10 Ciri Ciri Peluang Usaha yang Akan Merugikan & Anda Harus Perhatikan!

Sebuah peluang usaha tersedia merupakan kesempatan bagi para calon pengusaha untuk memperoleh keuntungan guna memenuhi segala kebutuhan dan kelangsungan bisnisnya.

Di dunia bahkan di sekitar Anda banyak sekali peluang usaha yang bisa dijadikan ide atau prospek untuk membuka bisnis baru. Namun tentu anda harus memperhatikan ciri ciri peluang usaha yang akan merugikan bisnis anda.

Bagi pengusaha yang ingin bisnisnya bertahan lama tentunya akan memikirkan jauh ke depan risiko dan prospek usahanya. Namun, rupanya tak semua peluang usaha dinilai baik karena ada beberapa ciri ciri peluang usaha yang akan merugikan yang perlu diperhatikan para calon pengusaha.

Agar Anda lebih jelas memahami ciri ciri peluang usaha yang akan merugikan berikut sajiannya untuk Anda!

ciri ciri peluang usaha yang akan merugikan

10 Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Akan Merugikan

Peluang usaha yang buruk tentunya akan merugikan siapa saja bahkan untuk pengusaha yang melakukan usaha dengan totalitas dan menggunakan modal yang besar.

Dalam hal ini, pengusaha yang ingin totalitas dalam membangun usahanya perlu memperhatikan ciri ciri peluang usaha yang akan merugikan agar terhindar dari kerugian besar dan bisa menghanguskan modal yang digunakan seperti:

  1. Faktor Risiko yang Besar

Salah satu ciri ciri peluang usaha yang akan merugikan adalah memiliki faktor risiko yang besar. Memang dalam bisnis resiko sering kali terjadi, namun bisnis yang baik memiliki risiko yang sangat minim.

Risiko yang besar dalam bisnis ditakutkan akan menimbulkan berbagai macam kendala dalam keberlangsungan bisnis bahkan bisa menyebabkan kegagalan jika pengusaha tidak mampu mengatasi risiko yang terjadi.

Faktor risiko ini tentunya berpengaruh juga dengan jumlah modal yang akan dilepaskan dan keuntungan yang akan didapatkan dalam berbisnis. Jika modal lebih besar dari pendapatan tentunya akan menghasilkan kerugian.

  1. Bersifat Musiman atau Tidak Jangka Panjang

Bisnis musiman bukan hanya terjadi saat adanya hari spesial atau hari Nasional melainkan bisnis yang muncul karena sebuah trend yang ramai diperbincangkan masyarakat. Biasanya setiap ada sesuatu yang viral, pengusaha akan memanfaatkan tren tersebut sebagai ladang mencari cuan. Namun, bagaimana tentang prospek jangka panjang bisnis musiman?

Bisnis yang muncul karena sebuah tren sesaat atau musiman biasanya tak akan bertahan lama dan ini menjadi ciri-ciri peluang usaha yang buruk. Keuntungan dalam bisnis musiman bisa dikatakan sangat besar dan lonjakan permintaan barang tak jarang terjadi. Akibatnya, muncul berbagai masalah seperti kelangkaan barang. Konsumen tentunya akan kecewa dengan fenomena tersebut.

Namun, jika tren sudah mulai surut dan sepi peminat, barang yang semula disediakan dalam jumlah banyak akhirnya tidak terjual dan mengakibatkan kerugian. Tentunya ciri ciri peluang usaha yang akan merugikan ini harus lebih diperhatikan mengingat saat ini para pengusaha ingin menempuh jalur instant yang memanfaatkan tren yang tengah beredar.

  1. Sumber Daya yang Kurang Memadai

Ketersediaan sumber daya yang buruk dapat menjadi ciri-ciri peluang usaha yang buruk. Salah satu syarat berjalannya sebuah usaha adalah adanya sumber daya yang memadai yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen.

Maka tentu saja, ketersediaan sumber daya atau bahan suatu produk yang susah ditemukan tentunya akan menyulitkan calon pengusaha untuk membuat produknya. Tak hanya bahan sumber daya berupa sarana dan prasarana yang kurang memadai juga dapat menyebabkan bisnis menjadi terhambat.

  1. Ketidaklayakan Usaha untuk Dijalankan

Salah satu ciri ciri peluang usaha yang akan merugikan lainnya yakni ketidaklayakan usaha untuk dijalankan. Jika bisnis yang dijalankan tidak layak tentu akan menghasilkan kegagalan usaha di masa mendatang.

Maka dari itu, sebelum memulai usaha hendaknya calon pengusaha menganalisis kelayakan usaha yang ingin dilaksanakan sebelum mulai terjun tanpa mempertimbangkan risiko yang akan terjadi di masa yang akan datang. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini, pengusaha dapat menerapkan teknik analisis kelayakan usaha yang akan dijalankan.

  1. Skala Usaha yang Tidak Berkembang

Membangun sebuah bisnis dari 0 kerap kali terjadi hambatan seperti pertumbuhan bisnis yang terhambat dan skala usaha yang tidak berkembang yang menjadi suatu ciri-ciri peluang usaha yang buruk. Maksud skala usaha yang tidak berkembang disini adalah skala usaha hanya berada di titik yang sama bahkan bisa jadi di titik yang lebih rendah dan mengalami penurunan omzet.

Jika hal tersebut terjadi, maka pengusaha wajib mencari tahu akar masalah skala usaha yang tidak berkembang tersebut. Tentunya, hal ini membutuhkan kerja otak, waktu dan tenaga dan kerja keras yang selama ini dibangun akan menjadi sia-sia.  Ada berbagai penyebab skala usaha tidak berkembang seperti strategi pemasaran yang buruk, bertahan di zona nyaman dan berbagai alasan lainnya.

  1. Ide Usaha Tidak Orisinil

Hal pertama yang harus dipikirkan untuk memulai sebuah bisnis adalah sebuah ide bisnis. Dalam pemilihan ide bisnis, pengusaha yang jeli harus memperhatikan keorisinilan ide. Ide usaha yang tidak orisinil menjadi salah satu ciri ciri peluang usaha yang akan merugikan dan bisa saja mengakibatkan usaha yang akan dibangun tak akan bertahan lama.

Ide yang tidak orisinil berasal dari tren atau hanya ikut-ikutan saja tanpa mempertimbangkan risiko ke depannya. Fenomena ini kerap kali dialami para pengusaha pemula yang membangun bisnis hanya berdasarkan ikut-ikutan dan akhirnya bisnis tidak berkembang dan inovasi dalam bisnis macet.

Padahal dalam kegiatan berwirausaha, membutuhkan kerja otak untuk terus memikirkan inovasi, omzet dan prospek ke depannya. Selain itu, ide usaha yang membosankan akan menjauhkan minat konsumen terhadap produk Anda dan justru akan mendapatkan feedback negative dari orang di sekitar Anda.

  1. Menghabiskan Modal

Bisnis memang membutuhkan modal baik uang, tenaga, waktu dan pikiran. Namun, jika modal yang digunakan sangat besar dan hanya menghabiskan waktu tanpa untung yang sebanding tentu akan mengecewakan. Usaha yang dibangun dengan menghabiskan modal adalah salah satu ciri-ciri peluang usaha yang buruk.

Hal tersebut jika tidak disertai dengan ide orisinil, inovasi dan perencanaan yang matang, modal tentunya akan menguap dengan sia-sia. Ditambah dengan banyaknya persaingan bisnis di luaran yang mungkin jika Anda hanya mengandalkan modal yang besar saja bisnis Anda akan terancam.

  1. Nilai Kerugian Besar

Menyambung dari ciri ciri peluang usaha yang akan merugikan yakni menghabiskan modal yang berbanding lurus dengan nilai kerugian yang besar. Hal ini bisa terjadi jika marketing dan pendapatan dalam usaha lebih sedikit dibandingkan modalnya. Mau tidak mau, Anda harus mengulang bisnis dari awal untuk memperbaiki hal ini.

  1. Sulit untuk Diterima Pasaran

Ciri ciri peluang usaha yang akan merugikan lainnya adalah sulit diterima pasaran. Hal ini berkaitan dengan ide penciptaan produk yang membosankan, biasa dan harga jual yang mahal. Setiap masyarakat ingin membeli produk yang bagus sesuai kebutuhan dengan harga terjangkau.

Namun, jika harga yang ditetapkan terlalu mahal tentu konsumen akan berpikir untuk membeli produk yang lebih murah dan fungsi yang sama. Penggunaan ide yang biasa saja dalam sebuah produk juga bisa jadi produk sukar diterima pasaran karena sudah banyaknya produk sama di pasaran bahkan mungkin dengan keunikannya sendiri.

ciri ciri peluang usaha yang akan merugikan

  1. Produk yang Kurang Memenuhi Kebutuhan Masyarakat

Ciri ciri  peluang usaha yang akan merugikan terakhir adalah produk kurang memenuhi kebutuhan masyarakat. Pembuatan produk harus memenuhi kebutuhan dan daya beli masyarakat. Pembuatan produk yang asal-asalan dan tergolong kurang dibutuhkan masyarakat tentu akan membuat minat masyarakat rendah dan nilai penjualan menjadi merosot.

Contoh fenomena yang terjadi terkait produk yang kurang memenuhi kebutuhan masyarakat misalnya saja saat pandemi banyak pengusaha yang mengalami kerugian karena tidak terjualnya produk karena hal yang dibutuhkan masyarakat saat pandemi adalah bahan-bahan penangkal virus seperti vitamin, vaksin, masker, hand sanitizer dan lain sebagainya.

Produk yang Kurang Mendapatkan Minat Masyarakat

Maka sangat perlu bagi calon pengusaha memperhatikan Ciri-ciri Peluang Usaha yang Akan Merugikan ini dan memperhatikan fenomena yang sedang terjadi sebelum mulai memproduksi atau menawarkan produknya di masyarakat. Di dunia ada beberapa contoh produk yang kurang diminati masyarakat seperti :

  • Air mineral rasa buah dianggap gagal karena kurang diterima sebagian besar masyarakat
  • Nasi goreng instan dianggap gagal karena dirasakan kurang menarik dan kurang fresh
  • Mie goreng rasa kuah yang dianggap gagal karena dianggap membingungkan dan akhirnya tidak begitu laku
  • Minuman soda serbuk yang gagal karena masih kalah bersaing dengan minuman bersoda kemasan botol.
  • Apple Newton
  • Nintento Virtual Boy
  • Dan masih banyak lagi.

Mengapa Penting Memperhatikan Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Buruk?

Dalam membangun bisnis penting sekali memperhatikan ciri ciri peluang usaha yang akan merugikan. Untuk mengantisipasi segala kegagalan dalam berbisnis. Mengapa penting memperhatikan ciri ciri tersebut?

Karena untuk melakukan evaluasi terhadap peluang bisnis yang ingin dijalankan dan agar bisa menentukan strategi yang lebih bagus dalam menerapkan ide bisnis. Selain itu, fungsi lain mengetahui ciri ciri peluang usaha yang akan merugikan adalah memberikan Anda wawasan terkait penyebab kegagalan sebuah usaha yang dijalankan.

Peluang usaha yang akan merugikan tidak bisa diabaikan begitu saja karena hal ini juga termasuk analisis bisnis yang menyangkut kelangsungan suatu bisnis. Setelah mengetahui ciri-cirinya, diharapkan para calon pengusaha bisa lebih selektif dalam memilih peluang usaha untuk bisnis.

ciri ciri peluang usaha yang akan merugikan

Cara Mengantisipasi Kegagalan Sebuah Usaha

Dalam bisnis kegagalan sangat lumrah terjadi, namun akan lebih baik jika kegagalan dalam usaha tidak pernah terjadi agar usaha, modal, waktu dan tenaga yang dikeluarkan tidak sia-sia. Ada beberapa cara untuk mengantisipasi kegagalan dalam sebuah usaha yakni :

  1. Terapkan sistem manajemen bisnis yang baik

Manajemen bisnis adalah suatu proses perencanaan sampai pengontrolan usaha yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sumber yang ada guna memaksimalkan hasil. Manajemen bisnis yang baik misalnya :

  • Analisis persaingan dagang yang akan terjadi, proses ini dibutuhkan untuk menentukan strategi yang tepat untuk membuat produk yang bersaing.
  • Lakukan teknik pemasaran dengan tepat, teknik pemasaran bisa dilakukan dengan memanfaatkan media sosial atau teknologi.
  • Pahami dan analisis usaha yang akan dibangun mulai dari prospek, lokasi, target dan kendala yang akan terjadi.
  • Lakukan evaluasi pada produk jika telah diproduksi dan lengkapi sumber daya yang diperlukan untuk berbisnis seperti sarana dan prasarana, bahan dan tenaga yang diperlukan.
  • Lakukan juga evaluasi bisnis guna meminimalisir kesalahan dalam usaha yang lebih fatal.
  1. Tambah wawasan terkait bisnis, teknik marketing dan strategi bisnis

Wawasan dalam bisnis sangat diperlukan karena teknologi dan bidang keilmuan semakin berkembang. Pengusaha yang minim wawasan akan tertinggal dengan pengusaha yang selalu belajar demi perkembangan bisnisnya.

Selain itu, belajar tekning marketing juga diperlukan untuk strategi promosi dan menarik minat pembeli. Wawasan terkait bisnis bisa didapatkan dari berbagai sumber seperti internet, buku hingga video youtube.

Dalam bisnis strategi marketing juga memegang peranan penting karena mengandalkan kemampuan langsung untuk menarik pembeli membeli dagangan milik Anda. Marketing tak hanya dilakukan melalui media sosial, video atau website saja melainkan banyak jalan kreatif yang bisa diterapkan untuk melakukan marketing.

Selain itu, strategi bisnis tak kalah penting untuk dilakukan dan ada banyak sekali jenisnya, Anda bisa belajar strategi marketing untuk menjalankan bisnis.

  1. Analisis Potensi Kegagalan Usaha

Kegagalan dalam usaha merupakan hal yang paling krusial karena sebagian besar pebisnis yang kurang mengontrol  dan menganalisis usahanya tidak menyadari bisnisnya sedang turun bahkan mengalami kegagalan. Oleh sebab itu, melakukan analisis potensi kegagalan usaha sangat diperlukan di awal pembangunan bisnis.

Saat bisnis berjalan dan saat tutup buku akhir bulan sebagai evaluasi perkembangan bisnis yang dijalankan. Memperhatikan Ciri-ciri Peluang Usaha yang Akan Merugikan juga termasuk salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk analisis potensi kegagalan.

  1. Teruslah Berinovasi

Pengusaha yang berkembang dan selalu memperbaiki kinerjanya selalu berinovasi dan melihat ciri ciri peluang usaha yang akan merugikan untuk usaha yang akan dibangunnya. Karena seorang pengusaha paham jika inovasi merupakan salah satu kunci keberhasilan suatu usaha. Tujuannya adalah menarik minat konsumen di pasaran.

Inovasi dalam bisnis berkaitan dengan ciri khas suatu merek usaha. Namun, ada hal yang sangat penting dalam membuat inovasi sebuah produk yakni seorang pengusaha perlu paham situasi dan kebutuhan barang yang dibutuhkan oleh masyarakat. Bagaimana caranya?

Caranya Anda harus melakukan survey pasar dan mengkaji hal yang paling banyak dibutuhkan masyarakat. Kemudian, Anda dapat menciptakan produk sesuai survey yang telah dilakukan. Jangan lupa untuk menggunakan packaging yang menarik sebagai branding usaha Anda juga. Selain itu, harga yang bersaing juga perlu Anda perhatikan jika ingin menciptakan suatu produk untuk masyarakat.

  1. Lakukan Kontrol Keuangan dengan Terperinci

Kontrol keuangan secara terperinci termasuk salah satu hal yang wajib dilakukan pengusaha untuk   mengelola aset keuangan yang dimiliki, melakukan pengecekan pengeluaran dan pemasukan keuangan dan mengontrol hasil penjualan.

Keuangan adalah hal yang sangat krusial bagi sebuah bisnis. Oleh karenanya proses manajemen keuangan sangat diperlukan untuk mengontrol laju keuangan dalam sebuah bidang usaha.

Maka dari itu, dibutuhkan skill dan sistem seperti oada proses pumbukuan toko yang bisa juga dilakukan dengan maksimal dengan tambahan online invoice untuk bisnis lebih mudah dan tersistematis.

Tak hanya itu, fungsi dari manajemen keuangan adalah dapat dijadikan bahan perbaikan dan evaluasi terhadap usaha yang sedang atau akan dijalankan. Biasanya proses manajemen keuangan dilakukan ketika akan mulai membuka usaha (membuat rencana keuangan), saat usaha sedang berjalan dan ketika akhir tahun dan akhir bulan.

Sistem manajemen keuangan dalam suatu usaha membuat pengusaha bisa dengan mudah menerapkan strategi bisnis yang lebih efisien untuk meningkatkan pendapatan usahanya.

Nah, itulah ulasan mengenai ciri ciri peluang usaha yang akan merugikan dilengkapi dengan cara mengantisipasi kegagalan usaha yang mungkin terjadi terlebih pada pengusaha pemula. Sebenarnya setiap usaha itu menguntungkan jika Anda bisa menerapkan berbagai ilmu dan memperhatikan ciri-ciri peluang usaha yang telah dijabarkan di atas.

Tambahan! Jadilah jutawan dengan mengikuti program referral dari Mekari Jurnal dengan cara bergabung dan mengajak rekan bisnis Anda menggunakan software Mekari Jurnal.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo