15 Ide Usaha yang Langka Tapi Menguntungkan, Ada yang Tanpa Modal!

Usaha yang langka tapi menguntungkan menjadi ide bisnis yang mudah dikelola. Karena unik, usaha ini tidak banyak pesaing namun tetap menarik banyak konsumen.

Di era perkembangan teknologi yang kian pesat seperti saat ini, membuka bisnis bukanlah hal yang sulit. Dengan bermodalkan gadget, Anda sudah bisa mengelola usaha dengan mudah. Contoh bisnis yang patut dicoba adalah usaha yang langka tapi menguntungkan.

Tak seperti bisnis  pada umumnya, usaha yang bersifat langka lebih sedikit pesaingnya. Dengan begitu, peluang untuk mendapatkan keuntungan cukup besar. Selain itu pangsa pasarnya pun jelas, jadi pasti ada konsumen yang membutuhkan.

usaha yang langka tapi menguntungkan

Langkah Awal Memulai Usaha yang Langka tapi Menguntungkan

Untuk memulai sebuah bisnis, diperlukan persiapan yang matang agar pengelolaannya lebih mudah. Selain itu juga untuk mengantisipasi kendala yang dihadapi kelak agar bisnis tersebut bisa tetap bertahan. Adapun langkah awal dalam mengelola usaha yang langka tapi menguntungkan diantaranya adalah:

1.     Menyiapkan Modal

Meski ada beberapa jenis usaha yang tidak pernah sepi dan tidak memerlukan modal, tetap saja sebagai pengusaha pemula Anda harus menyiapkan modal atau budget yang cukup. Kalaupun tidak dipakai untuk sewa tempat ataupun membeli bahan baku, modal tersebut nantinya bisa dipakai untuk kebutuhan lainnya.

Misalnya saja saat terjadi kendala tentang kelistrikan, Anda bisa menggunakan modal untuk memperbaiki masalah tersebut. Besarnya modal disesuaikan saja dengan jenis usaha serta kemampuan yang dimiliki. Tak harus besar, yang penting bisa mengcover seluruh kebutuhan usaha.

2.     Menyiapkan Konsep Bisnis

Bisnis yang dijalankan tanpa konsep maupun tujuan yang jelas, akan sulit berkembang nantinya. Kalaupun bisa mendapatkan banyak untung, belum tentu bisnis tersebut dapat bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Karena itulah sangat penting untuk menyiapkan konsep usaha yang langka tapi menguntungkan. Mulai dari menentukan teknik pemasaran, target pasar, serta harga penjualan.

3.     Menentukan Jenis Produk yang akan Dijual

Langkah awal yang tak kalah penting saat membuka usaha yang langka tapi menguntungkan adalah menentukan produk yang akan dijual. Tidak semua usaha hanya menjual satu jenis produk saja, tetapi juga ada yang menawarkan berbagai produk sesuai dengan konsep bisnis yang dibuat.

Misalnya saja usaha di bidang resto. Produk yang dijual tidak hanya makanan saja tetapi juga aneka jenis minuman serta jajanan. Pengemasan produk pun harus diperhatikan agar mampu menarik banyak konsumen.

15 Ide Usaha yang Langka Tapi Menguntungkan

Jangan takut untuk mencoba usaha yang langka tapi menguntungkan karena jenis bisnis ini cukup minim resiko. Selain itu bila dikelola dengan serius, keuntungan yang diperoleh sangat memuaskan. Berikut ini adalah beberapa inspirasi ide bisnis yang langka tapi tetap bisa mendatangkan untung.

1.     Jasa Sewa Pakaian

Bisnis menyewakan pakaian menjadi salah usaha yang sedang tren saat ini. Pangsa pasarnya pun luas, mulai dari pekerja kantoran, anak kuliahan, hingga remaja. Bisnis ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki koleksi baju dalam jumlah banyak dengan modal yang berbeda.

Lantas bagaimana jika baju yang disewakan mengalami kerusakan? Anda bisa menerapkan denda sekian persen untuk kerusakan yang terjadi. Dengan begitu konsumen akan lebih berhati-hati ketika menggunakan baju tersebut.

Agar usaha yang langka tapi menguntungkan bisa berkembang dengan pesat, ada beberapa tips yang bisa diterapkan. Mulai dari selalu memberikan pelayanan terbaik, selalu menjaga kebersihan, serta memberikan peraturan yang lengkap mengenai cara menyewa baju.

Harga yang bersaing juga bisa mempengaruhi ketertarikan konsumen untuk menyewa baju. Adapun keuntungan yang dihasilkan oleh usaha ini cukup bervariasi tergantung jumlah konsumen yang menyewa. Bahkan untuk menyewakan baju dengan brand ternama, untungnya bisa mencapai jutaan rupiah.

2.     Jasa Cuci Sepatu

Meski terlihat sepele, namun usaha yang langka tapi menguntungkan bisa mendatangkan untung yang cukup menjanjikan. Untuk membuka bisnis ini, modal yang diperlukan pun tidak sedikit bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Modal yang cukup besar tersebut nantinya akan dipakai untuk membeli perlengkapan laundry sepatu. Mulai dari mesin cuci khusus, rak sepatu, pembersih sepatu, pengering, dan lain sebagainya. Pelayanan yang ditawarkan tak sekedar mencuci sepatu.

Tetapi juga ada cuci sandal, perawatan spesial, serta fast cleaning. Tarif yang dikenakan mulai dari 10 ribu hingga 50 ribu rupiah berdasarkan pelayanan yang dipilih. Keuntungan yang diperoleh perbulannya pun cukup fantastis, mencapai puluhan juta rupiah.

3.     Pet Shop

Usaha yang langka tapi menguntungkan tak hanya bisa dikembangkan di kota-kota besar. Di kota-kota kecil pun sudah banyak yang membuka bisnis ini. Jika Anda mengira usaha ini kurang menguntungkan karena target pasar yang tidak jelas, hal tersebut sangatlah keliru.

Faktanya pecinta binatang saat ini jumlahnya semakin meningkat, dari kalangan anak kecil hingga dewasa. Sudah pasti bisnis pet shop akan ramai pengunjung terlebih jika usaha tersebut menjual perlengkapan perawatan hewan dengan harga yang lebih terjangkau.

Selain menjual pakan serta kandang binatang peliharaan, beberapa pet shop juga menawarkan jasa grooming untuk kucing dan anjing. Vitamin dan obat-obatan khusus binatang peliharaan pun bisa mudah ditemukan di pet shop.

4.     Menjual Makanan Tradisional

Jika Anda ingin mencoba usaha yang langka tapi menguntungkan serta minim resiko, menjual makanan menjadi opsi yang tepat. Tantangan utama bisnis makanan tradisional ini adalah persaingan yang cukup tinggi mengingat jumlah pedagang yang menjual produk serupa juga banyak.

Agar bisnis yang Anda kelola tidak kalah saing, lakukan modifikasi agar dihasilkan makanan tradisional yang tetap memiliki ciri khas namun dikemas dalam bentuk yang modern. Selain itu gencarlah melakukan promosi agar produk yang Anda jual semakin terkenal.

Pemilihan lokasi jualan pun sangat berpengaruh pada keuntungan yang didapatkan nantinya. Pilih tempat jualan yang strategis misalnya seperti di daerah wisata ataupun lokasi yang dekat dengan jalan utama. Tetap perhatikan kebersihan untuk menjaga kualitas makanan tradisional yang Anda jual.

5.     Jasa Penitipan Hewan Peliharaan

Selain minim modal, usaha yang langka tapi menguntungkan ini juga jarang rugi. Bisnis yang masih berkaitan dengan pet shop ini menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Ada beberapa alasan mengapa jenis usaha ini mudah berkembang dan pasti untung.

Salah satunya adalah target pasarnya yang sudah jelas. Meski begitu Anda harus tetap rajin melakukan promosi agar bisnis ini bisa lebih dikenal. Pilih lokasi yang strategi agar mudah dijangkau oleh konsumen dari manapun.

Pelayanan yang diberikan pun harus maksimal sebagai upaya untuk membangun kepercayaan konsumen. Misalnya dengan menyediakan peralatan yang lengkap, tempat hewan yang nyaman, serta skill untuk merawat hewan agar tidak mudah stres.

6.     Bisnis Food Truck

Food truck menjadi salah satu bisnis anak muda yang sedang trend saat ini. Kelebihan dari usaha yang jarang rugi ini sifatnya yang portable serta lebih efisien. Karena berjualan diatas kendaraan, maka lokasi jualan bisa berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Mengelola bisnis ini nyatanya tak semudah yang dikira. Meski terbilang unik dan menarik, namun sudah banyak pengusaha lain yang juga mencoba bisnis ini. Bisa dikatakan persaingan usaha yang langka tapi menguntungkan ini cukup ketat terutama di kota-kota besar.

Agar tidak kalah saing, Anda harus pintar melakukan analisis target pasar. Tujuannya untuk mengetahui menu makanan apa yang disukai oleh masyarakat saat ini. Pemilihan lokasi jualan juga berpengaruh. Pilih tempat yang ramai oleh pengunjung misalnya seperti acara car free day, festival, dan sebagainya.

usaha yang langka tapi menguntungkan

7.     Bisnis Mesin Cetak 3 Dimensi

Mesin 3 dimensi merupakan peralatan cetak yang dipakai oleh sebagian sektor usaha. Mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, fashion, otomotif, konstruksi, dan lain sebagainya. Pemakaian mesin ini pun cukup luas seperti pembuatan souvenir, modelling, serta produksi peralatan lainnya.

Bisnis yang termasuk langka ini bisa mendatangkan banyak untung jika Anda pandai mengelolanya. Tak melulu memproduksi mesin 3 dimensi sesuai pesanan, Anda juga bisa membuka layanan lainnya. Contohnya seperti jasa printing 3 dimensi, custom souvenir, dan lain sebagainya.

Mesin 3 dimensi yang ada saat ini bentuknya cukup minimalis sehingga tidak banyak memakan tempat. Jenis usaha ini juga cocok untuk industri UMKM karena tidak memerlukan modal besar, serta minim risiko. Jika usaha ini sudah bisa berjalan, omset yang didapatkan bisa mencapai puluhan juta per bulan.

8.     Bisnis Rage Room

Bisnis yang terkesan nyeleneh ini menjadi salah satu usaha yang langka tapi menguntungkan dan hanya memerlukan modal yang cukup minim. Jika Anda memiliki barang yang tidak dipakai, bisa dimanfaatkan sebagai modal awal bisnis ini.

Sesuai dengan namanya, usaha ini menyediakan tempat untuk meluapkan kekesalan dan kemarahan. Di negara lain, usaha ini terbilang cukup populer dan mampu menarik banyak konsumen. Lain halnya di Indonesia, bisnis rage room terbilang masih baru dan baru sedikit pengusaha yang mencobanya.

Itulah mengapa Anda harus mencoba bisnis ini karena peluangnya masih besar. Untuk memulai bisnis rage room, cukup sediakan ruangan serta isi dengan barang-barang yang tidak dipakai. Karena belum begitu terkenal, maka Anda harus rajin mempromosikan bisnis langka ini.

Selain itu tentukan juga konsep bisnisnya. Mulai dari menentukan target pasar, besarnya tarif dan durasi, serta aturan penggunaan kamar tersebut.

9.     Catering Makanan Organik

Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya makanan sehat, permintaan catering organik pun kian meningkat. Peluang ini bisa Anda manfaatkan untuk mencoba membuka usaha yang langka tapi menguntungkan berupa bisnis catering organik.

Ada beberapa alasan yang membuat bisnis ini mampu berkembang dengan cepat. Diantaranya seperti memiliki target market yang jelas, produknya beragam, serta tidak memerlukan banyak inovasi. Teknik memasak makanan organik pun cukup sederhana, sehingga lebih mudah dibuat.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan jika ingin memulai jenis usaha ini adalah mencari supplier yang cocok dan terpercaya. Setelah itu tentukan besarnya modal yang akan dipakai serta membuat rencana pemasaran yang jitu agar bisa mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

10.  Jasa Membersihkan Dinding

Bisnis yang satu ini memang terlihat sepele, namun ternyata bisa mendatangkan untung yang besar. Jasa membersihkan dinding merupakan contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Menggunakan jasa ini ongkosnya lebih murah dibandingkan mengecat ulang dinding.

Selain itu hasil yang diberikan juga maksimal. Bisnis ini hanya memerlukan peralatan sederhana untuk membersihkan dinding. Diperlukan ketelitian agar tidak ada kotoran yang masih menempel di dinding. Tak hanya menawarkan jasa membersihkan dinding, Anda juga bisa menawarkan pelayanan lainnya.

Contohnya adalah jasa melukis langsung pada dinding. Keahlian ini bisa Anda tawarkan kepada konsumen. Penghasilan yang didapatkan pun akan semakin bertambah. Jangan lupa untuk menerapkan strategi promosi terbaik agar semakin banyak konsumen yang menggunakan jasa ini.

11.  Jasa Foto Katalog Murah

Usaha yang langka tapi menguntungkan yang cukup ramai persaingannya adalah menjalankan bisnis online. Dengan modal minim, para pebisnis bisa mendapatkan omset yang besar. Tentu hasil tersebut tidak didapatkan begitu saja.

Selain memaksimalkan strategi pemasaran, menggunakan katalog produk pun diyakini bisa mendongkrak penghasilan. Peluang ini bisa Anda gunakan untuk membuka jasa foto katalog dengan harga yang relatif terjangkau.

Target utama dari bisnis ini adalah pelaku UMKM yang masih pemula dan belum memiliki modal besar. Bisnis ini bisa Anda jadikan pekerjaan sampingan karena waktu kerjanya yang cukup fleksibel. Selain itu usaha dengan modal minim ini juga dikerjakan secara individu.

Untuk memulai bisnis foto katalog ini, Anda harus memiliki perlengkapan fotografi yang lengkap. Selain itu juga sediakan ruangan khusus sebagai tempat pengambilan foto produk. Untuk tarifnya, Anda bisa menetapkan fee untuk satu produk atau sesuai kesepakatan dengan konsumen.

12.  Bisnis Pengiriman Via Drone

Ide gila yang bisa mendatangkan keuntungan ini juga sudah mulai dilirik oleh pengusaha. Jenis usaha yang langka tapi menguntungkan memang persaingannya masih sedikit karena pelaku usaha tersebut belum begitu banyak.

Apabila ingin mencoba bisnis ini, syarat utamanya adalah Anda harus memiliki drone sebagai sarana transportasi. Kelebihan dari bisnis ini pun cukup banyak, seperti lebih ramah lingkungan, bebas macet, pengiriman lebih cepat, serta bisa menekan biaya operasional.

Meski begitu ada beberapa risiko yang perlu Anda ketahui jika ingin membuka usaha yang langka tapi menguntungkan ini. Mulai dari jarak pengiriman yang kurang fleksibel, ada pembatasan maksimal berat barang yang dikirim, serta rawan pencurian.

Walaupun masih terdapat banyak kekurangan, namun bisnis ini tetap menjanjikan. Terlebih untuk pengiriman ke lokasi dengan medan sulit dan tidak bisa ditempuh menggunakan jenis kendaraan apapun. Kirim barang melalui drone dirasa lebih efektif karena dapat sampai tujuan dengan cepat.

13.  Bisnis Barang Antik

Memulai sebuah bisnis sebenarnya cukup mudah, inspirasinya bisa datang dari hal-hal yang disukai. Untuk Anda yang gemar mencari dan mengumpulkan barang antik, coba saja bisnis jual beli barang berharga tersebut. Keuntungan untuk penjualan satu barang antik bisa mencapai jutaan rupiah.

Usaha yang langka tapi menguntungkan sebenarnya memerlukan modal minim. Untuk mendapatkan barang antik, Anda kumpulkan saja barang-barang antik dari masyarakat. Dengan begitu, Anda tak mengeluarkan banyak budget karena bisa dibeli dengan harga lebih rendah.

Bisnis ini bisa dimulai pelan-pelan sembari belajar bagaimana cara mengembangkan usaha yang unik ini. Buatlah toko seperti layaknya pameran barang antik agar konsumen yang datang merasa lebih nyaman. Gunakan media sosial untuk promosi agar usaha yang Anda kelola semakin ramai pengunjung.

14.  Bisnis Makanan Siap Masak

Masyarakat di era modern seperti saat ini sangat menyukai hal-hal yang praktis. Begitu juga mengenai makanan, mereka lebih menyukai jenis masakan yang mudah untuk dihidangkan. Hanya tinggal menggoreng beberapa menit saja, makanan yang lezat siap disantap.

Meningkatnya permintaan makanan siap masak dijadikan peluang beberapa pengusaha untuk membuka usaha yang langka tapi menguntungkan ini. Kelebihan dari makanan siap masak adalah lebih tahan lama dan rasanya tidak kalah nikmat.

Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka usaha yang serupa yaitu bisnis makanan siap masak. Bisnis ini juga sangat cocok untuk ibu rumah tangga yang suka memasak. Jenis makanan yang ditawarkan pun beragam mulai dari masakan tradisional hingga internasional.

15.  Bisnis Sewa Alat Pendakian

Mendaki gunung menjadi salah satu hobi yang mengasyikkan. Untuk melakukan kegiatan ini diperlukan banyak persiapan mulai dari kondisi fisik yang prima hingga peralatan yang akan digunakan untuk mendaki. Jenis peralatannya pun beragam seperti carrier, tenda, sepatu, kompor camping, dan lain sebagainya.

Untuk pendaki yang hanya sesekali saja melakukan aktivitas ini, mereka lebih memilih untuk menyewa peralatan dibandingkan harus membelinya sendiri. Karena harga dari peralatan tersebut cukup mahal dan jika tidak sering dipakai bisa cepat rusak.

Peluang ini bisa Anda manfaatkan untuk membuka usaha yang langka tapi menguntungkan yaitu sewa alat pendakian. Bisnis ini cukup ramai dicari apalagi jika peralatan yang Anda sediakan lengkap. Sudah pasti akan banyak konsumen yang datang untuk menyewa.

Kunci utama pengelolaan bisnis sewa alat pendakian adalah pelayanan yang memuaskan agar tercipta rasa saling percaya antara Anda dan konsumen. Penerapan strategi pemasaran juga penting untuk bisa meningkatkan penghasilan perbulannya.

Hal sulit dalam mengelola bisnis adalah membuat catatab keuangan untuk mengetahui kondisi finansial perusahaan. Sekarang ada cara mudah untuk membuat catatan tersebut yaitu dengan aplikasi pencatat keuangan usaha.

Itu tadi 15 ide usaha yang langka tapi menguntungkan dan bisa terus berkembang dan bertahan lama jika dikelola dengan serius. Inovasi perlu dilakukan agar konsumen tidak bosan sehingga pendapatan yang diperoleh tidak akan berkurang meski jumlah pesaing terus bertambah. Jangan lupa tiap usaha harus melakukan pembukuan usaha, dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi pembukuan usaha kecil. Semoga bermanfaat!

Siapapun dapat join dan mendapat keuntungan hingga jutaan rupiah dengan referral Mekari Jurnal!

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo