6 Hal Penting Yang Harus Dilakukan Pemilik Bisnis UKM Untuk Sukses

Sebagai pemilik bisnis UKM, ada banyak hal yang perlu dipelajari ketika mulai untuk menjalankan bisnis, termasuk mengelola keuangannya. Sebagian besar pengusaha yang memulai bisnis mereka sendiri tidak berasal dari latar belakang keuangan dan harus mempelajari dasar-dasar pembukuan, pendanaan, dan apa yang sebenarnya penting bagi pemberi pinjaman dan investor saat mereka melakukan perjalanan melalui hal yang tidak diketahui.

 

Jika sebagai pemilik bisnis UKM Anda sudah merasa terjebak dengan banyaknya kebingungan bisnis namun tetap ingin sukses didalamnya, berikut beberapa hal dasar yang dapat  Anda lakukan agar bisnis kecil Anda tetap berada di jalur kesuksesannya.

 

Kejar Passion, Bukan Hanya Uang

Sebagai pemilik bisnis UKM, prioritas nomor satu ketika harus berhadapan dengan calon investor adalah menjelaskan tujuan dari bisnis tersebut, mengapa bisnis tersebut dibutuhkan, apa keunikannya, dan apa yang membuatnya berbeda bukan hanya soal uang dan keuntungan semata.

 

Anda yang menjalankan bisnis dengan passion, pasti akan mudah menerangkan dan menemukan keunikan serta ciri khas dari bisnis tersebut. Berani menjadi unik, berbeda, sesuai passion yang Anda miliki akan membuat sebuah bisnis menjadi mudah dikenali, dan secara tidak langsung akan lebih mudah pula menarik investor.

 

Miliki Tim yang Andal

Ingatlah bahwa tim Anda menentukan keberhasilan bisnis. Mempekerjakan “tim impian” sangat penting untuk kesuksesan usaha kecil Anda. Jika Anda seorang pengusaha pemula, ingatlah bahwa investor mempercayakan uang mereka pada orang yang memiliki kinerja yang bagus, bukan hanya bisnis semata. Pekerjakan orang-orang yang tidak hanya membawa keahlian industri, tetapi juga orang-orang yang memiliki semangat dan keinginan untuk belajar.

 

Pilih Investor yang Sebenarnya Peduli Tentang Misi Anda

Seorang investor tidak hanya mampu menambahkan modal pada sebuah usaha, tetapi mereka juga menjadi duta untuk mewakili bisnis Anda ke komunitas eksternal yang lebih luas.  Pilih investor bukan hanya karena ingin menghasilkan 10x, 50x, atau 100x pengembalian investasi mereka. Pilih investor yang berinvestasi karena mereka benar-benar peduli dengan misi. Tujuannya bukan untuk menjual kepada orang-orang yang membutuhkan apa yang Anda miliki, tetapi untuk menjual kepada orang-orang yang percaya apa yang Anda percayai, sehingga mereka memahami benar tantangan bisnis yang Anda jalani dan berani menjadi mitra bisnis yang berproses bersama menuju sukses.

 

Gunakan Teknologi Cloud untuk Meminimalkan Biaya Startup

Saat ini, cukup banyak orang yang dapat memulai bisnis mereka sendiri dengan anggaran minimal berkat berbagai teknologi online, layanan, dan alat pemasaran & manajemen yang tersedia. Jika Anda memulai di dunia bisnis dengan sedikit atau tanpa pemahaman tentang aspek keuangan menjalankan bisnis, maka Anda bisa memanfaatkan Jurnal untuk proses pembukuan dan membantu menghilangkan tugas administratif yang berlebihan dari daftar tugas rutinitas Anda yang tanpa batas sebagai pemilik dan penanggung jawab usaha.

 

Beralih ke teknologi cloud accounting akan memberi Anda manfaat efisiensi yang tinggi seperti kemampuan untuk menghubungkan buku-buku Anda ke rekening bank, setiap kali Anda melakukan transaksi atau menerima pembayaran.

 

Perhatikan Efektivitas Pembukuan yang Tepat

Tidak jarang Anda lupa untuk mencatat sebuah transaksi bisnis dan salah meletakkan catatan pajak penghasilan. Semua ini dapat dihindari dengan menggunakan perangkat lunak akuntansi cloud seperti Jurnal. Pembukuan tidak konsisten dapat menyebabkan masalah serius saat musim pajak tiba. Gunakan aplikasi Jurnal Mobile sehingga Anda dapat merekam semua transaksi dengan cepat. Anda juga dapat melihat dan membagikan laporan Anda dari salah satu perangkat dalam sekejap. Perhatikan efektivitas pencatatan keuangan Anda, gunakan cloud accounting system dan hindari kehilangan potongan pajak yang sah yang mungkin dapat Anda terima dengan tidak pernah kehilangan dokumen atau biaya lagi.

 

Jangan Lupa Melacak Keuangan Anda

Bagi banyak bisnis UKM, bukan arus kas yang ketat yang menyakiti mereka tetapi ketidaktahuan harus berbuat apa untuk arus kas tersebut yang banyak menempatkan kegagalan dalam usaha. Tetap di atas laporan keuangan, sehingga Anda dapat melihat dengan tepat tentang kondisi keuangan usaha sebenarnya dan di mana posisi usaha Anda berdiri setiap saat ini.

 

Setelah memahami 6 hal yang harus Anda lakukan untuk memiliki bisnis UKM yang sukses di atas, Anda bisa mulai memiliki beberapa perencanaan untuk mendukung hal tersebut terutama yang berkaitan dengan bidang keuangan. Untuk memperoleh laporan keuangan secara efisien,  membuat keputusan bisnis yang lebih akurat dan lebih cerdas, Anda bisa mengambil inisiatif untuk mengelola pembukuan Anda dengan benar dan bergabung dengan Jurnal di sini.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo