Jurnal Enterpreneur

4 Alasan Anda Harus Berpartisipasi dalam Trade Show

Dalam MICE, Trade show memiliki arti suatu event atau kegiatan yang diselenggarakan oleh asosiasi industri tertentu dengan mengikutsertakan pelaku bisnis tertentu. Trade show sendiri sebenarnya memiliki banyak istilah seperti trade fair atau (business-to-business) B2B exhibition. Event B2B ini biasanya diselenggarakan sekali hingga dua kali dalam setahun.

Trade show disebut sebagai B2B exhibition karena peserta dan juga pengunjungnya diikuti oleh para pebisnis, bukan konsumen langsung. Para pebisnis biasanya mencari rekan bisnis potensial di dalam event ini. 

Namun, banyak pelaku usaha yang sepertinya masih tidak tahu tentang trade show bahkan enggan untuk mengikuti event tersebut. Padahal, mengikuti trade show bisa menjadi kesempatan bagi para pengusaha untuk brand-nya lebih dikenal oleh audience yang tepat. 

Oleh karena itu, Jurnal by Mekari memberikan 4 alasan kenapa bisnis Anda harus diikutsertakan dalam sebuah trade show.

Meningkatkan Visibilitas

Salah satu cara membangun kepercayaan kepada rekan bisnis atau konsumen adalah meningkatkan visibilitas produk Anda. Pada dasarnya pameran B2B memberikan kesempatan bagi Anda untuk membawa dan memamerkan produk andalan Anda. Calon konsumen dapat merasakan dan mendapatkan informasi secara langsung produk Anda melalui pameran.

Pameran juga menjadi kesempatan bagi Anda untuk memperkenalkan produk yang sebenarnya memiliki keunggulan namun tidak mendapat exposure dari konsumen. Selain visibilitas produk, Anda juga dapat meningkatkan visibilitas dan citra bisnis melalui pameran.

Meningkatkan Brand Anda

Brand adalah elemen penting yang harus ada pada bisnis. Tanpa brand, konsumen akan sulit mengenal bisnis Anda. Banyak cara untuk meningkatkan brand awareness. Namun, melalui trade show, brand Anda akan dilihat oleh konsumen yang tepat dan sesuai dengan target pasar Anda. 

Bukan hanya konsumen, brand Anda juga bisa dilirik oleh investor. Karena sejatinya, trade show bukan hanya dihadiri atau diikuti oleh pelaku bisnis yang mencari konsumen saja, namun pelaku bisnis yang mencari investasi.

Baca juga: Mengoptimalkan Strategi Pemasaran B2B oleh Coffeeland

Mendapatkan Leads yang Tepat Sasaran dan lebih efektif

jika Anda melakukan marketing secara acak misalnya melalui direct mail, melakukan kunjungan, atau telemarketing dimana target konsumen biasanya merasa terganggu dan bahkan mengabaikan penawaran Anda.

Berbeda jika Anda mengikuti trade show, calon konsumen datang dengan motivasi dan tujuan. Pertama, biasanya tiket masuk ke dalam trade show memiliki harga yang cukup tinggi sehingga hanya orang-orang yang memiliki niat untuk melakukan konversi yang hadir pada pameran.

Singkatnya, pemasaran melalui trade show lebih efektif dibanding mencari calon konsumen melalui makelar atau pemasaran tradisional lainnya.

Waktu yang Tepat untuk Melihat Kompetitor Anda

Dalam pameran B2B, kesempatan bagi Anda untuk dapat melihat bagaimana kompetitor Anda menjalankan bisnis. Apa kelebihan mereka dan apa yang tidak dimiliki kompetitor Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengukur seberapa baik usaha Anda di mata konsumen.

Anda juga dapat belajar dan mendapatkan inspirasi untuk bisnis Anda dengan mengikuti trade show. Caranya, Anda bisa berpura-pura menjadi pengunjung dan melakukan interaksi dengan kompetitor Anda. 

Tips lainnya Anda bisa melihat, booth mana yang paling banyak dikunjungi, amati apa yang bisa membuat booth tersebut ramai dikunjungi.

Tips Mengikuti Trade Show

Bagi Anda yang ingin mengikuti trade show, Jurnal by Mekari punya tips bagi Anda agar pameran yang diikuti bisa benar-benar memiliki dampak baik pada usaha Anda.

Lihat Rekam Jejak dan Reputasi Penyelenggara

Meskipun diselenggarakan oleh asosiasi, reputasi dan rekam jejak penyelenggara atau event organizer juga menjadi penting. Beberapa perusahaan blue chip atau perusahaan besar bahkan hanya memilih untuk mengikuti event organizer tertentu.

Anda juga bisa melihat seberapa besar relasi event organizer tersebut dengan asosiasi, seberapa sukses event-event yang telah diselenggarakan sebelumnya, dan juga yang terpenting adalah affordable untuk budget bisnis Anda.

Tentukan Strategi

Mengikuti pameran bukan tanpa strategi, Anda harus menentukan goals apa yang bisa diraih selama melakukan pameran, delegasikan karyawan terbaik Anda yang memahami produk usaha Anda ke dalam lantai pameran. Hal ini menjadi kunci bagaimana usaha Anda profesional dalam menjalankan bisnis.

Selain itu, buatlah jurnal atau catatan setiap kali Anda berinteraksi dengan peserta pameran lainnya atau konsumen yang datang kepada Anda. Hal ini dilakukan sebagai bahan evaluasi pasca-pameran.

Lokasi Menentukan Kesuksesan Anda

Tips lainnya adalah Anda harus mempertimbangkan lokasi dan ukuran booth. Lokasi booth yang baik berada di tengah-tengah exhibition hall. kedua, upayakan lokasi booth berdekatan dekat perusahaan besar. 

Berdekatan dengan perusahaan besar tidak akan membuat booth Anda sepi. Namun sebaliknya, booth Anda berpotensi dilirik lebih banyak oleh pengunjung bahkan dilirik oleh perusahaan besar tersebut.

Buat Menarik

Desain booth juga perlu dipertimbangkan dalam melakukan trade show. Desainlah booth semenarik mungkin dan buat program pada booth Anda untuk menarik perhatian pengunjung. Misalnya simulasi penggunaan produk, kuis, mini workshop, dan juga menawarkan giveaway kepada pengunjung.

Bangun Promosi Saat Pre-Show

Satu hal lagi adalah biasanya penyelenggara trade show melakukan pre-show dengan seminar atau konferensi. Usahakan jika Anda memiliki budget lebih untuk berpartisipasi sebagai pengisi acara. Tentu Anda akan mendapatkan coverage yang lebih besar dari para tamu atau pengunjung.

Itulah 4 alasan kenapa Anda harus berpartisipasi dalam trade show. Sampai evolusi industri ke berapa pun, pameran atau event akan terus menjadi media pemasaran bisnis yang sangat efektif. Oleh karena itu persiapkan budget bisnis Anda untuk dialokasikan mengikuti pameran.

 

 

Jurnal Pay

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo