Untung Rugi dan Kriteria Jenis Gudang Usaha

Gudang adalah jenis yang paling umum dari tempat penyimpanan meskipun memang ada bentuk-bentuk lain (misalnya, tangki penyimpanan. Beberapa gudang memiliki bangunan besar dan luas sehingga memungkinkan kegiatan pembongkaran barang dari truk pemasok dan kegiatan memuat barang ke pelanggan secara bersamaan.

Penjelasan dan Contoh Laporan Stok Barang Gudang Yang Perlu Diketahui

Di bawah ini kita membahas lima tipe gudang secara umum:

  • Gudang Pribadi/Swasta

Jenis gudang ini dimiliki dan dioperasikan oleh pemasok dan reseller untuk digunakan dalam kegiatan distribusi mereka sendiri. Sebagai contoh, jaringan ritel besar menyediakan gudang untuk toko mereka atau grosir mengoperasikan sebuah gudang di mana ia menerima dan mendistribusikan produk.

  • Gudang Publik/Umum

Gudang umum pada dasarnya adalah ruang yang dapat disewakan untuk mengatasi kebutuhan distribusi dalam jangka pendek. Pengecer yang memiliki gudang sendiri mereka sendiri terkadang mencari ruang penyimpanan tambahan jika kapasitas gudang mereka tidak mencukupi atau jika mereka melakukan pembelian produk dalam jumlah besar dengan alasan tertentu.

Sebagai contoh, pengecer bisa memesan tambahan barang untuk memaksimalkan penjualan di toko atau ketika ada harga promosi dari pemasok jika membeli dalam jumlah besar.

  • Gudang otomatis

Dengan kemajuan teknologi komputer dan robotika banyak gudang sekarang memiliki kemampuan otomatis. Tahapan otomatisasi sampai pada pemakaian conveyor belt untuk mengangkut barang sehingga memerlukan orang yang lebih sedikit untuk menangani kegiatan penyimpanan.

  • Climate-Controlled Warehouse

Gudang penyimpanan yang  menangani berbagai jenis produk dengan penanganan khusus kondisi seperti freezer untuk menyimpan produk beku dan kelembaban lingkungan.

  • Distribution Centre

Ada beberapa gudang yang hanya menyimpan produk dalam waktu sangat cepat, lihat jenis-jenis gudang disini. Gudang ini berfungsi sebagai titik dalam sistem distribusi pada produk yang diterima dari berbagai pemasok dan segera dikirimkan ke banyak pelanggan.

Pengguna menghindari investasi di gedung-gedung, tanah dan penanganan material peralatan, serta biaya memulai operasi dan perekrutan dan pelatihan personil.

Karena atau biaya tinggi yang terlibat, banyak perusahaan hanya mampu menghasilkan modal yang cukup untuk membangun atau membeli gudang.

Gudang adalah jangka panjang, sering berisiko, investasi [yang kemudian mungkin sulit untuk menjual karena desain yang disesuaikan]. Mempekerjakan dan pelatihan karyawan, dan pembelian peralatan penanganan bahan membuat memulai proses yang mahal dan memakan waktu.

Dan tergantung pada sifat dari perusahaan, laba atas investasi mungkin lebih besar jika dana tersebut disalurkan ke laba lainnya menghasilkan peluang.

Sebuah pertimbangan lebih lanjut dalam keputusan adalah tingkat pengembalian yang alternatif gudang swasta akan menyediakan. Minimal investasi disebuah gudang milik perusahaan harus menghasilkan tingkat pengembalian yang sama seperti investasi lain perusahaan.

Sebagian besar perusahaan merasa menguntungkan untuk menggunakan beberapa kombinasi dari pergudangan publik dan swasta.

Gudang swasta digunakan untuk menangani tingkat persediaan dasar yang dibutuhkan untuk biaya logistik setidaknya di pasar dimana volume membenarkan kepemilikan. Gudang umum digunakan dimana volume tidak cukup untuk membenarkan kepemilikan atau untuk menyimpan persyaratan puncak.

Penyimpanan dan Penanganan Biaya

Ketika sebuah perusahaan menggunakan gudang publik, ia tahu penyimpanan dan penanganan biaya yang tepat karena menerima tagihan setiap bulan. Pengguna oleh karena itu dapat meramalkan biaya untuk berbagai tingkat aktivitas karena ini adalah diketahui terlebih dahulu.

Perusahaan yang mengoperasikan fasilitas mereka sendiri sering merasa sangat sulit untuk menentukan secara tepat biaya tetap dan variabel pergudangan.

Gudang publik biasanya biaya berdasarkan kasus, palet atau kilogram disimpan atau ditangani. Ketika volume kegiatan  cukup besar, biaya pergudangan umum melebihi biaya fasilitas pribadi, yang membuat kepemilikan lebih menarik.

Pergudangan swasta dapat lebih murah dalam jangka panjang. Biaya operasi dapat 15 sampai 25 persen lebih rendah jika perusahaan mencapai yang memadai melalui menempatkan atau pemanfaatan.

Norma industri yang berlaku umum untuk tingkat pemanfaatan 75 sampai 80 persen. Jika suatu perusahaan tidak dapat mencapai setidaknya 75 persen pemanfaatan, umumnya akan lebih cocok menggunakan pergudangan umum.

Keuntungan

Sebuah perusahaan juga dapat menyadari manfaat pajak ketika ia memiliki gudang-gudangnya. Penyusutan tunjangan pada peralatan bangunan mengurangi hutang pajak. Di beberapa negara, perusahaan dapat memiliki keuntungan jika tidak memiliki harta di negeri ini.

Kepemilikan berarti bahwa perusahaan melakukan bisnis di negara ini dan dengan demikian tunduk pada berbagai pajak nasional.

Pajak-pajak ini dapat menjadi substansial. Jika perusahaan ini tidak memiliki harta di sebuah negara, mungkin merasa menguntungkan untuk menggunakan sebuah gudang publik.
Beberapa negara tidak mengenakan properti atau pajak pertambahan nilai (PPN) pada persediaan dalam jenis tertentu dari pusat-pusat gudang atau pemenuhan, ini tempat penampungan pajak berlaku baik untuk persediaan gudang dan penyimpanan biasa di transit persediaan.

Sebagai contoh, Amazon.co.ukdanTesco.comoutsourcing sendiri rangka pemenuhan DC di Kepulauan Channel (di Selat Inggris) untuk penjualan konsumen online karena mereka dibebaskan dari Inggris yang normal 17,5 persen PPN.

Suatu ketentuan Port free diberlakukan di beberapa negara memungkinkan persediaan yang akan diadakan untuk sampai satu tahun, bebas pajak. Produsen tidak membayar pajak tetap. Gudang publik membayar pajak tetap dan termasuk biaya ini ditingkat gudang, tetapi biaya lebih kecil pada per unit melalui dasar menempatkan karena biaya dialokasikan di antara semua klien menggunakan gudang publik.

Skala Ekonomis

Gudang publik mampu mencapai skala ekonomi yang mungkin tidak mungkin untuk beberapa perusahaan. Karena gudang publik menangani persyaratan nomor atau perusahaan, volume mereka memungkinkan kerja staf gudang penuh waktu. Selain itu, biaya pembangunan yang non linier dan perusahaan membayar premi untuk membangun sebuah fasilitas kecil.

Ekonomis kala tambahan dapat diberikan dengan menggunakan bahan lebih mahal, tapi lebih efisien, penanganan peralatan dan dengan menyediakan keahlian administrasi dan lainnya.
Ekonomi atau skala juga hasil dari konsolidasi pengiriman kecil dengan para pesaing yang tidak menggunakan gudang publik yang sama.

Gudang publik mengkonsolidasikan pesanan pelanggan yang spesifik dari produk-produk dari sejumlah produsen yang berbeda dalam pengapalan tunggal. Hal ini menyebabkan biaya pengiriman yang lebih rendah dan mengurangi kemacetan di dermaga pelanggan yang menerima.

Pelanggan yang mengambil pesanan mereka digudang publik dapat memperoleh produk dari beberapa manu faktur dalam satu kali, jika produsen semua menggunakan fasilitas yang sama.

Kriteria Ruang Penyimpanan.

Ruang untuk Memenuhi Kebutuhan Puncak Jika operasi sebuah perusahaan tergantung pada musiman/tren, pilihan gudang publik memungkinkan pengguna untuk menyewa ruang penyimpanan sebanyak yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan puncak.

Sebuah gudang swasta, di sisi lain, memiliki kendala pada jumlah maksimum produk yang dapat disimpan karena tidak dapat diperluas dalam jangka pendek. Juga, kemungkinan untuk menjadi kurang dimanfaatkan selama sebagian dari setiap tahun.

Karena kebanyakan perusahaan mengalami variasi dalam tingkat persediaan karena musiman dalam permintaan atau produksi, promosi penjualan atau faktor lain, pergudangan umum menawarkan keuntungan yang berbeda yang memungkinkan biaya penyimpanan bervariasi secara langsung dengan volume.

Gudang publik sering dapat menawarkan sejumlah layanan khusus yang lebih ekonomis dibandingkan sebuah gudang swasta. Layanan khusus ini meliputi:

  • Rusak-kasus penanganan, yang mogok jumlah kasus produsen untuk mengaktifkan pesanan untuk kurang dari jumlah kasus yang penuh untuk diisi.
  • Kemasan produsen produk untuk pengiriman.
  • Konsolidasi produk rusak dan ingat untuk pengiriman ke produsen di segerobak atau jumlah truk, selain untuk dokumentasi dan pra-kemasan yang mungkin diperlukan, gudang publik dapat melakukan pengerjaan ulang [perbaikan-perbaikan] produk yang rusak.
  • Peralatan pemeliharaan dan layanan.
  • Saham memperhatikan produk untuk produsen dengan lini produk yang sangat terbatas atau musiman; saham memerhatikan melibatkan pengiriman sebuah mobil yang penuh berisi konsolidasi persediaan ke gudang publik hanya sebelum periode penjualan musiman maksimum.
  • Sebuah layanan massal dimana produsen menggabungkan pesanan pelanggan yang berbeda dalam suatu pasar tertentu, dan kapal mereka di mobil yang berisi penuh atau laju truk ke gudang publik, ada perintah individu dipisahkan dan pengiriman lokal disediakan.

Keuntungan Tak Berwujud

Mungkin ada keuntungan tak berwujud tertentu yang berhubungan dengan kepemilikan gudang. Ketika suatu perusahaan mendistribusikan produk-produknya melalui sebuah gudang swasta, hal ini dapat memberikan pelanggan rasa ketetapan dan kelangsungan operasi bisnis.

Para pelanggan lebih peduli dengan waktu pengiriman produk dan lokasi pergudangan terpencil dapat memberikan tingkat layanan yang sama jika dikelola dengan baik.

Sebagai informasi, beberapa alat untuk mengelola gudang seperti aplikasi gudang fitur dari Jurnal yang dapat dengan mudah membantu urusan pergudangan para pengusaha. Jurnal by Mekari hadir sebagai software untuk akuntansi untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo