Pebisnis dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi agar bisnis yang dijalankan dapat terus beradaptasi dan berkembang. Salah satunya adalah dengan melakukan manajemen akuntansi. Hal ini dianggap sangat penting karena berpengaruh terhadap berbagai aspek mulai dari aspek administrasi, keuangan dan seluruh aktivitas demi tujuan bisnis selanjutnya. Menurut Charles T. Homgren (1993), manajemen akuntansi adalah proses identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisa, penyiapan, penafsiran, dan komunikasi tentang informasi yang membantu untuk memenuhi tujuan bisnis. Proses yang cukup rumit bukan? Namun kini proses manajemen tersebut sudah semakin mudah dan praktis karena munculnya sebuat terobosan berupa software akuntansi.

Software akuntansi merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk memudahkan pengelolaan kegiatan akuntansi seperti pencatatan, perhitungan, penyimpanan data, analisa dan lain sebagainya. Dengan software ini, Anda dapat menghemat waktu dalam membuat laporan keuangan dan dengan keakuratan yang bisa dipercaya.

Hingga saat ini, berbagai bisnis lebih menyukai software akuntansi online jika dibandingkan dengan yang offline. Dengan menggunakan software akuntansi online Anda dapat memasukkan data, menyusun dan mencetaknya setiap saat dibutuhkan. Anda juga dapat mengakses serta memantau data bisnis kapan dan di mana saja. Selain itu, software akuntansi yang ada saat ini diciptakan dengan serangkaian aktivitas akuntansi yang telah diubah menjadi modul-modul yang lebih spesifik. Contohnya saja cash flow, neraca (balance sheet), rugi laba (profit lost statement), penjualan (account receivable), penggajian, pembelian (account payable), buku besar dan aktivitas akuntansi lainnya.

Kini ada banyak software akuntansi yang beredar di pasaran. Namun dari berbagai jenis produk software akuntansi yang ditawarkan, memilih software akuntansi terbaik cukup menjadi tantangan. Memilih software akuntansi terbaik yang akurat dan terpercaya memang tidak mudah. Anda harus mencari fitur yang sesuai dengan kebutuhan dan proses bisnis yang dijalankan. Dibutuhkan waktu, usaha, ketelitian, dan kebijaksanaan yang memadai. Untuk Anda yang sedang mencari software akuntansi terbaik bagi bisnis yang dijalankan, berikut 6 hal yang dapat Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli.

 

Sesuaikan dengan Kebutuhan Bisnis

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Memilih Software Akuntansi TerbaikHal pertama yang harus diperhatikan adalah jenis bisnis yang Anda jalankan. Sebagai pemilik Anda harus mengerti apa yang dibutuhkan oleh bisnis Anda. Dengan menggunakan software akuntansi, tidak serta merta pengelolaan di seluruh bagian bisnis bisa berjalan dengan baik. Karena kebutuhan software akuntansi berbeda-beda tergantung dari fokus kegiatan sebuah bisnis. Beberapa jenis bisnis membutuhkan modul khusus atau paket tambahan software akuntansi karena harus menyimpan data khusus. Fitur-fitur yang digunakan pasti berbeda antara perusahaan perdagangan, manufaktur, jasa, pendidikan dan lain sebagianya.

Contohnya, jika Anda menjalankan bisnis perdagangan atau manufaktur yang mempunyai banyak jenis stok barang, tentu saja  Anda harus memilih software akuntansi dengan fitur pengelolaan stok. Namun apabila Anda menjalankan bisnis di bidang jasa yang tidak memiliki stok yang terlalu banyak, maka tidak perlu menggunakan software akuntansi yang sama dengan bisnis perdagangan dan manufaktur. Jurnal meerupakan salah satu software akuntansi online yang memiliki fitur khusus untuk perusahaan jasa, dagang, maupun manufaktur. Di mana, Jurnal telah menyiapkan 3 paket langganan yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Lihat paket yang dapat Anda pilih di sini.

 

Sesuaikan dengan Anggaran

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Memilih Software Akuntansi TerbaikBersama dengan penyesuaian kebutuhan bisnis, software akuntansi yang dipilih juga sebaiknya menyesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki. Jangan sampai Anda membayar mahal untuk software akuntansi namun ternyata ada fitur yang tidak dibutuhkan. Tentu saja ini akan membuat anggaran lebih boros dan tidak efektif. Saat ini sudah banyak vendor software akuntansi yang menawarkan paket dan harga yang bervariasi. Teliti lebih jauh dan tentukan anggaran yang sesuai ketika memutuskan untuk membeli.

 

Periksa Keamanan Data

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Memilih Software Akuntansi TerbaikBanyak pebisnis yang ragu akan akan kualitas keamanan data software akuntansi online. Itu sebabnya banyak yang masih memilih menggunakan software akuntansi offline karena kemanan data tersebut tergantung pada mereka dan komputer yang digunakan. Padahal saat ini software akuntansi online merupakan solusi untuk pebisnis agar dapat mengakses semua data-data di mana pun dan kapan pun. Anda tidak perlu khawatir karena vendor biasanya telah memiliki tim ahli dan teknologi terbaru yang mampu menyimpan, melindungi dan mengelola keamanan data Anda.

Pastikan untuk bertanya dan berkonsultasi terlebih dahulu mengenai perlindungan ini sebelum menjatuhkan pilihan pada salah satu vendor.  Namun, jika Anda memilih Jurnal sebagai software akuntansi perusahaan, Anda tidak perlu khwatir lagi mengenai keamanan data perusahaan, Karena Jurnal telah tersertifikasi ISO 27001 yang menjamin seluruh data Anda akan tersimpan dengan aman di dalam sistem.

 

Perhatikan Harga & Biaya Tambahan

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Memilih Software Akuntansi TerbaikKini sudah banyak perusahaan yang menawarkan software akuntansi dengan harga yang cukup terjangkau. Namun sebelum memutuskan untuk membeli, coba periksa kembali apakah Anda biaya tambahan yang mungkin tersembunyi dan tidak disebutkan. Biasanya biaya tambahan ini dalam bentuk pembelian fitur tambahan, biaya update software atau biaya perawatan lainnya.

 

Membaca Berbagai Informasi

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Memilih Software Akuntansi TerbaikAnda bisa memulai pencarian melalui Google yang menyimpan segala informasi. Cari dan lihat beberapa ulasan, perbandingan dan testimoni pengguna software akuntansi. Usahakan untuk mencari sumber yang tepercaya seperti laman website atau berita teknologi. Baca dan pelajari berbagai informasi tersebut secara seksama. Bila perlu catat informasi yang menurut Anda penting dan tandai software akuntansi mana yang sesuai dengan bisnis Anda. Anda juga bisa langsung mengunjungi website penyedia software akuntansi, memberi pertanyaan kepada customer service, meminta demo atau menonton video yang tersedia. Jika permintaan demo Anda disetujui, lakukan uji coba, simulasikan transaksi yang berkaitan dengan bisnis Anda dan pastikan kekauratan laporan.

 

Hubungi Konsultan Bisnis atau Pihak Lain dengan Referensi Lebih

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Memilih Software Akuntansi TerbaikSebagai pertimbangan lain untuk menguatkan pilihan akan software akuntansi yang terbaik, Anda bisa bertanya kepada pihak lain yang mempunyai referensi lebih atau menghubungi konsultan. Anda bisa membuka beberapa website yang dikhususkan sebagai penyedia jasa pencarian software akuntansi. Atau hubungi dan komunikasikan dengan akuntan bisnis untuk mematangkan pertimbangan dalam memilih software akuntansi. Upaya ini dapat mempersempit pilihan Anda dan kemungkinan besar mendapatkan yang sesuai.

Itu tadi enam hal yang dapat dilakukan untuk mendapatkan software akuntansi terbaik. Dengan hal-hal tersebut, setidaknya Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk memilih software akuntansi yang tepat sesuai kebutuhan bisnis Anda. Untuk pilihan software akuntansi yang tepat, Jurnal bisa menjadi salah satu pertimbangan Anda. Sebagai software akuntansi online nomor 1 di Indonesia, Jurnal memberikan manfaat yang lengkap dan menyesuaikan dengan kebutuhan berbagai jenis perusahaan di Indonesia. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan berbagai diskon menarik serta  percobaan gratis selama 14 hari hanya di sini.

Author