Mekari Jurnal
Daftar Isi
8 min read

Mengoptimalkan Pengelolaan Bisnis Bersama Coffeeland: Strategi Pemasaran B2B dan Pengelolaan Stok Barang

Tayang 12 Jan 2024
Diperbarui 01 Maret 2024

B2B atau Business-to-Business merupakan sebuah hubungan dalam berbisnis yang umumnya terjadi transaksi antar perusahaan.

Berbeda dengan dengan konsep B2C (Business-to-Customer) yang kegiatan ekonominya berfokus pada konsumen secara langsung.

Namun, sama halnya dengan B2C, perusahaan jenis ini juga memerlukan adanya strategi pemasaran B2B untuk memperkenalkan dan memasarkan produk atau jasanya agar mencapai target pasar dengan tepat.

Pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan B2B biasanya merujuk pada berbagai kegiatan pemasaran atau konten yang ditujukan pada bisnis lain.

Pada dasarnya, kegiatan pemasaran B2B sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang dilakukan oleh B2C. Namun dalam penerapannya, ada beberapa hal yang harus lebih diperhatikan oleh pelaku usaha B2B.

Lalu, apa sajakah hal tersebut?

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa menyimak artikel ini yang akan membahas salah satu contoh strategi pemasaran B2B yang dilakukan oleh Coffeeland, sebuah bisnis yang bergerak dalam industri jasa yang membantu pebisnis lain membangun coffee shop dengan sukses.

Sekilas Mengenai Coffeeland

Mengoptimalkan Strategi Pemasaran B2B oleh Coffeeland

Sedikit ceria perjalanan mengenai bisnis ini, Bisnis Coffeeland awalnya berasal dari perusahaan waralaba kopi. Namun pada 2014, pemilik Coffeeland, Micko Irawan, menyadari bahwa pertumbuhan coffee shop kian menjamur.

Oleh karena itu, untuk beradaptasi dengan tren yang baru, Ia kemudian memutuskan untuk mengubah model bisnisnya.

Saat ini, Coffeeland aktif dalam membantu para pebisnis kopi pemula untuk membuat coffee shop dengan merek dagangnya sendiri. Tidak hanya itu, Coffeeland juga menjalankan bisnis dalam menjual dan memasok bahan baku untuk operasional harian coffee shop.

Micko Irawan menjelaskan, jasa yang ditawarkan oleh Coffeeland mulai dari membantu memilihkan tempat yang strategis, pelatihan barista, peralatan, bahan baku dan strategi pemasaran coffee shop.

Hingga saat ini, Coffeeland telah membantu lebih dari 70 pebisnis untuk membangun coffee shop yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Dapatkan kemudahan dalam mengambil keputusan bisnis secara lebih cepat dan tepat dengan software akuntansi Mekari Jurnal!

Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang Juga!

Strategi Pemasaran B2B Coffeeland

Mengoptimalkan Strategi Pemasaran B2B oleh Coffeeland

Untuk memasarkan bisnisnya agar dapat dikenal oleh para calon pebisnis kopi secara luas, Coffeeland memfokuskan strategi pemasarannya secara digital, yaitu berfokus dalam membangun brand awareness melalui website dan media sosial.

Coffeeland menjadikan website sebagai sarana utama untuk menyampaikan berbagai informasi mengenai bisnisnya, yaitu apa saja solusi yang dapat ditawarkan oleh Coffeeland untuk merintis sebuah bisnis coffee shop.

Kemudian untuk menjaring target agar berkunjung ke website Coffeeland, tak lupa Micko menerapkan strategi pemasaran SEO yang dapat membantu meningkatkan traffic website.

Salah satu pertanyaan kemudian muncul, mengapa Coffeeland fokus mendalami strategi digital marketing sebagai pondasi strategi pemasaran B2B-nya?

“Sekarang semua orang pegang handphone, (karena) semua informasi ada di handphone, bagaimana kita bisa mengarahkan orang atau menarik orang supaya dia bisa tahu (mengenai bisnis kita) ya salah satunya dengan SEO. SEO bisa melalui website, melalui Facebook, dan Instagram”, papar Micko.

Strategi SEO yang dilakukan oleh Coffeeland ialah dengan mengunggah artikel seputar kopi dan bisnis kopi di Indonesia. Selain itu, Coffeeland juga menggunakan jasa SEO untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencarian dengan keyword ‘paket usaha kedai kopi’ dan ‘paket usaha kopi’.

Apa hasilnya?

Strategi tersebut ternyata terbukti ampuh dalam menempatkan website Coffeeland di peringkat pertama dengan keyword terkait. Tidak hanya SEO pada website, Coffeeland juga melakukan kegiatan pemasaran di media sosial Instagram dan Facebook.

Pemasaran di media sosial ini bertujuan untuk membantu dalam mengarahkan target pasar yang ada di media sosial agar berkunjung ke website Coffeeland.

Melalui optimasi SEO pada website dan media sosial, Coffeeland kemudian berhasil menjaring target pasarnya. Ketika target sudah mengetahui tentang Coffeeland dan mendapatkan informasi jasa yang ditawarkan, barulah calon mitra Coffeeland menghubungi secara langsung untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Dari sini, Coffeeland mulai dikenal secara lebih luas, dapat dikenal oleh target pasarnya, dan mampu mendapatkan mitra barunya.

Simak strategi pemasaran yang lebih efektif bagi pertumbuhan bisnis, selengkapnya dapat Anda baca dalam artikel: Marketing Mix 7P, Konsep Strategi Pemasaran Bagi Bisnis!

Cara Coffeeland Mempertahankan Mitra

Mengoptimalkan Pengelolaan Bisnis Bersama Coffeeland

Kegiatan pemasaran B2B tidak hanya berakhir pada pengenalan produk atau jasa kepada target pasar saja.

Namun, perusahaan B2B juga harus dapat menjalankan pemasaran untuk mempertahankan mitra atau pelanggannya. Sehingga, mitra dapat terus menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.

Kasus ini juga sama dengan yang ditemukan pada Coffeeland. Coffeeland berusaha mempertahankan mitra yang telah menggunakan jasanya untuk mendirikan coffee shop agar tetap melakukan pembelian bahan baku dari Coffeeland.

Lalu, bagaimana caranya? Berikut beberapa cara mempertahankan mitra yang dilakukan oleh Coffeeland:

1. Memberikan penawaran harga yang spesial

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mempertahankan pelanggan perusahaan B2B ialah dengan memberikan harga spesial.

Strategi ini yang diterapkan oleh Coffeeland yang tidak hanya menjual bahan baku untuk coffee shop kepada mitranya-mitranya saja, namun juga menawarkan harga khusus atau spesial yang lebih murah.

Ini dapat memberikan ketertarikan mitra bisnis untuk terus menjalin kerja sama dan terus bertransaksi dengan Coffeeland.

2. Bonding

Tips selanjutnya dari pemilik Coffeeland adalah menjaga hubungan baik dengan mitra. Menurut Micko, hubungan baik sangat penting dijaga dalam B2B agar mitra selalu merasa didukung.

Micko menuturkan, “Secara berkala setiap beberapa minggu saya chat mitra, bertanya bagaimana prosesnya lancar atau tidak, ada kendala atau tidak”.

Dengan secara teratur bertanya mengenai perkembangan bisnis mitra, Anda dapat mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi pelanggan atau mitra.

Sehingga, Anda dapat memberikan jalan keluar dengan menjadikan produk atau jasa Anda sebagai solusi.

3. Optimalkan pengelolaan after sales service

Setelah mengetahui perkembangan pada bisnis mitra, perusahaan B2B dapat memberikan after sales service agar mitra tetap loyal.

Sama seperti cara sebelumnya, hal ini dilakukan agar mitra merasa bahwa Anda selalu ada untuknya ketika dibutuhkan. Sehingga mitra tidak akan kemana-mana ketika membutuhkan solusi, apalagi mencari jalan keluar permasalahan dari kompetitor.

After sales service yang diberikan pada mitra Coffeeland yaitu dengan memberikan pelatihan secara gratis bila ada barista baru di coffee shop mitra serta memberikan masukan-masukan terkait masalah pemasaran dan bisnis coffee shop ketika sudah berjalan.

Tidak hanya itu, Coffeeland juga aktif memberikan menu-menu baru sekaligus gambaran presentasi menu tadi untuk disajikan di coffee shop mitra.

Dengan memberikan menu baru, mitra akan tertarik untuk mencoba atau membeli bahan baku coffee shop yang belum pernah mereka coba.

4. Menjaga mutu dan kualitas

Untuk mempertahankan mitra, Micko juga mengungkapkan bahwa bisnis perlu selalu menjaga mutu dan kualitas jasa atau produk yang diberikan.

Sebaik apapun strategi pemasaran B2B hingga mempertahankan loyalitas klien sebagai rekan bisnis, tentunya yang akan menjadi perhatian mereka yang paling utama adalah kualitas dari produk dan jasa yang disajikan oleh bisnis tersebut.

Tentunya jika kualitas yang diberikan selaras dengan permintaan yang diinginkan, maka akan secara alami hal itu akan menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling efektif dan murah pengelolaannya.

Untuk menjawab hal ini, Coffeeland sendiri selalu berusaha memberikan bahan baku yang berkualitas pada mitra-mitranya. Menurut Micko, kualitas dan mutu kopi bergantung pada tingkat kesehagaran yang dimiliki oleh biji kopi.

Untuk itu, Micko selalu mengirimkan biji kopi yang baru di-roasted kepada mitra-mitranya demi menjaga kesegaran bahan baku.

Selengkapnya dalam mengelola mutu produk, yuk, simak artikel berikut: Total Quality Management (TQM): Pengertian, Elemen, Manfaat, dan Implementasi

Dengan Mekari Jurnal, Coffeeland Bantu Mitra Hadapi Tantangan Persediaan Stok dengan Lebih Optimal

Kedepannya, Micko juga berencana untuk bisa lebih membantu bisnis mitranya untuk mengatasi salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pebisnis coffee shop, yaitu menghadapi adanya kekurangan stok bahan baku.

Salah satu caranya adalah dengan ikut mengontrol persediaan bahan baku dan mengingatkan mitra ketika stok bahan baku sudah hampir habis. Hal ini akan semakin mudah untuk dilakukan berkat bantuan fitur manajemen stok barang berbasis software akuntansi yang digunakan oleh Coffeeland, yaitu Mekari Jurnal.

Mengapa Mekari Jurnal dapat membantu mengelola tingkat persediaan stok bahan baku?

Mekari Jurnal memiliki fitur produk dan inventory yang secara khusus dapat memudahkan pengendalian stok bahan baku dan penjualan bisnis.

Micko berencana untuk menghubungkan fitur produk dan inventory setiap mitranya melalui akun Jurnal Coffeeland untuk membantu memantau stok mitra secara up-to-date dan realtime.

Sehingga ketika stok bahan baku mitra mulai menipis, Mekari Jurnal akan mengirimkan ‘reminder’ atau notifikasi kepada Coffeeland dan mitra. Dengan begitu, Micko dapat mengingatkan mitranya untuk segera membeli bahan baku agar tidak kehabisan.

Simak video selengkapnya sebagai berikut:

Kesimpulan

Kegiatan atau pemasaran B2B tidak jauh berbeda dengan yang dilakukan oleh perusahaan B2C. Namun dalam pelaksanaannya, pemasaran B2B yang dilakukan oleh Coffeeland lebih fokus pada memberikan informasi mengenai jasa atau produk yang ditawarkan dan menjaga loyalitas mitra, yaitu melalui optimalisasi website, menjaga hubungan baik, dan mengelola pelayanan setelah pembelian.

Strategi yang dilakukan oleh Coffeeland dapat diterapkan bila Anda sedang atau akan menjalankan bisnis yang menargetkan penjualan produk atau jasanya pada bisnis atau organisasi lain.

Anda juga bisa mempercayakan pengelolaan akuntansi, keuangan bisnis, serta persediaan barang secara berkesinambungan kepada software akuntansi berbasis cloud pilihan Coffeeland, yaitu Mekari Jurnal.

“Penggunaan manajemen inventaris dalam software akuntansi dapat menjadi solusi yang berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan efektivitas, akurasi, dan aksesibilitas dalam memantau stok persediaan perusahaan secara real-time.”

– Gavin Bottrell, Director of Bottrell Chartered.

Selain mampu mempermudah Anda dalam pencatatan keuangan, fitur persediaan stok barang bisnis Anda akan terkontrol dengan baik.

Anda bisa mengetahui kalkulasi persediaan barang secara langsung, melacak penjualan produk terbanyak, dan mengimpor data persediaan dalam jumlah besar.

Di sisi lain, Mekari Jurnal juga telah menyediakan fitur fulfillment yang dapat Anda akses untuk memantau proses keluar masuk barang dari proses penjualan dan pembelian secara lebih efisien dan optimal

Masih banyak berbagai fitur unggulan lainnya yang dapat mendukung pengelolaan pemasaran dan persediaan barang B2B Anda, rasakan sekarang juga dengan mendaftarkan bisnis Anda dan dapatkan free trial version bagi pendaftar pertama!

Konsultasi Gratis dengan Mekari Jurnal Sekarang!

Itulah strategi bisnis yang bisa mulai Anda terapkan dalam bisnis Anda, semoga bermanfaat!

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal