Jurnal Enterpreneur

6 Manfaat Cloud Computing bagi Dunia Usaha

Kini penggunaan teknologi informasi (TI) dalam berbisnis menjadi hal wajib demi meningkatkan pundi-pundi keuangan. Namun, sebagian besar pengusaha enggan mengeluarkan biaya pemeliharaan sistem TI. Untuk itu, hadir layanan teknologi berbasis Cloud Computing yang bermanfaat bagi dunia usaha.

Cloud Computing merupakan layanan TI untuk pengguna secara fleksibel dengan server virtual berskala besar untuk mempermudah organisasi menjalankan kegiatan. Dengan Teknologi yang biasa diterjemahkan sebagai komputasi awan ini, data dan program bisa disimpan dan diakses melalui internet dari perangkat gadget apapun dan berlokasi di manapun.

Cloud Computing muncul sebagai pilihan utama bagi pengusaha yang tak memiliki modal besar untuk membeli perangkat sistem TI raksasa, atau enggan membayar biaya pemeliharaan. Layanan ini bisa mengurangi investasi awal perusahaan.

Dengan layanan TI berbasis Cloud Computing, perusahaan hanya perlu menyewa layanan kepada penyedia (provider) cloud, tanpa perlu mengeluarkan biaya pemeliharaan. Provider wajib menjaga keamanan layanan TI berbasis cloud dengan baik. 

Berikut 6 manfaat layanan TI berbasis Cloud Computing bagi dunia usaha menurut Williams: 2020 yang dikutip dari buku ‘Cloud Computing: Teori dan Implementasi’ oleh Yo Ceng Giap dkk.

Baca Juga: Cloud Computing: Cari Tahu Definisi dan Sejarah Kehadirannya

Cloud Tak Butuh Investasi Awal

Manfaat utama penggunaan Cloud Computing di dunia bisnis adalah pengguna tidak perlu mengeluarkan investasi awal yang besar untuk membangun perangkat sistem teknologi informasi. Pengguna hanya perlu menyewa platform yang disediakan oleh penyedia layanan cloud. Jadi, tidak perlu ada biaya pembelian perangkat komputer, perangkat jaringan, dan lainnya.

Umumnya, penyedia jasa seperti provider Software as a Service (SaaS) berbasis cloud menawarkan harga sewa yang rendah sehingga mampu membantu efisiensi perusahaan. 

Bayar Sesuai Kebutuhan 

Pengguna dapat menyesuaikan kebutuhan dalam layanan berbasis Cloud Computing sehingga biaya yang dikeluarkan untuk operasional dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini berbeda jika perusahaan membangun sistem informasi sendiri dengan biaya yang besar meski perangkat sedang tak digunakan seluruhnya.

Umumnya, sistem penagihan provider cloud terencana dengan biaya komputasi yang terjangkau. Hal ini akan memudahkan perusahaan menganalisa biaya pengeluaran operasional.

Baca Juga : Cloud Computing: Cari Tahu Definisi dan Sejarah Kehadirannya

Biaya Pemeliharaan dan SDM Berkurang

Layanan diberikan sepenuhnya oleh penyedia sistem berbasis Cloud Computing, termasuk pengelolaan, pemeliharaan, dan keamanan sistem TI. 

Dengan demikian, perusahaan tak perlu lagi membayar biaya pemeliharaan perangkat dan biaya gaji karyawan pengelola sistem TI. Pada akhirnya, penggunaan sistem berbasis cloud bermanfaat untuk mengurangi biaya operasional perusahaan. 

Skalabilitas Cloud Cepat Sesuai Permintaan

Cloud Computing mampu bekerja dengan cepat sesuai kebutuhan para pengguna. Penggunaan sistem ini juga relatif sederhana sehingga tak mengharuskan pengguna untuk menjadi ahli bidang teknologi. 

Penggunaan kapasitas sistem berbasis komputasi awan juga bisa ditingkatkan dengan mudah tanpa membeli peralatan tambahan. 

Cloud Bisa Berbagi Sumber Daya

Para pengguna Cloud Computing bisa berbagi sumber daya ke sesama pengguna lain, misalnya menggunakan server virtual bersama-sama. Tak hanya itu, pengguna Komputasi Awan juga dapat meminimalisir permasalahan operasional sehingga memungkinkan peningkatan sumber daya yang lebih baik.

Manfaat Teknologi Cloud bagi Dunia Usaha

Akses Mudah dan Aman

Pengguna tidak perlu berada pada perangkat komputer yang sama jika ingin mengakses aplikasi untuk keperluan operasional perusahaan. Pengguna dapat mengakses data dan aplikasi dengan mudah dari mana saja asalkan terkoneksi dengan internet.

Tak hanya itu, penyedia layanan berbasis cloud tentu menjaga performa database secara baik dan andal dengan jaminan keamanan yang tinggi. Pasalnya, penyedia layanan hanya berfokus menyediakan layanan itu sendiri, berbeda dengan perusahaan yang berfokus pada bisnis inti.

Manfaat ini juga diberikan oleh software akuntansi online Jurnal by Mekari. Sebagai penyedia layanan Software as a Service (SaaS) berbasis Cloud, Jurnal menampilkan ringkasan bisnis secara berkala yang bisa dilihat dengan mudah bahkan melalui aplikasi mobile dari smartphone pengguna. 

Dengan demikian, pengguna bisa mengelola dan memonitor laporan keuangan secara instan kapanpun dan di manapun.

Jurnal sebagai software laporan keuangan perusahaan juga sangat serius saat menangani keamanan pengguna. Dalam hal ini, Jurnal menyadari bahwa pengguna mempercayakan Jurnal dengan informasi dan dokumen penting yang dimilikinya. Maka itu, informasi pengguna ter-encrypt dan terjaga dengan teknologi dan keamanan terkemuka. 

Jurnal telah tersertifikasi ISO/IEC 27001: Information Security Management System untuk keamanan informasi. Hal ini memastikan seluruh data pengguna yang dimasukkan dan dikelola menggunakan platform Jurnal terjaga keamanannya. 

Software Jurnal by Mekari merupakan pilihan tepat bagi Anda yang membutuhkan bantuan pengelolaan laporan keuangan dengan lebih mudah dan praktis. Jurnal juga menyediakan berbagai fitur pendukung bisnis yang mampu mendorong perkembangan usaha Anda. 

Cari tahu selengkapnya mengenai produk software akuntansi online di website Jurnal. Cukup ketuk banner di bawah ini untuk mendapatkan promo kesempatan meraih diskon 20% dengan free trial 14 days dan 2x training (Minimal subscribe 6 bulan).

Banner Blog

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo