Cara Membuat Laporan Laba Rugi Perusahaan F&B

Membuat laporan laba rugi perusahaan sebagai salah satu laporan keuangan perlu diperhatikan pelaku bisnis, termasuk perusahaan di sektor Food and Beverages (F&B).  Bagaimana bentuk, format, dan cara buat laporan keuangan laba rugi perusahaan F&B? Disini, Blog Mekari Jurnal akan mencoba mengulas dan membahas hal tersebut.

Untuk memastikan bisnis dapat bertahan, perusahaan F&B perlu mengontrol keuangannya.

Dengan demikian, perusahaan F&B dapat mengembangkan usaha dengan lebih cepat.

Laporan laba rugi adalah hal yang penting untuk mengevaluasi kinerja perusahaan.

Kinerja tersebut dapat dinilai berdasarkan pemasukan serta pengeluaran perusahaan F&B.

Sebelum Belajar Cara Buat Laporan Keuangan Laba Rugi Perusahaan Food And Beverage, Pahami Dulu Beberapa Hal Ini

Berdasarkan laporan laba rugi, perusahaan dapat menilai bahwa performa keuangan perusahaan F&B tersebut baik atau tidak.

Contoh laporan laba rugi perusahaan F&B juga menjadi pertimbangan dalam menentukan strategi atau keputusan untuk kemajuan perusahaan.

Dengan laporan keuangan tersebut, strategi perusahaan dapat dipertimbangkan berdasarkan data, bukan berdasarkan perkiraan.

Sehingga laporan laba rugi perusahaan bisa menjadi indikator dalam menentukan strategi perusahaan.

Secara sederhana, laporan laba rugi adalah laporan yang memuat data di mana perusahaan dapat mengetahui pemasukan hingga pengeluaran finansial pada periode tertentu.

Laporan laba rugi perusahaan dagang juga merupakan salah satu dari susunan tahapan akuntansi yang disusun setelah neraca saldo dan jurnal penyesuaian, atau setelah neraca lajur atau worksheet disusun.

Apa Saja Komponen yang Ada Pada Laporan Laba Rugi Perusahaan F&B?

Sebelum membahas mengenai cara membuat laporan laba rugi perusahaan F&B, kita perlu mempersiapkan beberapa laporan keuangan terlebih dahulu.

Untuk membuat laporan laba rugi perusahaan food and beverage, kita perlu mengetahui neraca saldo, jurnal penyesuaian, beserta neraca lajur atau worksheet.

Berikut penjelasannya:

Neraca Saldo

Neraca saldo adalah tahap pertama dalam menyusun jurnal penyesuaian dan neraca lajur.

Laporan neraca saldo memuat daftar rekening buku besar dengan saldo debit dan kredit.

Laporan neraca saldo juga digunakan untuk memastikan keseimbangan debit dan kredit dari seluruh buku besar.

Jurnal Penyesuaian

Setelah laporan neraca saldo dibuat, jurnal penyesuaian disusun untuk membuat penyesuaian transaksi tertentu.

Dengan menyusun jurnal penyesuaian, Anda dapat memastikan apakah ada transaksi yang belum tercatat atau masih tidak sesuai dengan akhir periode.

Jurnal penyesuaian disusun pada akhir periode sebelum penyusunan laporan keuangan untuk menyesuaikan saldo-saldo perkiraan yang kemudian akan menunjukkan keadaan sebenarnya.

Neraca Lajur (Worksheet)

Neraca lajur atau worksheet adalah disusun untuk mempermudah dalam penyusunan laporan keuangan.

Penyusunan neraca lajur berdasarkan neraca saldo yang kemudian disesuaikan dengan data jurnal penyesuaian.

Sehingga saldo yang sudah disesuaikan dapat terlihat pada kolom neraca saldo yang sudah disesuaikan.

Baca juga: Mengenal Komponen dan Cara Buat Neraca Lajur

Contoh Cara Membuat Laporan Laba Rugi Perusahaan F&B

Setelah neraca lajur disusun, barulah kita dapat mengetahui cara membuat laporan laba rugi, khususnya untuk perusahaan F&B.

Laporan laba rugi disusun langsung dari neraca lajur.

Pada dasarnya, contoh membuat laporan laba rugi ialah menyusun kolom neraca dan laba rugi pada neraca lajur disesuaikan formatnya sehingga lebih mudah dibaca dan dianalisa.

Berikut contoh laporan laba rugi perusahaan food and beverages dengan mengunakan fitur laporan dari software akunting Jurnal.

 

Walaupun terlihat sederhana, namun menyusun contoh laporan keuangan perusahaan baru seperti laporan laba rugi untuk perusahaan food & beverages memerlukan waktu lebih panjang jika dilakukan secara konvensional.

Pencatatan secara manual juga berisiko dalam hal akurasi dan rawan terjadi kesalahan perhitungan.

Padahal, data yang terdapat pada laporan laba rugi perusahaan dagang dan perusahaan F&B sangat krusial dan berpengaruh pada hasil akhir sehingga perlu disusun dengan seksama.

Baca Juga : Mengenal Siklus Akuntansi Perusahaan Manufaktur

Buat Laporan Laba Rugi Lebih Mudah Dengan Fitur Laporan Aplikasi Akuntansi Mekari Jurnal

Sebagai solusinya, Anda dapat menggunakan software akuntansi online Jurnal sebagai alat otomasi keuangan untuk membantu proses pencatatan dan pemantauan laporan keuangan bisnis Anda.

Aplikasi Mekari Jurnal dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur.

Seperti laporan keuangan, laporan laba rugi perusahaan F&B,  persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

Dengan menggunakan aplikasi pembukuan usaha dari Jurnal, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik.

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Sementara itu, jika Anda ingin mengetahui lebih jauh terkait strategi mengelola laporan keuangan secara lebih dalam, Anda cukup mendaftar kursus online gratis melalui website Mekari University, kemudian pilih kelas online sesuai dengan topik yang Anda inginkan.

Kategori : Akuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo