Ingin Sukses? Kenali 10 Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik!

Setiap pengusaha tentunya ingin usaha yang dirintisnya sukses dan berjaya di masa yang akan datang meskipun kesuksesan tidak dapat diraih secara  instan. Tentunya bagi pengusaha yang jeli akan risiko akan mempelajari ciri-ciri peluang usaha yang baik agar dapat diterapkan dalam bisnisnya.

Kebanyakan pengusaha mempertimbangkan baik tidaknya peluang usaha dengan menganalisis potensi usahanya. Salah satu analisis yang banyak digunakan para pengusaha untuk menganalisis bisnisnya adalah menggunakan analisis SWOT.

Apakah itu analisis SWOT dan bagaimana ciri-ciri peluang usaha yang baik yang harus diterapkan dalam setiap usaha? Inilah ulasan untuk Anda!

ciri ciri peluang usaha yang baik adalah

Analisis SWOT 

Analisis SWOT merupakan sebuah teknik analisis yang paling banyak digunakan oleh perusahaan atau organisasi dalam menganalisis bisnis atau suatu proyek. Ini cara yang sangat penting untuk mendeteksi ciri-ciri peluang usaha yang baik dan yang buruk.

Teknik analisis ini membantu para pengusaha dalam mempertimbangkan berbagai faktor yakni faktor internal dan eksternal dalam menyusun sebuah strategi bisnis yang produktif dan efisien. Analisis SWOT menggunakan evaluasi 4 komponen yakni

  • Strengths

Komponen ini merupakan komponen SWOT yang pertama yang berkaitan dengan kekuatan dalam berbisnis.

  • Weakness

Weakness yang berarti kelemahan suatu bisnis

  • Opportunities 

Opportunities berarti peluang sebuah bisnis

  • Threats

Threat berarti ancaman dalam sebuah bisnis

Berdasarkan 4 komponen di atas, analisis SWOT tentunya akan membantu para pengusaha dalam mengatur tingkat kekuatan bisnis, kelemahan, peluang dalam usaha dan ancaman yang dimiliki sebuah usaha yang akan dibangun secara terarah.

Dengan kata lain, analisis tersebut memberikan manfaat bagi seluruh pihak yang terlibat dalam bisnis untuk lebih mudah dalam mengenali bisnis atau proyek dalam perusahaannya.

Jadi kesimpulannya, analisis SWOT dapat membantu Anda dalam merencanakan dan mengatur strategi bisnis berdasarkan faktor yang mempengaruhi suatu bisnis sehingga Anda akan lebih mudah dalam mengambil keputusan secara tepat.

Selain itu, manfaat lain dari analisi SWOT adalah mengenali ciri-ciri peluang usaha yang baik berdasarkan faktor eksternal dan internal yang telah dianalisis.

ciri ciri peluang usaha yang baik adalah

10 Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik

Setelah mempelajari tentang analisis SWOT untuk membantu Anda dalam membuat perencanaan strategi bisnis. Ciri-ciri peluang usaha yang baik pun perlu dipelajari setiap pengusaha untuk menghindari segala bentuk kegagalan dalam usaha, nah, berikut ciri-ciri peluang usaha yang baik yang bisa memberikan keuntungan bagi perusahaan seperti:

  • Bersifat Nyata

Sebuah peluang bisnis harus bersifat nyata dan tidak terkesan mengada-ada. Hal itulah yang menjadi ciri-ciri peluang usaha yang baik pertama yang harus diperhatikan calon pengusaha. Nyata berarti segala sesuatu yang telah Anda rencanakan dalam berbisnis mampu diwujudkan dan tidak sebatas angan-angan belaka.

Jika sebuah peluang bisnis direncanakan hanya dalam angan-angan dan tidak segera direalisasikan tentunya akan menjadi sia-sia dan membuang waktu.

Ciri-ciri peluang usaha yang baik yakni salah satu yang bisa dilakukan untuk menjalankan peluang bisnis yang telah disusun dan direncanakan, Anda tentunya harus menyiapkan modal untuk memulai, sikap serius dan fokus untuk bisnis yang akan dibangun.

Selain itu, sikap konsisten juga sangat diperlukan agar bisnis yang akan dbangun nantinya dapat berkembang. Nah, ciri-ciri peluang usaha yang baik ini tentunya bisa terwujud jika didorong oleh keinginan yang kuat dalam diri, kan?

  • Nilai Jual yang Tinggi

Selanjutnya adalah nilai jual yang tinggi yang menjadi ciri-ciri berikutnya. Dalam sebuah bisnis hal ini tentunya merupakan target bagi para pengusaha untuk mendapatkan keuntungan dalam usahanya. Nilai jual tentunya sangat berhubungan langsung dengan pasar atau konsumen dimana Anda akan menawarkan produk bisnis.

Menelisik dari beberapa produk yang memiliki nilai jual tinggi biasanya memiliki salah satu ciri khas atau keunikan yang akan membuat konsumen memilih dibandingkan produk lainnya. Tentunya keunikan produk ini haruslah berupa keunggulan suatu produk usaha dibandingkan produk lainnya.

Selain keunikan, harga jual juga sangat mempengaruhi nilai jual suatu barang. Kebanyakan konsumen tentunya akan membeli produk yang layak dengan harga yang sesuai dengan kualitas barang. Jika kualitas bagus  dan harganya tergolong affordable tentunya konsumen tak akan berpikir ulang untuk membelinya.

  • Adanya Kreativitas dalam Bisnis

Dalam membangun sebuah bisnis, ciri-ciri peluang usaha yang baik salah satunya adalah harus adanya kreativitas yang tertuang dalam bisnis. Kreativitas juga tak kalah penting dibandingkan dengan omset. Jika kreativitas dalam produk atau bisnis menarik, maka omset akan mengikuti. Hal ini juga tak terlepas dengan keterlibatan tim marketing yang kreatif, loh.

Jika membahas tentang kreativitas tentunya setiap pengusaha memiliki kreativitasnya sendiri dan itulah yang dapat menjadikan suatu ciri khas dalam produk usaha suatu brand. Namun, perlu diperhatikan selain kreativitas Anda juga harus mampu bersaing dengan para kompetitor bisnis secara sehat dan cerdas.

Seperti yang diketahui, dunia bisnis itu keras dan banyak pesaing diluaran yang terus berinovasi dalam mengembangkan ide bisnisnya. Nah, agar ciri-ciri peluang  usaha yang baik bisa dikenali, pengusaha dituntut untuk terus belajar dan berinovasi agar bisnis tak ketinggalan dengan pesaing lainnya.

  • Bertahan dalam Waktu  Lama

Ciri-ciri peluang usaha yang baik adalah yang bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Bertahan atau tidaknya suatu bisnis juga bergantung dalam strategi bisnis dan marketing yang Anda jalankan. Saat ini hampir keseluruhan pebisnis mengandalkan sosial media maupun website untuk menjalankan bisnisnya.

Hal ini juga menjadi ide agar Anda juga memanfaatkan media yang ada dan mengurangi anggaran pengeluaran usaha untuk pemasaran. Tak hanya di bidang pemasaran, ide yang disisipkan dalam suatu bisnis juga perlu mengikuti perkembangan zaman.

Saat ini, tak sedikit pebisnis memanfaatkan hal-hal viral guna memperoleh keuntungan berlimpah dalam bisnisnya. Meskipun mengikuti hal-hal viral, namun jangan sampai menghilangkan ciri khas dari brand yang telah Anda bangun, ya.

  • Tingkat Risiko yang Kecil

Ciri-ciri peluang usaha yang baik kelima adalah bisnis memiliki risiko yang kecil. Dalam suatu bisnis, tidak ada yang namanya bisnis tanpa risiko. Adanya adalah bisnis dengan risiko yang kecil. Terlebih bagi para pengusaha pemula, risiko dalam berbisnis adalah salah satu yang menjadi pertimbangan untuk membangun suatu bisnis.

Padahal setiap risiko pasti ada solusi penyelesaiannya asalkan risiko suatu bisnis yang dibangun tidak terlalu besar. Bagi pebisnis yang membuka bisnisnya tanpa mempertimbangkan risiko dan hanya ingin keuntungan besar, pasti kurang menyadari risiko besar yang akan dihadapi.

Salah satu cara mengantisipasi risiko besar suatu bisnis adalah dengan memilih peluang bisnis yang tergolong ringan namun prospek ke depannya cerah dan segera mengenali ciri-ciri peluang usaha yang baik dalam bisnis Anda.

  • Sesuai Kebutuhan dan Permintaan dalam Masyarakat

Ciri-ciri peluang usaha yang baik berikutnya adalah dibangun dan dijalankan sesuai dengan permintaan masyarakat. Suatu produk diproduksi guna memenuhi tingkat kebutuhan masyarakat baik produk barang atau jasa. Dalam menjalankan bisnis tentunya Anda ingin produk bisnis milik Anda dibeli dan laku terjual, bukan?

Ambil saja contoh  penjualan kebutuhan bahan makanan seperti daging sapi, ayam maupun sayuran yang tentunya masyarakat sangat membutuhkannya. Setiap orang tentu akan mencari karena kebutuhan tersebut merupakan kebutuhan pangan pokok.

Meskipun diluaran ada banyak sekali pesaing yang menjual produk serupa, namun barang tersebut masih akan tetap dicari masyarakat karena kebutuhan mereka. Lebih-lebih jika harga jual produk Anda lebih miring dan kualitasnya bagus dibandingkan yang lain, siap-siap omzet yang besar juga akan Anda terima.

  • Bisa beradaptasi dalam Segala Situasi dan Kondisi

Berikutnya adalah mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi dan perkembangan zaman. Mungkin salah satu usaha akan ramai pada suatu waktu, namun pada waktu berikutnya belum tentu jika usaha yang dibuat kurang mampu beradaptasi dengan kondisi yang terjadi. Seperti yang diketahui bisnis itu sifatnya seperti ombak yang ada pasang surutnya.

Ambil saja contoh saat pandemi Covid-19, tak sedikit pengusaha yang banting setir bahkan gulung tikar karena usaha yang sebelumnya dibangun kurang bisa beradaptasi pada pandemic. Oleh sebab itu, ini juga perlu dipertimbangkan untuk kelangsungan bisnis Anda.

  • Produk Usaha yang Mudah Diakses Semua Orang

Dalam sebuah bisnis yang dijalankan, tentunya disertai adanya produk berupa barang atau jasa entah itu merupakan hasil sendiri atau berasal dari supplier. Ciri-ciri yang satu ini bertujuan agar Anda lebih memperhatikan strategi distribusi produk yang akan dibuat.

Terlebih jika produk yang Anda sediakan begitu diminati masyarakat, usahakan produk tersebut harus selalu ada dan mudah untuk dijangkau. Bagaimanapun, seberapa besarnya suatu peluang usaha jika tidak disertai dengan ketersediaan barang yang mudah diakses maka keberhasilan juga akan minim.

Minimal sediakan produk yang dapat dijangkau semua kalangan dan dapat diperoleh di segala tempat sesuai dengan target pasar. Itulah ciri-ciri peluang usaha yang baik ke delapan yang dapat Anda terapkan dalam berbisnis

  • Kebutuhan Modal Minim

Ciri-ciri selanjutnya adalah modal yang merupakan salah satu komponen utama dalam berbisnis. Modal adalah salah satu hal yang sangat diperlukan untuk kelangsungan dan dalam taraf membangun bisnis. Namun, ciri-ciri peluang usaha yang baik haruslah minim modal agar pelaku bisnis tidak terus menerus mengeluarkan modal selama usaha dan berujung tekor.

Usaha yang sehat menghasilkan keuntungan banyak dengan modal minim bukan malah sebaliknya. Agar terhindar dari kerugian karena usaha yang menghabiskan modal, Anda harus menganalisis ulang penggunaan modal dalam usaha dan mengganti strategi bisnis yang lebih efisien.

  • Nilai Kerugiannya Kecil

Tak berbeda dengan ciri-ciri peluang usaha yang  baik sebelumnya, poin terakhir adalah nilai kerugian dalam sebuah bisnis harusnya kecil. Hal ini perlu diperhatikan untuk pada pengusaha pemula agar terhindar dari kerugian.

Memang hal ini kadang terlintas dalam benak pengusaha yang baru akan membangun bisnisnya, namun mental pengusaha yang baik harus tahan banting dengan pemikiran ini.

Agar menambah kewaspadaan, sebaiknya melakukannya dengan menganalisis usaha terlebih dahulu dan mempertimbangkan risiko dan kerugian yang akan didapatkan dalam sebuah usaha.

Anda juga perlu menyiapkan rencana cadangan untuk mengatasi hal ini jika memang benar-benar terjadi. Selain itu, melakukan riset usaha yang ada di pasar juga sangat penting untuk mempertimbangkan risiko kerugian.

Contoh riset yang bisa dilakukan untuk bisnis Anda misalnya jika Anda tertarik dengan bisnis fashion, tentunya model fashion yang akan Anda buat harus terus mengikuti perkembangan zaman agar tetap up to date dan perhatikan para pesaing, efek jangka panjangnya serta nilai kerugian.

Setiap pengusaha harus menyiapkan solusi untuk segala kemungkinan terburuknya sehingga ketika hal itu terjadi, Anda tak hanya tinggal menjalankan solusi yang telah disusun.

ciri ciri peluang usaha yang baik adalah

Rekomendasi Peluang Usaha Jangka Panjang

Ada beberapa rekomendasi peluang usaha jangka panjang yang dapat Anda terapkan bagi Anda yang sedang mencari peluang usaha jangka panjang yakni

  1. Bisnis property

Setelah mengenali ciri-ciri peluang usaha yang baik, rekomendasi peluang jangka panjang yang pertama adalah bisnis properti. Bisnis ini disebut bisnis yang tak lekang zaman karena setiap tahun nilai property terus bertambah dan selalu dibutuhkan oleh orang yang ada di bumi ini.

Terlebih jika Anda memiliki modal untuk membeli sebidang tanah, itu dapat dijadikan modal awal untuk membangun bisnis properti Anda karena keuntungan dari penjualan dapat dijadikan modal tambahan untuk mengembangkan bisnis.

  1. Bisnis Kebutuhan Pokok

Setiap orang membutuhkan kebutuhan pokok untuk mencukupi kebutuhan hidup. Kebutuhan pokok disini contohnya kebutuhan pangan, pakaian, dan keperluan mandi. Kebutuhan ini selalu dibutuhkan hingga kapanpun.

Untuk memulai bisnis ini, Anda tak harus membutuhkan modal yang banyak hingga jutaan rupiah karena Anda bisa menyiapkan stok dalam jumlah yang kecil untuk dijual. Jika Anda dapat membangun bisnis ini sesuai dengan analisis ciri-ciri peluang usaha yang baik, dapat dipastikan kesuksesan akan berpihak pada Anda.

  1. Bisnis Content Creator

Bisnis ini dapat menjadi ide bisnis jangka panjang jika Anda benar-benar serius menjalankannya dan terus mengembangkan ide sesuai dengan perkembangan trend terkini. Disini content creator yang dimaksud mulai dari freelancer hingga berkembang menjadi selebgram atau youtuber.

Untuk mengawalinya Anda memerlukan media dan kreativitas yang dapat menarik minat orang untuk menonton konten Anda. Memang saat ini banyak sekali pengusaha yang ingin menjadi content creator dengan memanfaatkan fasilitas yang ada.

  1. Bisnis Sayuran

Sayuran tak beda halnya dengan kebutuhan pokok seperti beras dan lauk pauk. Setiap orang pasti membutuhkannya hingga kapanpun sehingga peluang ini bisa dijadikan sebagai peluang usaha jangka panjang.

Anda dapat memulai bisnis sayuran dengan berbagai cara mulai dari cara tradisional hingga cara modern berbasis teknologi seperti yang marak dilakukan pengusaha sayur modern berjualan sayur via aplikasi.

  1. Bisnis Kuliner

Saat  ini bisnis kuliner tengah naik daun karena tingginya minat masyarakat untuk mencoba berbagai hidangan kuliner yang unik, enak dan sesuai dengan lidah mereka. Bisnis kuliner dapat dijadikan pilihan untuk membuka usaha baru.

Untuk membuka bisnis yang satu ini, Anda harus menyiapkan modal, ide masakan yang kreatif dan rasa yang menggugah selera sehingga bisa tetap diminati oleh berbagai kalangan.

Modal yang dibutuhkan untuk bisnis ini dapat menyesuaikan budget yang Anda miliki karena bisnis kuliner dapat dimulai dari menu yang sederhana. Kunci kesuksesan dari bisnis kuliner adalah rasa yang dapat diterima masyarakat, porsi yang sesuai dan harga yang affordable dan dapat dijangkau semua kalangan baik kalangan menengah atas hingga bawah.

Itulah tadi penjelasan mengenai 10 ciri-ciri peluang usaha yang baik. Jika Anda memiliki sebuah bisnis usahakan untuk memiliki manajemen keuangan perusahaan yang baik agar bisnis Anda mampu bertahan sehingga diperlukan aplikasi komputer akuntansi dari Mekari Jurnal.

Tak hanya itu, ajak rekan bisnismu dengan cara bergabung pada program referral dari Mekari Jurnal untuk ikut menggunakan aplikasi Mekari Jurnal. Dapatkan keuntungan hingga jutaan rupiah!

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo