha bisnis yang dibayar tunai seperti retail, mini market, rumah makan, dan lain sebagainya.
  2. Cash flow bulanan, digunakan untuk bisnis yang dibayarkan per bulan atau tempo selama 30 hari. Yang termasuk dalam jenis bisnis ini adalah rumah kos, pemasok tetap, sekolah, kursus, dan lain sebagainya.
  3. Cash flow semesteran, digunakan untuk bisnis yang dibayarkan secara berkala, yaitu per 3 atau 6 bulan. Yang termasuk bisnis jenis ini adalah bimbingan belajar, biaya kursus, biaya kampus, dan lain sebagainya.
  4. Cash flow tahunan, digunakan untuk bisnis yang dibayarkan per tahun, seperti rumah kontrakan, properti, biaya sekolah, dan lain sebagainya.
  5. Cash flow proyek, digunakan untuk jenis usaha yang tidak pasti orderannya dan dibayarkan setelah proyek selesai. Seperti tender-tender konstruksi, perumahan, pegadaian, event organizer, dan lain sebagainya.

Pengelolaan Cash Flow Bisnis

Tips Meningkatkan Cash Flow Bisnis Secara MaksimalAda beberapa hal penting yang perlu diperhatikan jika Anda sudah mulai menjalankan sebuah bisnis. Salah satunya adalah bagaimana cara mengelola arus kas secara baik dan benar. Simak beberapa tips pengelolaan cash flow bisnis berikut ini:

  1. Menyesuaikan stok, karena jika transaksi pembelian yang terjadi sedikit, Anda akan memiliki sisa stok yang mengakibatkan pengeluaran menjadi sia-sia. Maka dari itu, sesuaikan stok dengan perkiraan produk yang akan terjual, Anda bisa melihat seberapa banyak produk yang terjual dari transaksi bulan lalu sebagai acuan untuk stok di bulan berikutnya.
  2. Mengutamakan terima uang dimuka. Untuk menerapkan sistem tersebut, Anda harus memiliki cara untuk mengurangi jumlah pembeli yang melakukan pembelian dengan cara kredit.
  3. Memastikan cash in lebih besar daripada cash out agar mencegah terjadinya kerugian dalam bisnis.
  4. Mengalokasikan pendapatan agar lebih terstruktur. Misalnya, dari 100% pendapatan bisnis Anda, sebanyak 10% untuk biaya ternak uang, 20% untuk biaya cadangan, dan 70% untuk biaya operasional.
  5. Pastikan cash flow mampu untuk membayar kewajiban hutang yang dimiliki.
  6. Mengatur penerimaan arus kas dengan baik. Misalnya dengan melakukan pengelolaan dan pengaturan cash flow dari segi pendapatan, sehingga akan diketahui dari mana saja masuknya cash flow tersebut.
  7. Mengatur dan mengelola pengeluaran cash flow dengan baik agar tertata dengan baik.

Pengelolaan Keuangan Bisnis

Tips Meningkatkan Cash Flow Bisnis Secara MaksimalBerbeda jenis bisnis, maka akan berbeda pula jenis cash flow yang digunakan. Ada yang yang harian, bulanan bahkan tahunan, dimana masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Tergantung dari titik awal dan kemampuan permodalan para pebisnis. Jika modal kecil dan jaringan belum kuat, maka dapat menggunakan arus kas harian atau bulanan. Jenis cash flow ini cocok bagi para pebisnis pemula. Pengelolaan keuangan bisnis tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena akibat yang ditimbulkan akan berpengaruh cukup besar pada kemajuan bisnis. Arus kas bisnis harus dijaga agar bisnis yang sedang dikelola tetap terkendali. Setiap pebisnis sebaiknya melakukan analisa dan evaluasi terhadap pergerakan arus kas setiap bulan. Agar bisnis tetap berada pada jalur yang benar dan dapat secara konsisten menghasilkan arus kas positif, para pebisnis dapat menggunakan perangkat tambahan seperti software akuntansi. Karena penggunaan software akuntansi akan memudahkan pebisnis dalam mendapatkan proyeksi arus kas dan laporan keuangan.

Kelola laporan keuangan bisnis Anda dengan lebih mudah dan praktis menggunakan software akuntansi online Jurnal. Jurnal hadir sebagai salah satu solusi terbaik untuk para UKM di Indonesia. Dengan menggunakan software akuntansi online Jurnal, Anda dapat memonitor laporan keuangan secara real-time, kapan dan di mana saja. Anda tidak perlu mengunduh atau menginstall aplikasi apapun di komputer. Hanya perlu melakukan pendaftaran dan log in, maka Anda sudah dapat mulai mengerjakan pembukuan lebih mudah dan cepat. Selain itu, fitur Dasbor di Jurnal akan memungkinkan Anda melihat informasi keuangan bisnis secara lebih mudah. Saldo bank, Faktur, Arus Kas, tagihan, dan lainnya juga termuat di dalam Dasbor Jurnal sehingga Anda bisa melacak dan memonitor kondisi keuangan bisnis dengan cepat. Guidebook mengenai Laporan Arus Kas di Jurnal bisa Anda lihat di sini.