Mekari Jurnal
Daftar Isi
6 min read

Tips Mendirikan dan Mengelola Perusahaan Jarak Jauh

Tayang 05 Jun 2023
Diperbarui 11 Oktober 2023

Di zaman dengan teknologi yang serba cepat ini banyak sekali peluang untuk memulai sebuah bisnis, termasuk mendirikan perusahaan jarak jauh. Ide mendirikan perusahaan jarak jauh kini semakin gencar karena dukungan kecanggihan teknologi dapat menyamarkan jarak yang ada.

Semakin hari semakin banyak perusahaan yang mulai memercayakan pekerjaan kepada pegawainya dan dikelola dari jarak jauh dengan kehadiran di kantor beberapa kali saja dalam seminggu atau sebulan.

Dengan sistem pengelolaan jarak jauh ini, bisa saja mendirikan sebuah perusahaan yang tidak hanya berskala lokal namun juga internasional dengan kontrol hanya dari satu tempat.

Namun tentu saja pengelolaan perusahaan seperti ini menuntut usaha yang lebih keras.

Pengusaha yang mendirikan perusahaan jarak jauh mempunyai resiko yang juga tidak sedikit.

Karena itu diperlukan persiapan untuk berbagai hal sebelum memulainya.

Mendirikan perusahaan jarak jauh memang menjadi salah satu cara yang banyak ditempuh saat ini.

Agar perusahaan yang Anda dirikan berjalan sukses, coba lakukan beberapa tips berikut:

Menentukan Tujuan yang Jelas

Tips Mendirikan dan Mengelola Perusahaan Jarak Jauh

Banyak yang menilai bahwa mendirikan sebuah perusahaan adalah mengenai bagaimana caranya meraup keuntungan.

Namun, mendirikan perusahaan ternyata mempunyai tujuan yang lebih dari sekadar mengumpulkan uang.

Tujuan bisnis sangat beragam, mulai dari mencoba berbagai kesempatan, melatih kemampuan, pengembangan diri, serta pelayanan terhadap masyarakat.

Khususnya untuk Anda yang ingin mendirikan perusahaan jarak jauh, tujuan ini harus ditentukan sejelas mungkin.

Penting untuk setiap orang dalam tim untuk menyetujui tujuan yang ingin dicapai karena itu merupakan peta kemana arah perusahaan akan dibawa.

Tujuan sebuah perusahaan sebaiknya dibuat secara spesifik, terukur, mempunyai tenggang waktu namun tetap realistis dan mampu untuk dicapai.

Anda dan tim bisa menuangkan berbagai tujuan ini di dalam sebuah catatan yang bisa sekaligus dijadikan pedoman dan cara untuk mengembalikan semangat kerja tim kedepannya.

Baca Juga: 9 Alasan Mendirikan PT Lebih Menguntungkan Bagi UKM

Membuat SOP dan Pembagian Kerja yang Jelas

Tips Mendirikan dan Mengelola Perusahaan Jarak Jauh

Sebuah perusahaan harus mampu membuat SOP (Standard Operating System) dan juga pembagian kerja yang jelas agar dapat dipahami dan dijalankan dengan baik oleh setiap orang di dalam perusahaan.

Hal ini menjadi penting karena SOP digunakan sebagai pedoman untuk memastikan setiap kegiatan operasional perusahaan berjalan dengan lancar.

SOP sebaiknya dibuat secara detail agar seluruh tindakan yang diambil tetap sesuai dengan jalur yang telah ditentukan.

Begitu pula dengan pembagian kerja. Bagikan tugas yang jelas dan sesuai dengan wewenang yang diberikan.

Ketika seluruh tugas dibuat sesuai dengan porsi masing-masing maka akan lebih menghemat waktu penyelesaian karena setiap orang akan fokus dengan pekerjaannya.

Namun, di dalam pekerjaan pada suatu waktu pasti akan menemukan titik jenuh.

Maka dari itu, sesekali berikan tim Anda kebebasan untuk berkreasi demi menciptakan pengalaman, pengetahuan dan motivasi baru untuk mereka.

Baca Juga: 7 Tips Work From Home Agar Pegawai Tetap Produktif

Mempersiapkan Anggaran              

6 Tips Mengelola Keuangan Bisnis Kecil

Permasalahan anggaran seperti modal dan biaya merupakan hal yang paling sensitif ketika mendirikan sebuah perusahaan.

Ini karena hampir setiap divisi di dalam perusahaan membutuhkan pembiayaan untuk menunjang operasionalisasinya.

Selain itu, pertanggung jawaban keuangan juga sedikit lebih rumit jika dibandingkan yang lain karena berhubungan dengan angka-angka yang mutlak.

Untuk perusahaan jarak jauh dimana Anda tidak bisa selalu mengontrol setiap saat, perihal anggaran harus dibuat secara mendetail.

Anggaran yang jelas akan membantu Anda dan tim untuk bekerja secara efektif dan juga efisien serta tidak terlilit masalah kedepannya.

Baca Juga: Bagaimana Dampak Teknologi Informasi dalam Bisnis

Manfaatkan Teknologi

Tips Memilih Software Akuntansi yang Baik untuk Perusahaan

Kecanggihan teknologi saat ini mampu memperpendek jarak, membuka jalan serta mempermudah pekerjaan.

Untuk kemajuan perusahaan manfaatkanlah hal tersebut. Anda bisa mengunduh berbagai aplikasi serta memasang software yang membuat Anda dan perusahaan tetap terhubung.

Manfaatkan juga kecanggihan ini untuk menyederhanakan berbagai jenis pekerjaan dan lebih menghemat waktu.

Salah satu software yang dapat dimanfaatkan untuk membantu pengelolaan perusahaan yaitu Mekari Jurnal.

Manfaatkan juga aplikasi inventory berbasis web untuk membantu Anda mengelola inventory Anda.

Mekari Jurnal merupakan salah satu software akuntansi terbaik yang akan membantu pengelolaan bisnis Anda untuk bagian keuangan.

Fitur canggih dan lengkapnya akan memudahkan berbagai urusan keuangan mulai dari pembuatan laporan keuangan, pembuatan faktur, pencatatan biaya, aplikasi persediaan, pelacakan persediaan, aplikasi komputer akuntansi, manajemen aset dan masih banyak lainnya.

Penasaran dengan berbagai keunggulannya? Coba dengan gratis selama 14 hari hanya di sini.

Baca Juga: Akuntansi Keuangan, Mengapa Penting Bagi Perusahaan?

Memilih Sumber Daya Manusia yang Berkualitas

Rencana Bisnis yang Perlu Dijalankan Oleh Bisnis Kecil

Dalam perusahaan yang dikontrol dari jarak jauh, penting untuk memiliki sumber daya manusia yang berpengetahuan, berketerampilan dan mempunyai sikap yang baik dalam pekerjaan.

Pilihlah orang yang mampu memotivasi dirinya sendiri.

Dalam perusahaan jarak jauh, pasti sulit bagi Anda untuk memerhatikan karyawan, dan hal tersebut bisa menyebabkan karyawan akan mudah bermalas-malasan dan tidak mempunyai motivasi ketika bekerja.

Oleh karena itu dibutuhkan orang yang mampu memotivasi diri dan tidak perlu didorong terus menerus untuk mau bekerja.

Kriteria kedua yang juga penting adalah yang mempunyai keterampilan komunikasi yang baik.

Koordinasi diperlukan ketika bekerja jarak jauh, dan komunikasi adalah kunci agar tidak terjadi kesalah pahaman, baik itu dengan atasan maupun mitra.

Pilihlah orang yang berusaha menetapkan dan mencapai tujuan serta orang yang terbuka dan jujur.

Baca Juga: 8 Daftar Buku Wajib yang Harus Dibaca Pengusaha Sukses

Lakukan Kontrol dan Evaluasi Secara Berkala

Tips Efektif Menjalankan Bisnis Sukses yang Perlu Dipahami

Perusahaan jarak jauh membuat Anda tidak bisa selalu melakukan pengawasan terhadap kinerja tim dan karyawan.

Namun setidaknya Anda harus mampu meluangkan waktu untuk melakukan kontrol dan evaluasi secara berkala.

Minimal satu waktu setiap harinya ada kontrol yang harus dilakukan.

Ini dilakukan agar Anda mengetahui perkembangan sekecil apapun dalam perusahaan dan mampu melakukan perbaikan dengan cepat saat terjadi masalah.

Berikan Reward dan Lakukan Kegiatan Keakraban Bersama Karyawan

7 Strategi Marketing Untuk Mengembangkan Usaha Anda

Walaupun Anda, perusahaan, tim dan karyawan berada dalam jarak yang cukup jauh, usahakan sesekali untuk memberikan reward dan melakukan kegiatan keakraban.

Karyawan yang telah bekerja dengan keras pantas untuk mendapatkan penghargaan.

Dengan adanya reward, karyawan akan semakin semangat dan termotivasi untuk bekerja.

Selain itu lakukan juga kegiatan keakraban seperti makan bersama atau liburan bersama untuk sejenak merehatkan pikiran dari pekerjaan.

Kegiatan seperti ini pun sangat berguna untuk menimbulkan rasa memiliki terhadap perusahaan.

Sudah sewajarnya jika perusahaan yang dikelola bersama juga melakukan kegiatan langsung secara bersama-sama walaupun diawali secara online.

Tingkatkan Kerja Sama

Konsep Consumer Insight untuk Meningkatkan Penjualan Suatu Produk/Layanan

Berada di lokasi yang berbeda dengan tempat menjalankan bisnis Anda membuat Anda harus bekerja sambil memantau keadaan di tempat bisnis Anda berjalan.

Maka dari itu Anda perlu meningkatkan kerja sama dan kualitas hubungan dengan pihak-pihak yang sekiranya dapat mendukung bisnis Anda di daerah dimana perusahaan Anda berada.

Jauhkan rasa gengsi dan mintalah bantuan apabila ada sesuatu yang diperlukan oleh perusahaan Anda begitupun sebaliknya.

Jadwalkan diskusi baik langsung maupun online secara berkala atau sesekali lakukan perjalanan bisnis untuk menjalin komunikasi yang baik.

Utamakan Kejujuran

5 Istilah Umum di Dunia Digital Marketing yang Perlu Anda Pahami

Yang diperlukan dari perusahaan yang dilakukan secara jarak jauh untuk tetap berkembang secara sehat adalah kejujuran.

Sampaikan apapun yang ada pada bisnis bahkan jika itu merupakan sebuah resiko yang harus ditanggung.

Dengan adanya keterbukaan ini, diharapkan sebuah perusahaan mampu mengkomunikasikan berbagai hal dan menyelesaikan masalah secara bersama-sama.

Jadikan kejujuran sebagai etika dalam bekerja untuk menimbulkan kepercayaan dan rasa tanggung jawab pada karyawan.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal