Jurnal Enterpreneur

14 Tips Mengembangkan Usaha dengan Modal Kecil secara Cepat

Berikut ini beberapa tips dalam mengembangkan usaha dengan modal kecil secara cepat, apa saja?

Bagi sebagian orang, memiliki cita-cita untuk menjadi pengusaha besar dan sukses adalah impian yang harus dicapai. Akan tetapi, hanya sebagian kecil saja yang bisa mewujudkan cita-cita tersebut. Pasalnya, untuk mengembangkan usaha menjadi besar dari awal tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Namun, tahukan bahwa Anda juga bisa memulai usaha dengan modal kecil?

Baik itu usaha rumahan ataupun bisnis skala lebih besar, jika modal yang dimiliki kecil tentunya akan semakin berat.

Selain modal, hal penting yang harus dimiliki seorang pengusaha adalah mental baja yang tidak mudah menyerah dan putus asa juga harus dipersiapkan.

Namun, jangan khawatir, karena ada tips-tips yang bisa diterapkan untuk mewujudkan cita-cita Anda tersebut.

Aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola modal usaha Anda meskipun dalam skala kecil. Bahkan memonitor laporan keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal pada banner di bawah ini.

1. Pilih Jenis Usaha

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan usaha yang pas dan cocok untuk Anda. Cobalah pilih usaha yang sesuai dengan hobi atau hal yang Anda sukai.

Dengan begitu, Anda tidak akan merasa berat dan terbebani ketika menjalankannya.

Jika hobi yang Anda lakukan selama ini hanya menghabiskan uang saja, maka Anda bisa mulai berfikir bagaimana caranya agar hobi yang Anda miliki bisa menghasilkan uang.

Contoh yang paling mudah jika Anda mempunyai hobi travelling, maka Anda bisa memulai usaha dengan mendirikan usaha travel, jasa tiketing, tour guide, fotografer, dan masih banyak lainnya.

2. Lakukan Riset Pasar

Riset pasar membantu Anda untuk menemukan peluang yang akan terjadi pada bisnis. Melalui riset, Anda akan menemukan apa yang sebenarnya sedang dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Oleh karena itu bisnis Anda hadir sebagai solusi atas permasalahan yang terjadi secara tepat sasaran.

Dengan riset pasar juga akan membantu menentukan siapa yang menjadi pesaing Anda.

Pesaing bukanlah sesuatu yang harus ditakuti, karena Anda bisa belajar menganalisa apa yang menjadi keunggulan bisnis Anda dibandingkan pesaing.

3. Alokasikan Modal Bisnis Secara Tepat

Perlu diketahui bahwa terdapat dua cara dalam mengalokasikan modal bisnis. Pertama adalah capital expenses, di mana modal digunakan untuk membeli bahan baku, peralatan, dan perlengkapan bisnis.

Contohnya adalah jika Anda akan memulai bisnis laundry maka pembelian mesin cuci, mesin pengering, dan stok sabun cuci termasuk ke dalam pengeluaran ini.

Yang kedua adalah operational expenses, yaitu pengeluaran operasional yang mencakup biaya listrik, sewa gedung, gaji karyawan, dan sejenisnya.

Dengan alokasi yang tepat, maka modal kecil dapat digunakan secara efektif dan efisien.

4. Manfaatkan Peralatan yang Dimiliki

Ketika akan memulai merintis usaha, tidak selamanya Anda membutuhkan peralatan yang baru dan canggih. Anda bisa menggunakan peralatan yang dimiliki terlebih dahulu untuk meminimalisir modal yang keluar.

Dan jika nanti usaha Anda sudah besar dan alat yang ada sudah tidak memungkinkan, Anda baru bisa membeli peralatan yang baru dan lebih canggih. Dengan begitu Anda akan memulai usaha dengan modal yang kecil.

5. Pilihlah Lokasi yang Tepat

Lokasi merupakan salah satu aspek penting dalam memulai usaha. Dengan memilih lokasi ramai dan tepat bisa membuat usaha Anda lebih cepat berkembang.

Untuk usaha yang baru dirintis, jangan ragu-ragu untuk memanfaatkan ruangan sekitar rumah yang ada seperti teras atau garasi rumah. Contoh beberapa perusahaan besar di dunia ini berasal dari garasi rumah seperti Apple, Google, Amazon, Microsoft dan lain sebagainya.

6. Manfaatkan Social Media

Anda bisa memanfaatkan kecanggihan social media saat ini, karena dengan social media, Anda bisa melakukan promosi secara gratis dan menjangkau lebih banyak calon pelanggan hingga ke luar pulau dan luar negeri.

Cobalah mulai mem-posting dengan gambar-gambar menarik dan berikan promo-promo setiap harinya, dijamin akan banyak pelanggan yang datang karena penasaran ingin mencoba.

Pemasaran melalui sosial media secara gratis akan membantu anda mengembangkan usaha dengan modal yang kecil.

Baca juga: 13 Peluang Usaha Online Tanpa Modal Besar

7. Menggunakan Modal dengan Bijak

Hindari membeli barang-barang yang dirasa belum dibutuhkan. Karena modal yang dimiliki tidaklah banyak, sehingga jangan sampai modal sudah habis hanya untuk membeli barang-barang yang tidak begitu penting dalam usaha.

Agar lebih aman, Anda bisa membuat rencana belanja secara lengkap dan terperinci, agar nantinya tidak salah langkah membelanjakan modal usaha.

8. Libatkan Orang Terdekat

Libatkan orang-orang di sekitar Anda seperti suami, adik, kakak, saudara, sahabat dalam memulai usaha, karena dengan mengajak orang terdekat tersebut pastinya tidak akan banyak menuntut kepada Anda.

Nantinya, jika usaha yang dirintis sudah berkembang dan besar, Anda bisa merekrut karyawan dari luar dengan beberapa kriteria yang bisa Anda tentukan sendiri.

9. Pandai dalam Membagi Waktu

Dalam mengembangkan usaha Anda dituntut untuk bisa memanfaatkan dan menggunakan waktu secara tepat, efektif, efisien, dan menguntungkan.

Bila perlu Anda bisa membuat timeline 1 bulan ke depan mengenai apa saja yang harus dilakukan, sehingga tidak ada waktu yang terbuang sia-sia.

Perlu diingat bahwa jika sampai Anda menunda-nunda pekerjaan, Modal akan terus terpakai tanpa ada hasil signifikan dan Anda bisa kalah saing oleh kompetitor yang sedang membangun usaha sama seperti Anda.

10. Selalu Lakukan Inovasi Produk

Pada dasarnya kebanyakan konsumen memiliki sifat cenderung mudah bosan, mereka menginginkan produk dengan inovasi baru.

Jika konsumen sudah bosan pastinya konsumen akan pindah ke lain tempat yang dirasa lebih menarik dari sebelumnya.

Contoh saja warung bakso, sekarang ini banyak sekali inovasi bakso yang menarik untuk dicoba seperti bakso beranak, bakso klenger, bakso bakar, bakso balungan.

Hal ini tentu membuat konsumen penasaran dengan inovasi produk bakso tersebut. Karena itulah, inovasi produk sangat dibutuhkan oleh Anda yang ingin mempertahankan dan mengembangkan usaha.

11. Temukan Bahan Baku Berkualitas Harga Murah

Cobalah untuk mencari supplier bahan baku yang mampu memberikan kualitas bagus namun harganya murah. Silakan cari di internet maupun bertanya pada pebisnis lain untuk mendapatkan informasinya.

Jangan ragu untuk melakukan negosiasi harga kepada supplier agar bisa memberikan harga yang terjangkau. 

12. Jadilah Yang Terbaik

Dalam menjalankan usaha jangan pernah setengah-setengah. Setiap hal yang dilakukan, Anda harus memiliki keyakinan yang kuat. Apapun yang Anda jual haruslah yang terbaik.

Jika Anda kalah dengan kompetitor usaha yang sejenis, Anda bisa masuk ke dalamnya dengan membeli produknya atau menggunakan jasanya. Kemudian pelajari apa bedanya dengan usaha yang Anda lakukan

Anda tinggal melakukan modifikasi dari produk kompetitor dan terapkan dalam usaha Anda. Jangan lupa juga untuk mendengarkan kritik dan saran dari para pelanggan Anda, agar kedepannya usaha Anda bisa menjadi lebih baik.

Baca juga: 20 Peluang Usaha yang Perlu Anda Coba di Tahun 2021

13. Apakah Perlu Merekrut Karyawan?

Untuk menekan biaya operasional, sebaiknya di awal memulai bisnis gunakan tenaga Anda sendiri terlebih dahulu. Jika suatu saat kurang efisien karena bisnis sudah bertambah besar, Anda bisa mempertimbangkan untuk merekrut karyawan.

14. Rencanakan Keuangan dengan Baik

Ketika usaha sudah mulai berjalan dan menghasilkan keuntungan, Anda harus mulai pintar-pintar mengatur keluar masuknya uang dengan benar. Anda bisa coba dengan membuat pembukuan akuntansi sederhana, maka Anda akan merasakan dampak dari mengelola keuangan yang baik.

Pisahkan antara uang milik pribadi dengan uang hasil usaha. Sudah banyak beberapa usaha yang gagal karena kesalahan dalam pengelolaan keuangan, antara uang pribadi dan usaha yang tercampur menjadi satu, sehingga keuangan usaha tidak bisa dimonitor apakah ada keuntungan atau kerugian.

Setelah memahami langkah-langkah dalam memulai dan menjalankan usaha dengan modal kecil, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengelola keuangan bisnis.

Untuk memudahkan dalam pengelolaan keuangan usaha, Anda bisa memanfaatkan software akuntansi online seperti Jurnal. Software ini merupakan salah satu aplikasi pembukuan android terpercaya.

Manfaat program akuntansi terletak pada kemudahan mengelola keuangan secara cepat, aman, dan akurat.

Hanya dengan mencatat seluruh transaksi keuangan bisnis, Anda dapat mengetahui berapa uang masuk dan uang keluar, serta mengetahui angka pasti berapa keuntungan yang Anda dapatkan dalam usaha tersebut.

Mulai dari Rp149.000, Anda bisa menikmati berbagai keuntungan dan fitur aplikasi pengatur keuangan dari Jurnal. Daftarkan usaha Anda sekarang dan nikmati free trial hingga 14 hari.

 

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo