Cara Membuat Laporan Laba Rugi Perusahaan F&B

Cara membuat laporan laba rugi sebagai salah satu laporan keuangan perlu diperhatikan pelaku bisnis, termasuk perusahaan di sektor Food and Beverages (F&B). Untuk memastikan bisnis dapat bertahan, perusahaan F&B perlu mengontrol keuangannya. Dengan demikian, perusahaan F&B dapat mengembangkan usaha dengan lebih cepat.

Untuk memahami cara membuat laporan laba rugi secara lebih komprehensif, Anda dapat mengikuti pelatihan dan kursus online Gratis di Mekari University.

Mekari University merupakan platform penyedia layanan edukasi berbasis teknologi untuk membantu para pemilik bisnis dan profesional meningkatkan kemampuannya.

Melalui Mekari University, Anda akan memperoleh wawasan lebih luas terkait topik manajemen akuntansi, pengelolaan arus kas, strategi pengelolaan pajak korporasi, manajemen inventory, dan masih banyak topik penting lain.

Laporan laba rugi perusahaan F&B juga penting untuk mengevaluasi kinerja perusahaan. Kinerja tersebut dapat dinilai berdasarkan pemasukan serta pengeluaran perusahaan F&B. Berdasarkan laporan laba rugi, perusahaan dapat menilai bahwa performa keuangan perusahaan F&B tersebut baik atau tidak.

Laporan laba rugi perusahaan F&B juga menjadi pertimbangan dalam menentukan strategi atau keputusan untuk kemajuan perusahaan. Dengan laporan keuangan tersebut, strategi perusahaan dapat dipertimbangkan berdasarkan data, bukan berdasarkan perkiraan. Sehingga laporan laba rugi perusahaan bisa menjadi indikator dalam menentukan strategi perusahaan.

Secara sederhana, laporan laba rugi merupakan laporan yang memuat data di mana perusahaan dapat mengetahui pemasukan hingga pengeluaran finansial pada periode tertentu. Laporan laba rugi juga merupakan salah satu dari susunan tahapan akuntansi yang disusun setelah neraca saldo dan jurnal penyesuaian, atau setelah neraca lajur atau worksheet disusun.

Komponen Laporan Laba Rugi

Sebelum membahas mengenai cara membuat laporan laba rugi perusahaan F&B, kita perlu mempersiapkan beberapa laporan keuangan terlebih dahulu. Untuk membuat laporan laba rugi perusahaan F&B, kita perlu mengetahui neraca saldo, jurnal penyesuaian, beserta neraca lajur atau worksheet. Berikut penjelasannya:

Neraca Saldo

Neraca saldo adalah tahap pertama dalam menyusun jurnal penyesuaian dan neraca lajur. Laporan neraca saldo memuat daftar rekening buku besar dengan saldo debit dan kredit. Laporan neraca saldo juga digunakan untuk memastikan keseimbangan debit dan kredit dari seluruh buku besar.

Baca Juga: 5 Format Laporan Keuangan yang Wajib Anda Ketahui

Jurnal Penyesuaian

Setelah laporan neraca saldo dibuat, jurnal penyesuaian disusun untuk membuat penyesuaian transaksi tertentu. Dengan menyusun jurnal penyesuaian, Anda dapat memastikan apakah ada transaksi yang belum tercatat atau masih tidak sesuai dengan akhir periode. Jurnal penyesuaian disusun pada akhir periode sebelum penyusunan laporan keuangan untuk menyesuaikan saldo-saldo perkiraan yang kemudian akan menunjukkan keadaan sebenarnya.

Neraca Lajur (Worksheet)

Neraca lajur atau worksheet disusun untuk mempermudah dalam penyusunan laporan keuangan. Penyusunan neraca lajur berdasarkan neraca saldo yang kemudian disesuaikan dengan data jurnal penyesuaian. Sehingga saldo yang sudah disesuaikan dapat terlihat pada kolom neraca saldo yang sudah disesuaikan.

Baca Juga: Kiat Kelola Laba Rugi di Tengah PSBB Fase 2

Cara Membuat Laporan Laba Rugi Perusahaan F&B

Setelah neraca lajur disusun, barulah kita dapat mengetahui cara membuat laporan laba rugi, khususnya untuk perusahaan F&B. Laporan laba rugi disusun langsung dari neraca lajur. Dalam menyusun laporan laba rugi, kolom neraca dan laba rugi pada neraca lajur disesuaikan formatnya sehingga lebih mudah dibaca dan dianalisa. Berikut contoh laporan laba rugi perusahaan F&B:

Walaupun terlihat sederhana, namun menyusun laporan keuangan seperti laporan laba rugi untuk perusahaan F&B memerlukan waktu lebih panjang jika dilakukan secara konvensional. Pencatatan secara manual juga berisiko dalam hal akurasi. Padahal, data yang terdapat pada laporan laba rugi perusahaan F&B sangat krusial dan berpengaruh pada hasil akhir sehingga perlu disusun dengan seksama.

Sebagai solusinya, Anda dapat menggunakan software akuntansi online Jurnal by Mekari sebagai alat otomasi keuangan untuk membantu proses pencatatan dan pemantauan laporan keuangan bisnis Anda.

Apliksai Jurnal by Mekari dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Dengan menggunakan Jurnal, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik.

Sementara itu, jika Anda ingin mengetahui lebih jauh terkait strategi mengelola laporan keuangan secara lebih dalam, Anda cukup mendaftar kursus online gratis melalui website Mekari University, kemudian pilih kelas online sesuai dengan topik yang Anda inginkan. Untuk info selengkapnya, tekan banner di bawah ini.


PUBLISHED07 Oct 2020
Lavinda
Lavinda


Kategori : Accounting