Bagaimana Dampak Teknologi Informasi dalam Bisnis

Ketika ditanya mengenai bagaimana dampak teknologi dalam bisnis saat ini, kita semua sudah pasti setuju bahwa dampak yang diberikan cukup besar.

Dampak teknologi informasi dalam bisnis saat ini dapat dirasakan dari cara teknologi membuat semua aktivitas bisnis semakin mudah, cepat, dan juga aman.

Setelah itu, pasti banyak di antara Anda yang bertanya-tanya bagaimana dampak teknologi informasi dalam bisnis saat ini secara lebih mendalam? Oleh karena itu, berikut telah kami sajikan penjelasan lengkapnya di bawah ini.

bagaimana dampak teknologi informasi dalam bisnis saat ini

Seperti Apa Dampak Teknologi Informasi dalam Bisnis Saat Ini?

Teknologi telah mendorong banyak proses canggih di banyak ranah bisnis. Seiring dengan semakin majunya teknologi, perannya dengan bisnis akan terus berkembang.

Teknologi telah me-revolusi bisnis seperti yang kita ketahui, dan perusahaan di berbagai industri ingin memanfaatkannya untuk meningkatkan tenaga kerja mereka, membangun pengenalan merek, dan meningkatkan laba. Beberapa area di mana teknologi telah mengubah bisnis termasuk akuntansi, pengumpulan data, penjualan, dan digital promosi.

Dampak teknologi informasi dalam bisnis saat ini yang pertama dapat dirasakan dalam hal globalisasi. Teknologi informasi telah memungkinkan bisnis untuk mencapai jangkauan yang lebih luas.

Sekarang lebih dari sebelumnya, lebih mudah bagi perusahaan untuk melakukan bisnis di seluruh dunia. Email, teks, pesan instan, situs web, dan aplikasi telah membuat komunikasi global lebih cepat dan efektif dari sebelumnya.

Dampak teknologi informasi dalam bisnis saat ini selanjutnya dapat dirasakan dalam hal kolaborasi dan akses. Bisnis telah sedikit meningkatkan komunikasi internal, memungkinkan karyawan di banyak perusahaan untuk bekerja dari rumah selama pandemi virus corona.

Jaringan komunikasi memungkinkan manajer untuk mengakses dan berbagi data di dalam departemen mereka serta di seluruh organisasi mereka. Bisnis telah mengandalkan pada alat kolaborasi canggih untuk menyelesaikan pekerjaan yang biasanya hanya terjadi secara langsung.

Ketika ditanya mengenai bagaimana dampak teknologi informasi dalam bisnis saat ini, banyak orang pasti langsung terbesit tentang keamanan cyber. Setiap organisasi bisnis pasti memiliki informasi yang ingin mereka lindungi dari pesaing, peretas, dan pihak lain yang mencoba merusak perusahaan, itulah sebabnya keamanan siber menjadi prioritas utama bagi bisnis.

Secara garis besar, teknologi juga memungkinkan bisnis untuk mendukung upaya layanan pelanggan eksternal serta membantu individu dalam organisasi. Ada ratusan platform yang merampingkan alur kerja tetapi juga memfasilitasi proses kerja. Mendapatkan umpan balik juga lebih mudah karena komunikasi juga lebih efisien.

Misalnya, departemen help desk TI telah merampingkan pekerjaan mereka berkat sistem tiket yang memberikan informasi yang tepat waktu dan akurat. Penerapan sistem kerja jarak jauh selama COVID-19 telah menunjukkan bahwa tidak hanya karyawan dapat bekerja dari jarak jauh, tetapi dukungan teknologi juga mampu menangani pekerjaan dengan baik.

Berkat kemajuan teknologi, orang-orang menjadi lebih mudah dalam membawa pekerjaannya ke mana saja. Jika Anda tidak memiliki laptop atau tablet, sekarang Anda dapat menggunakan ponsel untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Teknologi seluler telah mengambil momentum karena untuk kenyamanan, efisiensi, dan kecepatannya.

Tren BYOD (Bring Your Device) sedang meningkat di banyak organisasi, di mana karyawan dapat membawa teknologi yang mereka gunakan di rumah.

Berikut Bagaimana Dampak Teknologi Informasi dalam Bisnis Saat Ini

  • Dampak pada Biaya Operasi

Dampak teknologi informasi dalam bisnis yang pertama dapat dirasakan dalam biaya operasi. Dalam hal ini, para pelaku bisnis dapat memanfaatkan kemudahan teknologi untuk semakin menurunkan biaya usaha. Perangkat lunak perusahaan dasar memungkinkan perusahaan untuk mengotomatisasi fungsi back office, seperti pencatatan, akuntansi, dan penggajian.

Teknologi seluler memungkinkan kantor pusat dan perwakilan lapangan berinteraksi secara waktu nyata. Misalnya, lapangan perwakilan dapat menggunakan aplikasi seluler untuk mencatat pengeluaran harian mereka saat mereka mengeluarkannya dan menyinkronkannya secara otomatis dengan perangkat lunak akuntansi di kantor.

  • Mengamankan Informasi Sensitif

Yang kedua dapat dirasakan pada keamanan informasi. Pemilik bisnis juga dapat menggunakan teknologi untuk menciptakan lingkungan yang aman guna memelihara informasi bisnis atau informasi konsumen yang sensitif.

Banyak jenis teknologi bisnis atau program perangkat lunak yang mudah digunakan dan memungkinkan pemilik bisnis dengan latar belakang kecil dalam teknologi informasi untuk memanfaatkan alat dan fitur mereka sebaik mungkin. .

  • Peningkatan Proses Komunikasi

Bagaimana dampak teknologi informasi dalam bisnis saat ini yang ketiga dapat dirasakan dalam hal peningkatan proses komunikasi Teknologi bisnis membantu bisnis kecil meningkatkan proses komunikasi mereka.

Email, SMS, situs web, dan aplikasi kini bisa memfasilitasi peningkatan komunikasi dengan konsumen. Menggunakan beberapa jenis metode komunikasi teknologi informasi memungkinkan perusahaan memenuhi pasar ekonomi dengan pesan mereka.

Teknologi juga meningkatkan komunikasi antar kantor. Misalnya, perangkat lunak intranet sosial memberi karyawan portal terpusat untuk mengakses dan memperbarui dokumen dan kontrak internal serta menyampaikan data yang relevan ke departemen lain secara instan. Metode ini juga membantu perusahaan menjangkau konsumen melalui perangkat seluler di format waktu nyata.

  • Peningkatan Produktivitas Karyawan

Selanjutnya dapat dirasakan pada peningkatan produktivitas karyawan. Pelaku usaha dapat meningkatkan produktivitas karyawan mereka melalui penggunaan teknologi.

Program komputer dan perangkat lunak bisnis biasanya memungkinkan karyawan untuk memproses lebih banyak informasi secara lebih cepat dan akurat daripada metode manual.

Bahkan teknologi bisnis mendasar dapat berdampak besar pada kinerja karyawan. Misalnya, dengan menempatkan informasi penilaian kinerja karyawan dalam kerangka online, para manajer dapat dengan mudah membuat tujuan terukur bagi karyawan mereka untuk mencapai dan mempertahankan tujuan perusahaan.

Pemilik bisnis juga dapat memilih untuk memperluas operasi menggunakan teknologi daripada karyawan jika teknologi akan memberikan hasil produksi yang lebih baik.

  • Perluas Basis Pelanggan

Kelima dapat dirasakan pada perluasan basis pelanggan. Teknologi memungkinkan usaha menjangkau pasar ekonomi baru. Daripada hanya menjual barang atau jasa konsumen di pasar lokal, para pengusaha juga dapat menjangkau pasar regional, nasional, dan internasional. Situs web ritel adalah cara paling umum bagi pengusaha untuk menjual produk di beberapa pasar ekonomi yang berbeda. .

Situs web mewakili opsi berbiaya rendah yang dapat diakses konsumen 24/7 saat perlu membeli barang atau jasa. Pemilik usaha kecil juga dapat menggunakan iklan internet untuk menjangkau pasar dan pelanggan baru melalui spanduk atau iklan web yang ditempatkan dengan pertimbangan khusus.

  • Kolaborasi dan Outsourcing

Keenam dapat dirasakan pada sistem kolaborasi dan outsourcing. Teknologi informasi dalam bisnis memungkinkan para pelaku usaha untuk melakukan kolaborasi serta outsourcing fungsi bisnis satu ke bisnis lainnya di lingkungan bisnis tertentu.

Outsourcing dapat membantu perusahaan menurunkan biaya dan fokus untuk menyelesaikan fungsi bisnis yang mereka lakukan dengan baik.

Pemilik usaha kecil dapat mempertimbangkan untuk melakukan outsourcing beberapa operasi jika mereka tidak memiliki fasilitas yang tepat atau tenaga kerja yang tersedia. Teknologi outsourcing juga memungkinkan bisnis untuk melakukan outsourcing fungsi ke area yang paling murah, termasuk negara asing.

  • Pengelolaan Pekerjaan dengan Lebih Mudah dan Hemat Waktu

Sekanjutnya yang terakhir dapat dirasakan pada sistem pengelolaan pekerjaan dengan lebih mudah. Teknologi telah memungkinkan pemilik dan pemimpin bisnis untuk tetap berada di puncak pekerjaan mereka dengan melacak waktu dan kemajuan.

Dengan alat manajemen proyek berbasis web, Anda dapat berkolaborasi secara efisien dengan tim Anda dan berbagi akses pada dokumen.

Jika Anda kebetulan berada di bisnis renovasi, perbaikan atau konstruksi atau bidang terkait, menampilkan gambar “sebelum dan sesudah” menawarkan bukti yang meyakinkan tentang nilai yang dapat ditambahkan oleh layanan atau produk Anda.

Efek menyampaikan manfaat sebenarnya dari produk atau layanan Anda pasti akan mengubah prospek bisnis Anda menjadi pembeli serius.

bagaimana dampak teknologi informasi dalam bisnis saat ini

Komponen Penunjang Dalam Teknologi Informasi

Ketika membahas bagaimana dampak teknologi informasi dalam bisnis saat ini, bisnis bersistem digital tak lengkap apabila kita tidak menelusuri komponen-komponennya juga. Oleh karena itu, yuk kita simak bersama penjelasan lengkap mengenai komponennya di bawah ini!

  • Komputer

Komputer yang dilengkapi paket perangkat lunak kantor dan produktivitas memungkinkan pekerja untuk menulis surat, menganalisis informasi keuangan, mengirim dan menerima email, dan merancang presentasi penjualan.

Ada dua jenis utama komputer, yakni komputer pribadi (PC) yang beroperasi menggunakan Microsoft Windows adalah yang paling umum, dan Komputer Mac yang menggunakan sistem operasi Apple Computer populer di kalangan profesional kreatif.

  • Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak atau software adalah program yang dirancang secara khusus untuk bisa menyediakan fungsionalitas tertentu pada komputer atau perangkat elektronik lainnya.

Perangkat lunak berkisar dari program pengolah kata seperti MSWord hingga program yang sangat kompleks yang memungkinkan pengembang untuk membuat gambar 3D virtual dari produk baru. Secara harfiah jutaan aplikasi perangkat lunak tersedia untuk bisnis dan memilih perangkat lunak yang paling tepat untuk mencapai tujuan bisnis yang telah ditetapkan.

  • Jaringan Komputer

Beberapa komputer sering dihubungkan untuk membentuk jaringan Hal ini memungkinkan orang-orang dalam suatu organisasi untuk berbagi dokumen atau informasi, menyediakan gudang pusat untuk menyimpan dokumen, atau bagi orang-orang untuk berkomunikasi menggunakan email di dalam kantor. Jaringan komputer juga memungkinkan beberapa komputer untuk berbagi printer atau perangkat penyimpanan.

Strategi yang Dapat Dilakukan oleh Para Pelaku Bisnis untuk Meningkatkan Peran Teknologi Informasi Dalam Bisnis

  1. Catat Kebutuhan dan Aplikasi Teknologi Anda

Masa pandemi membuktikan bahwa terkadang bisnis harus segera mengubah praktik mereka jika mereka berharap dapat bertahan melalui risiko apa pun yang mungkin ditimbulkan oleh ekonomi. Misalnya, pergeseran luas ke pekerjaan jarak jauh membuat banyak bisnis berjuang untuk menyesuaikan sistem dan kebijakan kerja virtual tepat waktu.

Namun, perusahaan yang berfokus pada teknologi dapat dengan cepat memanfaatkan banyak aplikasi bermutu tinggi untuk komunikasi virtual di luar sana di pasar untuk memastikan kesuksesan mereka dengan sebaik-baiknya.

Mampu menyesuaikan diri dengan perubahan kebutuhan seperti ini memerlukan inventarisasi tujuan serta akomodasi karyawan. Pertimbangan mengenai di mana dan kapan pekerja perlu berkomunikasi, bagaimana Anda akan menskalakan untuk memenuhi permintaan konsumen, dan platform perangkat lunak dan perangkat mana yang dapat Anda gunakan untuk menjawab bagaimana dampak teknologi informasi dalam bisnis saat ini.

bagaimana dampak teknologi informasi dalam bisnis saat ini

  1. Petakan Model Bisnis Anda untuk Skalabilitas

Solusi yang Anda butuhkan sekarang tidak selalu merupakan solusi yang Anda perlukan nanti. Di membuat kanvas model bisnis menjadi hal yang penting. Ini adalah peta bisnis Anda dan bagaimana bisnis bereaksi dan bergantung pada berbagai sektor ekonomi. Dengan memetakan rencana yang menyeluruh dan akurat, Anda dapat mengenali pola dan rencana ketidakpastian dengan lebih baik.

Mulai dari pertanyaan tahap awal, apa yang pelanggan dapatkan dari produk Anda? Dari sana, Anda dapat mulai merencanakan bagaimana Anda dapat menggunakan teknologi untuk menskalakan bisnis Anda ke area baru. Apakah itu berarti peningkatan pasar online atau pasar fisik baru, Anda memerlukan teknologi dan perangkat lunak untuk membantu Anda berkembang.

Buat peta bisnis yang akurat dan perhatikan titik pertumbuhan di mana inovasi teknologi akan menjadi investasi penting. Di sinilah kita dapat melihat bagaimana dampak teknologi informasi dalam bisnis saat ini.

  1. Sederhanakan Bisnis Anda dengan Layanan Data Cloud

Selanjutnya, rencanakan cara Anda dapat menyederhanakan dan mengkonsolidasikan sistem, server, dan peralatan Anda. Semakin kompleks penyiapan Anda, semakin banyak yang akan Anda keluarkan untuk biaya operasional. Untungnya, kemajuan teknologi memudahkan pengoperasian dengan sederhana dan aman.

Dengan layanan data cloud, Anda dapat mengamankan semua data penting perusahaan, bahkan untuk karyawan yang bekerja dari jarak jauh. Inilah sebabnya mengapa bisnis modern semakin mendigitalkan praktik mereka.

Digitalisasi tidak hanya menawarkan peluang untuk pekerjaan jarak jauh, tetapi juga memungkinkan Anda mengurangi penyimpanan dan pemborosan kertas. Pada saat yang sama, jaringan Anda akan terus didukung oleh pakar TI dan perlindungan keamanan siber terbaru.

Layanan data cloud memungkinkan Anda agar tidak perlu khawatir untuk mengikuti kemajuan teknologi di bidang komunikasi data karena penyedia cloud Anda akan melakukannya untuk Anda. Dari sini kita dapat melihat bagaimana dampak teknologi informasi dalam bisnis saat ini.

  1. Menggunakan Aplikasi Pendukung

Untuk dapat mengetahui bagaimana dampak teknologi informasi dalam bisnis saat ini, kita dapat mencobanya langsung dengan memanfaatkan aplikasi pendukung. Biasanya, banyak perusahaan di Indonesia yang menerapkan teknologi terbaru ke ranah bisnisnya dengan menggunakan aplikasi seperti online accounting software dan bookkeeping software.

Semoga bermanfaat!

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo