Peluang Bisnis Makanan Indonesia yang Mendunia

Selain mempunyai keanekaragaman budaya dan bahasa, ternyata Indonesia juga terkenal dengan kulinernya yang nikmat dan lezat. Setiap daerah di tanah air mempunyai makanan khas masing-masing. Rempah-rempah yang melimpah di negeri ini yang diolah menjadi beragam masakan lezat mampu menarik perhatian turis-turis yang datang dari berbagai penjuru dunia. Tidak heran kini beberapa makanan yang berasal dari Indonesia telah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia.

Negara-negara di Eropa jarang sekali menyertakan banyak bumbu untuk setiap masakannya. Inilah yang membuat makanan Indonesia begitu khas dan sangat diminati oleh mereka. Ini bisa menjadi peluang bagi Anda untuk berbisnis kuliner sekaligus memperkenalkan makanan dari Indonesia kepada dunia. Apa saja makanan asli Indonesia yang mendunia? beberapa menu makanan dari Indonesia ini pun kerap disajikan sebagai hidangan favorit bagi beberapa Negara. Berikut adalah daftar 5 makanan tersebut:

1. Nasi goreng

Nasi Goreng sudah menjadi Ikon masakan Indonesia. Setiap daerah di Indonesia mempunyai variasi bumbu, rasa dan campuran nasi goreng yang berbeda-beda. Nama makanan Nasi Goreng semakin menyebar luas di mancanegara, setelah presiden Barack Obama yang mengunjungi Indonesia terpukau dan mengakui kelezatan makanan yang satu ini.

2. Sate ayam

Sate merupakan makanan khas Indonesia dari Madura yang terdiri dari potongan daging dan dilumuri dengan saus kacang. Sate bahkan sangat popular di beberapa Negara. Sebuah bazar internasional yang diselenggarakan di China 2013 silam menjadi bukti sate digemari oleh orang disana, dengan terjual habisnya makanan ini dengan cepat. Tidak hanya itu, sebuah restoran sate ayam yang berada di New York Amerika selalu ramai dipadati warga sana.

3. Gado-gado

Makanan selanjutnya adalah gado-gado, makanan ini berisi sayur-sayuran yang direbus kemudian disajikan dengan campuran bumbu kacang tanah. Makanan yang dapat dimakan seperti salad ini pernah diikuti dalam perlombaan memasak internasional di Napoli pada tahun 2010, dan menduduki juara pertama dalam lomba kuliner tersebut.

4. Soto Ayam

Salah satu sajian soto yang terkenal hingga ke ranah internasional adalah soto ayam Lamongan. Pada sebuah festival di Jepang, soto ayam menjadi salah satu makanan yang paling laris dan menjadi menu andalan setiap tahunnya.

5. Bakso

Setiap warga Indonesia pasti pernah menikmati bakso. Terlebih di setiap daerah pasti mempunyai rasa dan ciri khas masing-masing. Presiden Obama sendiri mengatakan kalau bakso adalah makanan favoritnya sewaktu berkunjung ke Jakarta. Sejak itulah bakso menjadi kuliner Indonesia yang terkenal di seluruh dunia.

Itulah beberapa makanan asli Indonesia yang dapat Anda jadikan bisnis kuliner untuk pangsa pasar yang lebih luas lagi. Makanan-makanan tersebut mempunyai cita rasa yang dapat diterima, ditandai dengan berjayanya masakan Indonesia tersebut di kancah internasional. Berbisnis kuliner itu gampang-gampang susah namun diperlukan kejelian dan keuletan untuk menyelami bisnis ini.

Selain itu, Anda juga perlu mengelola keuangan dengan baik dan rapi. Jangan pernah menunggu bisnis Anda besar terlebih dulu, meski bisnis Anda saat ini masih dalam skala kecil, Anda juga harus mengelola keuangan dengan rapi. Jika belum memahaminya, Anda bisa mengelolanya dengan mudah menggunakan software akuntansi Jurnal. Daftar Jurnal sekarang dan dapatkan kemudahan dalam mengelola bisnis makanan Anda.

[adrotate banner=”23″]


PUBLISHED09 Aug 2019
Simon Iqbal Fahlevi
Simon Iqbal Fahlevi

SHARE THIS ARTICLE: