6 Tips Ruang Kerja yang Nyaman untuk Produktivitas Work From Home

Ruang kerja yang nyaman memang impian semua orang apalagi ketika work from home. Pekerjaan dari rumah yang penuh distraksi apalagi tidak ada batasan jelas antara bekerja dan aktivitas rumah kadang membuat pekerja remote memiliki anomali produktivitas.

Nah, salah satu untuk menstabilkan bahkan meningkatkan produktivitas salah satunya adalah membuat ruang kerja yang nyaman.  Ruang kerja  yang nyaman juga dapat meningkatkan emosi dan kreativitas saat bekerja sehingga pekerjaan dapat dilakukan dengan maksimal. Lalu apa saja tipsnya membuat ruang kerja yang nyaman saat work from home?

Baca juga: Hal-hal yang Perlu Dihindari Pebisnis UKM saat Wabah COVID-19 Mendera

Tambahkan Tanaman Hidup

Bekerja di ruang tertutup terkadang membuat beberapa orang menjadi bosan dan stres. Jika Anda memiliki ruang kantor yang tertutup, Anda bisa menambahkan tanaman hijau sebagai hiasan di meja. Carilah tanaman yang cocok di ruangan tertutup dan tidak memerlukan perawatan yang rumit. Dengan menambahkan tanaman di ruang kerja, Anda akan mendapatkan energi positif dan meningkatkan produktivitas Anda.

Pilih Warna yang Produktif

Warna telah terbukti dapat memengaruhi produktivitas di tempat kerja. Walaupun setiap orang memiliki ketertarikan sendiri terhadap warna, namun ada beberapa warna yang ternyata memiliki efek memengaruhi. Misalnya warna biru merangsang pikiran, kuning mendorong penciptaan ide atau kreativitas, merah memengaruhi fisik, hijau menciptakan keseimbangan yang membuat ketenangan, atau merah muda yang dapat memberikan keceriaan dan kenyaman.

Baca juga: Cara efektif meningkatkan produktivitas UKM Anda dengan anggaran yang minim

Berikan Pencahayaan Lebih

Cahaya yang masuk dalam ruangan kerja biasanya tidak terlalu banyak, penerangan dari dalam ruangan pun terkadang belum cukup. Karena itu, Anda bisa menambahkan sedikit cahaya lebih di atas meja. Cobalah pasang lampu kecil atau desk lamp di samping meja kerja Anda, dengan begitu suasana kerja akan terasa lebih hangat dan nyaman. Meja dengan pencahayaan yang cukup juga bisa membuat Anda lebih produktif, kreatif, dan tidak mudah mengantuk.

Gunakan Bantal Kursi

Kursi yang Anda gunakan ternyata sangat berpengaruh dalam kenyamanan kerja. Di kursi itulah Anda menyelesaikan pekerjaan, mencari inspirasi, hingga membuat sebuah inovasi. Karena itu, tempat duduk yang nyaman akan mendukung produktivitas dan suasana kerja Anda. Untuk membuat kursi yang nyaman, Anda bisa menambahkan bantal pada kursi, sehingga Anda dapat bekerja lebih nyaman dan bersender dengan mudah. Anda juga bisa menambahkan bantal kecil pada permukaan kursi untuk menghindari pegal-pegal akibat kursi yang terlalu keras.

Rapikan Meja Kerja

Banyak orang yang saking sibuknya hingga membuat meja kerja berantakan dengan tumpukan barang yang terlalu banyak. Hal ini tentu sangat mengganggu kerja dan membuat tingkat produktivitas menurun. Oleh karena itu, Anda bisa mulai membuang atau menyimpan barang-barang yang tidak terpakai, dan sisakan beberapa barang penting seperti jam, kalender, catatan penting, dan tempat alat tulis.

Tambahkan Foto Keluarga

Keluarga adalah salah satu alasan yang dapat membuat Anda lebih semangat bekerja. Jadi, cobalah mulai pilih foto keluarga dan atur posisi yang mudah dilihat, serta tidak mengganggu pekerjaan Anda. Jika ruangan atau meja kerja Anda tidak cukup untuk menyimpan foto, Anda bisa menjadikan foto keluarga di dalam layar komputer atau laptop. Dengan begitu, semangat kerja Anda akan terus meningkat dari waktu ke waktu.

Itulah keenam tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat ruangan kerja Anda lebih nyaman. Dengan ruang kerja yang nyaman, Anda dapat lebih mudah dalam melakukan pekerjaan dan produktivitas Anda pun akan meningkat.

Mengatur ruang kerja terutama saat work from home, dapat meningkatkan produktivitas Anda. Terutama, ketika Anda merasa bosan dan teralihkan dengan hal-hal di rumah, ruang kerja yang nyaman menjadi solusi.

[adrotate banner=”19″]


PUBLISHED30 Mar 2020
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: