Mekari Jurnal
Daftar Isi
5 min read

8 Tips Menjaga Cash Flow atau Arus Kas Bisnis Tetap Sehat

Tayang 24 Jun 2022
Diperbarui 18 Oktober 2023

Banyak pengusaha yang hanya mementingkan dan mengejar profit yang besar, tetapi kurang memperhatikan cash flow atau arus kas. Cek 8 tips berikut untuk menjaga cash flow agar bisnis tetap sehat.

Membangun brand dalam bisnis memang penting.

Dengan brand yang sudah terbangun dengan baik biasanya diikuti dengan penjualan yang tinggi sehingga profit yang masuk semakin bertambah.

Namun, jika dalam pengelolaan cash flow dalam bisnis tidak dikelola dengan baik dan benar, maka bisnis tidak lama lagi akan gulung tikar.

Banyak pula kasus bisnis yang gulung tikar padahal profit yang dihasilkan besar, tetapi mereka kehabisan cash flow sehingga operasional dihentikan, manajemen tidak bisa membayarkan gaji, tagihan menumpuk, sehingga kinerja perusahaan menurun.

Agar arus kas bisnis Anda tetap sehat, ada baiknya Anda perlu mengetahui 8 tips menjaga cash flow atau arus kas bisnis berikut ini.

Berikan Tingkat Prioritas pada Pengeluaran

Pada dasarnya setiap pengeluaran memiliki tingkat prioritas yang harus diperhitungkan secara benar.

Ada pengeluaran yang memiliki dampak besar terhadap kemajuan bisnis dan ada juga pengeluaran yang tidak terlalu berpengaruh dalam bisnis.

Untuk itu, sebelum membuat keputusan untuk mengeluarkan kas, cobalah amati terlebih dahulu, apakah itu termasuk hal yang penting dan dapat mengembangkan bisnis, atau dapat ditunda pengeluarannya?

Ketahui Biaya Produksi & Total Pengeluaran untuk Menjaga Cash Flow Bisnis

Dengan mengetahui secara rinci total pengeluaran selama masa produksi bisa menghindarkan Anda dari salah menentukan harga jual.

Dengan perhitungan harga jual yang tepat ditambah dengan profit bisnis, maka cash flow bisnis Anda akan tetap sehat.

Cara lain yang bisa menarik banyak pembeli adalah dengan memberikan diskon pada produk yang Anda jual, tetapi perlu diingat bahwa harga diskon jangan sampai di bawah harga pokok.

Baca juga: Cara Membuat serta Contoh Laporan Arus Kas

Menerapkan Strategi Product Bundling

Product Bundling atau penggabungan produk adalah salah satu strategi penjualan yang menarik untuk konsumen. Dengan hanya membeli satu produk konsumen akan mendapatkan gabungan dari beberapa produk.

Manfaatnya bagi pemilik bisnis adalah produk yang dijual bisa lebih banyak, sehingga berdampak pada cash flow bisnis yang meningkat.

Contoh saja pada rumah makan biasanya tersedia menu paket makanan dan minuman dengan harga yang lebih murah dari menu biasa.

tips menjaga cash flow bisnis

Memberikan Penawaran Harga Lebih Tinggi

Besarnya profit yang didapat ditentukan dari harga jual suatu produk. Dengan harga yang tinggi, Anda akan mendapatkan keuntungan yang tinggi pula.

Sehingga, jika ada konsumen yang menawar, harga jatuhnya tidak akan jauh dari harga awal yang sudah ditetapkan.

Tapi perlu dicek juga bahwa harga yang Anda tetapkan tidak jauh dari harga standar di pasaran.

Selain itu, untuk menarik konsumen membeli produk Anda dengan harga yang lebih tinggi, Anda bisa memberikan perbedaan dengan produk lain, mulai dari packaging yang menarik , pelayanan, bonus, dan lain sebagainya.

Mendorong Pembelian Ulang

Semakin banyak produk yang terjual berarti semakin banyak pula profit yang didapatkan. Dengan mendorong pembelian secara berulang, maka semakin banyak produk yang bisa dijual.

Cara yang paling mudah untuk bisa mendatangkan pembelian berulang contohnya dengan memberikan program beli 10 kali bonus 1 kali dalam 2 bulan.

Menunda Penambahan Inventaris

Inventaris dalam bisnis memang penting dalam bisnis Anda, tetapi untuk menambah inventaris dalam bisnis, Anda perlu mengeluarkan uang dari arus kas yang jumlahnya tidak sedikit, sehingga berpengaruh kepada bisnis Anda.

Jika penambahan inventaris memang tidak terlalu berpengaruh terhadap profit yang akan didapatkan, maka lebih baik Anda melakukan penundaan untuk membelinya, tunggu hingga arus kas bisnis Anda sudah surplus banyak.

Saat ini, Mekari Jurnal telah terintegrasi dengan teknologi berbasis AI untuk bantu analisa laporan keuangan khususnya arus kas dan laba-rugi secara lebih mendalam lewat fitur Airene. sehingga Anda dapat menemukan tren baru untuk membantu dalam menyusun strategi keuangan bisnis yang lebih optimal.

Dapatkan Peluang Untuk Meningkatkan Bisnis dengan Analisa Laporan Arus Kas dan Laba-Rugi Mekari Jurnal

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Menjaga Cash Flow dengan Melakukan Evaluasi

Dengan melakukan evaluasi berkala terhadap laporan cash flow, Anda akan bisa mendeteksi permasalahan yang terjadi pada keuangan bisnis Anda.

Walaupun dilihat sekilas sehat-sehat saja tetapi belum tentu didalamnya seperti yang dilihat.

Baca Juga: Cara Menghitung dan Contoh Cash Flow yang Baik dan Benar

Konsisten

Jika evaluasi sudah selesai dan sudah dilakukan perbaikan, maka selanjutnya Anda harus selalu konsisten menerapkan evaluasi secara berkala.

Jika tidak dilakukan secara konsisten, ditakutkan akan datang masalah pada cash flow bisnis Anda.

Gunakan Jurnal untuk Menjaga Cash Flow Bisnis Anda

Memang untuk pengelolaan keuangan bisnis tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Karena akibat yang ditimbulkan akan berpengaruh besar pada kemajuan bisnis.

Untuk memudahkan dalam perhitungan transaksi keluar masuk pada cash flow bisnis, Anda perlu menggunakan software akuntansi online seperti Jurnal.

Jurnal adalah software akuntansi online yang bisa membantu Anda dalam masalah akuntansi bisnis.

Di Jurnal, Anda juga dapat melihat cash flow atau arus kas keuangan bisnis Anda secara realtime, kapan dan di mana saja.

Daftar sekarang juga dan nikmati free trial aplikasi bisnis 14 hari untuk pengguna baru. Silahkan cek juga aplikasi stok gudang untuk mengelola inventaris produk bisnis.

Nah, itulah beberapa tips untuk menjaga cash flow agar bisnis dapat berjalan dengan lancar. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat.

Ikuti media sosial Mekari Jurnal untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal