Daftar Isi
6 min read

5 Tips dalam Membuka Bisnis Rumahan

Tayang 31 May 2023
Diperbarui 11 Oktober 2023

Mungkin Anda membuka bisnis rumahan karena Anda telah memutuskan untuk tidak lagi bekerja untuk orang lain atau ingin menyalurkan bakat dan minat Anda.

Apapun alasannya, membuka bisnis rumahan merupakan sebuah tantangan yang menarik dan membutuhkan perencanaan yang matang.

Berikut ini beberapa kiat-kiat untuk mempersiapkan bisnis rumahan yang sukses:

tips bisnis rumahan untuk pemula

1. Alokasikan Ruang Kerja Tersendiri

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat memulai sebuah bisnis rumahan adalah menyisihkan satu ruangan khusus di rumah Anda untuk Anda pergunakan sebagai ruang kerja.

Ruang khusus ini bisa saja kamar tamu, gudang, atau bahkan garasi Anda. Pastikan juga bahwa ruang tersebut akan bersinergi dengan pekerjaan anda.

Penting bagi keluarga atau teman yang  tinggal bersama anda untuk tidak menggangu Anda di ruang kerja Anda pada saat jam kerja.

Dengan membangun satu ruang khusus untuk bekerja, Anda dapat mengembangkan sebuah rutinitas dan mulai mengkondisikan pikiran dan tubuh Anda untuk menjadi produktif di ruang kerja tersebut.

Baca Juga: 11 Langkah Tetap Memulai Bisnis Bagi Pemula Agar Sukses

2. Menyiapkan Ruangan

Setelah Anda mendapatkan ruang kerja yang nyaman, putuskan apa yang Anda butuhkan di sekitar untuk membuat produktifitas anda maksimal.

Selain klip kertas, stapler dan pena, berikut adalah beberapa benda lain yang perlu diingat:

Meja kerja dan kursi yang nyaman

Jangan meremehkan kebutuhan akan meja dan kursi kerja yang nyaman, Anda akan menghabiskan banyak waktu di sana.

Jangan sampai tubuh Anda menjadi sakit karena meja maupun kursi kerja yang tidak nyaman.

Tempat penyimpanan dokumen

Pada saat Anda menjalankan suatu bisnis, tentunya akan banyak dokumen yang perlu Anda simpan.

Anda mungkin dapat menyimpan sebagian berkas secara digital, tapi pastinya tetap ada  dokumen fisik yang penting untuk disimpan.

Menjaga ruang kerja Anda dalam kondisi rapi akan membuat suasana menjadi lebih kondusif dan membantu Anda menjadi produktif.

Peralatan Brainstorming

Setiap orang memiliki preferensi peralatan brainstorming tersendiri; sebagian orang memilih pensil dan kertas, lainnya papan tulis dan spidol.

Untuk memastikan bahwa Anda dapat mengeluarkan ide terbaik Anda, persiapkanlah peralatan brainstorming ideal Anda.

3. Tetap Terhubung

Apa saja peralatan komunikasi dan jasa yang akan Anda butuhkan untuk memastikan bisnis rumahan Anda berjalan dengan lancar? Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan:

Peralatan Komputer atau Laptop

Spesifikasi peralatan Anda akan bergantung dengan bisnis yang Anda jalani.

Sebagai contohnya jika Anda adalah seorang video editor, maka Anda akan perlu berinvestasi di komputer dengan kecepatan pemrosesan yang tinggi dan RAM berukuran besar.

Sambungan telepon

Anda mungkin sudah memiliki telepon seluler pribadi, tapi akan lebih baik jika Anda memiliki satu jaringan telepon yang khusus untuk bisnis baru Anda.

Hal ini memungkinkan Anda untuk melakukan pemisahan di penggunaan telepon untuk urusan pribadi atau urusan bisnis.

Hal ini juga memungkinkan Anda untuk memprioritaskan panggilan telepon, karena untuk membangun bisnis yang sukses, amat penting bagi Anda untuk selalu dapat dihubungi oleh klien terutama pada saat jam kerja.

Printer Multifungsi

Kebanyakan printer saat ini juga dilengkapi dengan scanner, copy dan fax, sehingga Anda dapat membeli satu mesin yang sedikit lebih mahal daripada empat mesin terpisah.

Selain itu, pertimbangkan kebutuhan bisnis Anda pada saat membeli printer.

Anda dapat membeli printer hitam putih saja jika Anda tidak membutuhkan printer warna untuk kegiatan usaha Anda.

Selain itu, perhitungkan juga rasio kegiatan cetak yang akan Anda lakukan, jika Anda akan sering mencetak dokumen, maka carilah printer laser atau mesin cetak dengan kecepatan yang tinggi.

Kecepatan Internet

Anda mungkin sudah memilki langganan internet untuk kebutuhan sehari-hari, tapi sekarang Anda akan memerlukan koneksi internet yang stabil untuk melakukan bisnis.

Anda mungkin perlu menambah jaringan internet atau melakukan upgrade layanan yang telah ada.

Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan kestabilan koneksi internet yang Anda gunakan untuk menjalankan bisnis Anda terutama jika Anda tinggal dengan orang lain yang juga perlu menggunakan koneksi internet tersebut ketika Anda sedang bekerja.

Perangkat lunak

Kebutuhan akan perangkat lunak Anda pastinya bergantung pada jenis bisnis rumahan yang Anda jalani.

Namun apapun bisnis rumahan Anda, pastikanlah bahwa Anda membeli perangkat lunak yang dapat meringankan pekerjaan Anda.

Selain itu Anda juga dapat menggunakan program gratis yang tersedia untuk menghemat pengeluaran.

Sebagai contohnya, jika Anda belum dapat membeli Microsoft Office, Anda dapat menggunakan Google Drive di mana ada versi sederhana dari pembaca file-file microsoft office seperti documents, excel, dan presentation.

4. Membuat Rencana Bisnis yang Matang

Pastikan kegiatan penghasil uang yang akan anda lakukan dan siapa pelanggan potensial anda sedini mungkin.

Cara terbaik untuk mengatur ide dan pemikiran ini adalah dengan perencanaan bisnis yang lengkap.

Terdapat banyak templates perencaan bisnis di internet yang dapat Anda dapat jadikan bahan rujukan, namun ini adalah beberapa bagian utama yang perlu Anda ketahui:

Ringkasan Utama

bagian ini mencangkup detil kepemilikan dan ringkasan dari layanan atau produk yang bisnis Anda tawarkan

Company Overview

atau ringkasan dari bisnis rumahan Anda, termasuk visi dan misi Anda, dan detil lokasi bisnis

Produk

informasi detil mengenai barang atau/dan jasa yang bisnis Anda sediakan, dan bagaimana produk Anda memenuhi permintaan pasar yang ada.

Baca Juga: 8+ Ide Jualan Makanan Modal Kecil di Rumah

Analisa Pasar

Ringkasan dari target pasar Anda serta kompetitor yang sudah ada di lapangan.

Ringkasan Finansial

kondisi finansial perusahaan Anda, termasuk proyeksi, analisa untung rugi dan asumsi penjualan.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Mekari Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang!

5. Bersiap Menjalankan Bisnis

Setelah Anda mempersiapkan semua hal di atas, Anda perlu berfokus pada berbagai detail yang ada di bisnis Anda.

Salah satu kunci yang biasanya dilupakan adalah mencari tahu izin dan sertifikasi apa saja yang perlu Anda peroleh.

Persiapkan hal-hal yang telah disebutkan di atas dengan baik agar bisnis rumahan Anda dapat dimulai dengan lancar.

Temukan juga berbagai ide dalam berbisnis rumahan terbaik saat ini yang ramai dicari oleh banyak orang.

Dengan mendedikasikan pemikiran dan pertimbangan di persiapan bisnis rumahan Anda, Anda sudah berada di jalur yang benar dalam menjalankan bisnis rumahan idaman Anda.

Untuk mendapat kemudahan lebih dalam menjalani bisnis kecil Anda, gunakanlah Mekari Jurnal, aplikasi pengelolaan akuntansi untuk UKM yang membantu bisnis mengelola keuangan lebih efektif dan terkontrol.

Dengan fitur-fitur yang terautomasi menghasilkan laporan keuangan yang akurat serta transaksi dan kas yang terkontrol dengan baik.

Mulai bisnis rumahan Anda sekarang, coba Mekari Jurnal secara gratis hingga 14 hari!

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

Dapatkan E-book Sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

Dapatkan E-book Sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal