Jurnal Enterpreneur

Contoh Pembukuan Toko Excel Sederhana, Download Sekarang!

Ingin membuat pembukuan sederhana untuk toko Anda dengan menggunakan Excel, berikut ini adalah contoh yang bisa Anda download sekarang juga!

Jika Anda tengah merintis usaha saat ini, jangan berfokus pada pemasaran produk saja. Pembukuan toko juga sangat penting untuk diperhatikan.

Dengan adanya pembukuan atas usaha Anda, maka aliran dana untuk tiap transaksi dapat dipantau. Bukan itu saja, keberadaan pembukuan dapat memudahkan Anda dalam upaya pengembangan usaha.

Hal ini kerap terlewat oleh para pengusaha pemula. Padahal, pembukuan toko justru hal terpenting dalam membangun pondasi usaha Anda agar bisa bertahan bahkan berkembang.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pengertian  Pembukuan Toko dan Pentingnya bagi Usaha Anda

Pembukuan toko atau usaha skala kecil merupakan proses pencatatan atas setiap transaksi keuangan yang dilakukan secara sistematis, terstruktur dan berkala.

Pencatatan atau dokumentasi tersebut meliputi modal, kekayaan, pemasukan, anggaran, beban dan juga total harga pendapatan serta pelimpahan atas barang maupun jasa.

Pembukuan akan ditutup atau disebut dengan istilah tutup buku pada akhir periode. Hasil dari tutup buku tersebut adalah laporan yang membentuk neraca laba-rugi.

Neraca laba-rugi sendiri merupakan cerminan dari kondisi keuangan suatu usaha dalam satu periode tertentu. Bisa defisit atau dalam keadaan rugi, tetapi bisa juga surplus atau terdapat sisa uang tunai.

Baca juga: Seberapa Penting Aplikasi Pembukuan Usaha Untuk Pedagang 

Di sinilah letak pentingnya pembukuan toko. Dengan dibuatnya pembukuan, maka arus keuangan akan lebih teratur dan terpantau.

Pada usaha berskala kecil terdapat kecenderungan mencampur adukkan keuangan. Pada akhirnya hasil usaha kerap terpakai untuk keperluan pribadi ataupun sebaliknya.

Sementara kebiasaan tersebut hanya akan menimbulkan kerancuan. Hal terburuknya, usaha tidak dapat bertahan karena pendapatan juga modal justru habis untuk kebutuhan pribadi.

Selain memisahkan antara keuangan pribadi dan usaha, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapat dari pembukuan toko. Berikut ini sedikit uraian singkatnya.

Kelola Usaha Mikro Kecil secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Manfaat Pembukuan Toko bagi Usaha

Pembukuan dalam sebuah usaha terlebih yang baru saja dimulai, akan sangat membantu dalam pengelolaan keuangan. Selain itu juga ada banyak manfaat lainnya, seperti diantaranya adalah:

  1. Menjadi alat kontrol biaya operasional usaha
  2. Memberikan informasi jumlah utang dan piutang yang dimiliki
  3. Meminimalkan risiko kehilangan produk yang berupa barang, uang atau bahkan aset usaha
  4. Untuk mengelola arus keuangan dan melakukan penyesuaian yang berpengaruh pada laba-rugi dari usaha yang Anda jalankan
  5. Menghitung kewajiban sebagai wajib pajak yang melakukan kegiatan usaha
  6. Untuk memantau progress dari usaha yang sedang Anda jalankan

Setelah mengetahui manfaat dan juga pentingnya pembukuan toko, pastikan Anda mulai membuatnya. Hal ini demi kelangsungan usaha dan juga memastikan kesehatan kondisi keuangan Anda.

Lalu, bagaimana cara membuat pembukuan sederhana untuk usaha toko pemula dengan Excel? Yuk, kita lihat ulasan selanjutnya!

Langkah Membuat Pembukuan Toko Sederhana Serta Contoh dengan Excel

Oleh karena usaha yang Anda jalankan baru saja dirintis, maka hanya memerlukan template pembukuan yang sederhana. Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mulai membuat akun dasar dari pembukuan.

  1. Catatan Transaksi Pengeluaran

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika memulai sebuah usaha adalah mencatat setiap pengeluaran. Catatan ini harus dibuat khusus atau terpisah.

Transaksi pengeluaran yang harus Anda catat dan tidak boleh terlewat ialah biaya pembelian bahan baku produk, biaya operasional, pembelian alat dan juga upah karyawan.

Tujuan dari pencatatan pengeluaran secara terpisah adalah untuk mengetahui total modal awal yang dikeluarkan secara keseluruhan.

Dari situ Anda akan lebih mudah merencanakan harga produk, strategi pemasaran dan lain sebagainya untuk bisa mengembalikan modal tersebut.

Baca juga: Laporan Keuangan Pemasukan dan Pengeluaran Excel, Download Sekarang!

  1. Catatan Transaksi Pemasukan

Usai membuat catatan untuk segala bentuk pengeluaran, selanjutnya membuat catatan untuk setiap pemasukan. Sama halnya dengan catatan pengeluaran yang dibuat terpisah atau khusus, begitu juga dengan catatan pemasukan ini.

Transaksi yang harus Anda catat dalam buku ini seperti misalnya, hasil penjualan produk, piutang yang sudah dibayar dan juga pemasukan lainnya. Pencatatan pemasukan harus dilakukan terus menerus setiap hari.

Tujuannya adalah untuk mengetahui besaran laba maupun rugi dalam tiap transaksi per harinya. Pencatatan yang rapi dan tertib tiap harinya akan mempermudah pembuatan laporan keuangan bulanan.

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk Keputusan Bisnis Lebih Cepat dan Akurat

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

 

  1. Buku Kas Utama

Untuk bisa membuat pembukuan toko, maka pastikan Anda sudah memiliki buku kas utama. Sebab dalam buku inilah Anda nantinya akan menggabungkan setiap transaksi dalam buku kas pengeluaran juga pemasukan.

Tujuan dari penggabungan tersebut adalah untuk mempermudah memantau arus keuangan toko atau usaha Anda. Buku kas juga membantu Anda membuat perencanaan anggaran dengan lebih tepat.

Tidak hanya itu, keberadaan buku kas juga bisa digunakan untuk mengantisipasi kekurangan kas tunai maupun pengeluaran tidak terduga.

contoh pembukuan kas masuk keluar toko

  1. Catatan Stok Barang

Berbicara mengenai pembukuan keuangan sebuah usaha, tidak melulu mengenai arus keuangan. Di sini pencatatan arus keluar masuknya barang yang menjadi produk usaha juga amat dibutuhkan.

Pencatatan terkait keluar masuknya barang atau stok barang juga harus dibuat terpisah. Anda juga harus melakukan pencatatan secara rutin setiap harinya.

Tujuannya adalah mengawasi ketersediaan barang dalam gudang. Dengan begitu manajemen persediaan atau gudang akan lebih bisa maksimal.

Baca juga: Membuat Laporan Penjualan Perusahaan Dagang dan Contohnya

Hal ini juga menjadi langkah antisipasi akan kemungkinan adanya kecurangan. Baik oleh pihak dalam seperti karyawan maupun pihak supplier yang bekerjasama dengan Anda.

Adanya buku pencatatan stok barang juga bisa membantu menganalisa produktivitas usaha Anda. Semakin produktif, tentu arus keluar masuk barang juga akan semakin tinggi.

Dengan analisa berdasarkan data akurat, Anda bisa lebih mudah menerapkan strategi perdagangan. Bahkan Anda juga bisa menjadikannya dasar pertimbangan dalam melakukan pengembangan usaha.

Baca juga: Mengelola Laporan Persediaan Lebih Simple dengan Software Akuntansi Online

contoh pembukuan stok barang excel toko usaha kecil

  1. Catatan Inventaris Barang

Selain buku catatan stok, Anda juga membutuhkan catatan inventaris barang. Fungsinya adalah untuk menjaga setiap aset usaha baik yang dibeli dengan anggaran maupun didapat secara hibah.

Dengan adanya catatan ini, Anda akan lebih mudah dalam mengawasi aset-aset tersebut. Meminimalisir kemungkinan aset hilang, serta lebih mudah ketika akan dilakukan penghapusan aset maupun mutasi.

Buku catatan inventaris barang juga membantu Anda ketika perlu melakukan pengecekan aset. Buku ini dapat menjadi bukti tertulis akan pengelolaan aset yang ada, sehingga dapat dipertanggung jawabkan.

Baca juga: Membuat Laporan Keuangan Excel, Download Filenya!

  1. Catatan Laba-Rugi Usaha

Hal terakhir yang harus Anda persiapkan dalam membuat pembukuan toko adalah catatan laba-rugi. Buku ini akan dipakai untuk mencatat beban juga pendapatan usaha Anda dalam periode waktu tertentu.

Buatlah catatan laba-rugi dengan rapi dan mudah dipahami. Dengan begitu akan lebih mudah untuk mengerti isinya dan memahami kondisi keuangan usaha apakah laba ataukah mengalami rugi.

Selain mengetahui posisi usaha Anda, catatan ini juga bisa membantu dalam mengevaluasi strategi dagang yang digunakan sebelumnya. Efektif atau tidaknya strategi yang dipakai sebelumnya terlihat dari besar beban dan pendapatan.

Anda dapat menjadikan laporan ini sebagai bahan pertimbangan dalam membuat keputusan agar bisa lebih baik dari sebelumnya. Selain itu, informasi pajak terutang usaha Anda juga bisa diperoleh dari laporan ini.

Kelola Kas & Transaksi Lebih Mudah dan Akurat, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Download Contoh Pembukuan Toko Sederhana dengan Excel

Nah, sudah paham apa itu pembukuan toko dan seberapa penting keberadaannya? Jika sudah, jangan tunda untuk mulai membuatnya.

Anda bisa menggunakan Excel untuk membuat contoh pembukuan toko sederhana agar lebih mudah dalam penyusunannya. Ada banyak contoh pembukuan toko Excel yang beredar di internet dan bisa Anda jadikan referensi.

[DOWNLOAD CONTOH PEMBUKUAN TOKO SEDERHANA]

Pembukuan Jadi Lebih Mudah dengan Software Akuntansi Jurnal

Membuat pembukuan dengan Excel secara terpisah-pisah akan cukup merepotkan bagi usaha toko Anda. Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan software atau aplikasi akuntansi seperti Jurnal by Mekari.

Melalui aplikasi Jurnal, Anda tinggal menginput nominal penjualan atau pembelian yang kemudian akan secara otomatis masuk ke dalam bagian pembukuan yang sesuai.

Bukan hanya itu saja, Jurnal juga akan menyajikan laporan keuangan seperti arus kas, laba rugi, perubahan modal dan lainnya.

Anda juga bisa dengan mudah mengatur faktur dan juga persediaan barang dengan menggunakan Jurnal. Di bawah ini adalah beberapa contoh laporan penjualan dan pembelian yang dapat dihasilkan oleh Jurnal.

Transaksi Penjualan

Transaksi Pembelian

Buku Besar

 

Masih banyak fitur lain yang bisa Anda nikmati dengan menggunakan aplikasi Jurnal. Untuk urusan pencatatan dan pembukuan, serahkan saja pada Jurnal, Anda tinggal fokus pada mengembangkan bisnis Anda.

Coba Jurnal selama 14 hari dengan menekan tombol di bawah ini atau hubungi sales untuk informasi lebih lanjut.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

 

Buatlah pembukuan sederhana yang rapi, terstruktur, diisi secara berkala dan mudah dipahami. Dengan begitu Anda bisa merasakan manfaatnya dengan lebih maksimal.

Kategori : Akuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo