Mekari Jurnal
Daftar Isi
5 min read

Tips Sukses Mendulang Cuan dari Bisnis Seni Lukis Mural

Tayang 06 Nov 2023
Diperbarui 10 Januari 2024

Belakangan ini, seni melukis dinding semakin marak di muncul di berbagai sisi dalam kota yang menampilkan nilai estetika yang tinggi, hal itu yang menggambarkan semakin tingginya tren bisnis seni lukis mural yang semakin cuan.

Dulu, seni melukis dinding (mural) dianggap pekerjaan seniman iseng, atau bahkan ilegal karena dampaknya yang merusak properti pemiliknya tanpa izin.

Tapi kini, sudah banyak pihak yang menggunakan jasa mereka untuk memperindah interior bangunan dalam berbisnis atau bahkan dalam kehidupan pribadi berumah tangga.

Seni mural memang terbilang sudah cukup lama berkembang. Namun, orang awam masih sulit membedakan antara mural dengan grafiti. Padahal seni Mural dan grafiti sangat berbeda jauh.

Mural merupakan sebuah seni lukis yang menggunakan dinding atau tembok sebagai media gambarnya untuk menyampaikan pesan yang tersirat dalam lukisan/gambar.

Seni mural kini telah menjelma menjadi bisnis kreatif. Untuk target market-nya sendiri adalah mulai dari operator telekomunikasi, pengusaha properti, Pengusaha kafe sampai dengan instansi pemerintah.

Media lukisnya sendiri meliputi dinding dan langit-langit gedung, tembok pagar hingga outlet toko yang bersifat permanen.

Untuk Anda yang meiliki jiwa seni tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis yang satu ini.

Peluang Bisnis Seni Lukis Mural Saat Ini

Saat ini, peluang bisnis seni mural di Indonesia sangat menjanjikan. Hal itu karena banyak usaha bisnis atau tempat tinggal yang tertarik untuk mengambil nilai estetika dari seni mural ke eksterior infrastrukturnya.

Adanya nilai estetika ini tentunya dapat meningkatkan daya tarik maupun daya tarik orang-orang dalam melihat bangunan tersebut.

Selain itu, berikut beberapa alasan mengapa seni mural dapat menjadi bisnis yang menarik untuk Anda tekuni:

1. Permintaan yang Tinggi

Permintaan untuk seni mural terus meningkat di Indonesia, terutama dalam konteks penghiasan dinding interior dan eksterior untuk berbagai tempat seperti kafe, restoran, ruang komersial, dan rumah pribadi.

Banyak orang dan perusahaan menginginkan mural yang unik dan menarik untuk menciptakan suasana yang khas.

Baca Juga: 15 Ide Usaha yang Langka Tapi Menguntungkan, Ada yang Tanpa Modal!

2. Ekspresi Kreatif

Seni mural memberikan kesempatan bagi seniman untuk mengungkapkan diri dan menciptakan karya seni yang imajinatif dan bernilai tinggi.

Ini dapat menarik klien yang mencari seniman dalam mewujudkan visi usaha mereka ke dalam bentuk seni yang menarik.

Tentunya, menjalankan bisnis ini juga dapat meningkatkan daya kreativitas orang yang sangat diperlukan dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari.

3. Meningkatkan Estetika Lingkungan Kota

Dahulu pemeritah cukup menentang keras dengan adanya kegiatan lukis mural ini. Namun, berkat regulasi dan aturan yang berlaku serta seniman yang akur dengan aturan tersebut.

Kini pemerintah daerah dan organisasi kota mendukung seni mural sebagai sarana untuk meningkatkan tampilan dan keindahan lingkungan.

Hal ini kemudian menciptakan peluang bagi seniman mural untuk bekerja sama dalam proyek-proyek revitalisasi kota.

Ribuan Pengusaha Sudah Menggunakan Mekari Jurnal untuk Mendukung Bisnis UKM-nya, Kini Saatnya Waktu Anda!

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang!

4. Pendidikan dan Pelatihan

Peluang menjalankan bisnis seni lukis mural terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir, ini dapat terlihat dari adanya peningkatan dalam pelatihan dan kursusnya di Indonesia.

Pelatihan ini memungkinkan calon seniman untuk mengembangkan keterampilan mereka dan memulai bisnis seni mural dengan pengetahuan yang lebih baik, sehingga dapat mencapai kesuksesan dengan lebih cepat.

Baca Juga: 7 Aplikasi dan Software Untuk Belajar Akuntansi Terbaik Gratis

5. Potensi Bisnis Sampingan

Seni mural juga dapat menjadi bisnis sampingan yang menguntungkan bagi orang-orang yang memiliki ketertarikan atau hobi dalam bidang kesenian.

Banyak seniman mural menjalankan bisnis ini bersamaan dengan pekerjaan utama mereka atau bisnis lainnya.

Baca Juga: Cara Mengelola Keuangan Sederhana pada Bisnis Sampingan

Tips Sukses Mendulang Cuan dari Bisnis Seni Lukis Mural

Persiapan untuk Memulai Bisnis Seni Lukis Mural

Untuk memulai bisnis ini, Anda perlu memperhatikan beberapa hal yang mungkin akan Anda perlukan dalam keberlangsungan bisnis seni lukis mural.

Berikut kami rangkumkan tentang apa saja yang harus dipersiapkan dalam membangun bisnis ini.

1. Peralatan & Bahan yang Diperlukan

Untuk memulai bisnis kreatif ini Anda memerlukan beberapa peralatan dan bahan.

Peralatan yang diperlukan adalah satu set kuas dari ukuran kecil sampai yang terbesar, kemudian wadah untuk tempat menaruh cat dan airnya, serta tangga untuk menjangkau tempat yang lebih tinggi.

Untuk bahan yang harus disediakan adalah cat putih, cat tembok warna dan melamin.

2. Kualitas Lukisan

Kualitas lukisan menjadi salah satu faktor yang terpenting dari bisnis ini.

Selain bahan berkualitas yang digunakan untuk melukis, ada beberapa faktor lain yang menjadi penentu kualitas sebuah lukisan ‘Mural’.

Pertama adalah tema lukisan, Bisakah Anda menghasilkan tema lukisan yang unik (anti mainstream).

Yang kedua Berkarakter, suatu lukisan harus memiliki karakter yang kuat atau ciri khas tersendiri.

Kemudian yang terakhir adalah proses penyempurnaan, tidak perlu terburu-buru dalam pengerjaannya, sempurnakan lukisan dengan seteliti mungkin.

3. Sesuaikan Harga dengan Bahan yang Digunakan

Ada harga, ada kualitas. Ungkapan ini berlaku dalam bisnis seni mural.

Tiap harga memiliki daya tahan yang tak sama, tergantung bahan yang digunakan.

Setelah lukisan selesai, harus dilapisi dengan melamin.

Bahan vernis yang digunakan berfungsi untuk melapisi lukisan agar tampak mengilap dan tahan lama.

Semakin berkualitas melamin yang digunakan, semakin lama daya tahan lukisan mural.

Oleh karena itu harga dapat ditetapkan sesuai dengan bahan yang digunakan untuk melukis.

Baca Juga: Cara Menghitung Harga Keseimbangan dengan Rumus

4. Aplikasi Akuntansi UKM

Tips terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah menjalankan bisnis yang ditunjang dengan alat yang dapat mempermudah aktivitas usaha, yaitu dengan aplikasi akuntansi Mekari Jurnal.

Aplikasi akuntansi Mekari Jurnal menjadi pilihan tepat untuk membantu pengelolaan keuangan bisnis Anda mulai dari pencatatan transaksi, rekonsiliasi, invoicing, hingga membuat laporan keuangan.

Aplikasi pembukuan akan memberikan kemudahan dalam melakukan pembukuan secara akurat dan tepat, sehingga tidak ada lagi kesalahan dalam penghitungan keuangan yang dapat merugikan bisnis Anda.

Konsultasikan Secara Gratis dengan Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Anda-pun dapat lebih fokus dalam menjalankan bisnis mural Anda tanpa perlu repot memikirkan pengelolaan keuangan karena sudah dijalankan dengan sistem yang otomatis.

Tren bisnis ini pun mulai mengalami peningkatan kembali dalam lima tahun terakhir. Seiring dengan kian banyaknya bangunan rumah bergaya klasik dan banyaknya permintaan dari orang-orang yang menginginkan keindahan pada tempat usaha yang dibangun mereka.

Itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan ketika akan memulai bisnis seni lukis Mural. Untuk Anda yang ingin mencoba bisnis ini semoga sukses, dan semoga artikel ini bermanfaat.

Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal