Apakah Fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank?

Sudah tahu belum apakah fungsi lembaga keuangan bukan bank? Lembaga keuangan bukan bank atau disingkat LKBB merupakan kelompok lembaga yang berperan penting dalam perekonomian Indonesia.

Sebagai salah satu lembaga keuangan di Indonesia, LKBB berperan sebagai penghimpun dana dengan mengeluarkan surat berharga yang kemudian didistribusikan kepada masyarakat.

Perkembangan lembaga keuangan bukan bank sudah dimulai sejak tahun 1972. Di awal kemunculannya, lembaga ini diharapkan dapat mendorong perkembangan pasar modal di Indonesia. Adapun Surat Kepmenkeu No 38/MK/VI/1972 memuat kelegalan atau bentuk sah dari lembaga keuangan bukan bank ini.

lembaga keuangan

Agar lebih mudah memahami apa saja fungsi lembaga keuangan bukan bank. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Pengertian Lembaga Keuangan Bukan Bank

Seperti yang telar diatur dalam Surat Keputusan Menteri Keuangan No 38/MK/VI/1972, lembaga keuangan bukan bank merupakan lembaga yang melakukan aktivitas keuangan secara langsung maupun tidak langsung dalam mengumpulkan dana dari publik dengan menerbitkan surat berharga kemudian menyalurkannya guna melakukan investasi di beragam perusahaan yang memiliki prospek bagus.

Jika dilihat dari kegiatan usaha yang dijalankan, lembaga ini memiliki kemiripan dengan bank. Oleh karena itu, lembaga ini tetap dinamakan sebagai lembaga keuangan.

Lembaga keuangan bukan bank memiliki ‘tugas mulia’ bagi negara khususnya dalam bidang ekonomi. Dengan adanya lembaga ini, nilai konsumsi domestik akan bergerak maju dan mendorong laju perekonomian negara.

Kegiatan usaha LKBB di Indonesia antara lain: menghimpun dana dari masyarakat dengan menerbitkan surat berharga, memberikan fasilitas kredit  kepada perusahaan swasta atau pemerintah dalam jangka pendek, menengah hingga jangka panjang, menyertakan modal perusahaan dan penjualan saham pada pasar modal, menjadi perantara bagi perusahaan untuk memperoleh tenaga ahli finansial dan melaksanakan kegiatan usaha di bidang keuangan atas persetujuan Menteri Keuangan Republik Indonesia.

LKNB melengkapi bank dengan menyediakan infrastruktur untuk mengalokasikan sumber daya surplus kepada individu dan perusahaan yang membutuhkan dana dan tidak bisa di dukung oleh bank konvensional.

Selain itu, LKNB juga memperkenalkan persaingan dalam penyediaan layanan keuangan. Sementara bank mungkin menawarkan serangkaian layanan keuangan sesuai paket produk keuangan mereka, LKNB bisa lebih fleksibel dengan memisahkan dan menyesuaikan layanan ini untuk memenuhi kebutuhan klien tertentu.

LKNB ini menawarkan sebagian besar jenis layanan perbankan, seperti fasilitas pinjaman dan kredit, pendanaan pendidikan swasta, perencanaan pensiun, perdagangan di pasar uang, Sertifikat Pembiayaan Berjangka dan kewajiban lainnya.

Sebagian bisnis pada umumnya menggunakan aplikasi manajemen aset kekayaan seperti untuk mengelola aset bisnis yang mereka miliki.

Jumlah perusahaan keuangan non-perbankan telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir karena perusahaan modal ventura, perusahaan ritel dan industri telah memasuki bisnis pinjaman. Lembaga non-bank juga sering mendukung investasi di bidang properti dan menyiapkan studi kelayakan, pasar atau industri untuk perusahaan.

Namun mereka biasanya tidak diperbolehkan untuk mengambil simpanan dari masyarakat umum dan harus mencari cara lain untuk mendanai operasi mereka seperti menerbitkan instrumen utang. Berikut ini secara umum perbedaannya:

  • LKNB tidak memiliki lisensi perbankan meskipun mereka menyediakan layanan perbankan.
  • LKNB tidak dapat menerima giro.
  • LKNB tidak dapat mengeluarkan cek yang ditarik sendiri.

Jenis LKNB:

Koperasi simpan pinjam. Koperasi simpan pinjam rupanya menjadi salah satu jenis dari LKBB yang cukup populer di Indonesia. Yang lainnya adalah:

  • Perusahaan asuransi
  • Pasar modal
  • Perusahaan pegadaian
  • Perusahaan modal ventura
  • Leasing
  • Dana pensiun

5 Keunggulan Menggunakan Pilihan Pembiayaan Menggunakan Jasa Lembaga Keuangan Bukan Bank LKNB

Terkadang kebutuhan dana segar sangat mendesak diperlukan untuk membantu bisnis bangkit. Apakah pendanaan diperlukan untuk pemasaran, periklanan, manufaktur, atau peralatan, kebutuhan akan pembiayaan sering kali menjadi kunci keberhasilan.

Bank biasanya merupakan solusi pertama untuk bisnis yang mencari pembiayaan, tetapi di era digital seperti saat ini semakin banyak usaha kecil dan menengah beralih ke penyedia keuangan alternatif.

Jadi apa sebenarnya yang menarik dari pinjaman menggunakan jasa lembaga keuangan bukan bank tersebut? Berikut lima keunggulan pembiayaan usaha non bank:

  1. Proses Aplikasi Jauh Lebih Sederhana. Aplikasi pinjaman bank bisa memakan waktu berhari hari lamanya
  2. Persyaratan Kredit Lebih Fleksibel, keputusan kredit lebih cepat
  3. Relatif lebih mudah dalam mendapatkan keputusan kredit

Peran LKNB:

Lembaga Keuangan Bukan Bank memainkan berbagai peran dalam sistem keuangan suatu negara dan membantu pembangunan ekonomi dengan berbagai cara. Beberapa fungsinya antara lain:

  • Lembaga Keuangan Bukan Bank mempromosikan pertumbuhan keuangan inklusif suatu negara dengan memenuhi kebutuhan kredit bagi masyarakat yang non bankable.
  • Mereka membantu usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui layanan keuangan inovatif yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • Mereka membantu dalam pengembangan ekonomi secara keseluruhan dengan menyediakan bahan bakar untuk transportasi, penciptaan lapangan kerja, penciptaan kekayaan, kredit bank di daerah pedesaan dan dengan mendukung bagian masyarakat yang lebih lemah secara finansial.
  • Mereka memainkan peran penting menyalurkan sumber daya keuangan yang langka untuk pembentukan modal.
  • Mereka memberikan bantuan keuangan dan bimbingan kepada pelanggan dalam hal-hal yang berkaitan dengan asuransi.
  • Mereka menyediakan layanan yang berkaitan dengan pinjaman dan uang muka, akuisisi saham, obligasi, saham, surat utang, sekuritas yang diterbitkan oleh pemerintah atau otoritas lokal atau sekuritas lain yang serupa, leasing, sewa-beli, bisnis asuransi, bisnis chit.
  • Mereka melengkapi bank dalam memenuhi kebutuhan keuangan yang meningkat dari sektor korporasi dan dalam membantu sektor yang tidak terorganisir dan peminjam lokal kecil.

Selain fungsi-fungsi ini, Lembaga Keuangan Bukan Bank memainkan beberapa peran lain juga sebagai berikut:

  • Mereka mengubah tabungan menjadi investasi, sehingga membantu dalam mobilisasi sumber daya.
  • Mereka memiliki ketentuan untuk kredit jangka panjang dan kredit khusus.
  • Mereka membantu dalam menarik hibah asing dan dalam mengembangkan pasar keuangan dengan melayani perusahaan perkotaan dan pedesaan yang miskin dan memainkan peran pelengkap dalam inklusi keuangan. Perusahaan keuangan ini membawa keragaman yang sangat dibutuhkan ke pasar dengan mendiversifikasi risiko, meningkatkan likuiditas di pasar sehingga membawa efisiensi dan meningkatkan stabilitas keuangan.
  • Mereka berfungsi sebagai instrumen pemerintah dengan memutus lingkaran setan kemiskinan.

Dalam hal tingkat pertumbuhan year-on-year, sektor Lembaga Keuangan Bukan Bank bahkan bisa mengalahkan sektor perbankan dalam memberikan kontribusi terhadap perekonomian setiap tahun.

Mereka menawarkan kredit yang lebih murah kepada pelanggan dibandingkan dengan bank sehingga uang yang dipinjamkan oleh Lembaga Keuangan Bukan Bank lebih tinggi daripada sektor perbankan.

Sejak awal, Lembaga Keuangan Bukan Bank telah berkontribusi lebih banyak pada pinjaman infrastruktur daripada bank.

Lembaga Keuangan Bukan Bank bekerja sama dengan pemerintah untuk mengangkat masyarakat. Mereka mengubah simpanan dari masyarakat umum menjadi modal industri yang meningkatkan permintaan tenaga kerja dan sebagai hasilnya menciptakan kesempatan kerja. Ini berfungsi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Apakah Fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank Secara Umum?

Apakah fungsi lembaga keuangan bukan bank secara umum? lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan bukan bank memiliki peran dan fungsi yang sama. Lembaga keuangan bukan bank berperan penting bagi terwujudnya perekonomian modern di Indonesia.

Adapun fungsi dari lembaga keuangan bukan bank, antara lain:

  • Melancarkan proses pertukaran barang dan jasa dengan menggunakan uang dan instrumen kredit lainnya.
  • Menghimpun sejumlah dana dari masyarakat yang berbentuk simpanan dan mendistribusikannya kepada masyarakat lain yang membutuhkan dalam bentuk pinjaman.
  • Memberikan pengetahuan serta informasi terkait tugas lembaga keuangan sebagai pihak ahli dalam analisis ekonomi dan kredit bagi kepentingan pihak lain dan berkewajiban menyebarkan informasi dan kegiatan yang berguna serta menguntungkan untuk pihak lain atau nasabahnya.
  • Memberikan sebuah jaminan hukum dan moral terkait keamanan dana masyarakat yang telah dipercayakan kepada suatu lembaga keuangan.
  • Membangun serta memberikan likuiditas, yakni dapat memberikan keyakinan terhadap para nasabahnya bahwa dana yang disimpan akan dikembalikan pada waktu jatuh tempo.

Apakah Fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank Secara Khusus?

Jika di atas adalah penjelasan tentang fungsi secara umum, lantas apakah fungsi lembaga keuangan bukan bank secara khusus? Nah, inilah beberapa fungsi khusus lembaga keuangan bukan bank dalam industri jasa keuangan.

  1. Sebagai Tempat Menyimpan Uang

Fungsi khusus lembaga keuangan bukan bank yang pertama adalah sebagai tempat penyimpanan uang. Tidak hanya bank yang dapat digunakan sebagai wadah penyimpanan uang, lembaga keuangan bukan bank ternyata juga bisa.

Lembaga keuangan ini dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan Anda untuk memisahkan uang yang Anda miliki dengan uang untuk kepentingan lain, misalnya untuk kepentingan investasi. Jika Anda berniat untuk melakukan investasi, Anda tidak perlu repot membuka rekening baru. Dengan kata lain, Anda bisa menggunakan jasa LKBB.

Contohnya, seperti asuransi unit link. Dengan adanya LKBB ini, publik mempunyai cara lain dalam menabung dan mengembangkan keuangannya.

  1. Penyedia Modal

Sama halnya seperti bank yang memberikan layanan pemberian pinjaman modal, lembaga keuangan bukan bank juga menyediakan fasilitas penyediaan modal dalam bentuk yang berbeda. Modal yang telah disiapkan oleh lembaga keuangan bukan bank dapat diakses perseorangan untuk unit usaha kecil dan menengah atau perusahan-perusahan swasta.

Setiap lembaga keuangan bukan bank memiliki kebijakan masing-masing terkait syarat dan ketentuan dalam penyediaan modal. Koperasi dan fintech merupakan contoh lembaga keuangan dalam lembaga keuangan bukan bank yang ‘tugasnya’ menyediakan modal bagi masyarakat.

  1. Pengadaan Kredit

Bagi Anda yang merasa kesulitan memiliki barang-barang mewah dengan hagra yang tidak murah, lembaga keuangan bukan bank bisa Anda jadikan jalan pintas. Anda dapat mengajukan beberapa kredit seperti kredit kendaraan bermotor, ponsel, laptop dan lain sebagainya ke lembaga keuangan bukan bank. Salah satu contohnya adalah perusahaan pembiayaan.

Hampir sama dengan bank, proses pengajuan kredit pada lembaga keuangan ini yang berbasis usaha pengadaan kredit akan disertai dengan proses survei. Setelah mengajukan dokumen, tidak lebih dari satu minggu tim survei akan datang untuk melihat usaha yang Anda jalankan.

  1. Pengajuan Pinjaman

Anda sedang membutuhkan dana pinjaman? Tidak usah khawatir, lembaga keuangan bukan bank juga dapat dijadikan sarana untuk mengajukan pinjaman. Pengajuan pinjaman dapat Anda lakukan dengan atau tanpa jaminan, karena saat ini sudah banyak lembaga peminjaman yang tidak memerlukan jaminan dari nasabahnya.

Biasanya pengajuan pinjaman tanpa jaminan pada lembaga sejenis ini akan dikenakan bunga yang jauh lebih tinggi. Selain itu, denda keterlambatan pembayaran cicilan juga cukup besar.

  1. Pelaksana Kegiatan Keuangan

Fungsi lain yang dijalankan lembaga keuangan bukan bank adalah menjadi pelaksana kegiatan keuangan.  Semua jenis usaha lembaga ini harus berdasarkan persetujuan dari Menteri Keuangan Indonesia, termasuk melalui Otoritas Jasa Keuangan. Jadi, Anda bisa memilih lembaga keuangan semacam ini yang telah terdaftar dan berizin dari OJK.

  1. Mencari Tenaga Ahli

Sebagai salah satu lembaga keuangan yang memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi negara, lembaga keuangan bukan bank juga memiliki fungsi dalam hal mencari tenaga ahli. Lembaga keuangan bukan bank dapat bertindak sebagai perantara dalam mendapatkan tenaga ahli bagi perusahaan maupun perseorangan yang membutuhkan.

Para tenaga ahli ini nantinya diharapkan dapat memberikan wawasan baru di bidang finansial.

Itulah penjelasan tentang fungsi lembaga keuangan bukan bank. Sekarang Anda sudah tahu nih apakah fungsi lembaga keuangan bukan bank baik secara umum maupun khusus. Selanjutnya, Anda juga harus mengetahui apa itu manfaat dari program akuntansi Jurnal dari Mekari. Nikmati kesempatan free trial aplikasi catatan keuangan Jurnal selama 14 hari.

Kategori : Keuangan

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo