Pengusaha sukses tidak mengenal umur, banyak sekali pengusaha muda yang sudah sukses berkat bisnisnya. Tanpa modal banyak, Anda juga bisa memulai bisnis sedini mungkin. Mulai dari hal-hal kecil seperti bisnis online shop, jasa translator, hingga berjualan makanan kecil.

Menjalankan bisnis memang bukanlah hal yang mudah. Banyak pertimbangan yang perlu Anda pikirkan sebelum memulai bisnis. Jika Anda memang memiliki niat untuk mendirikan bisnis namun masih bingung harus mulai dari mana, simak 5 hal menurut Moneysmart yang perlu dilakukan.

Membuat Proposal Bisnis

5 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Memulai Bisnis Sebelum memulai bisnis, tentunya Anda harus memiliki ide atau gambaran bisnis yang ingin Anda bangun. Tak hanya ide, Anda juga harus memikirkan bagaimana langkah-langkah yang akan diambil kedepannya untuk bisa mengembangkan bisnis yang sudah dibangun.

Untuk mendapat peluang sukses yang lebih besar, cobalah bisnis yang berkaitan dengan hal-hal yang disukai. Tujuannya yaitu agar Anda menjalankannya dengan semangat dan tidak mudah menyerah jika menghadapi tantangan kedepannya.

Jika sudah menemukan ide bisnis yang sekiranya cocok dengan Anda, mulailah membuat rencana bisnis kedepannya dalam bentuk proposal. Cantumkan tujuan bisnis, perkiraan anggaran dana yang dibutuhkan, hingga target pasar yang diinginkan. Dengan adanya proposal bisnis, akan lebih mudah untuk Anda dalam menjalankan bisnis.

Mencari Mentor Terbaik

5 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Memulai BisnisJika Anda belum mempunyai pengalaman dalam berbisnis, mungkin akan bingung harus memulai bisnis dari mana. Kebanyakan orang yang memulai bisnis tidak tahu siapa target pasar yang pas untuk bisnisnya, berapa harga yang harus dipatok untuk sebuah produk, hingga cara berjualan yang tepat.

Untuk mengatasi hal-hal tersebut, Anda bisa mencari seorang mentor yang lebih berpengalaman dalam dunia bisnis untuk membimbing Anda. Bisa jadi teman atau keluarga yang sudah memiliki pengalaman berbisnis. Anda bisa meminta pendapat mengenai bisnis yang Anda jalani, sehingga Anda mendapatkan pandangan dari orang lain yang profesional mengenai bisnis. Manfaatkan relasi yang Anda miliki, karena bisa jadi jika mereka tertarik dengan bisnis Anda, mereka dengan senang hati akan berinvestasi, sehingga Anda mendapat tambahan modal usaha.

Ikuti Seminar Tentang Bisnis

5 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Memulai BisnisBanyak sekali seminar atau konferensi bisnis yang bisa Anda ikuti untuk mendapatkan berbagai ilmu baru. Anda juga bisa mendapat berbagai keterampilan di seminar bisnis. Coba ikuti komunitas wirausahawan, atau cari informasi mengenai seminar bisnis yang ada di kota Anda.

Tidak sulit mencari seminar bisnis, karena seminar dengan topik ini sering sekali digelar. Dari situ, Anda bisa mempelajari tentang seluk beluk bisnis dari ahlinya dalam waktu singkat. Ikuti seminar dengan materi yang mencakup studi manajemen keuangan, keterampilan berkomunikasi, analisa pasar, tips dan trik sukses dalam bisnis, dan sebagainya yang berkaitan dengan bisnis yang akan Anda dirikan.

Selain itu, Anda juga menambah relasi lewat networking yang biasanya diadakan dalam seminar. Jangan ragu untuk memperkenalkan diri kepada orang lain demi menambah relasi.

Mengambil Pengalaman Dari Tempat Kerja

5 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Memulai BisnisDari tempat bekerja, Anda bisa menyerap berbagai ilmu tentang keorganisasian, hingga strategi marketing yang baik. Ilmu-ilmu tersebut nantinya bisa Anda terapkan saat memulai bisnis, sehingga bisnis Anda bisa berjalan lebih profesional.

Memiliki pengalaman bekerja juga membuat Anda jadi mengetahui permasalahan yang sekiranya akan muncul dalam perusahaan, sehingga Anda mampu mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial

5 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Memulai BisnisDalam memulai bisnis, memang tidak semua orang memiliki modal usaha yang besar. Namun hal itu bukanlah penghambat untuk memulai bisnis. Banyak sekali pengusaha yang berpikir bahwa untuk memasarkan bisnis dibutuhkan banyak modal. Padahal, Anda bisa memasarkan produk secara gratis lewat media sosial.

Zaman sekarang, hampir semua orang mempunyai gadget dan memiliki akun media sosial. Anda bisa menggunakan beberapa hashtag agar postingan Anda lebih sering dilihat orang. Jika Anda tidak keberatan untuk mengeluarkan sedikit modal, Anda juga bisa mencoba fitur iklan yang ada di Facebook atau Instagram

Berikut merupakan lima hal yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis. Namun, tidak sampai disitu saja perjuangan Anda membangun bisnis. Jika bisnis Anda nantinya sudah berdiri, Anda masih harus berjuang untuk mempertahankan bisnis dari pesaing dengan bisnis di bidang yang sama. Salah satu cara untuk mempertahankan bisnis Anda tentu dengan menjaga arus keuangan bisnis dengan baik.

Jurnal merupakan software akuntansi berbasis cloud yang hadir untuk mempermudah Anda dalam mengatur keuangan bisnis. Dengan berbagai fitur seperti pembuat invoice, laporan keuangan, monitor stok barang, hingga mengatur transaksi keuangan bisa dilakukan lewat aplikasi mobile yang bisa digunakan dimana saja dan kapan saja. Segera daftar untuk mendapatkan free trial selama 14 hari dan rasakan keuntungan menggunakan Jurnal!