Jurnal Enterpreneur

Mendulang Laba dari Bisnis Seni Lukis ‘Mural’

Belakangan ini, seni melukis dinding atau biasa disebut mural semakin marak di beberapa kota besar. Dulu, seni melukis dinding (mural) dianggap pekerjaan seniman iseng. Tapi kini, sudah banyak pihak yang menggunakan jasa mereka untuk memperindah interior bangunan. Seni mural memang terbilang sudah cukup lama berkembang. Namun, orang awam masih sulit membedakan Antara mural dengan grafiti. Padahal seni Mural dan grafiti sangat berbeda jauh.

Seni mural kini telah menjelma menjadi bisnis kreatif. Untuk target market-nya sendiri adalah mulai dari operator telekomunikasi, pengusaha properti, Pengusaha kafe sampai dengan instansi pemerintah. Media lukisnya sendiri meliputi dinding dan langit-langit gedung, tembok pagar hingga outlet toko yang bersifat permanen. Untuk Anda yang meiliki jiwa seni tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis yang satu ini. Berikut akan kami rangkumkan tentang apa saja yang harus dipersiapkan untuk membangun bisnis ini.

1. Peralatan & bahan yang diperlukan

Untuk memulai bisnis kreatif ini Anda memerlukan beberapa peralatan dan bahan. Peralatan yang diperlukan adalah satu set kuas dari ukuran kecil sampai yang terbesar, kemudian wadah untuk tempat menaruh cat dan airnya, serta tangga untuk menjangkau tempat yang lebih tinggi. Untuk bahan yang harus disediakan adalah cat putih, cat tembok warna dan melamin.

2. Kualitas lukisan

Kualitas lukisan menjadi salah satu faktor yang terpenting dari bisnis ini. Selain bahan berkualitas yang digunakan untuk melukis, ada beberapa faktor lain yang menjadi penentu kualitas sebuah lukisan ‘Mural’. Pertama adalah tema lukisan, Bisakah Anda menghasilkan tema lukisan yang unik (anti mainstream). dan yang kedua Berkarakter, suatu lukisan harus memiliki karakter yang kuat atau ciri khas tersendiri. Dan yang terakhir adalah proses penyempurnaan, tidak perlu terburu-buru dalam pengerjaannya, sempurnakan lukisan dengan seteliti mungkin.

3. Sesuaikan harga dengan bahan yang digunakan

Ada harga, ada kualitas. Ungkapan ini berlaku dalam bisnis seni mural. Tiap harga memiliki daya tahan yang tak sama, tergantung bahan yang digunakan. Setelah lukisan selesai, harus dilapisi dengan melamin. Bahan vernis yang digunakan berfungsi untuk melapisi lukisan agar tampak mengilap dan tahan lama. Semakin berkualitas melamin yang digunakan, semakin lama daya tahan lukisan mural. Oleh karena itu harga dapat ditetapkan sesuai dengan bahan yang digunakan untuk melukis.

4. Aplikasi Pembukuan

Yang terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah aplikasi pembukuan yang tepat untuk membantu pengelolaan keuangan Anda. Aplikasi pembukuan Jurnal akan memberikan kemudahan dalam melakukan pembukuan secara akurat dan tepat. Sehingga tidak ada lagi kesalahan dalam penghitungan keuangan yang dapat merugikan bisnis Anda.

Tren bisnis ini pun mulai mengalami peningkatan kembali dalam lima tahun terakhir. Seiring dengan kian banyaknya bangunan rumah bergaya klasik dan banyaknya permintaan dari orang-orang yang menginginkan keindahan pada tempat usaha yang dibangun mereka. Itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan ketika akan memulai bisnis kreatif Mural. Untuk Anda yang ingin mencoba bisnis ini semoga sukses.

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo