Daftar Isi
7 min read

Maksimalkan Profit dengan Analisis Keuntungan Maksimum

Tayang 22 Sep 2023

Melakukan analisis keuntungan maksimum merupakan salah satu aspek kunci dalam upaya mengoptimalkan profit bisnis.

Hal ini menjadi penting karena bisnis bertujuan untuk mencapai hasil finansial yang maksimal dan berkelanjutan.

Dalam rangka mencapai keuntungan maksimum, bisnis perlu melakukan analisis yang cermat terhadap berbagai faktor, seperti biaya produksi, harga jual, volume penjualan, strategi pemasaran, dan faktor-faktor eksternal seperti persaingan dan tren pasar.

Analisis ini dapat membantu bisnis dalam mengambil keputusan yang lebih baik dan mengarahkan upaya mereka menuju profitabilitas yang lebih tinggi.

Apa Itu Analisis Keuntungan Maksimum?

Sebelum membahas mengenal analisis keuntungan maksimum dalam bisnis, ada baiknya untuk mengetahui apa itu laba atau keuntungan dalam bisnis.

Berdasarkan artikel dari Liputan6 mengenai laba menurut para ahli, mengutip dari Reev & Warren, laba merupakan pada selisih antara uang yang didapat dari pelanggan atas barang atau layanan yang dihasilkan dan biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan barang dan layanan (dalam hal ini berkaitan dengan biaya produksi dan biaya distribusi).

Mengacu pada definisi tersebut, maka dapat kita simpulkan bahwa analisis keuntungan maksimum yaitu suatu metode yang digunakan untuk mengidentifikasi kombinasi produk atau layanan yang menghasilkan keuntungan terbesar dengan biaya produksi yang lebih efisien bagi suatu bisnis.

Tujuan utama dari analisis ini adalah untuk mengoptimalkan profit dengan mempertimbangkan berbagai variabel yang mempengaruhi pendapatan dan biaya.

Melihat definisi tersebut, terlihat dua faktor terbesar dalam melakukan analisis, yaitu dengan melihat rasio keuntungan terbesar dan optimalnya proses produksi dalam sebuah produk atau layanan.

Produksi sendiri mengacu pada aktivitas yang menghasilkan peningkatan nilai guna barang dari berbagai komponen seperti bahan mentah, pemanfaatan alat produksi, dan tenaga kerja.

Metode ini sering juga dikenal dengan metode kombinasi produk. Mengutip dari Handoko, kombinasi produk adalah perpaduan sistem operasi dalam komposisi produksi tertentu yang mampu menentukan nilai optimum dalam menghasilkan satu atau lebih barang atau jasa sesuai keinginan atau permintaan konsumen.

Pengeluaran biaya produksi juga akan semakin optimal dengan menjalankan perencanaan produksi yang tepat. Hal itu dapat membantu dalam mencapai profit dan tingkat efisiensi yang diinginkan.

Tentunya, perencanaan tersebut harus mengacu pada pertimbangan dan ketelitian yang terperinci mengenai gambaran kegiatan sehingga dapat mencapai tujuan bersama dengan sukses.

Langkah-langkah dalam Analisis Keuntungan Maksimum

Langkah-langkah dalam Analisis Keuntungan Maksimum

Mengacu pada istilah ekonomi, keuntungan maksimum berkaitan dengan input yang lebih kecil dari output dalam aktivitas bisnis.

Ada beberapa cara yang bisa perusahaan lakukan untuk dapat melakukan analisis keuntungan maksimum yang efektif.

Biasanya, diperlukan sebuah perencanaan strategi yang komprehensif dan matang serta pengawasan yang handal agar keseluruhan rencana dapat terwujud.

Manajemen dapat memulainya dengan menentukan apa saja variabel yang mempengaruhi pendapatan profitabilitas perusahaan yang mungkin dapat berubah-ubah pada sebuah produk atau periode produksi.

Kemudian, mengumpulkan data-data yang relevan untuk membantu mendapatkan informasi secara lebih detail mengenai variabel yang mempengaruhi profit.

Selanjutnya, menghitung berbagai rasio keuangan yang relevan dapat membantu dalam mengolah data-data yang berkaitan dengan keuangan dari periode sebelumnya atau pendapatan dari masing-masing produk yang perusahaan hasilkan.

Hal ini kemudian dapat membantu menentukan prioritas produk atau layanan yang bisa dioptimalkan lebih baik agar mendapat keuntungan maksimal.

Terakhir, untuk mencegah terjadinya pengeluaran biaya yang berlebihan, perusahaan dapat mengatur rantai pasokan barang lebih tertata serta pengendalian biaya operasional, produksi, hingga penyimpanan.

Dalam jangka pendek, upaya analisis keuntungan maksimum dapat terbagi menjadi dua cara:

1. Membandingkan hasil penjualan total dengan biaya total

Langkah ini dilakukan dengan menghitung dan membandingkan penjualan total dengan biaya total.

Hasil keuntungan akan mencapai tingkat maksimum dengan menghasilkan harga penjualan dengan biaya pengeluaran yang minimum per produk atau jasa.

Baca Juga: Cara Mudah Memahami Persentase Keuntungan dan Kerugian

2. Menunjukkan keadaan di mana hasil penjualan merjinal sama dengan biaya marjinal

Hal ini dapat dianalisis  dengan menggunakan bantuan kurva atau data biaya rata-rata dan biaya marjinal.

Analisa keuntungan maksimum dapat terlihat jika hasil akhir perhitungannya sebagai berikut:

  • Pemaksimum keuntungan tercapat pada saat tingkat produksi di mana hasil penjualan marjinal (marginal ratio) sama dengan biaya marjinal (marjinal cost).
  • Keuntungan akan bertambah apabila menambah produk dan hasil penjualan menggambarkan MR > MC.
  • Di sisi lain, keuntungan akan menurun dan merugi apabila nilai pengukuran menghasilkan MR < MC.

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Tetap dan Biaya Variabel

Contoh Penerapan Analisis Keuntungan Maksimum

Agar lebih memahami bagaimana menerapkan analisis keuntungan maksimum pada operasional perusahaan, berikut gambaran implementasi beserta tips mengatasi dan dampaknya.

Latar Belakang Perusahaan

Sebuah perusahaan manufaktur bernama PT. Jurnal Maju Jaya rutin memproduksi perabotan plastik untuk kebutuhan rumah tangga.

Dalam menghadapi persaingan dan tekanan dari pasar yang cukup pesat saat ini, pihak manajemen akhirnya memutuskan untuk meningkatkan volume penjualan. Kondisi ini untuk menghasilkan pesanan yang lebih besar walaupun berdampak pada biaya produksi yang cenderung meningkat.

Agar tetap dapat menghasilkan bahkan meningkatkan profitabilitas. Bagaimana cara untuk mengoptimalkan produksi dan keuntungan perusahaan PT. Jurnal Maju Jaya?

Berikut, blog by Mekari Jurnal akan menjabarkan cara-cara yang bisa perusahaan lakukan untuk mengoptimalkan arus keluar masuk keuangan, melalui analisis keuntungan maksimum.

Maksimalkan Profit dengan Analisis Keuntungan Maksimum

Langkah-langkah Analisis Keuntungan Maksimum

Identifikasi Variabel Kunci: Perusahaan dapat mengidentifikasi dan menentukan variabel kunci yang mempengaruhi tingkat profitabilitas seperti biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, biaya overhead, dan HPP.

Pengumpulan Data: Perusahaan kemudian dapat mengumpulkan data terkait biaya dan harga jual dari periode sebelumnya, serta melakukan studi pasar untuk memahami permintaan dan harga saingan.

Analisis Cost-Volume-Profit (CVP): Dengan menggunakan analisis CVP, perusahaan ini memahami titik impas (break-even point) dan tingkat produksi minimum yang diperlukan untuk mencapai profitabilitas. Mereka juga mengidentifikasi produk-produk yang memberikan margin keuntungan tertinggi.

Identifikasi Produk Prioritas: Dengan hasil analisis CVP, perusahaan memutuskan untuk memprioritaskan produksi beberapa produk yang memberikan margin keuntungan tertinggi. Ini berarti mengurangi produksi produk dengan margin keuntungan rendah atau bahkan merugi.

Optimasi Supply Chain Management: Perusahaan juga dapat mulai mengoptimalkan rantai pasokan, caranya dapat dimulai dari negosiasi harga bahan baku yang lebih baik, menjalin hubungan yang win-win solution dari seluruh stakeholder, efisiensi biaya produksi, dan mengelola stok dengan lebih efisien.

Menerapkan Strategi Harga yang Efektif: Berdasarkan data yang telah perusahaan kumpulkan sebelumnya, perusahaan dapat mengevaluasi dan menyusun strategi harga dengan lebih efektif. Contohnya seperti memutuskan untuk menaikkan harga produk-produk yang memiliki permintaan tinggi, tetapi tetap berada di bawah harga pesaing.

Pengendalian Biaya: Setelah keseluruhan kegiatan sudah direncanakan dan diimplementasi. Perusahaan bisa melakukan tindakan preventif untuk mengendalikan biaya produksi dengan meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi pemborosan, dan mengotomatisasi beberapa proses produksi.

Hasil yang Dicapai

Melalui penerapan analisis keuntungan maksimum dan langkah-langkah di atas, perusahaan manufaktur PT. Jurnal Maju Jaya berhasil meningkatkan rasio profitabilitas mereka secara signifikan.

Hal ini dapat tercapai karena berhasil membuat perencanaan yang komprehensif dengan mengurangi biaya produksi, memfokuskan upaya pada produk-produk yang lebih menguntungkan, dan memahami pasar dengan lebih baik.

Hasilnya, perusahaan berhasil meningkatkan margin keuntungan secara signifikan dan kestabilan dalam lingkungan bisnis yang kompetitif.

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai langkah yang bisa perusahaan lakukan dalam menerapkan analisis keuntungan maksimum dan meningkatkan profit perusahaan.

Pada dasarnya, melakukan analisis keuntungan maksimum merupakan langkah kunci dalam upaya mengoptimalkan profitabilitas bisnis.

Analisis keuntungan maksimum membantu bisnis mengidentifikasi kombinasi produk atau layanan yang menghasilkan keuntungan terbesar dengan biaya produksi yang lebih efisien.

Profitabilitas yang tinggi adalah tujuan utama bisnis, dan untuk mencapainya, perusahaan perlu melakukan analisis yang cermat terhadap berbagai faktor dan variabel yang mempengaruhi tingkat profitabilitas.

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, analisis keuntungan maksimum adalah alat penting yang dapat membantu perusahaan mencapai tujuan keuangan yang maksimal dan berkelanjutan.

Untuk mempermudah mengelola keuangan perusahaan, Anda bisa menggunakan aplikasi akuntansi Mekari Jurnal.

Melalui Mekari Jurnal, Anda dapat melakukan pencatatan pembukuan secara otomatis sehingga lebih cepat serta terhindar dari resiko kesalahan.

Biaya pengeluaran operasional perusahaan juga dapat diestimasi secara otomatis melalui fitur biaya dan anggaran, sehingga dapat melacak biaya dengan mudah.

Selain itu, fitur laporan keuangan dalam Mekari Jurnal juga sudah terautomasi, memudahkan proses pencatatan transaksi serta perhitungan keuangan.

Tunggu apalagi? Segera daftarkan perusahaan Anda atau berkonsultasi lebih lanjut dengan tim ahli kami sekarang!

Baik, Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Konsultasi dengan Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Kategori : Bisnis
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

Dapatkan E-book Sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

Dapatkan E-book Sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal