Pertanian/peternakan adaah bisnis yang cukup sering kita temui di berbagai lapisan masyarakat. Maklum, Indonesia merupakan negara agraris dan memiliki struktur tanah yang apik sebagai lahan pertanian, perkebunan, dan juga peternakan. Yang membuat akuntansi peternakan lebih kompleks daripada bisnis lain ketika datang ke aset, kewajiban, biaya dan pendapatan.

Tergantung pada negara Anda berada dalam, pertanian dapat cukup industri diatur dan disubsidi. Belum lagi cuaca yang tentu saja dapat memiliki efek dramatis pada laba rugi bisnis Anda. Akuntansi untuk semua faktor ini jauh dari mudah. Tapi dengan sedikit pemikiran dan perencanaan adalah mungkin untuk mengelola keuangan untuk setiap aspek operasi perusahaan Anda. Berikut ini beberapa poin penting untuk diingat tentang akuntansi pertanian/peternakan:

  • Tanah Anda adalah aset. Lahan pertanian/peternakan dikelola dengan baik tidak harus terdepresiasi – bahkan mungkin memiliki nilai yang meningkat. Tapi tanah yang salah urus dapat bertahun-tahun merugi untuk dapat kembali produktif. Jadi biaya pemeliharaan tanah Anda dalam kondisi baik harus selalu diperhitungkan. Beberapa contoh termasuk pupuk, irigasi, drainase, pengelolaan pH tanah, dan pengendalian hama. Jika terpelihara dengan baik, tanah berkualitas baik harus tetap tahun produktif setelah tahun. Jadi apa yang harus dikorbankan untuk menjaga tanah Anda dalam kondisi baik membutuhkan pengeluaran yang baik pula. Pastikan Anda memperhitungkan semua biaya ini.
  • Pahami aset yang Anda miliki. Kebanyakan petani akan tahu berapa banyak hewan yang mereka miliki, jenis, dan usianya. Hewan berkembang biak dan mati, sehingga jumlahnya tidak akan tetap statis. Sangat penting bagi Anda untuk mencatat perubahan aset yang terjadi dari waktu ke waktu.
  • Melacak profitabilitas Anda. Profitabilitas pertanian/peternakan bisa saja sulit untuk diukur. Ada berbagai upaya untuk melakukannya, termasuk: Surplus Pertanian ekonomi atau skema serupa; Laba bulan ke bulan; dan Pendapatan atau keuntungan per satuan luas. Satu-satunya cara untuk benar-benar memahami profitabilitas pertanian dari waktu ke waktu adalah dengan menggunakan software akuntansi pertanian berkualitas baik. Manfaat tambahan dari melakukan hal ini, adalah bahwa Anda dapat menggunakannya untuk membuat perkiraan dan prediksi berdasarkan tren masa lalu.
  • Sebagian petani memiliki beberapa bentuk koneksi internet dewasa ini. Memang diakui bahwa kehidupan pedesaan memiliki kelemahan dalam akses internet,namun cukup untuk kebutuhan dasar internet. Beberapa penggunaan untuk internet pada umumnya dan cloud khususnya meliputi:
    1. Memeriksa harga saham dan tren. Tetap up-to-date dengan angka-angka ini dapat membantu petani memutuskan cara terbaik untuk memanfaatkan lahan mereka.
    2. Peramalan cuca sangat penting, merupakan pengetahuan yang diperlukan untuk hampir setiap jenis pertanian/ dan peternakan.
    3. Menggunakan aplikasi cloud. Alat-alat baru menawarkan akses lebih cepat ke informasi, alat, sumber daya dan rekening bank. Dengan internet, dan terutama komputasi awan, petani dapat mengambil keuntungan dari software pertanian terbaru. Ini berarti Anda dapat mengelola semua sumber daya Anda, pemasok dan mitra dari satu tempat.
    4. Mempertimbangkan untuk menyewa seorang akuntan. Hal ini dimungkinkan untuk mengelola akun dari pertanian/peternakan kecil atau bahkan menengah oleh Anda sendiri, tetapi waktu dan kompleksitas yang Anda miliki mengharuskan Anda untuk bekerja lebih keras. Jika Anda menjalankan sebuah peternakan keluarga maka Anda mungkin dapat menunjuk salah satu anggota keluarga untuk menangani rekening sementara yang lain menjalankan aktivitas sehari-hari dari peternakan.

Jurnal memudahkan penyusunan laporan keuangan Anda lebih cepat, hemat waktu, biaya makin efisien, akses kapan pun di mana saja. Kembangkan bisnis Anda dengan memulai pembukuan yang benar mulai sekarang. Dengan beragam fitur yang diberikan, seperti:

  1. Invoice & PO, buat Faktur Penjualan, Pesanan Pembelian, dan Surat Jalan profesional secara otomatis.
  2. Laporan Cepat & Tepat, susun laporan finansial dan aktivitas bisnis secara real-time dengan 1-klik.
  3. Kontrol Stok Persediaan, monitor stok serta lakukan stok opname untuk laporan tepat.
  4. Kolaborasi Real-time, tambah pengguna lainnya untuk performa kerja multi-tasking.
  5. Online Live Chat Tiap Saat, hubungi kami kapan saja, tim support kami siap membantu Anda.
Author